MUSTIKALAND.CO.ID
– Tempat tinggal termasuk ke dalam kebutuhan esensial. Segelintir orang memilih untuk membangun rumah impiannya daripada membeli rumah jadi di developer properti. Namun sebelum mulai membangun rumah dari nol, Anda wajib menyusun RAB rumah.

Bagi Anda yang masih awam dan belum mengerti cara membuat RAB rumah yang baik dan benar, artikel ini akan membahas seluk-beluk RAB rumah. Mulai dari pengertian RAB, fungsi RAB, jenis RAB, cara menghitung RAB, cara membuat RAB, beserta contoh RAB 2021 terbaru.

Pengertian RAB Rumah

Rancangan Anggaran Biaya atau yang kerap disingkat RAB ini memiliki definisi sebagai taksiran besaran biaya yang akan dikeluarkan untuk membeli textile bangunan, alat-alat, upah, serta biaya pengeluaran lain yang berkaitan dengan proyek pembangunan rumah.

Susunan RAB akan menjadi rujukan bagi kontraktor dan pemilik dalam menetapkan besaran anggaran proyek sewaktu membangun rumah dari awal pembangunan sampai selesai.  Adanya RAB rumah dapat memberikan gambaran rinci mengenai proyek pembangunan.


Baca Juga:
Surat Perjanjian Kontrak Rumah: Template, Contoh, hingga Lampiran

Fungsi Menyusun RAB Rumah

RAB rumah memiliki fungsi yang sangat penting sehingga tidak boleh luput dari perhatian Anda. Berikut fungsi-fungsi RAB rumah yang perlu Anda ketahui.

1.      Acuan Taksiran Biaya

RAB rumah berfungsi untuk menghitung full perkiraan biaya secara rinci yang Anda perlukan dalam proses pembangunan rumah. Meliputi upah pekerja, alat-alat pertukangan, material bangunan, dan sebagainya.

ii.      Dapat Memperlancar Proses Konstruksi

Material bangunan merupakan aspek penting dalam proyek pembangunan. RAB berfungsi untuk menilik kebutuhan cloth secara detail. Jangan sampai salah dalam menghitung dan mencatat fabric bangunan yang Anda perlukan karena dapat menghambat proses konstruksi rumah.

3.      Menentukan Kontraktor

Bila Anda benar dalam membuat RAB, bisa membantu Anda mendapatkan jasa kontraktor yang tepat. Kontraktor akan menilik RAB Anda untuk melihat skala proyek yang Anda tawarkan pada mereka. Sebab, Anda harus memastikan memakai jasa kontraktor yang memiliki keahlian yang diperlukan dan dapat memenuhi skala proyek tersebut.

four.      Penentuan Alat yang Hendak Dipakai

Untuk memperlancar pengerjaan rumah idaman Anda, tentunya memerlukan banyak alat-alat pertukangan. Supaya tidak ada kendala, Anda bisa menyusun daftar alat-alat yang mungkin dipakai sehingga memudahkan pembangunan. Rumah Anda pun akan selesai tepat waktu.

Read:  Berapa Lama Membangun Rumah Tipe 36

v.      Sebagai Penentu Harga

Apabila di masa depan Anda berniat menjual aset properti yang telah Anda bangun, jangan lupa melihat RAB rumah. Karena biaya RAB rumah menjadi penentu harga awal sebelum Anda mematok harga.


Baca Juga:
Surat Jual Beli Rumah: Lampiran, Contoh, hingga Template

Jenis-Jenis RAB

Ternyata RAB konstruksi terdapat banyak jenisnya. Kenali lebih jauh tentang jenis RAB dengan melihat daftar di bawah ini.

one.      RAB Taksiran

Umumnya RAB taksiran adalah buatan pemilik proyek guna menunjukkan perkiraan biaya, rencana, atau ide konstruksi pada kontraktor.

two.      RAB Particular

RAB item adalah rancangan anggaran dari jasa kontraktor. Para kontraktor membuat RAB ini berdasarkan desain dari konsultan proyek.

3.      RAB Pendahuluan

Sementara itu, RAB pendahuluan merupakan rancangan dari konsultan perencana proyek.

4.      RAB Sesungguhnya

RAB sesungguhnya telah tertulis dalam kontrak dan masuk ke dalam anggaran final sebelum proyek pembangunan berjalan.

Susunan RAB Rumah

Sebelum membangun rumah, Anda perlu menyusun RAB. Setidaknya aspek-aspek di bawah ini masuk ke dalam susunan RAB rumah Anda.

1.

Detailed Engineering Pattern

Istilah

detailed engineering science pattern

atau desain kerja detil ini harus ada di dalam susunan RAB. Sebab, gambaran desain proyek mempermudah dalam menghitung volume pekerjaan.

2.      Volume Pekerjaan

Selain

particular engineering design
, Anda juga harus memasukkan hitungan volume pekerjaan. Tapi Anda perlu menentukan dulu semua material bangunan dengan membuatkannya daftar. Baru setelah itu Anda bisa menghitung book pekerjaan dengan berbagai satuan yang mencakup: ls, k, m², m³

three.      Penentuan Harga Material Bangunan

Selanjutnya adalah penentuan harga textile bangunan. Sesuaikan harga tiap item pekerjaan dengan harga yang ada di pasaran.

four.      Biaya Pekerjaan

Setelah Anda menghitung book pekerjaan dan harga fabric, Anda juga perlu menghitung biaya total dari tiap aspek pekerjaan, yaitu dengan mengalikan volume pekerjaan dengan harga material per unitnya.

