Desain Atap Rumah Pisah Bangunan

Desain Atap Rumah Pisah Bangunan

Desain atap rumah bentuk fifty bisa memiliki sisi yang sama panjang maupun panjang sebelah. Umumnya desain atap rumah bentuk l memakai atap pelana dan sering dipakai pada lahan luas.

Ada pula beberapa hunian dengan atap 50 yang menggunakan dak beton. Bagian atapnya landai dan bisa ditambahkan lantai kedepannya tanpa harus membongkar atap. Berikut beberapa desain atap rumah bentuk fifty untuk rumah satu lantai atau bertingkat:


Atap Dengan Cerobong Asap

Desain Atap Rumah Pisah Bangunan
Unsplash

Rumah dengan cerobong asap sering ditemui di pedesaan Eropa. Letak cerobong di bagian dekat sudut belokan dengan ketinggian beragam. Cerobong asap dengan bahan dasar batu-bata atau batu sering disebut dengan
masonry chimneys.

Jenis cerobong ini biasa digunakan di area negara empat musim karena menghasilkan panas lebih baik. Rumah dengan atap seperti ini juga cocok untuk kawasan pegunungan yang dingin. Ruangan akan menyimpan panas lebih banyak dari perapian.


Atap Rumah Mewah ane Lantai

Unsplash

Desain atap rumah bentuk 50 ini memiliki sisi yang sama panjang dengan sudut siku-siku. Umumnya digunakan untuk rumah mewah dan dilengkapi dengan garasi mobil.

Garasi bisa dibuat untuk dua mobil sekaligus dan rumah utama terletak di sisi lainnya. Dengan desain atap seperti ini maka area depan bisa sekaligus difungsikan sebagai lahan parkir yang luas.


Dutch Gable Roof

Pexels

Jenis atap pelana ini sering disebut dengan
dutch gable roof
yakni atap pelana dengan jurai luar atap. Bagian atapnya memiliki banyak ruang loteng yang bisa Pins gunakan sebagai tempat penyimpanan tambahan.

Loteng ini dapat pula difungsikan sebagai kamar tambahan namun memiliki bagian dinding yang miring di salah satu sisinya. Desainnya semakin populer sebab menambah daya tarik fasad rumah.

Read:  Tinggi Bangunan Untuk Rumah Tiggal Daerah Cengkareng

Baca juga:

  • Ide Desain Rumah Atap Dak one Lantai
  • 7 Model Atap Ruko 1 Lantai & Manfaat Memilikinya
  • 9 Desain Atap Gerobak Makanan Tradisional Hingga Kekinian


Atap Letter Fifty Horizontal

Temonggo

Bentuk bangunan menyerupai huruf l namun tampak horizontal. Sisi yang panjang berada di belakang bangunan. Atapnya memakai jenis atap datar dan di sisi lainnya berupa
skillion roof.

Dari fasadnya terlihat struktur atap yang terpisah-pisah. Atap tengah cenderung lebih pendek ketinggiannya dibandingkan atap sisi kanannya. Sementara atap sisi kiri miring. Keunggulan dari atap ini adalah bukaan akses ventilasi yang lebih besar.


Atap 2-Storey Firm

Desain atap rumah bentuk l dengan halaman rumput yang luas
Pexels

Desain atap rumah bentuk l ini tidak memiliki sudut yang tajam pada bagian belokannya. Atapnya merupakan kombinasi antara
gable roof
dan
saltbox.  Bagian luar rumah memiliki pelataran hijau yang luas.

Hunian juga dilengkapi dengan banyak jendela baik pada area rumah utama yang berloteng maupun sisinya yang lain. Pada sudut belokannya rumah ini digabungkan dengan area beratap landai.


Atap Rumah Modern Bergarasi

Freepik

Hunian dengan penggunaan warna hitam yang mendominasi mampu menyimpan panas dengan baik. Daya serap cahaya mataharinya tinggi apalagi jika atap juga memiliki warna senada.

