Format Excel Menghitung Lama Pekerjaan Pembangunan Rumah Minimalis

Format Excel Menghitung Lama Pekerjaan Pembangunan Rumah Minimalis

Catat, Ini Rumus Menghitung Full di Excel yang Mudah dan Cepat!

Simak formula yang bisa digunakan!

Catat, Ini Rumus Menghitung Total di Excel yang Mudah dan Cepat!

placeholder

Artikel ditulis oleh

Merna

Daftar isi artikel

  • Formula dalam Rumus Menghitung Total di Excel
  • Cara Menghitung Total di Excel

Rumus menghitung total di Excel sering dicari untuk mempermudah pekerjaan dalam perhitungan penjumlahan, pengurangan, perkalian, hingga pembagian.

Microsoft Excel adalah salah satu programme dalam
software
Microsoft yang berfungsi untuk mempermudah pengguna dalam mengolah information dan menghitung information yang sifatnya numerik atau angka.

Misalkan saja untuk membuat daftar laporan keuangan, menghitung kumpulan data dala berbagai operasi, membuat daftar nilai, menghitung kurs mata uang, dan lain sebagainya.

Baca Juga:
Cara Menghitung Rumus Luas Permukaan Bola dan Contoh Soalnya

Formula dalam Rumus Menghitung Total di Excel

Rumus Menghitung Jumlah di Excel

Foto: Rumus Menghitung Jumlah di Excel (computeexpert.com)

Foto Rumus Menghitung Jumlah di Excel (computeexpert.com)

Supaya bisa menggunakan Microsoft Excel dengan benar dan maksimal, ada beberapa rumus atau formula yang harus digunakan.

Pasalnya dalam mengolah information, angka-angka akan ditampikan dalam baris kolom berbentuk tabel.

Untuk mempermudah Moms dalam melakukan perhitungan di Microsoft Excel, ada beberapa formula yang bisa digunakan, yaitu:

  • SUM

Formula yang pertama dalam rumus menghitung total di Excel adalah SUM.

SUM adalah rumus yang digunakan untuk menemukan jumlah atau total dari suatu nilai atau tabel yang ingin Moms hitung.

Rumus menghitung total di Excel dengan SUM bisa berbentuk
range,
array,
konstanta
, dan sebagainya.

Format yang digunakan dalam rumus menghitung total di Excel adalah =SUM(A1:A6).

A1 dan A6 adalah baris kolom yang akan dijumlahnya nantinya.

Read:  Mitos Bangun Rumah Penuwun Tiga

Kolom huruf pada Microsoft Excel adalah kolom vertikal yang membentang dari kiri ke kanan.

Sedangkan kolom angka adalah kolom horizontal yang membentang dari atas ke bawah.

Rumus menghitung total di Excel ini paling banyak digunakan karena terbilang paling mudah untuk dilakukan dan tidak ribet.

  • COUNT

Selain SUM, ada COUNT yang juga bisa digunakan untuk rumus menghitung total di Excel.

Fungsi COUNT pada Excel berguna untuk menghitung banyak
jail cell
atau kotak yang berisi data numerik seperti angka, tanggal, dan sebagainya.

Perbedaannya dengan SUM adalah COUNT ini hanya menghitung saja, bukan menjumlahkan.

Jika menggunakan COUNT ini, Moms akan mengetahui berapa jumlah
jail cell
yang berisi angka.

Sedangkan
cell

yang tidak ada angkanya akan dilewati alias tidak dihitung.

Untuk rumus menghitung total di Excel menggunakan COUNT adalah =COUNT(A1:A10).

A1 dan A10 adalah kolom yang ditarik dari atas ke bawah atau kolom yang ingin Moms hitung.

Baca Juga:
Mengenal KPK dalam Matematika dan Beberapa Cara Menghitungnya

Cara Menghitung Total di Excel

Setelah memahami dengan baik formula-formula yang biasanya sering digunakan pada Microsoft Excel, sekarang saatnya mengetahui cara menghitung total di Excel.

one. Rumus Menghitung Total di Excel dengan SUM

Rumus SUM Menghitung Jumlah di Excel

Foto: Rumus SUM Menghitung Jumlah di Excel (support.microsoft.com)

Foto Rumus SUM Menghitung Jumlah di Excel (support.microsoft.com)

Ada dua cara untuk menggunakan rumus menghitung full di Excel.

Dua cara ini tidak jauh berbeda karena hanya ada satu perbedaan langkah yang ada di dalamnya.

