Rumah Dijual di Batam

Keunggulan Cari Rumah Dijual Batam

Kota Batam adalah kota terbesar yang ada di Kepulauan Riau, Sumatera. Berdasarkan data dari Disdukcapil Kota Batam, jumlah penduduk di kota ini mencapai 1.193.088 jiwa per tahun 2021. Dengan luas sekitar 1.034,76 km2, hal ini menjadikan tingkat kepadatan penduduk di Batam cukup tinggi dengan angka i.153/km persegi.

Jumlah penduduk selalu memiliki hubungan yang erat dengan tingkat permintaan hunian (rumah) suatu daerah. Semakin banyak penduduk yang menempati daerah tersebut, maka permintaan hunian juga akan semakin meningkat.

Hal tersebut juga terjadi di Kota Batam. Meskipun pada awal pandemi permintaan sektor properti di Batam sempat mengalami penurunan. Namun, begitu memasuki kuartal kedua tahun 2021 sejumlah developer properti telah berhasil meningkatkan performa penjualannya dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Hal ini tentu saja menunjukkan bahwa minat masyarakat untuk membeli hunian atau berinvestasi dalam sektor properti di Batam mulai meningkat.

Peningkatan daya tarik masyarakat untuk membeli hunian di Batam tentu saja tak lepas dari beberapa kelebihan yang dimiliki kota ini. Nah, ini dia beberapa keunggulan beliRumah Dijual Batam :

1. Batam adalah daerah Free Merchandise Zone atau bebas pajak

Keunggulan pertama cari Rumah Dijual Batam adalah karena daerah ini termasuk dalam zona bebas pajak di Indonesia. Hal ini sendiri didasarkan pada sejumlah aturan yang dibuat oleh Pemerintah Pusat. Barang-barang yang memasuki batam akan terbebas dari pajak seperti PPn, PPnBM, dan bea cukai. Jadi, jangan heran kalau harga barang disini lebih murah dibandingkan harga di daerah lain. Contohnya, smartphone, barang branded, dan barang-barang import.

2. Bisa Menonton Tayangan TV di three Negara

Di Batam, kamu bisa menonton siaran TV dari 3 negara lho! Yakni dari negara Singapura, Malaysia, dan Indonesia. Frekuensi siaran televisi tersebut bahkan bisa ditangkap menggunakan antena biasa.

three. Infrastruktur di Batam Unggul Negara

Keuntungan cariRumah Dijual Batam dan tinggal di Kawasan ini yang selanjutnya adalah dari segi infrastrukturnya. Batam adalah salah satu kota yang memiliki infrastruktur yang terunggul.
Di Batam, tidak ada jaringan kabel yang semrawut karena jaringan listriknya ditanam di bawah tanah. Selain itu, Batam juga melarang pembangunan di pinggir jalan protokol sehingga kondisi jalannya lebih kondusif.
Batam juga memiliki landasan pacu terpanjang di Asia Tenggara (landasan pacu dan runway di Bandara Hang Nadim yang sangat panjang 4.025 1000). Infrastruktur lainnya juga sangat lengkap. Pemerintah Batam pun selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas infrastruktur yang ada.

Hal-hal diataslah yang membuat banyak orang menetap di Batam. Selain itu, Batam sendiri merupakan salah satu kota industri dengan banyak perusahaan besar yang berdiri disana. Berbagai kelebihan yang dimiliki kota ini tentunya akan semakin mendorong pertumbuhan bisnis properti di Batam.

Read:  Pembangunan Rumah Sakit Internasional Terpadu Wirasari Di Dumai

Semakin ada banyak warga yang ingin menetap di Batam. Akhirnya, banyak orang yang mencariRumah Dijual Batam untuk mereka tempati sendiri atau sebagai sarana investasi.

Potensi Bisnis dan Investasi Rumah Dijual di Batam

Berbicara mengenai potensi bisnis dan investasi rumah di Batam, tentunya tak lengkap apabila kita tidak membahas beberapa data terkait sektor ini, bukan?

Harga jual dan beli rumah di Batam sendiri dipengaruhi oleh beberapa hal. Seperti lokasi (luar, tengah, atau pinggir kota), infrastruktur yang ada di sekitarnya, kawasan, luas bangunan, tipe, dan berbagai fasilitas penunjang lainnya. Harganya sendiri berkisar antara ratusan hingga milyaran rupiah per unitnya.

