Sebelum membangun / merenovasi rumah, Anda perlu memperhitungkan rencana anggaran biaya (RAB) yang akan dikeluarkan untuk membangun rumah. RAB bangun / renovasi rumah ini biasanya berisi detail terkait harga bahan baku, upah pekerja, biaya pajak, dll.

Rencana Anggaran Biaya (RAB) atau yang dikenal juga dengan


price plan


merupakan taksiran biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah atau proyek konstruksi lain. Rencana anggaran biaya bangunan sangat penting untuk memperkirakan biaya konstruksi/renovasi rumah. Selain itu, RAB juga merupakan dokumen wajib untuk mengajukan fasilitas kredit konstruksi, kredit pemilikan tanah dan kredit renovasi rumah.

Ada beberapa hal penting yang perlu dilampirkan dalam rancangan RAB, yaitu:

  • Uraian pekerjaan berdasarkan kategorinya, misal: pondasi beton yang di dalamnya terdiri dari rincian material yang dibutuhkan dalam proses pemasangan pondasi beton
  • Book uraian pekerjaan, berbentuk m2, m3 atau unit barang
  • Harga satuan pekerjaan
  • Total upah pekerja
  • Full textile bahan bangunan
  • Jumlah total harga yang telah ditambah sesuai dengan komponen penambah sebelumnya

Berikut telah kami rangkum informasi seputar cara menyusun dan beberapa contoh RAB rumah untuk memudahkan Anda

  • Kegunaan Rencana Anggaran Biaya
  • Cara Hitung Rencana Anggaran Biaya Bangunan
  • Fasilitas Kredit yang Butuh RAB
  • Contoh RAB Rumah

Kegunaan Rencana Anggaran Biaya

Contoh Rab Bangunan Rumah Sederhana
Ilustrasi RAB Rumah

RAB rumah sangat penting dalam proses membangun / merenovasi rumah. Tanpa RAB, Anda akan kesulitan untuk membuat taksiran harga yang perlu dikeluarkan untuk merenovasi atau membangun rumah. Berikut beberapa kegunaan RAB, yaitu:

1. Memperkirakan Full Biaya yang Dibutuhkan

Fungsi utama RAB adalah untuk memperkirakan besar total biaya yang dibutuhkan dalam membangun atau merenovasi rumah. Dengan merinci biaya yang dibutuhkan di RAB, Anda akan memiliki gambaran terkait budget yang perlu dikeluarkan untuk membangun / merenovasi rumah. Hal ini sangat penting untuk mencegah Anda


over upkeep


dalam membangun / merenovasi rumah.

Read:  Aturan Bangunan Rumah 2 Lantai Menurut Sni

2. Tahu Listing Material yang Dibutuhkan secara Particular

Rincian anggaran biaya bangun / renovasi rumah juga penting untuk mengetahui list material yang dibutuhkan secara particular. Dengan tahu cloth yang dibutuhkan Anda juga bisa membuat opsi material yang lebih hemat jika ternyata material yang diinginkan terlalu mahal.

three. Penting untuk Mengajukan Fasilitas Kredit Tertentu

Kegunaan penting lain dari RAB adalah untuk mengajukan fasilitas kredit. Beberapa fasilitas kredit bank yang berkaitan dengan pembangunan / renovasi rumah membutuhkan RAB. Jika Anda tidak memiliki RAB, maka pengajuannya kemungkinan akan ditolak

Cara Hitung Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Setidaknya ada iii cara umum yang dapat Anda terapkan untuk hitung RAB rumah, yaitu

1. Hitung Manual dengan Microsoft Excel

Salah satu cara yang paling umum yang digunakan untuk hitung RAB adalah dengan menghitung semua kebutuhan secara manual. Jika Anda berniat hitung secara manual, Anda bisa coba menghitung RAB rumah Excel. Sayangnya, perhitungan seperti ini memiliki kemungkinan kesalahan yang cukup tinggi jika Anda tidak paham betul dengan rumus di Microsoft Excel dan cara pengoperasiannya.

2. Jasa Hitung RAB Rumah

Anda juga bisa menggunakan jasa hitung RAB rumah yang cukup banyak tersedia di internet dengan tarif rata-rata Rp. ten ribu per m2. Ada beberapa website yang bisa Anda coba, yaitu Projects.id, Fastwork.id, Eliminator.id dan jasadesainrumah.org.