Coba kita cek kedua cara yang bisa digunakan dalam rumus menghitung full di Excel, yaitu:

Cara pertama:

  • Cek kolom mana saja yang ingin ditambahkan.
  • Pastikan semua kolom terdapat angka yang ingin dijumlahkan.
  • Klik kursor dan letakkan di bagian kolom hasil penjumlahan.
  • Ketik rumus =SUM(A1:A6) pada kolom paling atas yang ada ikon fx. Kolom ini berada tepat di atas kolom yang bertuliskan A, B, C, D, Due east, F, G, dan seterusnya.
  • Kemudian, klik
    enter.
  • Maka hasil perhitungan total akan muncul dalam kolom A7 atau kolom hasil penjumlahan.
Read:  Bangunan Asli Rumah Bcl Cikarang

Baca Juga:
Begini Cara Akurat Menghitung Penjumlahan Bilangan Berpangkat

Cara kedua:

  • Cara kedua dilakukan jika ingin menjumlahkan lebih dari satu deretan kolom.
  • Langkah pertama adalah cek
    cell
    mana saja yang ingin dijumlahkan.
  • Pastikan semua kolom terdapat angka yang ingin dijumlahkan.
  • Klik kursor dan letakkan tepat pada
    cell
    kosong yang ada di bagian bawah
    cell
    akhir yang ingin dijumlahkan.
  • Ketik rumus =SUM (pada kolom paling atas yang ada ikon fx. Kolom ini berada tepat di atas kolom yang bertuliskan A, B, C, D, E, F, Yard, dan seterusnya.
  • Klik kursor pada
    jail cell
    awal yang ingin ditambahkan lalu tarik hingga ke
    jail cell
    bawah di mana Moms ingin menjumlahkan angka yang terakhir.
  • Nantinya,
    cell
    yang ingin dijumlahkan akan muncul pada kolom paling atas yang ada ikon fx. Tutup rumus menghitung total di Excel dengan tanda tutup kurung atau ).
  • Setelah itu klik
    enter.
  • Penjumlahan sudah selesai dilakukan dan Moms bisa mengecek sendiri hasilnya.

Baca Juga:
Cara Menghitung Rumus Keliling Balok Berserta Contoh Soalnya

2. Rumus Menghitung Total di Excel dengan COUNT

Rumus COUNT Menghitung Jumlah di Excel

Foto: Rumus COUNT Menghitung Jumlah di Excel (back up.microsoft.com)

Foto Rumus COUNT Menghitung Jumlah di Excel (support.microsoft.com)

Cara pertama:

  • Cek kolom mana saja yang ingin ditambahkan.
  • Klik kursor dan letakkan di bagian kolom hasil penjumlahan.
  • Ketik rumus =COUNT(B1:B10) pada kolom paling atas yang ada ikon fx. Kolom ini berada tepat di atas kolom yang bertuliskan A, B, C, D, E, F, G, dan seterusnya.
  • Kemudian, klik
    enter.
  • Maka hasil perhitungan total
    cell akan muncul dalam kolom B11.
  • Misalkan saja dalam dalam perhitungan tersebut ditemukan kalau hanya ada 7 kolom yang berisi angka.
Read:  Biaya Bangun Rumah 1 Meter Persegi

Baca Juga:
Cara Menghitung Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Mudah

Cara kedua:

  • Cek
    jail cell
    mana saja yang ingin dijumlahkan.
  • Klik kursor dan letakkan tepat pada
    cell
    kosong yang ada di bagian bawah
    cell
    akhir yang ingin dijumlahkan.
  • Ketik rumus =COUNT ( pada kolom paling atas yang ada ikon fx. Kolom ini berada tepat di atas kolom yang bertuliskan A, B, C, D, Eastward, F, G, dan seterusnya.
  • Klik kursor pada
    cell
    awal yang ingin ditambahkan lalu tarik hingga ke
    cell
    bawah di mana Moms ingin menjumlahkan angka yang terakhir.
  • Nantinya,
    jail cell
    yang ingin dijumlahkan akan muncul pada kolom paling atas yang ada ikon fx. Tutup rumus menghitung total di Excel dengan tanda tutup kurung atau ).
  • Setelah itu, klik
    enter.
  • Perhitungan
    cell
    sudah selesai dilakukan dan Moms bisa mengecek sendiri hasilnya.

Itulah rumus menghitung total di Excel yang mudah dan cepat.

Semoga informasi yang disampaikan di atas bisa berguna untuk Moms nantinya


  • https://support.microsoft.com/id-id/office/menggunakan-fungsi-sum-untuk-menjumlahkan-angka-dalam-rentang-323569b2-0d2b-4e7b-b2f8-b433f9f0ac96#
  • https://www.ekrut.com/media/rumus-microsoft-excel
  • https://blog.skillacademy.com/rumus-microsoft-excel-dalam-dunia-kerja
  • https://www.kelasexcel.id/2014/06/fungsi-sum-excel.html
  • https://www.dqlab.id/tutorial-menggunakan-rumus-excel-menghitung-jumlah-data-yang-berbeda-dengan-kondisi-tertentu
placeholder

Format Excel Menghitung Lama Pekerjaan Pembangunan Rumah Minimalis

Source: https://www.orami.co.id/magazine/rumus-menghitung-total-di-excel

You May Also Like