Cara Menjumlah Nilai Resistor Lengkap Dengan Tabel Warna

Sarah Lea
Rahasia
Ketika Anda ingin mempelajari elektronik tergolong cara menjumlah nilai resistor pastinya Anda mesti membaca ulasan dari aneka macam sumber terpercaya, selain resistor masih ada banyak lagi komponen elektronik yang membutuhkan rumus untuk menghitungnya.

Pernahkah Anda menyaksikan gelang warna pada resistor? gelang yang warna warni tersebut bukan cuma sekedar dekorasi saja, akan namun setiap warnanya memiliki nilai yang berlawanan beda, menyerupai kuning, hijau, merah, cokelat, hitam ungu, abu-abu, emas, perak dan masih banyak yang lainnya.

Banyak jenis dari rangkaian elektronik ini, Anda juga niscaya pernah menerima resistor untuk lampu LED bukan? atau pada rangkaian elektronik lainnya? di saat kita ingin mengubahnya apalagi dulu mesti mengenali berapa nilainya biar cocok dengan yang awal, Anda juga sanggup menyesuaikan warnanya jikalau belum terlalu hafal.

Pengertian Resistor

Menurut Wikipedia, resistor yakni komponen elektronika yang dirangkai dengan dua pin dan konsep yang berfungsi untuk mengontrol tegangan listrik pada setiap komponen yang dipasangnya, resistor juga dilengkapi dengan nilai warna yang menyeleksi ukuran nilai yang besar lengan berkuasa pada tegangan yang dihasilkan.

Resistor memiliki karakteristik yang khas, yakni daya listrik yang sanggup dihantarkan dan juga resistansinya. Selain itu resistor juga memiliki beberapa kontruksi diantaranya yakni Film Logam, Film Karbon dan Komposisi Karbon yang masing-masing memiliki definisi yang berlawanan beda, kami rasa Anda telah paham pemahaman biasa dari komponen elektronik ini, kini kita lanjut ke topik utama.

Anda sanggup dengan gampang mengenali nilai resistor yang berisikan aneka macam warna berbeda. Alat yang sanggup digunakan untuk mengukur nilai warna resistor yakni multitester digital atau analog, pada postingan ini kami akan pandu tindakan menjumlah dan mengukur resistor yang benar.

Cara Menghitung Nilai Resistor

Yang mesti Anda ketahui, ada yang berisikan 4 gelang warna dan juga dari 5 gelang warna, untuk cara perhitungannya sedikit berbeda, namun Anda akan kami pandu hingga bisa, bimbingan postingan ini dibentuk dengan menyaksikan dari aneka macam sumber yang berlawanan beda.

Untuk langkah yang pertama kami akan menerangkan bagaimana langkah untuk mengenali nilai setiap warna dan akan dibarengi tabel biar Anda sanggup dengan gampang memahaminya.

 Ketika Anda ingin mempelajari elektronik tergolong cara menjumlah nilai resistor pastinya Cara Menghitung Nilai Resistor Lengkap dengan Tabel Warna
Lihat juga: Persamaan Transistor C945 Lengkap dengan Fungsinya
Diatas yakni tabel warna beserta nilai yang sanggup Anda hafal, atau Anda juga sanggup menyimpan gambar diatas biar suatu di saat nanti sanggup menyaksikan kembali.
Untuk referensi pertama, umpamanya Anda memiliki resistor dengan gelang warna ada 4, yakni cokelat hitam – hijau emas , jikalau dilihat dari tabel warna diatas maka nilai pada setiap warna tersebut adalah:
  • Cokelat = 1
  • Hitam = 0
  • Hijau = 5
  • Emas = 5%

Rahasia
Untuk menghitungnya Anda perlu mengenali rumus dasar, khusus untuk yang memiliki 4 gelang warna, sanggup hitung dengan rumus selaku berikut:

Rumus Menghitung Resistor 4 Warna

Jika dilihat dari referensi diatas tadi, kita sanggup menjabarkannya:
Cokelat = memiliki nilai 1
Hitam = memiliki nilai nol (0)
Hijau = memiliki nilai 5
Emas = 10% atau sering disebut toleransi.
Berarti rumusnya adalah: 
Nilai cokelat + nilai hitam = 10 X nilai warna hijau (untuk nilai warna hijau atau warna urutan ketiga Anda mesti mengkalikan dengan angka 10 atau menyertakan angka nol dibelakang warna kedua)
Penyelesain:

