Contoh Aplikasi E Government Di Indonesia

Contoh Aplikasi E Government Di Indonesia

E-government adalah penerapan teknologi informasi dan komunikasi di sektor tadbir. Penerapannya di Indonesia sudah dimulai sejak dirilisnya amanat Inpres No.3 perian 2003 adapun penyelenggaran tata kelola rezim secara elektronis di Indonesia.

Pada kesempatan kali ini kami mengepas menyebutkan beberapa contoh tuntutan E-government yang terserah di sejumlah ii kabupaten di Indonesia.

Qlue

Aplikasi Qlue yakni permintaan nan tidak luar lagi bagi penghuni Jakarta, aplikasi ini terhubung serempak dengan Jakarta Smart City (JSC) nan bertindak membentangkan aduan itu kepada Pemprov. Umum bisa melaporkan peristiwa yang ada di sekitarnya. Terkonsolidasi dengan JSC, dan pemerintah boleh menjawab bahkan mengatasi permasalahan yang dilaporkan. Dengan sedemikian itu, masyarakat boleh menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah, dan pemerintah pun dapat mengetahui hal-kejadian yang menjadi keresahan warganya.


Digital Govern­ment Service

(DGS) kebugaran

Jawatan Komunikasi dan Informasi (Dis­kominfo) Bantul, Yogyakarta, meluncurkanDigital Govern­ment Service(DGS) kesehatan. DGS merupa­kan aplikasi kerjakan mempermudah layanan kesehatan di puskesmas dan rumah sakit, seperti bukan perlu lagi meng­antre dan menunggu lama di puskesmas kerjakan mendapat rujukan ke kondominium sakit. Selain bermanfaat bagi awam, DGS kesehatan ini pula berguna bagi dinas kesehatan buat memantau kinerja puskesmas-puskesmas nan ada.

E-Wadul

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengatakan, wadul adalah bahasa Jawa yang berarti mengadu. “Tapi di sini wadul kaprikornus singkatan, wadah prasaran dan unek-unek.” Aplikasi E-Wadul ini berbasis
Android
maupun
IOS
dimana E-Wadul dapat diakses dengan cara mendowload petisi E-Wadul melalui
Google Play
maupun
APP Store.
Tera dari permintaan ini adalah: cukup dengan melangkahi
Gadget Smart Phone
masyarakat boleh
mendownload
petisi E-Wadul dan dapat langsung mengelukan persoalan yang terjadi dimanapun mereka berada terkait dengan unek-unek di Pemerintahan Kota Surabaya. Penerapan layanan E-Wadul yakni alternatif yang sepan dikembangkan dengan tujuan lakukan lebih cepat merespon segala keluhan-curahan hati masyarakat.

Read:  Cara Menyimpan Aplikasi Di Hp Samsung

Tangerang Live

Aplikasi Tangerang Live, merupakan petisi yang dapat diakses di android dan berguna lakukan melampiaskan masyarakat dslam mengejar pemberitaan atau mencari kerja di Kota Tangerang. Tangerang Live ini merupakan gabungan aplikasi yang mutakadim ada yang dijadikan suatu sehingga lebih mudah dan efektif. Adapun layanan yang ada didalamnya seperti Layanan Aspirasi Peti Saran Sira (Mi), Pencaker (Pencari Kerja), daftar harga bahan pokok di pasar dan juga koleksi berita akan halnya Kota Tangerang.

Pemkot Tangerang juga bekerja selaras dengan Polres dan Kodim Ii kabupaten Tangerang bakal berkoordinasi untuk melanjutkan embaran-pemberitaan terbit masyarakat nan berkaitan dengan keamanan dan ketertiban nan masuk ke aplikasi Tangerang Live.

Lapor Hendi

Lapor Hendi menjadi media penghubung bagi warga Kota Semarang kerjakan menyampaikan aduan, curahan hati atau kritik tercalit Kota Semarang kepada wali kotanya, Hendrar Prihadi (Hendi). Sistem Lapor Hendi ini berbentuk pengaduan masyarakat yang berbasis wahana sosial dan SMS. Beberapa di antaranya adalah melangkaui SMS dengan ketik matra “laporhendi (spasi) *tuduhan*” kirim ke 1708, kemudian cuitan di Twitter dengan tagar #LaporHendi dan mention di akunInstagram, @hendrarprihadi.

E-Remunerasi Kinerja (ERK)

Permohonan E-Remunerasi Kinerja (ERK) Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung merupakan yaitu perkakas n domestik cak menjumlah penampakan tenaga kerja yang lebih lanjut ditujukan mudahmudahan remunerasi yang diberikan bagi setiap pegawai sesuai dengan prestasi yang diberikan bakal pemerintah daerah, dengan kata lain penghargaan yang diberikan berwujud tambahan penghasilan bagi pegawai negeri sipil nan berkepentingan diberikan secara sebanding.

Baru-baru ini Ombudsman (rangka negara di Indonesia yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik baik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan) melakukan perjanjian kerjasama atau memorandum of understanding (MoU) dengan Pemkot Bandung privat waktu dekat kerjakan menduplikasi aplikasi ERK.

Read:  Cara Menghapus Aplikasi Di Hp Samsung

Bagikan ke sosial wahana :

Contoh Aplikasi E Government Di Indonesia

Source: https://www.sevenmediatech.co.id/blog/view/aplikasi-e-government-di-beberapa-kota-di-indonesia

You May Also Like