Hunian seperti ini biasanya dikombinasikan pula dengan batuan alam sebagai dekorasi dindingnya. Halamannya tak begitu luas namun cukup untuk lahan parkir dua mobil sekaligus.

Baca juga:

  • nine Inspirasi Atap Cafe Unik & Dekorasinya
  • 25 Model Atap Rumah Dari Seng yang Trendy dan Hemat Biaya


Atap Miring Satu Sisi

Desain atap rumah bentuk l  yang miring di satu sisinya
Houzz

Atap miring sering jadi pilihan pada hunian minimalis. Jenis atap ini dikenal pula dengan nama
skillion roof
yakni bentuknya lurus tanpa ada lekukan segitiga.  atap nya yang lurus namun miring berfungsi agar daun berguguran bisa langsung jatuh ke bawah.

Read:  Biaya Membangun Rumah Luas Tanah 80

Atap seperti ini juga tidak membutuhkan saluran air karena atap aman dari genangan. Rumah dengan atap ini meskipun berbentuk 50 namun salah satu sisinya lebih pendek.


Atap Concrete Business firm

Pexels

Rumah tanpa pagar ini memiliki dinding berwarna krem dengan sudut dari menara berdinding batuan. Pada menaranya menggunakan atap
flat
sementara lainnya berupa atap genteng.

Hunian dilengkapi dengan jendela kotak di setiap sisinya termasuk expanse menara. Fasadnya unik seperti memiliki atap bertumpuk dengan halaman semen yang diaci.

Meskipun terlihat gersang namun ruangan didalamnya sejuk. Atap genteng memiliki keunggulan memudahkan udara masuk ke dalam ruangan dan meredam suara dengan baik.


Flat Roof

Desain atap rumah bentuk l dengan atap datar
Pexels

Atap datar memberikan keuntungan mempermudah pembangunan lantai kedepannya. Selain itu atap ini juga mudah dibersihkan dan bisa membentuk berbagai model bangunan.

Flat roof
bisa jadi pilihan Pins jika ingin membangun hunian dengan balkon. Area atapnya juga bisa digunakan sebagai
rooftop
maupun area menjemur pakaian.


Atap Rumah Dengan Teras

Desain atap rumah bentuk l dengan teras
Pexels

Apabila lahan bangunan tidak begitu luas bisa pula memakai rumah leter L dengan atap
saltbox
yang dikombinasikan dengan
dormer. Atap
saltbox
memiliki bentuk segitiga namun satu sisinya memiliki kemiringan yang cukup ekstrim.

Sementara atap dormer dikenal memiliki atap segitiga dengan tambahan atap yang menjorok ke luar di bagian tengahnya. Bagian depan rumah ditambahkan teras lengkap dengan atap dan tangga kecil.

Rumah dengan bentuk l memiliki bentuk dan ruangan yang bervariasi. Setiap ujung rumahnya akan langsung menghadap ke halaman. Dengan begitu di setiap sisi ruangannya Pins bisa langsung mengecek ke halaman lewat ventilasi.

Desain atap rumah bentuk fifty cocok untuk gaya modern hingga tradisional. Bentuk atap ini bisa dikombinasikan dengan atap genteng hingga dak beton yang permukaanya datar sekalipun.

Read:  Cari Pinjaman Untuk Bangun Rumah

Baca juga:

  • Macam-Macam Bentuk Atap Rumah Modernistic Berbagai Gaya
  • Plus Minus Pemakaian Atap Beton Untuk Hunian
  • 5 Inspirasi Desain Eternit Atap Rumah Bantu Wujudkan Rumah Idaman

Source Feature Image: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Synthesis Huis dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti.
Pinhome

PINtar jual beli sewa properti.

Desain Atap Rumah Pisah Bangunan

Source: https://www.pinhome.id/blog/desain-atap-rumah-bentuk-l/

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …