SarjanaEkonomi.Co.Id –
Biasanya proposal kegiatan diperlukan apabila ingin mengusulkan suatu permintaan seperti permintaan dana atau sponsor pada saat akan mengadakan suatu kegiatan acara. Kegiatan acara yang umumnya dikerjakan diantaranya seperti kegiatan kampus, sekolah, desa atau bahkan samapai kegiatan pengumpulan dana dan lain sebagainya.

Proposal Kegiatan acara adalah termasuk kepada surat secara resmi yang diajukan sebelum akan diselenggarakan sebuah kegiatan dalam kegiatan acara tersebut. Proposal Kegiatan tersebut nantinya dapat diberikan kepada orang-orang yang mempunyai peranan yang sangat penting terhadap berjalannya suatu acara. Seperti contohnya, proposal kegiatan dalam acara sekolah maka proposal perlu untuk diberikan kepada Kepala Sekolah yang bertanggung jawab penting di wilayah sekolah.

Tujuan akan diberikannya proposal kegiatan acara tersebut oleh pihak kepala sekolah supaya kepala sekolah dan beserta para staf lainnya dapat mengetahui seluruh kegiatan acara tersebut. Yang menjadi poin terpenting dalam membuat proposal kegiatan acara yaitu dengan wajib untuk dapat menyertakan pada bagian kop surat pada proposal tersebut supaya dapat meyakinan para penerima proposal kegiatan yang akan di selenggarakan.

Contoh Proposal Permintaan Dana Pembangunan Rumah Dakwah


Proposal Kegiatan

Proposal pada intinya ialah suatu susunan kegiatan yang akan berlangsung dalam bentuk tulisan dengan secara sistematis dan terperinci, sehingga proposal disusun untuk memperoleh persetujuan pihak lain, bisa juga disusun untuk keperluan pengajuan dana sumbangan yang nantinya akan ada kerja sama antara kedua belah pihak yang mengusulkan proposal dan pihak yang memberi pertolongan.

Sehingga tak salah juga jika dikatakan bahwa proposal adalah permintaan bantuan keuangan untuk melaksanakan proyek atau kegiatan yang didalamnya terdapat pengajuan rencana sebuah kegiatan baik itu yang bersifat individu maupun kelompok.


Pengertian Proposal Kegiatan

Proposal Kegiatan merupakan suatu tulisan yang disusun dengan secara sistematis yang bertolak agar dapat menerangkan rencana dan tujuan dalam suatu kegiatan kepada para pembaca supaya mempunyai pengertian yang lebih jelas dan terperinci tentang tujuan kegiatan tersebut. Proposal ini diciptakan sebelum acara dilaksankan agar mendapatkan izin atau mencari sponsor acara supaya dapat mendapatkan donatur finansial maupun nonfinansial. Penulisan proposal kegiatan diharapkan supaya dapat memberikan sebuah informasi yang rinci kepada para pembaca sehingga dapat mengerti maksud dan tujuan dari pembuatan proposal kegiatan tersebut.


Pengertian Proposal Kegiatan Menurut Para Ahli

Adapun definisi dari proposal kegiatan menurut para ahli, Adalah sebagai berkut ini:

  • KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Proposal kegiatan merupakan serangkaian rencana yang dihadapkan dalam bentuk rancangan kerja, pengaturan dengan secara sistematis, matang dan detail yang dibuat oleh pihak peneliti sebelum menjalankan penelitian, baik penelitian di lapangan ataupun penelitian kepustakaan.
  • Hasnun Anwar (2004), Proposal kegiatan adalah serangkaian dari suatu rencana yang disusun dan dibuat untuk kegiatan tersebut. Seperti dalam kegiatan seminar, acara kompetisi, dan acara lain sebagainya.
  • Jay (2006), Definisi proposal kegiatan merupakan dari suatu bentuk berupa alat bantu manajemen standar supaya manajemen dapat bertugas dengan secara efisien dalam menjalankan pengelolaan kegiatan.


Syarat-Syarat Menyusun Proposal

Adapun jika kamu ingin menyusun suatu proposal maka kamu harus untuk dapat memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  • Harus mempunyai struktur maupun pemikiran yang sangat jelas dan mudah untuk dipahami.
  • Hasil dari suatu kegiatan tersebut harus terstruktur dengan baik.
  • Rumusan dari jenis kegiatan yang dilaksanakan wajib untuk di tulis dengan secara dan detail serta harus benar-benar dapat dilakukan.
  • Jika ada anggaran dana yang dibutuhkan, maka anggaran dana yang dibutuhkan perlu realistis dengan kegiatan tersebut.

Tujuan Proposal Kegiatan

Dalam menyusun proposal kegiatan dengan mempunyai suatu Tujuan dari penyusunan sebuah proposal akan sangat berhubungan dengan bidang yang terkait. Beberapa tujuan diantaranya sebagai berikut :

1. Menjelaskan Rencana Kegiatan

Tujuan kegiatan dalam proposal adalah menginformasikan suatu planning kegiatan, sehingga atas dasar tersebutlah kegiatan tersebut dapat untuk diterima sekaligus, selanjutnya akan memperoleh suatu dukungan, untuk mendapatkan izin, dan memperoleh Bantuan-bantuan dari sponsor agar dapat keberlangsungan suatu kegiatan acara yang diselenggarakan.


ii. Memberikan Laporan Pelaksanaan Kegiatan

Manfaat yang menjadi salah satu bagian terpenting dari pembuatan proposal kegiatan ialah bertujuan untuk dapat penyusunan proposal kegiatan, supaya agar dapat menjalankan pelaksanaan kegiatan yang akan diselenggarakan. Sehingga atas dasar ini selanjutnya para pihak-pihak yang menolong akan dapat semakin yakin. Apalagi jika kalau di tahapan akhir acara biasanya ada sebuah laporan untuk dapat pertanggung jawaban kegiatan.


Jenis-Jenis Proposal

Pada dasarnya terdapat beragam jenis-jenis proposal, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Bisnis

Dalam bentuk hal bisnis agar pembuatan proposal umumnya yang berkaitan langsung dengan dunia bisnis, maka baik perorangan maupun kelompok. Contoh dalam proposal bisnis seperti proposal pendirian suatu usaha produk, proposal kerjasama ini antar perusahaan, dan lain-lain.


2. Penelitian

Yaitu proposal yang biasanya akan dipakai dalam bidang akademisi, khususnya dalam bidang institusi yang melaksanakan riset. Adapun untuk contoh untuk proposal penelitian secara kualitatif seperti proposal untuk cara membuat skripsi, tesis, dan lainnya. Proposal ini dibuat sebagai pengajuan kegiatan sebuah penelitian.


3. Proyek

Merupakan proposal yang biasanya dipakai untuk pekerja dunia bisnis dimana isi dalamproposal tersebut berisi tentang suatu rangkaian dengan rencana untuk dapat melakukan kegiatan tertentu. Contohnya seperti dalam hal ini merupakan suatu proposal proyek pembangunan masjid, pembangunan Pondok Pesantren, dan lain sebagainya.


4. Kegiatan

Adalah suatu proposal yang senantisa dirangkai untuk dapat menjalankan suatu kegiatan. Isi proposal kegiatan merupakan pengajuan rencana kegiatan, baik yang sifatnya secara individu maupun sifat secara kelompok, seperti dalam pentas seni dan budaya. Proposal kegiatan tidak jarang untuk dipakai dalam pengajuan permohonan bantuan dana dari pihak tertentu. Dan sebagai bahan dari kompensasi atas bantuan dana yang akan didapatkan dalam penyelenggaran kegiatan, supaya dapat untuk menawarkan sesuatu yang berguna bagi pihak donatur, seperti infinite dalam bentuk iklan.


Manfaat Proposal Kegiatan

Proposal yang dipakai untuk memohonkan sebuah kegiatan baik secara individu maupun secara kelompok. Acuan, pada sebuah usulan, konsep dan ide yang terdapat pada bagaian proposal ini terkait tentang suatu aktifitas yang akan dilaksanakan. Proposal kegiatan dapat bermanfaat untuk dapat mengadakan acara seminar, diskusi, dalam pelatihan dsb. Seperti, proposal kegiatan dengan acara pentas seni budaya. Adapun berupa manfaat dari pembuatan proposal kegiatan adalah sebagai berikut ini :

  1. Sebagai proses dari rencana yang dapat menuntun pada pihak panitia kegiatan dalam menjalankan sutu kegiatan tersebut.
  2. Sebagai sumber dari informasi oleh pihak-pihak yang berkepentingan dalam kegiatan tersebut.
  3. Secara tidak langsung, sebagai bahan yang dapat menerangkan pada pihak-pihak yang harus mengetahui kegiatan tersebut.
  4. Memberikan kelancaran bagi penyelenggara untuk mendapatkan support
  5. Menyakinkan para sponsor donatur yang dapat memperoleh support secara material maupun finansial untuk dapat mewujudkan kegiatan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan.

