Cara Upgrade Android Samsung J7 Prime Ke Oreo 8.1 Stable

Sarah Lea
Rahasia
 dengan beberapa cara alternative yang dapat kau pilih Cara Upgrade Android Samsung J7 Prime ke Oreo 8.1 Stable

Cara Upgrade Android Samsung J7 Prime ke Oreo 8.1 Stable – Pada artikel sebelumnya sudah share Cara upgrade Android Samsung J7 Prime SM-G610F/DS ke Nougat 7.0 dengan beberapa cara alternative yang dapat kau pilih.

Kali ini saya mau share lagi bimbingan instalasi Custom ROM Android Oreo pada Samsung J7 Prime SM-G610F/DS model stabil dari Developer AOSP Extended (AEX).

ROM yang mau saya bagikan ini kelebihannya bukan pada tampilan, namun ada pada kestabilan tata cara yang dibangun dari aba-aba sumber AOSP dari Google sehingga segala fitur android gres bisa kau peroleh di hapemu.

Supaya tidak ragu berikut yaitu keunggulan dan kelemahan dari ROM AOSP Extended dibandingkan Custom ROM lain yaitu :

Kelebihan ROM AOSP Extended

1.    Custom Dengan Sistem Kemanan Terbaru.

ROM AOSP Extended secara berkala merilis patch kemanan modern setiap bulannya sempurna sesudah google merilisnya. Kaprikornus walaupun ROM ini ialah Custom ROM, patch dan fitur yang ditanamkan sama seumpama yang ditangani Stock Android resmi.

2.    Fungsional dan Kaya Fitur.

Seperti yang sudah disebut diawal tadi, ROM ini menitik beratkan terhadap ketentraman dan kinerja sehingga ROM ini dijejali dengan fitur (Extension) berharga yang terus dikembangkan sehingga makin baik dari edisi ke edisi.

3.    Tersedia Update Over The Air (OTA)

Bukan cuma ROM pabrikan yang memiliki update via OTA alasannya yaitu pembaruan software untuk ROM AOSP Extended sanggup anda peroleh secara online seumpama laiknya ROM pabrikan.

4.    Performa Setara Stock ROM.

Kinerja suatu Custom tidak ada yang pernah sebaik ini. Performa perangkat kian baik dengan pinjaman Extensi yang ditanamkan. Tidak ada lag dan Bug yang sering kita peroleh di Custom ROM lain. Semua fungsi utama hape berlangsung sungguh normal.

5.    Hemat Memory Internal

Penggunaan Ruang penyimpanan menjadi lebih maksimal sesudah menggunakan ROM AOSP Extended terutama bagi perangkat yang cuma bermodalkan memori 8 / 16 GB. Terutama juga bagi pengguna Xiaomi saya rekomendasikan untuk bermigrasi ke ROM AOSP Extended. Seperti yang sudah saya share di artikel saya Cara Menghapus File Lainnya, dimana kita kita tidak tahu persis untuk apa peruntukan dari File Lainnya yang dapat mengkonsumsi ruang bergiga-giga.

6.    Bersifat Terbuka

ROM AOSP Extended bersifat terbuka sehingga siapapun bisa berkontribusi menampilkan masukan ide-ide mereka membuatkan Soucre Code yang sudah dikembangkan Tim AOSP Extended.

7.    Dukungan Lengkap

Layanan sokongan menjadi keunggulan tersendiri dimana anda dapat berkonsultasi untuk setiap dilema yang anda peroleh selama menggunakan ROM AOSP Extended baik itu lewat Forum XDA, Facebook dan Google Plus.

8.    Update Versi Android Cepat

Pembaruan Sistem lebih singkat dari pabrikan seumpama pola Xioami Redmi 4X yang masih menggunakan Nougat sudah tersedia ROM dengan basis Android Oreo.