Read:  Rumah Pedesaan Biasnya Dibuat Besar Dengan Bahan Bangunan Tradisional Karena

5.      Penentuan Total Biaya dari Tiap Item Pekerjaan

Total biaya dari setiap sub pekerjaan dapat Anda peroleh dari harga setiap unit yang sebelumnya sudah Anda hitung. Kemudian, untuk mendapatkan total biaya keseluruhan, Anda hanya menjumlahkan harga dari setiap sub pekerjaan.

Cara Menghitung RAB Rumah

Lalu bagaimana cara menghitung RAB rumah? Terdapat dua sistem cara menghitung RAB rumah yang bisa Anda pakai, yakni penghitungan menggunakan sistem meter persegi dan penghitungan menggunakan sistem analisis harga satuan bangunan. Berikut adalah ulasan lebih jelasnya.

one.      Cara Menghitung RAB Rumah Menggunakan Sistem Meter Persegi

Bila ingin memakai penghitungan dengan sistem ini Anda harus memastikan sudah memiliki data penting seperti luas bangunan dan harga bangunan tiap meter persegi.

Lalu Anda juga harus melakukan penyesuaian harga bangunan berdasarkan lamanya pengerjaan dan lokasi pembangunan.

Contoh kasus:

Anda menginginkan rumah yang memiliki lebar 12 m dan panjangnya 15 m, luas bangunan rumah Anda adalah 180 m². Bila harga bangunan di lokasi tempat Anda membangun rumah mematok Rp 2 juta setiap meter persegi, Anda hanya mengalikan luas bangunan rumah dengan harga per meter persegi. 180 x 2 = 360 juta.

2.      Cara Menghitung RAB Rumah Menggunakan Sistem Analisis Harga Satuan Bangunan

Ada beberapa yang perlu Anda perhatikan jika ingin menerapkan cara penghitungan ini. Pertama, Anda wajib memiliki gambar rumah yang Anda inginkan.

Kedua, Anda memiliki daftar: material bangunan lengkap dengan harganya, biaya tukang, hitungan volume detail pekerjaan.

Ketiga, Anda harus menghitung book pekerjaan dalam setiap item pekerjaan dari gambar dan ukuran bangunan. Dengan mengalikan volume pekerjaan dengan harga satuan, Anda akan mendapatkan hasil harga satuan pekerjaan.

Contoh kasus:

Anda akan memasang ubin seluas 40 meter persegi di rumah idaman Anda. Cara menghitung biaya pemasangan ubin adalah dengan mengalikan luas tersebut dengan harga per satuan ubin (unit item pekerjaan), umpama harga ubin Rp50 ribu. Maka totalnya 40 ten 50 ribu = ii juta

Read:  Bangunkan Rumah Sugra Di Sisimu

Cara Membuat RAB Rumah

Setelah mengerti aspek yang harus ada di dalam susunan RAB dan cara menghitungnya, berikut adalah cara yang bisa Anda terapkan untuk membuat RAB rumah.

ane.      Menyiapkan Gambar Kerja

Berguna menjadi acuan daftar pekerjaan yang akan Anda hitung, seperti ukuran bahan bangunan, spesifikasi bahan bangunan, dan sebagainya. Jika Anda menyiapkan gambar kerja akan mempermudah dalam penghitungan volume pekerjaan.

2.      Menghitung Volume Pekerjaan

Cara menghitungnya dengan membuat daftar seluruh harga per unit of measurement pekerjaan.

three.      Menentukan Harga Satuan Kerja

Harga satuan kerja sama dengan harga upah pekerja dan harga pembelian fabric. Sesuaikan dengan harga di pasaran.

four.      Penghitungan Jumlah Biaya Pekerjaan

Cara mendapatkannya dengan mengalikan volume pekerjaan dengan harga unit satuan seperti contoh kasus yang ada di atas.

5.      Menghitung Total Biaya

Terakhir adalah menghitung total masing-masing sub pekerjaan yang meliputi pekerjaan pondasi, pekerjaan persiapan, pekerjaan beton, dan sebagainya. Dari seluruh sub pekerjaan tersebut Anda hanya tinggal menjumlahkannya, maka full biaya proyek sudah Anda dapatkan.

Contoh RAB rumah

Supaya Anda tidak bingung lagi, berikut adalah contoh RAB rumah sederhana yang bisa Anda ikuti.

1.      Contoh RAB Rumah Lantai 1

Di bawah ini adalah contoh RAB rumah sederhana berlantai satu.



Contoh RAB Rumah Lantai 1

two.      Contoh RAB rumah lantai 2

Di bawah ini adalah contoh RAb rumah berlantai dua.



Contoh RAB Rumah Lantai 2

Itulah ulasan lengkap tentang RAB rumah mulai dari pengertian hingga cara membuatnya. Perlu kehati-hatian dan ketelitian tinggi ketika menyusun dan menghitung RAB rumah demi kelancaran pembangunan rumah impian Anda.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya

Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang

Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place

Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor
0812-8006-5200
atau electronic mail ke

[email protected]
.