Struktur Penyusunan Proposal Kegiatan

Untuk dapat memahami dengan lebih lanjut dalam struktur untuk format penyusunan proposal kegiatan. Hal ini bermanfaat untuk dapat memudahkan para pembaca dan memudahkan untuk dapat dipahami dengan maksud dari tujuan telah dibuatnya proposal tersebut. Berikut ini cara untuk dapat membuat susunan proposal dengan secara baik dan benar.

one. Halaman Judul Proposal

Judul adalah bagian dari format awalan yang perlu kamu tampilkan terlebih dahulu. Judul adalah pemberi penerangan awalan mengenai suatu tujuan dibuatnya proposal. Pada bagian Halaman judul berisikan tentang nama atau judul dari suatu kegiatan proposal yang ingin diusulkan. Contohnya dalam “Gelar Seni dan Budaya Siswa-Siswi SMA N 15 Jombang dalam Rangka Acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda”.


ii. Latar Belakang Proposal

Setelah terbentuknya halaman judul yang terletak di posisi paling depan, berikutnya dalam membuat halaman khusus untuk latar belakang dibentuknya proposal. Latar belakang sangatlah perlu untuk dapat disertakan dalam sebuah proposal kegiatan karena akan menerangkan dengan secara garis besar mulai dari alasan mengapa kamu membuat proposal tersebut. Selengkapnya, kamu bisa lihat beberapa contoh latar belakang yang bisa kamu gunakan untuk refrensi kamu dalam membuat latar belakang.


3. Tujuan Proposal

Untuk deskripsi tujuan dapat dikaitkan dengan satu halaman dengan suatu latar belakang proposal kegiatan. Bertujuan supaya nantinya proposal tersebut terlihat lebih berisi. Menerangkan suatu deskripsi tujuan dalam kegiatan dengan secara urut dan terstruktur dengan rapi. Dimulai dari yang paling penting yang menjadi suatu tujuan utama dalam rencana kegiatan proposal tersebut.


iv. Nama dan Tema Kegiatan Proposal

Kegiatan proposal ini bermaksud pada suatu kegiatan pokok yang akan dilakukan, umumnya dapat dilampiri dengan jadwal kegiatan dengan secara lengkap dan mendetail.


5. Bentuk Kegiatan Proposal

Mendeskripsikan tentang suatu rangkaian acara kegiatan yang akan diselenggarakan. Contohnya: Acara lomba Pantun, Lomba Bernyanyi, Lomba modern Tarian, dan lain sebagainya. Rangkaian kegiatantersebut adalah bagian dari struktur acara yang paling perlu karena inilah puncak dari kelancaran dari proposal yang dibentuk.


6. Peserta Proposal

Peserta adalah siapa saja yang nantinya dapat menenuntun suatu kegiatan atau acara dalam proposal ini. Seperti contohnya dalam acara pentas seni SMP, maka para pesertanya wahib untuk diikuti oleh para siswa/siswi SMP tersebut mulai dari kelas 7, 8, dan ix dapat mengikutinya. Peserta dapat dibatasi dan dapat juga di buka dengan secara umum, tergantung dari kesepakatan.


7. Penyelenggara Proposal

Memberikan suatu penjelasan siapa saja yang ikut dalam menyelenggarakan suatu kegiatan tersebut. Umumnya yang menjadi penyelenggara merupakan suatu organisasi atau himpunan kelompok.


eight. Tempat Kegiatan dan Jadwal Proposal

Tempat dan kegiatan agar dapat mendeskripsikan dimana akan diselenggarakan acara kegiatan tersebut. Data ini sangatlah penting dan tidak boleh disebar luaskan, perlu dengan kepastian. Oleh karena itu wajib untuk dilakukan kesepakatan terlebih dahulu antara pihak yang terlibat.


nine. Susunan Acara Proposal

Mendeskripsikan dari susunan dari suatu acara kegiatan yang akan dibuat mulai dari awal pembukaan acara hingga sampai selesainya acara tersebut.


10. Susunan Panitia Proposal

Mendeskripsikan susunan tugas dari kepanitiaan yang sudah ditentukan sebelum dibentuknya proposal kegiatan. maka dari itu susunan kepanitiaan ini perlu untuk ditentukan sebelum rencana akan dibentuknya proposal supaya dapat memudahkan kita nantinya.


xi. Rencana Anggaran Proposal

Mendeskripsikan rincian pada masukan dana, pengeluaran dana, keperluan-keperluan dana yang dipakai untuk acara kegiatan.


12. Penutup Proposal

Bagian penutup diisi dengan sebuah kalimat yang menerangka suatu harapan supaya nantinya semua pihak dapat ikut berpartisipasi untuk dapat terlaksananya kegiatan proposal yang sudah direncanakan ini. Di tanda tangani oleh pihak ketua panitia dan mengetahui oleh pihak penanggung jawab dalam kegiatan acara proposal.


Macam-Macam Proposal Kegiatan

Adapun untuk beberapa macam-macam dalam contoh proposal kegiatan itu sendiri, adalah sebagai berikut ini:

ane. Proposal Kegiatan Desa

Yaitu proposal yang dibentuk oleh pihak desa dalam suatu kegiatan tertentu, seperti kegiatan “Halal Bi Halal dan Silaturahmi Akbar Desa Wetan Sari Suberjo”.


2. Proposal Kegiatan Sekolah

Merupakan proposal yang dibentuk oleh sebuah sekolah atau lembaga pendidikan ketika akan menyelenggarakan suatu kegiatan. Seperti dari kegiatan milad atau hari jadi sekolah, acara 17 Agustus, perpisahan, dan berbagai kegiatan lainnya.


3. Proposal Kegiatan Kampus

Merupakan proposal yang dibuat pada saat membuat suatu kegiatan dengan berbasis kampus, seperti kegiatan BEM, UKM, ulang tahun kampus, dan lain sebagainya. Seperti Proposal dalam Kegiatan Lomba Debat Tingkat SMA Universitas Republic of indonesia Tahun 2019.


4. Proposal Sponsorship

Merupakan proposal yang dihadapkan kepada pihak sponsor untuk dapat mendukung suatu kegiatan supaya kegiatan tersebut dapat berlanjar dengan lancar. Dalam hal ini pihak sponsor dapat memberikan sumbangan dana untuk kegiatan tersebut. Seperti Proposal Sponshorship untuk Lomba PBB Tingkat SD/ SMP/ SMA se Sumatera.


five. Proposal Bantuan Dana

Merupakan dibuat dalam mencari Sumbangan dana untuk suatu usaha atau acara tertentu. Misalnya proposal sumbangan dana untuk membangun Jembatan, proposal bantuan dana untuk membangun Sekolahan, proposal bantuan dana untuk membangun jalan, dan masih banyak lagi jenis kegiatan yang memerlukan bantuan finanncial.


6. Proposal Kegiatan Usaha

Merupakan proposal yang dibutuhkan untuk suatu tujuan dalam pengembangan sebuah usaha. Tujuan utamanya merupakan untuk mencari donatur dana dalam hal tersebut. Seperti yaitu Proposal Usaha Budidaya Ikan Patin PT Sumber Berkah Abadi.


Contoh Proposal Kegiatan

Contoh dalam pembuatan proposal yang paling sering dibuat tidak hanya dalam kalangan sekolah maupun kalangan organisasi tetapi dilingkungan sekolah juga sering membuat proposal dalam kegiatan di lingkup sekolah, seperti proposal kegiatan pentas seni (Pensi). proposal seperti itu sering dipakai dengan suatu tujuan untuk dapat meminta dukungan dalam menyelenggarakan agenda-calendar yang di adakan, dan masalah dalam pendanaan dan lain-lain, Berikut adalah pembuatan contoh proposal kegiatan yang dapat menjadi referensi kamu dalam belajar:


1. Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Hut Kemerdekaan RI Ke-75


A. Nama Kegiatan

Lomba Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke- 75

B. Tema

Perjuangan Nasional

C. Latar Belakang

Sebagai pemuda dan pemudi Indonesia, kita harus bisa mengisi dan memperingati hari kemerdekaan Indonesia dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Selain sebagai rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia dan perjuangan para pahlawan, dengan mengisi hari kemerdekaan dengan berbagai kegiatan positif juga bisa memupuk kreatifitas kita sebagai generasi penerus bangsa. Dan yang paling utama adalah kita sebagai pemuda bisa meningkatkan rasa cinta kita kepada tanah air Indonesia melalui berbagai kegiatan yang mendidik.


D. Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan Lomba peringatan HUT kemerdekaan RI yang ke-75 adalah:Tujuan kegiatan Lomba peringatan HUT kemerdekaan RI yang ke-75 adalah:

ane. Meningkatkan kualitas berfikir siswa siswi.
2. Membina persahabatan, kebersamaan dan persatuan .
3. Memupuk kedisiplinan kreativitas dan prestasi .
4. Mencintai Universitas dan Almamater
5. Menambah pengalaman, kecakapan dan keterampilan yang berguna bagi half-dozen. diri sendiri, masyarakat, bangsa dan Negara


Due east. Pelaksanaan Kegiatan

Terlampir


F. Susunan Panitia Lomba HUT RI Ke-75

Terlampir


Thou. Anggaran Dana

Terlampir


H. Penutup

Demikian proposal ini kami susun sebagai acuan pelaksanaan kegiatan. Semoga dengan bantuan dan partisipasi semua pihak, kegiatan ini dapat terselenggara sesuai harapan kita semua.



two. Contoh Proposal Kegiatan Gelar Seni dan Budaya


A. Judul Proposal

Gelar Seni dan Budaya Siswa-Siswi SMA Northward 10 Wates dalam Rangka Acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

B. Latar Belakang

Pentas seni merupakan ajang yang tepat untuk menggali kreativitas siswa-siswi di luar potensi akademik. Melalui pagelaran pentas seni, siswa-siswi dapat menunjukkan bakat yang dimilikinya kepada publik. Kondisi ini tentu sangat bagus untuk perkembangan siswa-siswi yang bersangkutan maupun pihak sekolah. Oleh karena itu, kami selaku pihak OSIS yang mewakili suara semua siswa-siswi SMA Due north 10 Wates berinisiatif untuk mengadakan pentas seni. Selain bertujuan untuk menjaring potensi siswa-siswi di bidang seni, acara ini sekaligus sebagai ajang memperingati momen sumpah pemuda pada tanggal 09 Mei 2020. Seperti diketahui bahwa sumpah pemuda merupakan periode penting dalam sejarah pemuda menuju Indonesia merdeka.


