Datasheet Arduino Uno Lengkap Dengan Fungsinya

Sarah Lea
Rahasia

Arduino Uno merupakan board mikrokontroler yang dilengkapi dengan 14 PIN input dari output digital, dimana 6 PIN tersebut berfungsi selaku input analog dan 6 PIN untuk output PWM. Banyak orang yang mencari Datasheet Arduino Uno dengan tujuan untuk mempelajari karakteristik dan fungsi dari komponen tersebut.

Pada umumnya, Arduino Uno berasal dari kata “Uno” (italia) atau dalam bahasa indonesia merupakan “satu” yang menunjukan bahwa Arduino model 1.0 selaku tumpuan untuk Arduino tipe berikutnya. Ini merupakan board mikrokontroler berbasis Datasheet atau ATmega328.

Sedangkan, Datasheet dikehendaki jikalau Anda ingin mengenali lebih dalam fungsi, karakteristik dan cara kerja dari Arduino Uno, biasanya Datasheet berformat PDF dengan beberapa pilihan berbeda. Pada postingan kali ini, kami akan membagikan Datasheet Arduino Uno yang sanggup Anda Download secara gratis.

Datasheet Arduino Uno

Jika Anda sedang mencari Datasheet untuk Arduino Uno, kami sudah menawarkan 2 gambar, yakni Datasheet dan board yang sanggup disimpan secara gratis:

Atau Anda sanggup mendownload model PDF: Download Datasheet Ardunino Uno PDF

Fungsi Arduino Uno

Arduino Uno mempunyai kegunaan penting, yakni sanggup digunakan untuk menghasilkan kesibukan yang berencana untuk mengatur nyaris semua komponen elektronika, seumpama jam digital, alarm, pengatur dan pendeteksi suhu ruangan, display LCD, robot cerdik dan masih banyak lagi.

Selain itu Arduino Uno pastinya sanggup membuat lebih gampang pekerjaan para elektronik untuk menjalankan Prototyping, menghasilkan aneka macam alat berbasis mikrokontroler, dan memprogram miktrokontroler.

Rahasia

Karakteristik Arduino Uno

Kategori PIN Nama PIN Detail
Kekuatan Vin, 5V, 3.3V, GND Vin: Input tegangan ke Arduino dikala menggunakan sumber daya eksternal.
5V: Catu daya yang digunakan untuk board miktrokontroler.
3.3V: Tegangan yang dihasilkan oleh regulator on-board.
GND: Ground
Reset Reset Mengatur ulang miktrokontroler
PIN Analog A10-A5 Untuk memamerkan input analog sekitar 0-5V
PIN Input/Output PIN digital 0-13 Dapat digunakan selaku PIN input atau output
Serial 0 (RX), 1 (TX) Untuk menemukan atau transmisi data serial TTL
Interupsi Eksternal 2, 3 Sebagai pemicu interupsi
PWM 3, 5, 6, 9, 11 Memasok 8-bit PWM output
SPI 10 (SS), 11 (MOSI), 12 (MISO), 13 (SCK) Sebagai komunikasi SPI
LED 13 Untuk mengaktifkan lampu LED
TWI A4 9SDA), A5 (SCA) Sebagai komunikasi TWI
AREF AREF Memberikan tegangan contoh pada output

Untuk info lebih terang perihal karakteristik dari Mikrokontroler ini, Anda sanggup eksklusif menyaksikan video berikut:

Keterangan PIN Arduino Uno

Jika chip ATmega328 digunakan ditempat Arduino Uno ataupun sebaliknya, Anda sanggup menyaksikan gambar dibawah ini untuk mengenali keterangan setiap PIN diantara keduanya:

Cara Memprogram Arduino Uno

  • Pastikan Arduino IDE sudah terinstall pada perangkat PC atau laptop Anda.
  • Kemudian hubungkan board miktrokontroler ke PC atau laptop menggunakan kabel USB.
  • Lalu buka Arduino IDE dan pilih board yang tepat dengan cara klik Tools>Board>Genuino/Arduino Uno.
  • Setelah itu pilih port yang tepat pada pilihan Tools>Port.
  • Untuk menjajal contoh kode, pilih File>Examples>Basics>Blink.
  • Setelah contoh isyarat tersebut diangkut pada software IDE, klik tombol Upload yang berada dibagian kafetaria atas.
  • Setelah upload selesai, Anda mesti menentukan lampu LED Arduino berkedip.

Berikut merupakan contoh perintah mudah-mudahan lampu LED Arduino berkedip:

// the setup function runs once when you press reset or power the board void setup() {   // initialize digital pin LED_BUILTIN as an output.   pinMode(LED_BUILTIN, OUTPUT); }  // the loop function runs over and over again forever void loop() {   digitalWrite(LED_BUILTIN, HIGH);   // turn the LED on (HIGH is the voltage level)   delay(1000);                       // wait for a second   digitalWrite(LED_BUILTIN, LOW);    // turn the LED off by making the voltage LOW   delay(1000);                       // wait for a second } 

Untuk info lebih lengkapnya, Anda sanggup eksklusif klik tautan berikut: https://components101.com/microcontrollers/arduino-uno.

Nah, demikian postingan singkat yang sanggup kami bagikan perihal Datasheet Arduino Uno, fungsi, karakteristik, keterangan PIN dan cara memprogram Arduino yang sanggup memperbesar wawasan Anda perihal board miktrokontroler ini. Terimakasih sudah berkunjung, mudah-mudahan bermanfaat.

Rahasia
Next Post

Maxtron V20 M2 Fix Macet Sentuh Sehabis Flashing

MAXTRON V20 M2 FIX MACET SENTUH SETELAH FLASHING Hallo kawan flasher Kesemapatan ini saya akan membagikan  firmware MAXTRON V20 M2 FIX MACET SENTUH SETELAH FLASHING. Sebelum nya saya juga sudah membagikan FIRMWARE MAXTRON V20 M2,namun beberapa diatara ssobat kita menyampaikan bahwa Ts tidak berfung setelah dilaksanakan file flashing. Jadi,pada potensi […]
Maxtron V20 M2 Fix Macet Sentuh Sehabis Flashing
/* */