Kaprikornus 10 x 10­ pangkat 5 = 1.000.000 Ohm atau 1 MOhm dengan toleransi angka 10%

Saya telah paham bab ini, kemudian bagaimana cara menjumlah nilai toleransi? jikalau dilihat dari tabel warna yang memiliki nilai toleransi atau % yakni emas, perak dan tidak berwarna (lihat kembali tabel warna diatas)
Untuk mengenali nilai OHm pada setiap resistor maka apalagi dulu mesti mengenali rumus menjumlah toleransi. berikut rumus singkatnya:
1.500 OHM Dengan nilai toleransi 5% maka:
  • 1.500 – 5% = 1.390
  • 1.500 + 5% = 1.610

Jumlah selesai diatas membuktikan bahwa resistor tersebut memiliki nilai antara 1.390 – 1.610 Ohm, gampang bukan?

Rumus Menghitung Resistor 5 Warna

Langkah yang kedua ini mungkin sedikit rumis, alasannya yakni kita akan menjajal menjumlah resistor yang berisikan 5 gelang warna, itu artinya rumus dan jumlah selesai niscaya akan lebih besar, jadi untuk itu Anda mesti benar benar menyimak tindakan yang telah kami buat dibawah ini:
Contoh perhitungan:
Ada resistor yang berisikan 5 gelang warna, diantaranya yakni CokelatHitamHijauHijauPerak untuk mengenali nilai OHm atau MOhm nya yakni dengan cara:
Penyelesain:
Diketahui, ada suatu resistor yang berisikan 5 gelang warna diantaranya yakni cokelat, hitam, hijau, hijau dan perak, tetapkan nilai Ohm dan MOHm beserta nilai toleransinya.
Rumusnya yakni tidak jauh beda dengan yang 4 warna, yaitu:
  • Cokelat = 1
  • Hitam = 0
  • Hijau = 5
  • Hijau = 5
  • Perak = 10% (toleransi)
105 x 10 pangkat 5 = 10.500.000 atau 10,5 MOHm dan nilai toleransinya yakni 10%.
Kaprikornus kesimpulannya Anda mesti hafal apalagi dulu nilai setiap warna, diatas kami telah menawarkan tabelnya, jadi Anda sanggup menyimpan dan di saat waktu sanggup melihatnya kembali, untuk mengenali nilai warna resistor bahu-membahu sungguh mudah.

Bagaimana dengan tindakan yang telah kami buat diatas, apakah gampang dipahami?

For your information, ada beberapa jenis resistor yang perlu diketahui, ada yang menggunakan aneka macam warna untuk menyeleksi nilai dan ada juga yang pribadi angka, jenis ini dinamakan resistor angka.
Untuk cara perhitungannya juga kami rasa lebih gampang dan tidak terlampau rumit alasannya yakni Anda tidak perlu menghafal warna sekaligus jumlah nilainya.

Akhir Kata

Cukup sekian postingan yang sanggup kami bagikan untuk Anda pada peluang kali ini, jikalau cara menjumlah nilai resistor diatas masih kurang jelas, sanggup pribadi ditanyakan pada kolom komentar atau mengontak kami via email, jikalau ada waktu luang niscaya akan secepatnya kami respon pertanyaan Anda. Semoga bermanfaat.

Rahasia
Next Post

Jenis-Jenis Resistor Dan Fungsinya (Lengkap)

Jenis-Jenis Resistor dan Fungsinya – Pada rangkaian elektronik terdapat banyak komponen yang masing masing mempunyai fungsi yang berlainan beda, salah satu komponen penting pada rangkaian elektronik yakni resistor, dipahami dengan ciri khusus yakni gelang warna yang menyeleksi nilai pada setiap resistor, Anda mesti mengenali jenis dan fungsinya. Resistor yakni salah satu […]
Jenis-Jenis Resistor Dan Fungsinya (Lengkap)
/* */