C. Tema

Dalam kegiatan ini, kami selaku panitia telah sepakat untuk mengangkat tema “Menjadi Pemuda Produktif, Kreatif dan Berdikari dalam Meraih Masa Depan”. Melalui tema ini diharapkan seluruh siswa-siswi SMA N 10 Wates menyadari pentingnya memanfaatkan waktu secara produktif. Caranya yaitu dengan melakukan berbagai kegiatan kreatif untuk meraih masa depan sesuai cita-cita.


D. Macam-Macam Kegiatan

  • Teater
  • Pagelaran music ring
  • Drama Kolosal
  • Sendra tari
  • Pertunjukan pencak silat
  • Seni islami
  • Stand up upwardly one-act

East. Peserta

Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa-siswi perwakilan dari setiap kelas Ten, XI dan XII SMA North ten SMA Due north x Wates.


F. Waktu dan Tempat

  • Pentas sendra tari, seni islami, Taekowndo
    Hari/tanggal: Kamis, 09 Mei 2020.
    Pukul: 16.00-21.00 WIB.
    Tempat: Lapangan upacara SMA N 10 Wates.
  • Pentas drama kolosal dan teater
    Hari/tanggal: Jumat, 10 Mei 2020.
    Pukul: 17.00-xx.00 WIB.
    Tempat: Lapangan upacara SMA N ten Wates.
  • Pentas stand upward comedy dan music band
    Hari/tanggal: Sabtu, 11 Mei 2020.
    Pukul: 08.00-fifteen.00 WIB.
    Tempat: Aula SMA N 10 Wates.

G. Susunan Panitia

  1. Pelindung                   : Drs. Mahmud Danial, M.Pd. (Kepala Sekolah)
  2. Pembina                     : Arianto, S.Pd.
  3. Penanggung jawab     : Anisa Khalista (ketua OSIS)
  4. Ketua panitia               : Atmadja
  5. Sekretaris                     : Dewita Yuniar
  6. Bendahara                    : Anggoro Sendi
  7. Koor sie acara               : Tiara Yusti
  8. Koor sie perkap            : Yudit
  9. Koor sie dokumentasi  : Kalista yuyun
  10. Koor sie publikasi         : Dena Asia
  11. Koor sie humas             : Budi Andrea
  12. Koor sie keamanan       : Jumanto

H. Anggaran Dana


one. Pemasukan

  • Dana kas sekolah            : Rp1.500.000
  • Dana partisipasi siswa     : Rp2.500.000
  • Dana sponsor Axis          : Rp2.000.000
  • Dana sponsor Telkomsel : Rp3.000.000
  • Dana partisipasi guru       : Rp500.000
    Full
    : Rp9.500.000


2. Pengeluaran

  • Sewa tempat      : Rp1.000.000
  • Sewa panggung : Rp3.000.000
  • Sewa alat musik : Rp2.000.000
  • Konsumsi            : Rp1.500.000
  • Publikasi              : Rp500.000
  • Dokumentasi       : Rp500.000
  • Lain-lain               : Rp500.000
  • Total
    : Rp9.000.000


3. Contoh Proposal Kegiatan Pentas Seni


A. Judul Proposal

Gelar Seni dan Budayadalam Rangka Acara Perpisahan Siswa-Siswi Kelas XII SMA Northward eight Darmawangsa.


B. Latar Belakang

Pentas seni merupakan ajang yang tepat untuk menggali kreativitas siswa-siswi di luar potensi akademik. Melalui pagelaran pentas seni, siswa-siswi dapat menunjukkan bakat yang dimilikinya kepada publik. Kondisi ini tentu sangat bagus untuk perkembangan siswa-siswi yang bersangkutan maupun pihak sekolah.

Oleh karena itu, kami selaku pihak OSIS yang mewakili suara semua siswa-siswi SMA Due north 8 Darmawangsa berinisiatif untuk mengadakan pentas seni. Selain bertujuan untuk menjaring potensi siswa-siswi di bidang seni, acara ini sekaligus sebagai ajang perpisahan dengan kakak kelas XII SMA Due north 8 Darmawangsa. Seperti diketahui bahwa sebentar lagi kakak-kakak kelas XII SMA N 8 Darmawangsa akan segera meninggalkan sekolah ini.


C. Tema

Dalam kegiatan ini, kami selaku panitia telah sepakat untuk mengangkat tema “Produktif dan Kreatif dalam Meraih Masa Depan”. Melalui tema ini diharapkan seluruh siswa-siswi SMA N 8 Darmawangsa menyadari pentingnya memanfaatkan waktu secara produktif. Caranya yaitu dengan melakukan berbagai kegiatan kreatif untuk meraih masa depan sesuai cita-cita.


D. Macam-Macam Kegiatan

  • Teater
  • Pagelaran music ring
  • Sendra tari
  • Drama kolosal
  • Seni islami
  • Pertunjukan pencak silat
  • Stand up up comedy

Eastward. Peserta

Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa-siswi perwakilan dari setiap kelas 10, XI dan XII SMA Northward 8 Darmawangsa.


F. Waktu dan tempat

  • Pentas drama kolosal dan teater
    Hari/tanggal: Senin, 02 Apr 2019.
    Pukul: 17.00-twenty.00 WIB.
    Tempat: Lapangan upacara SMA N 8 Darmawangsa.
  • Pentas sendra tari, seni islami, pencak silat
    Hari/tanggal: Selasa, 03 April 2019.
    Pukul: 17.00-20.00 WIB.
    Tempat: Lapangan upacara SMA Northward 8 Darmawangsa.
  • Pentas stand up up comedy dan music band
    Hari/tanggal: Rabu, 03 April 2019.
    Pukul: 08.00-fifteen.00 WIB.
    Tempat: Aula SMA Due north viii Darmawangsa.

G. Susunan Panitia

  • Pelindung                   : Drs. Alduno, Thou.Pd. (Kepala Sekolah)
  • Pembina                     : Wildin, S.Pd.
  • Penanggung jawab    : Michael (ketua OSIS)
  • Ketua panitia              : Asep
  • Sekretaris                    : Iis Iswanti Tri Hapsari
  • Bendahara                   : Alvpian
  • Koor sie acara              : Rokayah
  • Koor sie perkap            : Junedi
  • Koor sie dokumentasi  : Sukoco
  • Koor sie publikasi         : Nadiel
  • Koor sie humas             : Wiratwan
  • Koor sie keamanan       : Syarief

H. Anggaran Dana

1. Pemasukan

  • Dana kas sekolah            : Rp 1.500.000
  • Dana partisipasi siswa     : Rp 2.500.000
  • Dana sponsor Axis           : Rp 2.000.000
  • Dana sponsor Telkomsel : Rp three.000.000
  • Dana partisipasi guru       : Rp ane.000.000
    Total
    :
    Rp x.000.000

2. Pengeluaran

• Sewa tempat      : Rp 3.000.000
• Sewa panggung : Rp iii.000.000
• Sewa alat musik  : Rp 2.000.000
• Konsumsi            : Rp 1.500.000
• Publikasi              : Rp 500.000
• Dokumentasi       : Rp 500.000
• Lain-lain               : Rp 500.000
Total                       : Rp eleven.000.000



4. Contoh Proposal Kegiatan Pramuka

A. Judul Proposal

Perkemahan Jum’at-Minggu (Persami) Gerakan Pramuka SMA N iv Gotong Royong.


B. Tujuan Kegiatan

  • Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Melatih kedisiplinan dan etos kerja siswa-siswi SMA N 4 Gotong Royong.
  • Memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar kepramukaan kepada anggota gerakan pramuka gugus depan SMA N 4 Gotong Royong.
  • Melatih dan membiasakan anggota gerakan pramuka gugus depan SMA Due north 4 Gotong Royong untuk hidup dan belajar mandiri di alam terbuka.
  • Menumbuhkan semangat untuk berkembang kepada anggota gerakan pramuka gugus depan SMA N 4 Gotong Royong sebagai kader penerus bangsa untuk menyongsong perubahan zaman.

C. Tema Kegiatan

“Melalui Persami Mewujudkan Pribadi yang Berani, Mandiri dan Berbudi”.


D. Waktu dan Tempat

Hari/tanggal : Jum’at, 4 Juni 2018-Minggu, Minggu, 6 Juni 2018.
Pukul             : 10.00 WIB-selesai.
Tempat          : Desa Lebak Budi, Klaten.


Due east. Materi Kegiatan

  • PBB.
  • Sandi morse dan semaphore.
  • Renungan malam.
  • Mengenali cuaca dan tanda-tanda alam.
  • Mendirikan tenda.
  • Pengenalan bivak.
  • Pentas seni.
  • Pengenalan dan penggunaan kompas.
  • Olahraga.
  • Outbond.

F. Susunan Panitia


1. Pelindung

  • Kamabigus SMA N iv Gotong Royong: Dra. Yuniar, Chiliad.Pd.


ii. Penasihat

  • Waka kesiswaan: Andini Puteri, S.Pd.


iii. Pembina gudep

  • Teguh Atmoko, S.Pd.


iv. Pelaksana kegiatan

  • Anggota Pramuka SMA North 4 Gotong Royong kelas XI, XII (25 orang).

One thousand. Peserta

Siswa-siswi kelas X SMA Due north 4 Gotong Royong yang terdiri dari vii kelas dengan rincian 55 orang laki-laki dan 33 perempuan.


H. Susunan acara

Jum’at, 4 Juni 2018

  • 13.00-xiii.thirty WIB: peserta datang.
  • xiii.30-fourteen.00 WIB: check in peserta pendamping.
  • 14.00-14.30 WIB: upacara pembukaan.
  • 14.thirty-15.thirty WIB: pendirian tenda.
  • 15.30-16.00 WIB: ishoma.
  • 16.00-17.00 WIB: PBB.
  • 17.00-18.00 WIB: materi/kegitan I.
  • xviii.00-19.00 WIB: giat pribadi dan ishoma.
  • 19.00-20.00 WIB: materi/kegitan II.
  • xx.00-20.xxx WIB: acara api unggun.
  • twenty.30-22.00 WIB: pentas seni.
  • 22.00-03.00 WIB: renungan.
  • 03.00-04.00 WIB: istirahat malam

Sabtut, five Juni 2018

  • 04.00-05.00 WIB: sholat subuh dan bersih diri.
  • 05.00-05.30 WIB: olahraga.
  • 05.30-07.30 WIB: bersih diri dan makan pagi.
  • 07.30-09.thirty WIB: outbond.
  • 09.30-11.00 WIB: materi/kegiatan III.
  • 11.00-12.30 WIB: materi/kegiatan Four.
  • 12.30-thirteen.xxx WIB: ishoma.
  • thirteen.30-xv.00 WIB: materi/kegiatan Five
  • xv.00-sixteen.00 WIB: packing dan upacara penutupan.
  • 16.00-17.00 WIB: sayonara.

I. Anggaran Dana

  • Send pemateri                 : 3 orang x @ Rp 50.000 = Rp 150.000
  • Send guru pendamping  : 4 orang x @ Rp 50.000 = Rp 200.000
  • P3K                                         : Rp 50.000
  • Air mineral                              : 6 dus x Rp 15.000 = Rp 90.000
  • Konsumsi peserta                   : 100 x Rp five.000 x 6 = Rp three.000.000
  • Konsumsi pemateri                 : 3 x Rp 10.000 ten 6 = Rp 180.000
  • Konsumsi guru pendamping  : 4 x Rp 10.000 x 6 = Rp 240.000
  • Konsumsi panitia                    : 15 x Rp five.000 x half dozen = Rp 450.000
  • Snack                                      : Rp 200.000
  • Minyak tanah (api unggun)    : 2 liter x Rp xv.000 = Rp thirty.000
  • Lilin                                         : v pack x Rp 5.000 = Rp 25.000
  • Kebutuhan tak terduga          : Rp 100.000
    Total                                       : Rp 4.715.000


5. Contoh Proposal Kegiatan Pameran

A. Judul Proposal

Pameran Seni Rupa Siswa-Siswi SMK vii Trinitas Dalam Rangka Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 13 July 2016.


B. Latar Belakang

Seni rupa merupakan media yang tepat untuk memperhalus rasa dan karsa seorang manusia. Melalui seni rupa, manusia dapat mengekspresikan apa yang dilihat serta dirasakannya ke dalam sketsa dan warna. Jadi, manusia tersebut mendapatkan eksistensi diri karena mampu untuk mengekspresikan pengalamannya dan membanginya kepada banyak orang.

Selaras dengan program mata pelajaran seni rupa yang salah satunya adalah memperkenalkan kreasi siswa melalui pameran. Oleh karena itu, Guru bersama Ikatan Siswa Seni Rupa dan siswa-siswi jurusan seni rupa SMK 7 Trinitas berencana mengadakan pameran karya. Kegiatan ini juga akan diadakan bertepatan dengan momen hari kesaktian pancasila pada 13 July 2016.

Tujuan diadakannya pameran karya ini adalah untuk menggali potensi siswa-siswi di bidang seni rupa serta memacu semangat mereka untuk terus berkarya. Selain itu, pameran ini juga bertujuan untuk menanamkan semangat dan jiwa nasionalisme siswa-siswi dengan menghayati keberadaan pancasila secara sungguh-sungguh.


C. Jenis Karya

Pameran karya siswa-siswi SMK 7 Trinitas akan menampilkan dua karya seni rupa, yaitu murni (fineart) dan terapan (applied art).


D. Sasaran Kegiatan

  • Siswa-siswa SMK 7 Trinitas.
  • Guru dan staf tata usaha.
  • Alumni.
  • Wali murid.

E. Waktu dan Tempat

  • Hari/tanggal: Kamis, xv July 2016.
  • Pukul            : 08.00-14.00 WIB.
  • Tempat         : Aula SMK 7 Trinitas.

F. Susunan Panitia

  • Ketua                           : Muhammad Ridho
  • Sekretaris                     : Ari Wibawa
  • Bendahara                    : Monica Ginting
  • Koor. Sie Acara             : Maghfirah Ekawati
  • Koor. Sie Humas           : Erlin Nurlaeli
  • Koor. Sie Perlengkapan : Jodi Kartika Husada
  • Koor. Sie Dokumentasi  : Guntur Priambada
  • Koor. Sie Publikasi         : Al Hasna Arrachma
  • Koor. Sie Konsumsi        : Roni Paslah

One thousand. Anggaran Dana

  • Dekorasi                   : Rp 400.000
  • Publikasi                   : Rp 200.000
  • Dokumentasi            : Rp 250.000
  • Pengumpulan karya : Rp 150.000
  • Konsumsi                  : Rp 500.000
  • Lain-lain                    : Rp 150.000
    Full                         : Rp one.650.000

H. Sumber Dana

  • Iuran wajib siswa  : 400 x @Rp xxx.000 = Rp 1.200.000
  • Dana sekolah        : Rp 600.000
    Total                     : Rp 1.800.000


half-dozen. Contoh Proposal Kegiatan Bakti Sosial


A. Judul Proposal

Kegiatan Bakti Sosial Himpunan Mahasiswa Pendidikan Manajemen (HMPM) Fakultas Ekonomi Universitas Kharisma Bhakti di Dusun Waydadi, Gedobok, Curuk Limau.


B. Latar Belakang

Mahasiswa merupakan agen perubahan yang juga mempunyai tugas untuk berkontribusi terhadap kehidupan bermasyarakat selain belajar di perkuliahan. Mahasiswa harus mampu menerapkan ilmu yang didapat ketika perkuliahan untuk mengatasi berbagai masalah riil di masyarakat. Dewasa ini, terdapat banyak sekali permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Salah satu permasalahan yang membutuhkan penanganan adalah bidang perekonomian, khususnya kemiskinan.Pertumbuhan ekonomi memang berjalan relatif stabil dan cenderung meningkat tetapi kondisi ini berarti mengakibatkan pemerataan di masyarakat. Pada faktanya, masih terdapat kelompok masyarakat yang hidup di bawah taraf hidup normal salah satunya adalah di dusun Sidomulyo.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan masyarakat dusun Sidomulyo masih terjebak dalam kemiskinan. Pertama, rendahnya tingkat pendidikan masyarakat karena 45% lulusan SD, ten% SMP, 40% SMA dan hanya five% yang menempuh bangku perkuliahan. Kedua, masyarakat dusun Waydadi khususnya yang berada di usia produktif tidak memiliki inisiatif untuk mencari penghasilan lebih baik.


C. Tema

“Mewujudkan sikap sensitif sosial dengan memiliki kepekaan terhadap isu-isu manajemen guna mengentaskan kemiskinan dan mewujudkan masyarakat berdikari”.


D. Sasaran

  • Bakti sosial:
    Seluruh kepala keluarga di Dusun Waydadi, Gedobok, Curuk Limau.
  • Pelatihan prakarya dan kewirausahaan:
    Ibu-ibu rumah tangga dan remaja usia produktif.

Eastward. Waktu dan Tempat

  • Sosialisasi kegiatan
    Hari/tanggal : Rabu, 22 Juni 2016.
    Pukul             : 18.30-19.30 WIB.
    Tempat          : Balai dusun Waydadi.
  • Pelaksanaan kegiatan
    Hari/tanggal  : Kamis, 23 Juni 2016.
    Pukul              : 18.30-19.30 WIB.
    Tempat           : Balai dusun Waydadi.

F. Acara

Terdapat dua sesi yang menjadi fokus utama dari kegiatan ini, yaitu bakti sosial dan pelatihan prakarya serta kewirausahaan. Acara pertama adalah pelatihan prakarya dan kewirausahaan bagi pemuda-pemudi serta ibu-ibu rumah tangga. Acara selanjutnya yaitu bakti sosial berupa pembagian sembako meliputi beras, pakaian, minyak goreng, susu, mie instan, alat tulis dan buku bacaan.