Kekurangan ROM AOSP Extended

  • kekurangan ROM AOSP Extended yaitu ketersediaan perangkat yang disokong masih kurang alasannya yaitu kekurangan sumber daya
  • Tidak memiliki aplikasi galery sendiri jadi mesti instal belakangan. Sebenarnya ada Google Foto namun fitur untuk pengguna offline terbatas. Kamu bisa instal APK Galery Zenfone dengan mengirimnya lewat Shareit.
  • Selain tidak punya Galery, ROM ini cuma menggunakan File Manager Native Google yang cuma punya fitur standard, untuk itu disarankan menggunakan File manager lain seumpama File Manager Zenfone, Xiaomi, ES Manager yang dapat pribadi didownload di Playstore, apkmirror.com atau kirim via Shareit.

Fitur Baru Android Oreo Beserta Manfaatnya

1.    Emoji Baru Lebih Hidup

Google menunjukkan kalau ada pembaruan Emoji di Android Oreo dimana tampilannya dibentuk lebih Cartoonish dibandingkan emoji yang ada di Android Nougat.

2.    Utak Atik Icon Aplikasi Tanpa Louncher

Ini sungguh-sungguh sesuatu yang gres dimana kau bisa gonta ganti bentuk icon aplikasi sesukamu tanpa mesti memasang launcher apalagi dulu. Saat ini ada empat pilihan: Square, Rounded square, Squircle, dan Teardrop.

3.    Statistik penggunaan baterai lebih rinci

Android Oreo akan menampilkan data penggunaan daya oleh aplikasi maupun hardware secara rinci sehingga kau sanggup menertibkan ulang aplikasi yang boros daya sehingga daya baterai ponselmu bisa bertahan lebih lama.

4.    Auto Enable Wi-Fi

Memanfaatkan data dari GPS fitur ini akan mengaktifkan Wi-Fi pada di saat kau berada dirumah atau jaringan yang tersimpan serta otomatis mematikan data seluler disaat yang sama.

5.    Picture in Picture

Pada android oreo kau bisa melaksanakan panggilan video sembari menonton video dari youtube lewat browser Google Chrome berkat fitur PIP cuma dengan menekan tombol Home di saat video diputar.

6.    Smart Storage

Fitur ini memungkinkan tata cara untuk meniadakan file sampah secara otomatis dari ruang penyimpanan agar tersedia lebih banyak ruang untuk tata cara sehingga aplikasi sanggup ditangani lebih cepat.

7.    Google Play Protect 

Google juga mengembangkan keselamatan toko aplikasi digital miliknya yaitu Play Store. Google bakal bisa mendeteksi dan meniadakan aplikasi berbahaya secara otomatis. Google menyampaikan akan memindai lebih dari 50 miliar aplikasi per hari.

8.    Menunda Pemberitahuan

Android Oreo memungkinkan kau untuk menangguhkan pemberitahuan dengan cara men-swipe dengan segera dan mengetuknya.

Jika kau memiliki pesan teks atau email yang ingin dilihat nanti, gesek ke kanan pada pemberitahuan hingga kau menyaksikan ikon jam. Tap pada jam, pilih jumlah waktu yang kau harapkan untuk menundanya.

9.    Smart Text

Fitur Android Oreo ini membuat lebih gampang kau melalukan copy paste dengan mengaplikasikan on device machine learning. Misalnya, di saat kita menyaksikan goresan pena suatu alamat, kau tak perlu lagi menyalinnya dengan mem-blok kata per kata.

Google akan mengerti frasa dan konteks goresan pena tersebut dan pribadi membloknya kata per kata untuk di-copy dan paste. Smart Text Selection juga akan menyarankan maps pada goresan pena alamat atau menyarankan saluran telepon di saat menyaksikan deretan nomor telepon.

Rahasia

10.    Snoze Pemberitahuan Aplikasi Sementara

Nggak cuma alarm doang yang dapat kau tunda. Di Android Oreo, kau sanggup melaksanakan snooze notifikasi di setiap aplikasi. Kamu sanggup menangguhkan selama 15 menit, 30 menit, atau satu jam.

Jadi, kau nggak bakal lagi melalaikan pemberitahuan penting walaupun kau lagi sibuk. Saat timer habis, kau akan mendapat perayaan lagi.