Umumnya website tersebut menawarkan harga dan paket yang bervariasi. Anda bisa pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Lewat Aplikasi Online di Playstore

Selain menggunakan dua cara di atas, Anda juga bisa memanfaatkan fitur aplikasi di Android yaitu dengan menggunakan aplikasi yang dapat diunduh melalui Playstore, seperti RAB Instan, Analisa RAB, RAB-Rencana Anggaran Biaya, Estimasi RAB Edisi Vol Rumah 1 Lantai dan Rancangan Anggaran Biaya

Read:  Contoh Laporan Rab Bangunan Rumah

Fasilitas Kredit yang Membutuhkan Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Ada beberapa fasilitas kredit yang membutuhkan dokumen Rencana Anggaran Biaya / RAB sebagai salah satu syarat dokumen wajib untuk mengajukan fasilitas kredit. Beberapa fasilitas kreditnya yaitu:

1. Kredit Renovasi Rumah

Kredit renovasi rumah merupakan salah satu fasilitas kredit yang disediakan oleh banking concern jika Anda berminat untuk merombak rumah. Kredit ini hanya berlaku jika Anda telah memiliki bangunan rumah dan ingin direnovasi. Untuk tahu selengkapnya seputar kredit renovasi rumah Anda bisa cek di sini: Cara Mengajukan Kredit Renovasi Rumah / Syarat / Tips

ii. Kredit Konstruksi / Kredit Pembangunan Rumah

Kredit konstruksi / pembangunan rumah juga merupakan salah satu fasilitas kredit bank yang membutuhkan RAB. Ada dua pemahaman terkait kredit konstruksi, yaitu kredit konstruksi untuk developer atau dikenal juga dengan kredit modal kerja dan kredit konstruksi untuk membangun rumah perorangan.

Kedua fasilitas kredit konstruksi tersebut membutuhkan RAB untuk proses pengajuan kreditnya. Untuk cek syarat dan bank yang bisa proses, Anda bisa cek di sini: Syarat Kredit Konstruksi Developer & Perorangan

3. Kredit Pemilikan Tanah

Berbeda dengan dua fasilitas kredit di atas yang mewajibkan calon debitur melampirkan RAB. Untuk kredit pemilikan tanah / KPT hanya beberapa bank saja yang butuh RAB karena adanya ketentuan untuk membangun rumah / bangunan di atas tanah yang dikreditkan dalam jangka waktu tertentu, namun beberapa bank lain tidak menyertakan syarat tersebut sehingga Anda tidak perlu melampirkan RAB. Anda bisa cek syarat KPT di sini: Kredit Pemilikan Tanah: Syarat dan Bank yang Bisa Proses

Contoh RAB / Rencana Anggaran Biaya Rumah

Berikut beberapa contoh RAB berdasarkan tipe rumah yang bisa membantu memudahkan Anda dalam merencanakan perhitungan RAB, yaitu:

Read:  Pengembang Perumahan Dapat Menyelesaikan Pembangunan Rumah Selama 25 Hari

one. Contoh Rencana Anggaran Biaya (RAB) Rumah Type 36

Rumah tipe 36, biasnya terdiri dari beberapa ruang yaitu:

  • 1 Ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga/ruang tv
  • 1 Dapur berukuran kecil
  • 1 Toilet
  • 2 kamar tidur berukuran kecil

Contoh rencana anggaran biaya untuk rumah tipe 36 kira-kira seperti ini:

Contoh RAB / Rencana Anggaran Biaya rumahtype 36
Contoh RAB rumah type 36

2. Rencana Anggaran Biaya (RAB) Rumah Type 45

RAB rumah tipe 45 tidak jauh berbeda dengan tipe 36, beberapa perbedaannya hanya pada luas ruang dan budget yang perlu disiapkan. Berikut contoh RAB untuk rumah tipe 45 dengan model minimalis. Umumnya rumah tipe 45 terdiri dari:

  • two ruang kamar berukuran besar
  • Ruang keluuarga
  • i toilet
  • Ruang cuci baju
  • Ruang tamu
  • Ruang dapur yang cukup luas dan muat meja makan four kursi.
Contoh RAB tipe 45 minimalis
Contoh Rekapitulasi RAB rumah tipe 45 model minimalis

Baca juga: Denah Rumah Minimalis: Contoh Denah & Tips Bangun

three. Contoh Rencana Anggaran Biaya (RAB) Rumah 2 Lantai

Berbeda dengan rumah tipe 36 dan 45, rumah 2 tingkat memiliki RAB yang lebih kompleks. Tatanan ruang untuk rumah ii tingkat juga lebih bervariasi, sehingga RAB-nya juga lebih variatif dibanding tipe lainnya. Berikut kami contohkan RAB rumah 2 lantai untuk model minimalis, yaitu:

Contoh RAB rumah minimalis untuk rumah 2 lantai
Ilustrasi Rencana Anggaran Biaya (RAB) rumah two lantai tipe minimalis
Contoh RAB rumah 2 lantai tipe minimalis
Contoh Rencana Anggaran Biaya (RAB) rumah 2 lantai tipe minimalis

Baca juga: Tipe Rumah: Bandingkan Tipe 36 / 45 / lx / 120 / Lainnya