G. Anggaran Dana

ane. Pemasukan

  • Uang plan kerja     = Rp ii.500.000
  • Sumbangan Dekanat    = Rp two.000.000
  • Sumbangan Dosen        = Rp ane.000.000
  • Sumbangan Mahasiswa = Rp 1.500.000
    Total pemasukan           = Rp .vii.000.000

ii. Pengeluaran

  • Transportasi:
    Sewa mobil bus ¾ = Rp 800.000
    Sewa mobil Avanza = Rp 500.000
  • Konsumsi
    Nasi kotak 100 dus ten Rp 25.000 = Rp 2.500.000
    Air mineral 5 dus x Rp fifteen.000     = Rp 75.000
    Snack                                           = Rp 100.000
  • Cinderamata
    Pakaian 50 pcs x Rp 30.000 = Rp 1.500.000
    Sembako                              = Rp 1.000.000
    Alat tulis dan buku               = Rp 500.000
  • Dokumentasi                        = Rp 200.000
    Total pengeluaran                = Rp vi.175.000


vii. Contoh Proposal Kegiatan Silaturahim Desa Ciangsana 1430 H.

1. Latar Belakang

Manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan orang lain dalam kehidupannya, baik berupa perhatian, bantuan serta kasih sayang dari sesamanya. Hal itu lantaran setiap manusia akan berhubungan dengan manusia lain baik dalam hal ekonomi, sosial, emosional dan berbagai hubungan kemanusiaan yang lainnya.

Oleh karena itu, untuk mencapai kebutuhan sosial tersebut, manusia harus senantiasa berbuat baik kepada sesamanya. Islam pun memerintahkan hal tersebut. Maka dari itu, silaturahim harus senantiasa ijaga dan dilestarikan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.

Di samping untuk menjaga silaturahim agar senantiasa terjaga, kegiatan ini juga bertujuan untuk dapat menghimpun dana untuk kebutuhan bakti sosial.


2. Tujuan

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah:

  • Untuk memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1430 H
  • Untuk menjalin kerukunan serta kekeluargaan antar masyarakat
  • Untuk mewujudkan hubungan yang erat dan rukun antar sesama pemuda karang taruna

iii. Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan

Acara Silaturahim ini dilakukan pada hari senin 10 Maret 2021
Untuk waktunya adalah pada pukul 14.00-17.00 wib.


iv. Susunan Acara Kegiatan

Adapun susunan acara kegiatannya adalah sebagai berikut:

  • 13.00-13.20 : sambutan
  • 13.20-xiv.00: haul massal
  • 14.00-15.00: inti
  • 15.00-15.30: makan
  • xv.30-15.40: exercise’a
  • 15.twoscore-16.00: penutup

five. Susunan Panitia

Adapun susunan panitianya adalah sebagai berikut:

  • Penanggung jawab : Julian Risnda
  • Ketua panitia           : Iqbal Husein
  • Sekretaris                : Naila Putri
  • Bendahara               : Khanza Ayu
  • Sek. Acara                : Rendy Irawan
  • Sek. Perlengkapan   : Samsul
  • Sek. Konsumsi          : Andini Uis

6. Anggaran Dana

Untuk kegiatan ini didapat dari dana:

  • Kas masjid Al-Mamun    : 500.000
  • Kas Desa Kalimanis         : 5.000.000
  • Dana dari iuran warga    : ii.000.000
  • Dama daro sponsor        : 500.000
  • Keseluruhan                    : viii.000.000

Biaya untuk perlengkapan:

  • Penceramah                       : 500.000
  • Penyewaan tempat            : 1.000.000
  • Sewa panggung                 : ii.000.000
  • Sewa peralatan music         : 500.000
  • Dana penataan panggung  : 500.000
  • Biaya konsumsi                    : 500.000
  • Spanduk                               : 300.000
  • Lain-lain                                : 200.000
  • Full keseluruhan                : vi.000.000

seven. Penutup

Demikian proposal kegiatan halal bi halal ini kami buat. Besar harapan dari kami agar Bapak dan Ibu bersedia membantu biaya demi kelancaran calendar kami. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami sampaikan terima kasih.



viii. Contoh Proposal Kegiatan Kampus Pameran Buku


Bab I Pendahuluan

A. Latar Belakang

Buku adalah jendela dunia, kita sepakat soal itu. Buku selain merupakan jendela dunia, juga memiliki beragam fungsi yang sangat banyak, terutama untuk para mahasiswa. Buku bisa jadi merupakan sebuah cara untuk menyampaikan gagasan, cara berpikir dan bisa juga untuk menyampaikan kritik pada pihak lain. Buku juga bisa berfungsi sebagai cara untuk melatih diri dalam meningkatkan kualitas dalam berpikir.

Dengan melihat begitu banyaknya manfaat dari buku, maka kami dari BEM Tribakti berinisiatif untuk menggelar suatu pameran buku. Pameran buku pada kesempatan kali ini khusus kepada buku karya dari para mahasiswa Tribakti. Karena ternyata ada banyak sekali karya tulis mahasiswa Tribakti yang sudah dibukukan. Dengan memberikan ruang kepada karya ilmiah maupun karya lainnya yang berbentuk buku, kami berharap kreatifitas menulis dari para mahasiswa Tribakti ini semakin terpicu dan berkembang.


B. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan ini adalah :

  • Mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa
  • Mempererat tali sillaturahim staf, dewan dosen, dan mahasiswa
  • Menumbuhkan semangat menulis pada mahasiswa
  • Meningkatkan kreatifitas mahasiswa pada bidang tulis menulis
  • Sebagai sarana membuka wawasan pada mahasiswa
  • Memberikan ruang dan kesempatan siswa kreatif
  • Melatih kepemimpinan dan keorganisasian
  • Melatih kemampuan berkomunikasi antar maha siswa, mahasiswa dengan dosen, dan mahasiswa dengan pihak luar

Bab 2 Isi Proposal

A. Tema

Dalam kegiatan ini kami mengangkat tema “Efektif dan Efisien Dalam Meraih Masa Depan Dengan Menulis Buku”. Dengan tema ini diharapkan semua mahasiswa bisa terinspirasi untuk selalu menjadikan waktu mereka lebih efektif dan efisien untuk meraih cita-cita mereka di masa yang akan datang terutama dengan menulis buku.


B. Macam-macam Kegiatan

  • Adapun kegiatan yang akan kami laksanakan yaitu :
  • Pameran buku karya mahasiswa Tribakti

C. Peserta

Peserta yang dapat mengikuti Pentas Seni kali ini adalah seluruh mahasiswa Tribakti yang sudah memiliki karaya tulis yang dibukukan dengan tema apapun


D. Peralatan yang Dibutuhkan

  • Meja tempat pameran
  • Sound Arrangement untuk pengumuman
  • Buku karya mahasiswa
  • Gedung pameran

E. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Adapun waktu dan tempat pelaksanaan Pameran Buku Mahasiswa ini adalah :

  • Pameran Buku Mahasiswa :

Tanggal : Selasa, 24 Desember 2015
Waktu    : Pukul 08.00 WIB – 09.00 WIB
Tempat  : Gedung Lugut Tribakti


Bab Three

Susunan Acara Pembukaan Pameran Buku

1. Pembukaan
2. Sambutan-sambutan
– Rektor Tribakti
– Ketua Panitia
– Perwakilan Mahasiswa


Bab 4.

Susuna Kepanitiaan

  • Pelindung               : Anwar Sanusi (Rektor Tribakti)
  • Pengarah                 : Dwiayana Putri (Kajur)
  • Penanggung Jawab : Alkadi (KaProdi)
  • Ketua Panitia           : Fatin Ayunda (Ketua BEM)
  • Sekretaris                 : Yunus Alabe
  • Bendahara                : Yunuta
  • Seksi acara                : Aldebra
  • Seksi Dana Usaha     : Alkaindra
  • Seksi Humas             : Alesya Anisa
  • Seksi Keamanan        : Khairul Nisa
  • Seksi Dokumentasi    : Sendy
  • Seksi peralatan          : Ayuningtyas

BAB V.

ANGGARAN DANA

Dalam kegiatan Pensi kali ini, ada beberapa anggaran dana yang didapat maupun yang dikeluarkan agar pensi ini berjalan dengan baik.

Kegiatan ini diperoleh dari dana:

  • Dana kas BEM                       : Rp. 500.000
  • Dana partisipasi maha siswa : Rp. ii.000.000
  • Dana pastisipasi dosen          : Rp. 500.000
    Total                                      : Rp, iii.000.000

Biaya pengeluaran :

  • Sewa Tempat                      : Rp. 1.000.000-
  • Penyewaan Panggung        : Rp. two.000.000,-
  • Penyewaan Alat Musik        : Rp. 1.000.000,-
  • Biaya Penataan Panggung  : Rp. 500.000,-
  • Konsumsi                             : Rp. 500.000,-
  • Spanduk                               : Rp. 300.000,-
  • Lain – Lain                            : Rp. 200.000,-
    Full                                     : Rp. v.500.000,-

BAB VI

PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat. Kami mengharapkan dukungan dan partisipasi dari perusahaan Bapak/Ibu berupa kerjasama dengan kegiatan yang kami gelar. Semoga acara ini dapat terlaksana sebagaimana yang kita harapkan. Dan sekiranya acara dan kegiatan yang kami gelar ini juga bisa memberikan manfaat kepada perusahaan Bapak/Ibu sebagai partner sponsor kami.

Atas perhatian dan kerjasama, kami ucapkan terima kasih.

PROPOSAL KEGIATAN PAMERAN BUKU MAHASISWA UNITA

Disahkan di :
Palembang, 29 Desember 2015

Mengetahui,

Ketua Panitia Ketua BEM UNITAKepala Jurusan

Fatin Ayunda                                                                                                                                         Anwar Sanusi



ix. Contoh Proposal Kegiatan Usaha

one. Latar Belakang

Lele merupakan salah satu jenis ikan yang banyak digemari masyarakat. Namun, seiring berkembangnya zaman, lele menjadi sulit dicari karena minimnya peternak Ikan Nila. Seringkali orang merasa gagal dalam budidaya Ikan Nila karena kesalahan managemen serta teknisnya. Padahal, jika usaha ini digeluti, tentu akan menghasilkan prospek dan hasil yang cukup menggiurkan. Terlebih permintaan dari budidaya Ikan Nila itu sendiri cukup tinggi.

Untuk bisa menghasilkan budidaya Ikan Nila yang terbaik, dibutuhkanlah tenaga yang ahli dan terampil serta memiliki bekal yang cukup tinggi. Jika sumber daya alam dan juga sumber daya manusia yang terampil bergabung menjadi satu, maka sudah tentu usaha budidaya ini akan menjadi sesuatu yang menjanjikan di kemudian hari. Dengan begitu, taraf hidup manusia juga akan mengalami kemajuan.


2. Profil dari Perusahaan

Perusahaan yang kami dirikan bernama PT Karya Cemerlang yang sudah berdiri sejak tahun 2017. Perusahan kami ini bergerak di bidang budidaya jenis ikan lele dengan konsep terbaru dan kekinian. Perusahaan kami terletak di kawasan Kotabumi Lampung Utara,


three. Jenis Usaha

Adapun jenis usaha yang kami geluti adalah peternakan kreatif di sector budidaya Ikan Nila.


four. Struktur Usaha

Adapun struktur dari usaha ini adalah:

  • Direktur Utama                    : Suteja Aranda
  • Direktur Keuangan               : Wildan Yubi
  • Direktur personalia               : Dessi Yustika
  • Direktur                                 : Ridwan Palevi
  • Ketua bagian tim Lapangan  : Gunadi

5. Modal Usaha

  • Adapun modal usaha yang kami miliki selama satu tiga tahun berjalan adalah sekitar 10.00.000.000 rupiah. Untuk modal lengkapnya sudah tercantum pada bagian rencana anggaran untuk pembiayaan operasional.
  • Sementara untuk pemasaran sendiri kami masih mengalami beberapa kendala, yakni dalam hal pengiriman barang. Pasalmnya, untuk pengiriman setiap bulannya membutuhkan dana sekitar ane.500.000.000 rupiah.

6. Penutup

Demikian proposal ini kami buat sebagaimana mestinya supaya bisa dijadikan sebagai bahan untuk pertimbangan Bapak/ Ibu untuk menjadi investor terbaik kami. Untuk berbagai hal yang kebetulan masih belum terdapat di dalam proposal maka akan kami terangkan di kemudian hari. Atas perhatian dan partisipasi Bapak/ Ibu kami sampaikan terima kasih.


10. Contoh Proposal Kegiatan Sponsorship

BAB I Pendahuluan

A. Latar Belakang

Saat ini, Indonesia dihadapkan pada permasalahan yang cukup sulit dalam bidang rasa nasionalisme dan kebangsaan. Untuk itu, dibutuhkan adanya terobosan baru agar semua lapisan masyarakat mampu menjadi generasi emas yang memiliki rasa nasionalisme tinggi. Salah satu caranya adalah dengan menggagas kegiatan bertemakan kebangsaan sebagai wujud cinta tanah air.

Dari banyaknya kalangan yang mengalami penurunan rasa semangat kebangsaan, pemuda adalah bagian yang ada para taraf kritis sehingga harus menjadi perhatian utama dalam upaya pengarusutamaan meningkatnya cinta tanah air. Salah satu kegiatan yang relevan dengane cita-cita ini adalah dengan mengadakan kompetisi PBB. Karena latar belakang itulah kami menganggas agenda Lomba PBB Tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat se Borneo. Semoga agenda ini bisa menjadi trobosan baru dalam membina peserta didik menjadi warna Negara yang baik dan taat.


B. Tema Kegiatan

Adapun tema dari kegiatan ini adalah Menumbuhkan Semangat Patriotisme dan Cinta Tanah Air Remaja Sejak Dini.


C. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah:

  • Untuk menciptakan rasa kebersamaan dan kekompakan dengan sesame
  • Untuk menumbuhkan semangat kebangsaan yang tinggi di kalangan pemuda
  • Untuk meningkatkan sikap disiplin bagi semua
  • Untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan

D. Ruang Lingkup

i. Jenis Kegiatan

Adapun jenis kegiatan di acara ini adalah lomba Persatuan Baris Berbaris (PBB) untuk kalangan pelajar.


BAB II

Pelaksanaan

A. Waktu dan Tempat Kegiatan

  • Kegiatan lomba PBB ini akan dilaksanakan pada hari Senin-Selasa, 11-12 Juni 2017
  • Adapun waktunya adalah mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul thirteen.00.
  • Untuk tempatnya adalah di Lapangan Pemuda Kalimantan.

B. Syarat dan Ketentuan Perlombaan

Adapun syarat dan ketentuan dari perlombaan ini adalah sebagai berikut:

  • Peserta adalah siswa SD, SMP, dan SMA sederajat yang sesuai dengan jenjangnya masing-masing
  • Peserta lomba masih sekolah atau dalam kategori pelajar
  • Melakukan pendaftaran dan melakukan pengisian formulir
  • Membawa surat rekomendasi dari sekolah masing-masing
  • Setiap tim memiliki anggota berjumlah eighteen orang sudah termasuk danton
  • Masing-masing sekolah mengirim 3 tim

C. Waktu Pendaftaran

Adapun batas waktu pendaftarannya adalah mulai tanggal 1-12 Juni 2017


D. Rincian Dana

Adapun rincian dana untuk kegiatan ini adalah 40.000.000 rupiah. Untuk rincian lengkapnya sebagaimana terlampir.


Juri

Adapun juri dari agenda lomba PBB ini adalah dari jajaran TNI dan Polri wilayah Kalimantan,

BAB III Penutup

Demikian proposal kegiatan ini kami buat. Besar harapan dari kami agar Bapak dan Ibu bersedia memberikan bantuan kepada kami demi kelancaran agenda tersebut. Atas perhatian dan waktu yang diberikan oleh Bapak dan Ibu, kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.



xi. Contoh Proposal Kegiatan Bantuan Dana


A. Judul Proposal

Judul proposal ini adalah Proposal Bantuan Dana dalam Pembangunan Madrasah Islamiyah, Desa Karang Anyar, Kab. Branti.


B. Latar Belakang

Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan ini. Pendidikan yang dimaksud tidak hanya pendidikan formal, namun juga pendidikan agama. Salah satu sarana untuk mendidik agama kepada anak sejak kecil adalah dengan membangun sarana pendidikan berupa madrasah. Madrasah sendiri sudah ada sejak dahulu dan tetap dilestarikan hingga hari ini. Tujuan dari dibangunnya madrasah adalah untuk mempersiapkan kader agamawan sejak dini.

Saat ini, pembangunan madrasah di Desa Karang Anyar, Kab. Branti sangat dibutuhkan mengingat sarana dan prasarana di sini yang masih belum memadai. Sementara banyak santri atau peserta didik yang membutuhkan pengajaran. Inilah yang menjadi latar belakang proposal bantuan dana kami.


C. Dasar Pemikiran

Adapun dasar pemikiran kami dalam membuat proposal ini adalah berlandaskan pada saran, sumbangsih, kritik, ataupun dari sisi pendanaan terkait dengan pembangunan.


D. Permasalahan yang Dihadapi

Adapun berbagai permasalahan yang kami harapi dalam proses pembangunan madrasah ini adalah:

  • Minimnya penunjang dari sisi saran kegiatan
  • Minimnya sarana buku, terlebih dalam bidang keagamaan
  • Kurangnya pra sarana untuk madrasah

Due east. Maksud dan Tujuan

Adapun tujuan kami membuat proposal ini adalah:

  • Meningkatkan dan menumbuhkan kembali syi’ar Islam di kawasan Karang Anyar
  • Pembinaan akhlak dan juga watak generasi muda yang memiliki akhlak baik
  • Sebagai sarana untuk memaksimalkan pendidikan agama

F. Bentuk Kegiatan

Adapun bentuk kegiatan yang diajukan pada proposal ini adalah pembangunan madrasah Islamiah.


G. Rencana Anggaran

Adapun rencana anggaran untuk kegiatan ini adalah sekitar xl.434.000 rupiah. Adapun rincian anggaran secara detail sebagaimana terlampir. rencana anggaran proposal


H. Waktu dan Pelaksanaan Kegiatan

Melihat dari sumber daya yang siap membantu serta antusias dari masyarakat di sekitar kami, maka pembangunan rencana kami selesaikan dalam jangka waktu 3 bulan terhitung sejak ii minggu ke depan.


I. Penutup

Demikian proposal bantuan dana ini kami buat sebagai bentuk pertimbangan Anda untuk membantu kelancaran proses pembangunan madrasah kami. Tujuannya adalah untuk benar-benar dapat menciptakan kader yang santun, cerdas dan berakhlak karimah.



12. Contoh Proposal Kegiatan Pemasaran

A. Latar Belakang

Hasrat setiap orang adalah supaya bisa hidup dengan sejahtera tanpa disuruh-suruh orang lain atau hidup susah. Salah satu langkah penting untuk mengakhiri kehidupan yang demikian adalah dengan menjadikan diri sendiri sebagai bos.

