Contoh Sikap Bijaksana Dalam Memanfaatkan Energi Adalah Membangun Rumah Dengan

Contoh Sikap Bijaksana Dalam Memanfaatkan Energi Adalah Membangun Rumah Dengan

Dengan banyaknya orang di rumah membuat tagihan listrik semakin melonjak. Terlebih di tengah pandemi yang sedang terjadi saat ini, semua aktivitas dilakukan dirumah, baik itu untuk keperluan pekerjaan, sekolah, maupun untuk menghilangkan kejenuhan akibat #dirumah aja , misalnya ngobrol bersama teman melalui aplikasi Zoom atau nonton menggunakan
Netflix streaming.

Dalam laporan Center For Climate And Energy Solutions juga dikatakan, 72% emisi rumah kaca berasal dari penggunaan energi listrik. Diperkirakan keadaan ini akan terus meningkat hingga tahun 2040.

Kalian bisa lihat faktanya pada gambar berikut:

Sumber: Center For Climate And Energy Solutions

Setelah melihat fakta di atas, ternyata penggunaan listrik tidak hanya menambah pengeluaran, namun juga tidak bagus untuk merusak bumi kita. Maka dari itu dibutuhkan sikap bijak penggunaan listrik, terutama di rumah.

Rumah terdiri dari berbagai ruangan yang membutuhkan energi listrik, salah satunya kamar mandi yang membutuhkan banyak energi listrik, misalnya untuk menghidupkan lampu, mesin air,
water heater
, dan lain-lain.

Berikut 5 sikap bijak penggunaan listrik di kamar mandi:

one. Cabut Listrik yang Tidak Digunakan

Tahukah kamu, kabel yang mencolok di kamar mandi (misal kabel mesin air/water heater) masih mengalirkan listrik walaupun dengan jumlah yang kecil. Dengan kata lain kabel-kabel tersebut akan menjadi “vampir” listrik di kamar mandi kalian.

Dampak vampir listrik ini sangat signifikan, baik untuk lingkungan seperti menghabiskan energi secara cuma-cuma maupun bagi pengeluaran sehari-hari.

Lalu bagaimana cara untuk lebih enlightened dengan “vampir listrik” kita? Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan yaitu dengan cara mencabut kabel atau aliran listrik yang tidak digunakan.

Read:  Kepmen Spesifikasi Teknis Bangunan Rumah Bp2bt

Kalian juga perlu tahu manfaat mencabut kabel atau aliran listrik yang tidak digunakan:

  • Menghemat energi dan mengurangi emisi karbon di lingkungan.
  • Menghasilkan kualitas udara yang lebih bersih.
  • Menghasilkan kualitas hidup yang lebih baik.
  • Menghemat pengeluaran uang yg berlebih
  • Meminimalisir pemanasan global hingga one,5 ° C (source: earthhourofficial).
  • Dapat menjaga setidaknya 30 persen natural spaces dan mengelola sisanya secara berkelanjutan (source: earthhourofficial).
  • Dapat menyelamatkan keberadaan hewan & ekosistem lainnya.

2. Matikan Lampu yang Tidak Terpakai

Untuk kebutuhan lampu di kamar mandi, siasati kebutuhan penerangan di kamar mandi dengan menggunakan lampu hanya pada saat benar-benar dibutuhkan saja. Misalnya tidak menghidupkan lampu saat berada di kamar mandi.

Atau di siang hari dan cuaca cerah, maksimal penggunaan sinar matahari sebagai sumber pencahayaan (tidak menghidupkan lampu disiang hari) .

3. Turunkan Suhu Water Heater

Saat ini tidak sedikit kamar mandi yang sudah dilengkapi dengan water heater (pemanas air). Namun penggunaan water heater juga perlu diperhatikan karena alat ini membutuhkan daya listrik yang cukup besar.

Menurunkan suhu water heater merupakan salah satu sikap bijak dalam penggunaan energi listrik. Dengan menurunkan suhunya, kalian juga tidak membutuhkan sumber energi listrik dalam jumlah yang besar.

iv. Matikan Listrik Ketika Tidak Digunakan

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu jangan gunakan listrik ketika tidak diperlukan, misalnya mematikan keran air saat menyikat gigi, sabunan, atau sampoan. Semakin banyak air yang kamu gunakan, maka semakin banyak pula tenaga listrik yang kamu butuhkan.

Begitupun jika kamu menggunakan shower atau penampungan air ketika sedang mandi. Jangan biarkan penampungan air (bak air) terus mengalir hingga melimpah dan matikan shower atau keran ketika tidak membutuhkan air.

Read:  Penentuan Hari Baik Membangun Rumah Jurnal

5. Bikin Penampungan Air Hujan

Hujan menjadi salah satu cara dalam penggunaan listrik secara bijak. Kamu bisa menggunakan air hujan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk menyiram tanaman, membersihkan teras rumah, maupun mencuci kendaraan.

Jadi ketika hujan turun, jangan biarkan air tersebut terbuang begitu saja, tampung dan gunakan airnya sebijak mungkin. Kamu juga tidak perlu membeli tempat penampungan air yang khusus, bisa gunakan ember yang sudah ada atau wadah yang aman untuk menampung air.

Nah 5 cara di atas merupakan beberapa sikap bijak yang bisa kamu lakukan untuk menghemat penggunaan listrik di kamar mandi. Mengingat bumi kita juga sudah semakin cukup tua dan isu-isu energi yang sedang gencar dibicarakan, tidak ada salahnya kita turut berpartisipasi dalam penghematan penggunaan energi listrik.

Doing something to go better..

Contoh Sikap Bijaksana Dalam Memanfaatkan Energi Adalah Membangun Rumah Dengan

Source: https://zerowaste.id/zero-waste-lifestyle/sikap-bijak-menggunakan-listrik/

You May Also Like