Tahun 2019, Kota Batam pun pernah tercatat mengalami kenaikan harga rumah tertinggi diantara 16 kota lainnya yang telah disurvey oleh Bank Republic of indonesia. IHPR (Indeks Harga Properti Residensial) Batam pada Kuartal 1 tahun 2019 juga menunjukkan bahwa kota ini mengalami pertumbuhan harga yang cukup signifikan dalam hampir semua tipe rumahnya.

Angka IHPR ini mencapai 2,67%. Sementara itu, untuk rumah kecil kenaikan harganya sendiri mencapai 3,95%. Angka ini tentu saja lebih tinggi dibandingkan angka pertumbuhan pada kuartal Iv-2018 yang hanya sebesar 0,43 persen.

Untuk rumah tipe menengah, ada kenaikan sebesar 2,65%. Untuk tipe rumah besar, ada kenaikan sebesar i,xl persen lebih tinggi dibanding kuartal sebelumnya sebesar 0,33 persen.

Inilah mengapa potensi bisnis dan investasiRumah Dijual Batam dinilai cukup menjanjikan. Ada kenaikan harga tiap tahunnya yang cukup menguntungkan bagi para investor. Seumpama, kamu membeli properti rumah tahun 2022 ini. Maka, harga rumah yang kamu beli dapat tumbuh lebih besar di tahun-tahun mendatang. Di 5 atau 10 tahun mendatang saja, harganya akan jadi jauh lebih berkembang.

Selain itu, kenyamanan kota dan juga fasilitasnya yang lengkap juga menjadikan Kota Batam menjadi daerah hunian yang baik.

Prospek Berinvestasi Properti Rumah Dijual Batam

Cukup menjanjikan. Kota Batam sendiri dari tahun ke tahun selalu mengalami kemajuan. Kemajuan suatu kota sendiri juga akan mempengaruhi harga properti di kota tersebut. Hal ini terbukti dari harga hunian di Batam yang mengalami pertumbuhan positif.

Lokasi ini sendiri memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap potensi pengembalian nilai investasi properti. Properti yang terletak di area strategis memiliki prospek masa depan yang lebih baik. Apalagi, jika akses dan infrastrukturnya memadai.

Kota Batam merupakan salah satu lokasi tepat untuk berinvestasi properti. Letaknya yang strategis, laju pertumbuhan penduduk yang pesat, dan beragam keunggulan lainnya yang dimiliki kota ini turut menjadikan Batam sebagai lokasi yang tepat untuk berinvestasi properti.

Read:  Melihat Orang Barat Membangun Rumah Panggung

Keuntungan Beli Rumah Dijual Batam

  1. Dapat dijadikan sebagai sarana investasi properti yang menguntungkan di masa mendatang.
  2. Selain untuk tujuan investasi, kamu juga bisa menjadikan hunian di Batam sebagai tempat tinggal tetap lho. Contoh, jika kamu warga pendatang, pebisnis yang nantinya akan menetap lama atau sering bolak-balik di kota ini, atau kamu yang ingin menetap di kota ini. Bisa langsung membeli rumah di Batam, sehingga kebutuhan akan hunian baru yang nyaman terpenuhi.
  3. Harga rumah terjangkau dan potensi balik hasil investasinya tinggi.
  4. Lokasi strategis dan dekat dengan berbagai fasilitas penting.

Profil Kota Batam

Kota Batam adalah bagian dari BBK (Batam-Bintan-Karimun) yang merupakan kawasan khusus perdagangan bebas. Letak kota ini terbilang sangat strategis. Batam berada di Jalur Pelayaran Internasional. Bahkan kota ini berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia.

Sebagai Kota Terencana, Batam juga memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat pesat. Penduduk Kota Batam sendiri tumbuh hingga 158 kali lipat, semenjak dibangun pada awal 1970-an. Tingkat pertumbuhan rata-ratanya mencapai 8% per tahun. Hal ini menjadikan permintaanRumah Dijual Batam selalu meningkat.

1. Iklim Kota Batam

Bagaimana dengan iklim kota ini? Batam memiliki iklim tropis dengan rata-rata suhu 26-34 derajat celcius. Hal ini membuat kota ini sangat nyaman ditempati, terlebih untuk kita yang memang terbiasa dengan suhu ini.

2. Batas Kota Batam

Apa saja batas Kota Batam? Di sebelah utara, kota ini berbatasan dengan Selat Singapura dan Singapura. Di sisi Timur, Kota Batam berbatasan dengan Pulau Bintan dan Tanjung Pinang. Di sisi selatan, Kota Batam berbatasan dengan Kabupaten Lingga. Dan di sisi Barat, Batam berbatasan dengan Kabupaten Karimun.
Masyarakat yang tinggal di Batam berasal dari berbagai suku dan golongan. Mayoritas penduduknya beragama Islam dengan persentase mencapai 71,96%.

3. Pariwisata Kota Batam

Ada banyak sekali lokasi wisata yang bisa kamu jumpai di Kota Batam ini. Diantaranya adalah : Batam Woods Top, Tangga thousand Taman Habibie, Pantai Tanjung Pinggir, Pulau Ranoh, Pantai Elyora, Tebing Langit Sekupang, Funtasy Isle, Pantai Galang Mas, Pulau Tunjuk, Monumen Welcome To Batam, dan lain sebagainya.
Per tahun 2010 kemarin, Batam juga menggelar tahun kunjungan wisatawan yang bertajuk Visit Batam 2010-Experience It. Ajang tersebut juga didukung dengan adanya fasilitas hotel dan resort berstandar internasional.

4. Perekonomian Kota Batam

Kota Batam juga memiliki beragam industri. Sebagian besar industri di Batam sendiri didominasi oleh industri galangan kapal, industri fabrikasi, industri baja, industri logam dan lainnya. Batam sendiri juga dikenal sebagai tempat produksi galangan kapal terbesar di Indonesia.

Read:  Permainan Membangun Rumah Dan Isinya Untuk Laptop Online

Fasilitas Kota Batam

1. Fasilitas Pendidikan Kota Batam

Fasilitas pendidikan di Kota Batam sendiri juga sangatlah lengkap. Ada banyak sekolah negeri dan swasta mulai dari jenjang PAUD hingga perguruan tinggi. Beberapa universitas yang ada di Batam adalah : Politeknik Negeri Batam, Universitas Internasional Batam (UIB), Universitas Batam, Universitas Putera Batam (UPB), Universitas Riau Kepulauan, Universitas Terbuka Batam, Akademi Keperawatan Mitra Bunda Persada, dan lain sebagainya.

ii. Fasilitas Kesehatan Kota Batam

Fasilitas kesehatan juga merupakan salah satu indikator yang sangat penting. Setiap daerah harus memiliki fasilitas kesehatan yang memadai guna menunjang kebutuhan akan pelayanan kesehatan bagi masyarakat sekitar.
Di Batam sendiri, ada banyak rumah sakit yang tersedia mulai dari tipe A hingga tipe D. Contohnya saja adalah RSUD Embung Fatimah, RS Awal Bros Batam, RS Bhayangkara Batam, RS Budi Kemuliaan, RS Camatha Sahidya, RS Charis Medika, RS Darurat Pulau Galang, dan lain sebagainya.

three. Fasilitas Transportasi Kota Batam

Transportasi di Kota Batam sendiri juga sangatlah memadai. Mulai dari jalur darat, laut, hingga udara. Untuk jalur daratnya, di Batam sendiri sudah ada jalan raya yang menghubungkan antar kawasan yang ada di Pulau Batam.

Ada pula beragam pilihan transportasi darat, seperti taksi, double-decker kota, angkutan kota, hingga ojek. Di Batam juga ada sistem BRT atau Bus Rapid Transit (yang lebih dikenal sebagai Trans Batamf). Sistem ini sendiri sudah mulai dioperasikan semenjak tahun 2005. Beroperasi mulai pukul 05.thirty – xix.00 WIB. Harganya pun sangat terjangkau, Rp 2000 untuk pelajar dan Rp 4.000 untuk penumpang umum.

Untuk jalur lautnya sendiri, Batam memiliki banyak sekali Pelabuhan baik untuk keperluan logistik ataupun keperluan angkutan penumpang. Pelabuhan logistiknya sendiri ada di Sekupang, Batu Ampar, dan Kabil. Untuk Pelabuhan internasional penumpang sendiri ada Batam Centre, Harbour Bay, Nongsa, Waterfront dan Sekupang.

Sementara itu, untuk Pelabuhan domestik penumpang ada Harbour Bay, Sekupang, dan Telaga Punggur.
Untuk transportasi udara sendiri, Batam memiliki bandara yang Bernama Bandar Udara Internasional Hang Nadim. Bandara ini melayani berbagai rute penerbangan internasional dan domestik.

Banyaknya fasilitas yang ada di Kota Batam, membuat prospekRumah Dijual Batam sangat menjanjikan. Harga properti juga terus mengalami kenaikan yang cukup stabil.

Nah, jika kamu membutuhkan unit of measurement rumah di Batam. Kamu bisa mencari rekomendasinya dibrighton.co.id ya!

Dijual Rumah Tinggal Di Jl Pembangunan Batam