Saat ini, banyak orang yang justru memiliki fikiran sempit. Misalnya saja dengan tidak ingin keluar dari zona nyaman untuk bisa menjadi salah seorang pengusaha sukses. Banyak yang berfikir banyak seorang pengusaha itu terkesan tidak semulia orang yang memiliki profesi sebagai guru, dosen, dokter, dan lain sebagainya.

Namun, akhir-akhir ini nampaknya sudah banyak orang yang mulai berfikir untuk hidup maju. Kebetulan saat ini banyak peluang usaha yang bisa Anda geluti, misalnya saja dengan usaha Me Ayam dimana banyak orang yang suka dengan jenis makanan ini. Jika ditekuni, usaha bakso ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan dan menguntungkan.


B. Tujuan Usaha

  • Untuk mendapatkan keuntungan dari berjualan seperti jualan tenda lipat.
  • Bisa memberikan bakso yang berkualitas dan memuaskan untuk semua pelanggan
  • Bisa memasarkan bakso ke seluruh masyarakat

C. Nama Usaha

Adapun nama usaha yang kami gagas adalah Mie Ayam Lumayan. Bentuk usaha kami adalah membuka sejenis warung bakso untuk semua kalangan.


D. Tempat Usaha

Adapun tempat untuk usaha kami adalah di Jl. Pengajaran No 90 Bandung. Pemilihan tempat ini disebabkan karena lokasinya yang sangat strategis dan banyak dikunjungi oleh orang-orang, khususnya oleh para pecinta kuliner.


E. Waktu Operasional

Adapun waktu untuk operasional kami adalah mulai dari jam 8 pagi hingga jam 12 malam.


F. Rancangan Anggaran

Adapun rancangan anggaran untuk kegiatan kami adalah sekitar 33.000.000.


G. Penutup

Dari penjelasan yang telah disebutkan pada proposal ini, sekaligus dari latar belakang pembuatan proposalnya, maka dapat disimpulkan bahwa bakso sebenarnya memiliki prospek yang baik ke depannya dan bisa dibilang menjanjikan. Namun sayangnya banyak orang yang berhenti di awal saat akan membuka sebuah usaha.



thirteen. Contoh Proposal Kegiatan Usaha Makanan

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Usaha adalah sesuatu bentuk yang dapat menghasilkan uang dan dapat meningkat kantaraf hidup seseorang untuk lebih baik. Suatu badan usaha yang kita jalankan dapat menghasilkan laba, atau pendapatan yang semaksimal mungkin, kita menyelenggarakan usaha yang bermanfaat dan menguntungkan dalam kesejahteraan hidup. Selain itu, dalam menjalankan usaha harus mengikuti hokum-hukum ekonomi yang rasional serta norma-norma kebiasaan dalam dunia usaha sehingga dapat membantu pembangunan yang sedang dilaksakan oleh pemerintah.

Agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, pemerintah tidak hanya bekerja sendiri. Tetapi juga membuka luas bagi pihak swasta untuk berpartisifasi memenuhi permintaan akan kebutuhan pokok masyarakat yang makin meningkat.

Aktifitas perdagangan, merupakan suatu komponen ekonomi dan merupakan sarana untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, maka saya berinisiatif untuk membuka usaha rumah tangga yang bergerak dibidang produksi gorengan, yang berbahan dari tepung Tapioka. Tepung Tapioka banyak sekali ditemukan di daerah yang subur dengan tumbuhan singkong, tepung Tapioka dapat juga di buat atau di masak menjadi apa saja sesuai keinginnan kita.


BAB II

ISI RENCANA USAHA

A. Nama Usaha

Usaha rumah tangga yang bergerak dibidang produksi gorengan yang terbuatdari bahan baku Tapioka ini, kami menamakan usaha rumah tangga tersebut ”Frozen Fresh”


B. Rencana Lokasi Usaha

Lokasi usaha yang direncanakan untuk pembuatan Petrik ,akan diproduksi di desa. Karangmangu bertempat di kediaman Bapak Ananda Kecamatan Gunung Kidul Ciangsana, Kabupaten Lebak Simpang Provinsi Jawa Tengah.


C. Target Pelanggan

Target pelanggan untuk penjualan Frozen Fresh ini adalah semua elemen yang berada di kampus SMK 17 karya Nasional Lebak Simpang.


D. Jenis Usaha

Usaha yang akan saya kelola adalah usaha rumah tangga yang memproduksi gorengan yang berbahan baku tepung Tapioka.


E. Faktor Penghambat dan Pendukung

Setiap usaha yang dijalankan, pasti ada yang sukses dan ada yang belum sukses seperti halnya usaha ini. Ada beberapa hal yang menurut kami akan menghambat dan sangat mendukung dalam menjalankan usaha ini.

  •  Faktor penghambat tersebut diantaranya :
    one. Banyaknyausaha yang sama
    2. Harga bahan baku yang tidak stabil.

Tapi kami sudah merencanakan untuk memecahkan masalah faktor penghambat tersebut diantaranya yaitu dengan berhati–hati dalam mengelola setiap anggaran dana yang akan dikeluarkan. Sedangkan untuk mengatasi faktor yang kedua, yakni harga bahan baku tidak stabil, kami menyiasatinya dengan membeli bahan baku langsung kepada petani setempat agar memperoleh harga yang lebih murah.

  • Faktor pendukung usaha ini diantaranya :
    1. Kondisi tempat, dan peralatan yang memadai
    2. Higienis dan harga yang relatif terjangkau
    3. Merupakan salah satu bagian produk yang banyak dicari oleh konsumen.

F. Analisis Swot

  1. Force (kekuatan)

    1. Memiliki SDM dengan etos kerja yang baik.
    2. Hargaprodukekonomisdanhigienis
    3. Inovasi rasa yang berbeda dengan produk lainya.
  2. Weakness (kelemahan)

    1. Kurangnya modal untuk menjalankan bisnis ini
    2. Harga bahan baku yang tidak stabil.
  3. Opportunity (peluang/kesempatan)

    1. Tempat yang strategisdalampenjualan
    2. Budayamasyarakat yang konsumtif
  4. Threat ( hambatan)

    • Banyaknya kompetitor yang bergerak dibidang yang sama

BAB Iii

ASPEK PRODUKSI

A. Fasilitas dan Peralatan Produksi

Dalam kegiatan usaha ini kami menggunakan fasilitas yang diperoleh dari modal sendiri, yaitu sebagai berikut :

  •  Kompor gas 1 buah
  • Penggorengan one buah
  • Penyaringan one buah
  • Baskom 1 buah
  • Panci i buah
  • Kuali 1 buah
  • Plastik ane pak

B. Bahan Baku

Bahan baku yang kami gunakan

Petrik:

  • 1,5 Kg Terigu                  : Rp. half dozen.000,-
  • ¼Kg Tepung Tapioka     : Rp. ii.000,-
  • 1 Bungkus Garam           : Rp. i.000,-
  • Bumbu                            : Rp. 5.000,-
  • 1 Kg Minyak Goreng       : Rp. ten.000,-
    Harga Full                     : Rp. 24.00,-

C. Proses Produksi

  1. Siapkan tepung terigu dan tepung Tapioka.
  2. Campurkan tepung terigu dan tepung Tapioka pada baskom atau wadah yang telah di sediakan.
  3. Seduhlah dengan air mendidih secukupnya.
  4. Aduk adonan di atas hingga merata.
  5. Setelah mengental buat adonan dengan cara di geleng geleng membentuk bulatan lonjong.
  6. Rebus adonan yang telah dibuat tadi pada air mendidih yang telah disedikan
  7. Angkat dan tiriskan.
  8. Diamkan beberapa saat kemudian gorenglah satu persatu.
    Petrik pun jadi untuk dapat menikmatinya masukan bumbu yang sudah jadi sesuai selera.

BAB 4

ASPEK KEUANGAN

1) Rencana Produksi

  • Jenis Produk: Kue (gorengan “Frozen Fresh”)
  • Jumlah Produksi: 350 biji

2) Aspek Modal


a. Bahan baku


Petrik:
– 1,v Kg Terigu            : Rp. six.000,-
– ¼Kg Tepung Kanji    : Rp. 2.000,-
– 1 Bungkus Garam      :Rp. i.000,-
– Bumbu                       : Rp. 5.000,-
– i Kg Minyak Goreng  : Rp. 11.000,-
Harga Full                  : Rp. 25.00,-


3) Perhitungan Keuntungan

  • Harga Jual : Rp. 1.000,-/ bungkus (8 biji) x 37                       = Rp. 37.000,-
  • Harga Beli Bahan Baku                                                           = Rp. 24.000,-
    Jadi keuntungan yang didapat adalah: Rp. 37.000 -24.000 = Rp. 13.000,-

BAB Five

PENUTUP

A. Antisipasi Masa Depan

Sebagai wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar para peminat dan konsumen puas atas kue (gorengan) yang kami buat. Karena apabila kualitas kue kami tidak kami tingkatkan kemungkinan besar usaha ini tidak akan maju, dan terancam bangkrut.


B. Kesimpulan

Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.



xiv. Contoh Proposal Kegiatan Kerja Bakti

A. Latar Belakang

Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Kebersihan merupakan kunci dari kesehatan. Dengan menjaga kebersihan maka akan bisa meminimalisir penyakit yang ditimbulkan. Menjaga kebersihan terkadang menjadi hal yang memberatkan karena kebiasaan buruk manusia yang selalu menunda-nunda pekerjaan. Padahal menjaga kebersihan bisa dilakukan melalui hal-hal yang mudah dan sederhana, misalnya menyiapkan tempat sampah di setiap rumah.