Kamu niscaya tidak sabar ingin menjajal bagaimana rasanya melaksanakan Android Oreo di Samsung J7 Prime, namun sebelum itu tetapkan kau sudah menginstal TWRP, alasannya yaitu Sistem Recovery bawaan Samsung tidak dapat menginstal Custom ROM.

Cara Instal TWRP Pada Ponsel Samsung Galaxy

Pada dasarnya semua perangkat android memiliki tata cara recovery yang memiliki faedah untuk memperbaiki tata cara android pada di saat mengalami dilema seumpama bootloop, Softbrick, IME Null dengan cara melaksanakan pilihan WDFS (Wipe Data Factory Reset) sehingga tata cara menjadi sungguh-sungguh baru.

Sayangnya fitur yang dimiliki tata cara recovery bawaan ponsel android terbatas seumpama tidak dapat melaksanakan backup ROM, Tidak bisa menginstal Custom ROM, Rooting Perangkat dll.

Untuk menangani kekurangan tersebut, dibuatlah Custom Recovery yang sanggup menangani beraneka ragam kiprah yang tidak dapat ditangani dengan tata cara recovery bawaan hape.

Custom recovery yang beken dikalangan pengguna android yaitu CWM (ClockWorkMood) dan Team Win Recovery Project (TWRP). Dibanding CWM, TWRP lebih banyak digunakan pengguna Android alasannya yaitu beberapa keunggulan seumpama UI yang lebih akrab dan ketersediaan model gres yang mendukung perangkat android modern pula.

Cara menginstal custom recovery pada masing-masing brand ponsel pandai berbeda, dan pada peluang kali ini saya akan menerangkan cara memasang custom recovery pada perangkat android samsung.

Manfaat Dan Kelebihan Memasang Custorm Recovery TWRP

  1. Kamu bisa melaksanakan perbaikan tata cara android sekaligus sanggup digunakan untuk memasang custom rom 
  2. Kamu bisa memodifikasi system android dengan memasang Kernels, Add-Ons dan Moods.
  3. Kamu bisa melaksanakan pencadangan tata cara yang sewaktu-waktu sanggup kau gunakan kembali
  4. Bisa digunakan untuk mengembalikan file pencadangan yang sebelumnya kau cadangkan
  5. Kamu bisa tetap melaksanakan aktifitas transfer file walaupun berada pada mode tata cara recovery baik itu dengan perangkat komputer, SD Card maupun OTG.

Perlu untuk kau ingat kalau TWRP antar perangkat yang satu tidak dapat digunakan pada perangkat lain sehingga seleksilah TWRP yang cocok dengan Merk dan seri dari Ponsel Android yang kau gunakan.

Persiapan Instal TWRP Pada Perangkat Android Samsung Galaxy

Agar perangkat androidmu bisa terpasang custom recovery Aktifkan Pendebug USB dan Membuka Kunci OEM dengan cara mengaktifkan Mode Pengembang (Developer Option).

Cara mengaktifkan Mode Pengembang buka suguhan Pengaturan -> Tentang Perangkat -> Versi Pita Basis (klik selama 6-8x). Sekarang, aktifkan USB debugging pada perangkat Samsung .

Untuk mengaktifkan USB debugging dengan cara buka suguhan Pengaturan -> Opsi Pengembang -> Pendebug USB kemudian centang juga Buka Kunci OEM ( disembunyikan untuk android 4.4.4 ke atas)

Sedangkan alat dan materi yang dikehendaki untuk memasang TWRP pada Ponsel Android Samsung yaitu :

Cara Instal TWRP Pada Perangkat Samsung Galaxy

Langkah 1. Instal Driver USB Samsung yang sudah didownload tadi.

Langkah 2. Matikan perangkat kemudian masuk ke Download Mode dengan menekan tombol variasi Power + Home + Volume Bawah, sesudah timbul logo samsung lepaskan. Akan timbul perayaan seumpama gambar dibawah ini namun abaikan saja tetap lanjut dengan menekan tombol volume atas.

