Doa Membangun Rumah Dalam Islam

Doa Membangun Rumah Dalam Islam

Doa Membangun Rumah yang Wajib Dibaca Supaya Berkah! – Membangun rumah, apa lagi hasil jerih payah sendiri, menjadi kebanggaan untuk tiap orang. Kepuasan yang didapat berlainan dengan beli rumah yang telah jadi karena semua faktor dalam rumah itu sudah disamakan dengan opsi masing-masing.

Umumnya, saat akan membangun rumah, ada beberapa penyiapan yang sudah dilakukan. Dimulai dari cari ide design, memperbandingkan harga arsitek, cari tukang, sampai beli material untuk bangunan.

Tetapi ada sesuatu hal yang kerap terlupa saat segala hal itu telah disiapkan..

Dalam Islam benar-benar disarankan membaca doa saat sebelum lakukan aktivitas apa saja. Apa lagi ketika akan membangun rumah.

Beberapa orang yang lupa untuk membaca doa membangun rumah. Walau sebenarnya, untuk umat Islam, rumah bukan sekedar tempat untuk berlindung.

Tiap Muslim jadikan rumah sebagai tempat beribadah. Sholat five kali dalam satu hari, dan doa-doa dipanjatkan dari dalam rumah. Seharusnya beberapa umat Muslim meminta ke Allah SWT saat membangun rumah.

Doa membangun rumah dalam Islam dibutuhkan supaya tempat tinggal yang ditempati selalu dilimpahkan kenyamanan dan keberkahan.

Baca Juga :

Jual Peredam Suara Busa Piramid Disini!

Berikut doa membangun rumah dari Alquran, komplet dengan tafsir.

Salah satunya doa membangun rumah menurut Islam ialah doa yang ada dalam surah Almu’minun ayat 29. Semacam ini bunyi dan arti dari ayat itu:

رَّبِّ أَنْزِلْنِيْ مُنْزَلًا مُّبَارَكًا وَأَنْتَ خَيْرُ الْمُنْزِلِيْنَ

Rabbi anzilni munzalan mubarakan wa anta khoirul munzalin

“Ya Allah, tempatkan aku di tempat yang berkah, dan Engkau adalah sebaik‐baik pemberi tempat.”

Tafsir Quran dari ayat Al Mu’minun ayat 29

Dikutip dari Tafsirq.com, berikut tafsir dari doa membangun rumah menurut Islam atau ayat Al Mu’minun ayat 29:

Read:  Dimana Seharusnya Kita Membangun Rumah

Tafsir Jalalayn:

(Dan berdoalah) di kala kamu turun dari bahtera, (‘Ya Rabbku! Tempatkanlah aku pada tempat) kalau dibaca Munzalan berarti menjadi Mashdar dan Isim Makan/tempat sekaligus, apabila dibaca Manzilan berarti tempat berlabuh (yang diberkati) yakni tempat tersebut diberkati (dan Engkau adalah sebaik-baik yang memberi tempat’”) maksudnya Engkau adalah pemberi tempat yang paling baik kepada semua yang telah disebutkan tadi.

Tafsir Quraish Shihab:

Katakan juga, “Ya Tuhan, mudahkanlah aku untuk tinggal di tempat yang Engkau berkahi dan baik. Berikanlah aku rasa aman di tempat itu, karena hanya Engkaulah satu-satunya yang menempatkan seseorang di tempat yang baik, aman dan damai.”

Kenali Beberapa Ciri Rumah yang Karunia menurut Rasulullah SAW.

Dalam agama Islam, membangun rumah bukan mengenai wujud fisik yang eksklusif dan keren. Dikutip dari Republika.co.id, yang terpenting saat membangun rumah ialah membuat situasi jadi aman dengan dinaungi nilai-nilai Islami. Hingga pada akhirannya, rumah itu sanggup menenteramkan batin penghuninya.

Rasulullah SAW banyak memberi bimbingan ke umat yang ingin jadikan rumah mereka penuh serasi dan keberkahan. Syekh Shaleh Ahmad asy-Syaami dalam Bermoral dan Bermoral Mulia, menjelaskan, umat perlu mengikuti rumah Rasulullah SAW.

Tidak terlalu berlebih, yang perlu nyaman dan asri

Nabi SAW memberi tutorial supaya tidak boleh terlalu berlebih dalam membangun rumah. Tetapi, rumah seorang Muslim ialah yang cukup buat sekedar sanggup tutupi dari pemikiran orang lain dan melindunginya dari bahaya hewan buas. Sekurang-kurangnya, dasar sebuah rumah yang bagus ialah yang dapat memberi perasaan nyaman dan asri.

‘’Dengan begitu, penghuninya akan merasa nyaman, juga merasa terlindungi,’’ papar Syekh asy-Syaami.

Sikap dan tingkah penghuni rumah ikut memberi kontributor untuk terbentuknya situasi damai.

Read:  Cara Mendapatkan Biaya Untuk Membangun Rumah

Penghuninya Memerhatikan Adat Saat Masuk Rumah

Nabi SAW mengutamakan, supaya tiap Muslim memerhatikan adab saat akan masuk rumah.

‘’Jika kamu hendak masuk rumah, maka sebaiknya kamu ucapkan salam, karena hal itu akan membawa keberkahan bagi kamu dan keluargamu.’’ (Hour Tirmidzi)

Ada banyak hal yang lain pantas mendapatkan perhatian. Rasulullah memberikan contoh, saat masuk rumah, tidak boleh secara mendadak, tanpa setahu keluarga yang berada di dalam, supaya mereka tidak terkejut. Tersebut maksudnya seorang ucapkan salam terlebih dahulu.

Beliau juga berdoa saat pulang ke rumah. ‘’Segala puji hanya milik Allah SWT semata, Zat yang telah memberiku kecukupan dan tempat berlindung, yang telah memberiku makan dan minum, yang telah memberiku karunia dan melebijkannya. Ya Allah, aku meminta kepada-Mu selamatkanlah aku dari api neraka.’’

Dalam sebuah hadis kisah Imam Muslim, Rasulullah mengutamakan, saat masuk rumah dan saat sebelum makan di rumah, seorang seharusnya menyebutkan asma Allah.

Penghuninya Membaca Al-qur’an

Disarankan juga ke penghuni rumah untuk selalu melingkupi situasi rumah dengan bacaan Alquran.

Sabda Nabi SAW, ‘’Jangan jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sungguh, rumah yang di dalamnya selalu dibacakan ayat-ayat Alquran, tidak dimasuki setan.’’ (Hour Tirmidzi)

Ada beberapa manfaat membaca doa. Doa jadi kemampuan sesudah seorang berikhtiar untuk meraih kemauan/harapan. Oleh karena itu, amalkan doa di atas saat Anda akan membuat rumah. Wallahu A’lam

Hubungi Kami Untuk Layanan Profesional

Doa Membangun Rumah Dalam Islam

Siap membantu Anda dalam mewujudkan kesuksesan proyek


Doa Membangun Rumah Dalam Islam

Source: https://www.pusatmaterial.com/doa-membangun-rumah-yang-wajib-dibaca-supaya-berkah/

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …