Cara Upgrade Os Android Zenfone 3 Series Ke Oreo 8.0

Sarah Lea

Cara Upgrade / Pembaruan Sistem Android Zenfone 3 Series Ke Oreo 8.0 – Asus kesannya secara resmi merilis Pembaruan Sistem (Firmware) modern dengan Android 8.0 Oreo selaku fondasinya yang dibalut dengan antar tampang ZenUI generai 4.0.

Pembaruan ini pada biasanya ditujukan untuk beberapa seri Zenfone yang sebelumnya sudah melakukan Android Nougat (7.0).

Pertimbangannya perangkan Zenfone yang sudah melakukan Android Nougat dari sisi Hardware siap dan bisa melakukan Android gres dengan bervariasi fitur gres yang sudah pasti lebih berat dibanding edisi Android sebelumnya.

Salah satu seri Zenfone yang mendapat pembaruan tata cara ke Android 8.0 ini merupakan seri Zenfone 3 menyerupai :

  1. Zenfone 3 ZE520KL
  2. Zenfone 3 ZE552KL
  3. Zenfone 3 Ultra ZU680KL
  4. Zenfone 3 Laser ZC551KL
  5. Zenfone 3 deluxe ZS570KL

Seperti yang diinformasikan google ada banyak pembaruan fitur yang ada didalam android oreo menyerupai fitur PIP (Picture In Picture).  Berikut daftar lengkap fitur yang mau kau sanggup dengan melaksanakan upgrade android ke model Oreo serta manfaatnya.

Fitur Baru Android Oreo 8.0 Dalam Balutan ZenUI V.4.0

1.    Emoji Baru Lebih Cartoonish

Google menginformasikan kalau ada pembaruan Emoji di Android Oreo dimana tampilannya dibentuk lebih Cartoonish dan terlihat lebih hidup kalau dibandingkan emoji yang ada di Android Nougat.

2.    Utak Atik Icon Aplikasi Tanpa Louncher

Ini sungguh-sungguh sesuatu yang gres dimana kau bisa gonta ganti bentuk icon aplikasi sesukamu tanpa mesti memasang launcher apalagi dulu. Saat ini ada empat pilihan: Square, Rounded square, Squircle, dan Teardrop.

3.    Statistik Penggunaan Baterai Lebih Rinci

Android Oreo akan memamerkan data penggunaan daya oleh aplikasi maupun hardware secara rinci sehingga kau sanggup menertibkan ulang aplikasi yang boros daya sehingga daya baterai ponselmu bisa bertahan lebih lama.

4.    Auto Enable Wi-Fi

Memanfaatkan data dari GPS fitur ini akan mengaktifkan Wi-Fi pada dikala kau berada dirumah atau jaringan yang tersimpan serta otomatis mematikan data seluler disaat yang sama.

5.    Picture in Picture

Pada android oreo kau bisa melaksanakan panggilan video sembari menonton video dari youtube lewat browser Google Chrome berkat fitur PIP cuma dengan menekan tombol Home dikala video diputar.

6.    Smart Storage

Fitur ini memungkinkan tata cara untuk meniadakan file sampah secara otomatis dari ruang penyimpanan mudah-mudahan tersedia lebih banyak ruang untuk tata cara sehingga aplikasi sanggup dijalankan lebih cepat.

Read:  7 Faedah Upgrade Firmware Asus Ze500kg Ke Marshmallow

7.    Play Protect Untuk Melindungi Sistem Dari Aplikasi Jahat

Google juga mengembangkan keselamatan toko aplikasi digital miliknya yaitu Play Store. Play Protect bisa mendeteksi dan meniadakan aplikasi berbahaya secara otomatis. Seperti klarifikasi dari Google Play Protect bisa memindai lebih dari 50 miliar aplikasi per hari.

8.    Menunda Pemberitahuan

Android Oreo memungkinkan kau untuk menangguhkan pemberitahuan dengan cara men-swipe dengan segera dan mengetuknya.

Jika kau memiliki pesan teks atau email yang ingin dilihat nanti, gesek ke kanan pada pemberitahuan hingga kau menyaksikan ikon jam. Tap pada jam, pilih jumlah waktu yang kau harapkan untuk menundanya.

9.    Smart Text

Fitur Android Oreo ini membuat lebih gampang kau melalukan copy paste dengan mengaplikasikan on device machine learning. Misalnya, di saat kita menyaksikan goresan pena suatu alamat, kau tak perlu lagi menyalinnya dengan mem-blok kata per kata.

Google akan memahami frasa dan konteks goresan pena tersebut dan eksklusif membloknya kata per kata untuk di-copy dan paste. Smart Text Selection juga akan menyarankan maps pada goresan pena alamat atau menyarankan susukan telepon dikala menyaksikan deretan nomor telepon.

10.    Snoze Pemberitahuan Aplikasi Sementara

Nggak cuma alarm doang yang dapat kau tunda. Di Android Oreo, kau sanggup melaksanakan snooze notifikasi di setiap aplikasi. Kamu sanggup menangguhkan selama 15 menit, 30 menit, atau satu jam.
Jadi, kau nggak bakal lagi melalaikan pemberitahuan penting walaupun kau lagi sibuk. Saat timer habis, kau akan mendapat perayaan lagi.

11.     Twin Apps

Twin Apps merupakan fitur yang fungsinya untuk meniru suatu aplikasi sehingga dalam satu perangkat kau sanggup mengunkan satu aplikasi dengan akun yang berbeda.

Fitur ini cocok untuk kau yang menggunakan media lazim selaku fasilitas berjualan. Misalnya Aplikasi Facebook, akun yang satu sanggup kau pakai untuk Fans Page jualan dan akun yang satunya lagi untuk Facebookan biasa.

Bagi pengguna Xiaomi fitur Twin Apps mungkin sudah ketinggalan zaman sebab produk hape Xiaomi yang melakukan MIUI 9 sudah memiliki kesanggupan tersebut.

12.    Page Maker

Fitur ini gres saja timbul di updatean modern ini. Fungsi dari fitur ini serempak sungguh sederhana tetapi sungguh menolong bagi kau yang sungguh perkiraan dengan paket data.

Page Maker ini merupakan fitur yang memungkinkan kau mengunduh halaman situs web di Browser sehingga kau sanggup membacanya sewaktu-waktu secara offline. Fitur ini menyerupai fungsi dari Opera News yang sementara waktu kemudian di luncurkan.

Read:  Firmware Asus Z008d Raw Google Drive

13.    Long Screenshoot

Fitur ini menyerupai namanya sanggup digunakan untuk menghasilkan Screenshoot panjang. Biasanya digunakan untuk mengambil cuplikan halaman Web. Cara penggunaannya pun sungguh simple.

Tinggal scrool mau dari mana posisi screenshoot, kemudian tekan VOLUME DOWN + POWER, nanti ada opsi untuk melaksanakan Long Screenshoot dibagian bawah.
Sumber : Kompas.com dan Forum ZenTalk

Lalu bagaimana cara mendapat pembaruan tata cara android Oreo di Zenfone 3 Series…?

Rahasia

Cara 1. Firmware Over The Air

Istilah Firmware Over The Air (FOTA) tujuannya mendownload dan menginstal sendiri firmware modern eksklusif dari perangkat Zenfonemu.

Supaya proses upgradenya berlangsung lancar, ada beberapa antisipasi yang mesti kau kerjakan antara lain:

  • Perangkatmu terhubung dengan jaringan internet yang cepat dan stabil (direkomendasikan menggunakan jaringan Wi-Fi). Jika menggunakan Data Seluler setidaknya tersedia dua kali lipat ukuran File Update yang mau didownload. Misalnya File Update / Upgrade berskala 1.5 GB, minimal paket data anda tersedia 3 GB.
  • Sediakan 2 GB ruang kosong dalam ruang penyimpanan internal perangkat anda untuk menyimpan tata cara gres yang mau dipasang.
  • Pastikan Daya Baterai Full 100%, hal ini ditujukan untuk menyingkir dari proses download terhenti sebab perangkat kekurangan daya.
  • Perangkat tidak dalam kondisi sudah di-Root
  • Lakukan Backup file yang ada di memori internal untuk jaga-jaga saja.

Langkah-Langkah Upgrade Firmware Zenfone Via FOTA

Langkah 1. Pastikan kau sudah mendapatka notifikasi adanya pembaruan system untuk perangkatmu. Jika tidak, kerjakan pengecekan manual dengan membuka santapan Settings -> About -> System update.

 Asus kesannya secara resmi merilis Pembaruan Sistem  Cara Upgrade OS Android Zenfone 3 Series Ke Oreo 8.0

Langkah 2. Setelah mendapat notifikasi, Klik santapan Setting tersebut kemudian tap untuk mendapat keterangan rincian ihwal isi dari pembaruan perangkat lunak yang mau didapat.

Langkah 3. Download file pembaruan (Update) Setelah itu tata cara akan mencari file update dan tunggu prosesnya selesai 100%.

Langkah 4. Setelah proses download selesai system akan meminta untuk melaksanakan Restart guna menginstal File Update yang sudah didownload tadi. Harap maklum kalau booting pertama kali agak sedikit lama, sebab system gres apalagi dahulu memindai hardware dan aplikasi yang sudah terpasang pada system sebelumnya.

Sampai proses ini, boleh dibilang proses upgrade Android pada perangkat Zenfone anda sudah sukses dilakukan.

Read:  Cara Download Firmware Asus Zenfone C

Cara 2. Instal Manual 

Seperti namanya, cara ini kita akan melaksanakan proses upgrade firmware dengan cara menginstalnya secara manual dari perangkat Zenfone tanpa menggunakn PC yang disunting dari forum Zentalk  .

Yang kita butuhkan cuma firmware yang cocok dengan Seri, Tipe dan SKU dari perangkat Zenfone yang kau gunakan.

Contoh :

  • Seri  : Zenfone 2 Laser
  • Tipe : ZE600KL Z00L
  • SKU : WW

Perhatian :

  • Pastikan firmware yang kau download SKU-nya sesuai dengan SKU yang tertera diperangkat Zenfone kamu, misalnya WW -> WW, CN -> CN, TW -> TW. Memilih SKU yang tidak cocok akan membuat proses instalasi gagal.
  • Kamu tidak dapat mengganti firmware yang tadinya memiliki SKU WW -> TW, serta tidak dapat melaksanakan Downgrade firmware. Misalnya model firmware yang Zenfone kau gunakan dikala ini V2.20.40.13 kemudian kau akan menginstal firmware dengan model dibawahnya misalnya V2.19.40.18 maka ditentukan proses instal akan gagal.
  • Pada dikala proses upgrade sedang berlangsung pastikan perangkat Zenfonemu tidak kelemahan daya. Dari keterangan pihak Asus sendiri cukup dengan 15 % daya, tetapi saya pribadi semestinya 100 % full.
  • Kunjungi situs santunan firmware Asus di http://www.asus.com/tw/support untuk mendownload file pembaruan tata cara yang dikehendaki dengan memperhatikan tiga catatan diatas.

Setelah fimrware selesai kau download, cek kembali kondisi firmware tersebut menggunakan Winrarr atau 7Zip.

Jika didalam file Zip cuma tertera 1 file dan masih dalam kondisi tercompres (format Zip) ekstrak kembali sehingga yang didapat berupa file Zip dengan beberapa file didalamnya, amati gambar berikut :

 Asus kesannya secara resmi merilis Pembaruan Sistem  Cara Upgrade OS Android Zenfone 3 Series Ke Oreo 8.0

Firmware yang berwarna merah mesti diekstrak lagi, sedangkan firmware sebelah kanan yang berwarna kuning siap untuk diinstal.

Setelah itu, copy file firmware tersebut ke memori internal tanpa dimasukkan kedalam folder kembali. Maka tata cara akan otomatis membaca eksistensi file update denga icon tanda seru dipojok kiri atas santapan bar.

 Asus kesannya secara resmi merilis Pembaruan Sistem  Cara Upgrade OS Android Zenfone 3 Series Ke Oreo 8.0

Klik icon tersebut kemudian perangkat akan resrtart kemudian masuk Recovery Mode.

Tunggu proses instalasi selesai yang sanggup mengkonsumsi waktu 15-30 menit. Booting pertamakali akan sedikit lebih usang sebab ada proses pemasangan tata cara dan aplikasi baru.

Penutup

Itulah klarifikasi cara upgrade firmware Asus Zenfone 3 Series ke Oreo 8.0 mudah-mudahan bermanfaat. Untuk klarifikasi yang kurang silahkan informasikan di kolom komentar.

Next Post

Check Apache Web Server Status

How to Check Apache httpd Web Server Uptime Using mod_status Module on Linux The Apache mode_status module allows a server administrator to check Apache Web server uptime concurrent connections and server performance with a given interval through the CLI and GUI. As a preparation you need to install the agent […]
Check Apache Web Server Status