Langkah 2. Jalankan Odin dengan cara klik kanan pada agenda kemudian Run As Administrator. Pada suguhan Option biarkan settingan default pada F.Time Reset dan Auot Reboot.

Langkah 3. Sambungkan ponsel android dengan download mode menggunakan kabel data ke komputer. Jika perangkat terbaca, ID:COM pada Odin akan berwarna biru.

Langkah 4. Klik tombol AP pada odin kemudian cari Installer TWRP dengan format TAR.MD5 yang sudah kau download tadi. Lalu tunggu hingga ada pesan “ ADDED” di Messages Box.

Langkah 5. Klik tombol Start untuk mengawali penginstalan TWRP. Perhatikan persentasi jalannya proses instalasi TWRP pada ponsel.

Perangkat akan Reboot otomatis dan masuk ke TWRP untuk pertamakali. Setelah meraih proses ini, TWRP pada perangkat Samsung Galaxy siap digunakan untuk Install Custom ROM dan Gapps.

Alat dan Bahan Instalasi Custom ROM Pada Samsung Galaxy

  • Buat cadangan file penting yang ada diperangkat (memori internal) dengan menyalinnya ke SD Card atau pindahkan ke harddisk komputermu alasannya yaitu nanti perangkat akan di WDFR (Wipe Data Factory Reset).
  • Isi daya hingga full 100 % minimal 50 %, fungsinya nanti kalau terjadi dilema ada cukup daya dan waktu untuk melaksanakan perbaikan 
  • Download Rom AOSP Extended Android Oreo 8.1 Official Versi 5.8 Stable ( 550 MB)
  • Download Gapps dengan tolok ukur ARM64 -> Android 8.1 -> Stock (750 MB) 
  • Paket data (Opsional) untuk melaksanakan setup akun sesudah proses instalasi jawaban kau lakukan.

Langkah-Langkah Instalasi

Langkah 1. Salin kedua file (ROM dan GAPPS) ke Memory Eksternal ( SD Card) dapat juga menggunakan OTG. Mengapa tidak pribadi ke Memory Internal…? Karena sering terjadi dilema untuk TWRP dimana Internal Storage tidak terbaca serta di saat masuk TWRP minta Password / PIN. Untuk dilema ini akan dibahas nanti.

Langkah 2. Masuk ke TWRP dengan menekan tombol VOLUME ATAS + HOME + POWER.

Langkah 3. Setelah masuk TWRP pilih suguhan WIPE -> ADVANCE WIPE OPTION kemudian pilih : DALVIK / ART CACHE, SYSTEM, DATA, CACHE. Proses ini akan meniadakan segala aplikasi beserta akun-akunnya sehingga diawal saya wanti-wanti untuk melaksanakan pencadangan.

Langkah 4. Kembali ke suguhan utama kemudian pilih suguhan INSTAL, cari ROM AOSP yang sudah didownload tadi kemudian Instal seumpama biasa dengan cara SWIPE. Setelah instalasi ROM jawaban jangan lupa WIPE CACHE. Demikian juga untuk Instalasi GAPPS, kerjakan cara yang serupa seumpama di saat menginstal ROM kemudian WIPE CACHE setelahnya.

Setelah semua tahapan diatas jawaban kau jalankan, Restart perangkatmu untuk mengawali pengaturan permulaan perangkat dengan nuansa Android Terbaru.

Penutup

Demikian bimbingan instalasi Android Oreo pada Samsung Galaxy J7 Prime menggunakan Custom ROM AOSP Extended model 5.8 terbaru, mudah-mudahan bermanfaat.

Rahasia
Next Post

Mengatasi Oppo A37f Lemot Sehabis Flash

Oppo A37f Lemot Setelah Flash – Apakah agan mengalami permasalahan yang serupa dengan apa yang sudah saya tuliskan di judul postingan ini. Saya asumsikan agan memang sedang mengalami problem yang serupa lantaran agan sudah hingga ke postingan ini. Ada sedikit problem pada oppo a37f ini, dimana setelah dijalankan flash ulang […]
Mengatasi Oppo A37f Lemot Sehabis Flash
/* */