Untuk bisa menjaga kebersihan bisa dilakukan dengan berbagai banyak hal, seperti pembuatan bank sampah ataupun daur ulang sampah menjadi hal-hal yang berharga. Maka dari itu kami karang taruna desa Waykandis mencoba membuat kegiatan bersih desa Waykandis yang nantinya pada akhir tahun akan ditentukan pemenangnya.


B. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan kegiatan bersih desa di Desa Waykandis ini adalah agar terciptanya desa yang bersih serta mampu memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang berharga


Isi Proposal


A. Tema Kegiatan

Adapun kegiatan bersih desa ini mengambil tema “desa Waykandis yang bersih dan kreatif”.

Dengan tema ini kemudian bersama-sama mengajak para masyarakat untuk menjaga kebersihan dan meningkatkan kreativitas masyarakat.



B. Sasaran Kegiatan

Adapun sasaran kegiatan pentas seni ini adalah para masyarakat di Desa Waykandis



C. Jadwal Kegiatan

Adapun kegiatan bersih desa ini dilakukan selama kurun waktu 3 bulan yakni selama bulan one Maret sampai dengan thirty April 2021. Untuk kegiatan puncak akan dilakukan pada 31 April 2021



D. Susunan Acara

Adapun Susunan acara yang akan berjalan nantinya sebagai berikut:

  • Hari Senin one Maret – Minggu 30 April 2021
  • Kegiatan kebersihan dan pendaur ulangan sampah
  • Senin 31 April 2021
  • 07.00-08.00 Registrasi peserta
  • 08.00-09.00 Opening Ceremony
  • 09.00-10.00 Pembukaan pameran lomba daur ulang sampah
  • 10.00-18.00 Pameran lomba daur ulang sampah
  • 18.00-xix.00 ISHOMA
  • xix.00-21.00 Hiburan dari pemuda karang taruna Desa Waykandis
  • 21.00 – Selesai penutup dan pengumuman pemenang lomba


E. Susunan Panitia

Acara ini tidak akan bisa terlaksana tanpa adanya susunan panitia kegiatan. Adapun susunan panitia Bersih Desa Waykandis dan Lomba Pendaur ulangan sampah di Desa Waykandis adalah sebagai berikut:

  • Pelindung
  • Kepala Desa
  • Penanggung Jawab
  • Ketua Karang Taruna Desa Waykandis
  • Ketua
  • Niken Anis
  • Wakil Ketua:
  • Dian Angga Putra
  • Sekretaris:
  • Wahyu Pradana
  • Bendahara:
  • Anggi Widya
  • Sofia Ainiyah

Seksi – Seksi

  •  Seksi Acara                               : Grand. Teguh Wirawan
  • Seksi Humas dan Publikasi        : Ahmad Suteja
  • Seksi Konsumsi                          : Nisya Abimisi
  • Seksi Perlengkapan                    : Hellen
  • Seksi Dekorasi Dokumentasi      : Gesta Amerta
  • Seksi Keamanan                          : Jodi Akbar

F. Anggaran Kegiatan

  • untuk menunjang kegiatan bersih desa dan juga lomba pendaur ulangan sampah di Desa Waykandis maka setidaknya dibutuhkan pembiayaan.
  • Pembiayaan ini dimaksudkan agar acara dapat berjalan dengan lancar dan meriah.
  • Adapun anggaran kegiatan ini sebesar Rp. 11.750.000 dengan rincian sebagai berikut:

Kegiatan ini mendapatkan dana dari sebagai berikut.

  • Rincian Pemasukan
  • Kas Karang Taruna Desa Waykandis                    : Rp. four.000.000
  • Dana iuran sukarela dari warga Desa Waykandis : Rp. 5.000.000
  • Sumbangan lain yang tidak mengikat                   : Rp. 2.000.000
  • Total                                                                      : Rp. 11.500.000


Biaya Pengeluaran

Kesekretariatan

ATK: Rp. 750.000

Acara

Honorarium Dewan Juri (3 orang) : Rp. 950.000

Konsumsi

Snack: Rp. ii.000.000
makan tamu undangan (30 orang) : Rp 20.000 x 30 = Rp 650.000

Humas dan Publikasi

  • Transport                         : Rp. 150.000
  • Brosur                               : Rp. 250.000
  • Banner publikasi (iii buah) : Rp threescore.000 ten 3 = Rp. 180.000

Perlengkapan

  • Panggung       : Rp. 700.000
  • Sound arrangement : Rp. 1.500.000

Dekorasi Dokumentasi

  • Banner acara              : Rp. 250.000
  • Sewa Foto dan Video : Rp. one.250.000

Keamanan

  • Barikade (pagar pembatas) : Rp. 700.000

Hadiah Lomba

  • Piala 1 prepare                                  : Rp. 350.00
  • Cinderamata pemenang lomba : Rp 520.000

Lain-lain
: Rp. 700.000

Full : Rp. 10.900.000


G. Penutup

Demikianlah proposal ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Semoga acara ini dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Atas bantuan dan partisipasinya kami ucapkan banyak terima kasih.



15. Contoh Proposal Kegiatan Tabligh Akbar

Pendahuluan

1 Muharram merupakan hari besar umat Islam yang memiliki sisi historis. Hari ini juga disebut sebagai tahun baru umat Islam yang merupakan hari dimana Nabi Muhammad saw berhijrah dari Kota Makkah ke Kota Madinah. Hijrah yang dilakukan oleh Nabi ini merupakan salah satu bagian dari strategi dakwah yang bahkan masih terus berlangsung hingga saat ini. Hal ini tidak terlepas dari pengertian hijrah itu sendiri, dimana menurut Nabi Muhammad saw artinya adalah meninggalkan hal yang dilarang.

Memperingati hari besar Islam ini tidak berarti meniru perayaan saat tahun baru Masehi, karena pada dasarnya, memperingati tahun baru Islam adalah mengenang kembali peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam tersebut. Cara memperingatinya pun harus disesuaikan dengan tujuan dijadikannya hijrah ini sebagai awal dari sistem penanggalan dalam Islam, salah satunya adalah dengan mengadakan Tabligh Akbar untuk memakmurkan syiar Islam.

Kegiatan positif seperti Tabligh Akbar ini perlu dilakukan untuk mengembangkan dan mengarahkan umat Islam sehingga terhindar dari degradasi akhlak, moral dan nilai agama untuk mengimbangi modernisasi yang begitu kuat saat ini.


Tujuan

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan tabligh akbar ini adalah sebagai berikut:
1. Ikut serta memeriahkan tahun baru Islam 1437 H
2. Memakmurkan syiar Islam
3. Menjalin Hubungan silaturahmi
iv. Mengajak umat Islam untuk selalu ingat kepada Allah


Nama Kegiatan

“Tabligh Akbar dalam Rangka Memperingati Tahun Baru Islam 1437 H”


Tanggal dan Waktu Pelaksanaan Kegiatan

  • Hari       : Minggu
  • Tanggal : 10 September 2018
  • Waktu    : eighteen.30 s/d selesai

Lokasi Kegiatan

  • Kegiatan ini akan dilaksanakan di Alun-Alun Kecamatan Jati Agung, Kota Makasar

Bentuk Kegiatan

1. Sholawat bersama
two. Tabligh Akbar


Susunan Panitia

Penanggung Jawab : KH. Bustomi
Ketua                        : Ust. Basri
Sekretaris                  : Yudus Aldeli, Due south.Pd
Bendahara                 : H. Husein


Seksi-seksi :


Seksi Dana dan Usaha :

  • Rudi
  • Aip
  • Junaidi

Seksi Acara :

  • Regaliona
  • Hamdan

Seksi Konsumsi :

  • Nindi
  • Ines
  • Anggi

Seksi Humas dan Dokumentasi :

  • Faisal
  • Aldo

Seksi Perlengkapan :

  • Angga
  • Anwar
  • Kodim
  • Agus

Rencana Anggaran

1. Mubaligh ii orang        : Rp 2.000.000
ii. Qori’ dan Sari Tilawah  : Rp 500.000
3. Tenda dan Pentas         : Rp two.000.000
4. Sound System               : Rp 500.000
5. Dokumentasi                 : Rp 500.000
6. Konsumsi                       : Rp three.000.000
7. Seragam Panitia 50 pcs : Rp two.500.000
8. Cetak Undangan            : Rp 250.000
nine. Akomodasi Panitia         : Rp 500.000
10. Spanduk                       : Rp ii.000.000 +
                                           : Rp 13.750.000


Penutup

Demikian proposal kegiatan ini kami susun. Besar harapan kami Bapak/Ibu bisa turut serta mensukseskan kegiatan “Tabligh Akbar dalam Rangka Memperingati Tahun Baru Islam 1437 H” ini. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.


Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan artikel ini yang sudah membahas tentang 15 Contoh Proposal Kegiatan
dalam pembuatan Proposal Kegiatan yang sudah saya bagikan, semoga bisa menjadi bahan refrensi kamu untuk membuat Proposal Kegiatan dan dapat menambah ilmu pengetahuan kamu dalam membaca artikel ini, semoga bermanfaat, Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

  • Contoh Laporan PKL
  • Cara Membuat Skripsi
  • Cara Membuat Proposal
  • Contoh Proposal Skripsi
  • Contoh Proposal Usaha
  • Contoh Proposal Penelitian