Cara Mengukur Dioda Dengan Multitester [Analog & Digital]

Sarah Lea
Rahasia
Berbicara tentang cara mengukur Dioda gotong royong telah banyak yang membahas, untuk mengukur komponen elektronik ini kita dapat menggunakan alat yang berjulukan multitester baik itu analog ataupun digital tergantung pengertian Anda tentang kedua alat tersebut, disini juga akan dijelaskan beberapa fungsi dari dioda.

Dioda sendiri sering kali didapatkan pada komponen elektronika menyerupai mesin tv, ponsel, laptop dan barang elektronik lainnya, Dioda memang memiliki tugas penting, oleh alasannya merupakan itu nyaris setiap denah elektronik menggunakan komponen ini agar berlangsung dengan baik.

Cara Mengukur Dioda

 Berbicara tentang cara mengukur Dioda gotong royong telah banyak yang membicarakan Cara Mengukur Dioda dengan Multitester [Analog & Digital]

Untuk mengikuti langkah langkahnya hingga selesai dikehendaki alat untuk mengukur tegangan elektronik yakni Mulitester, alat ini sendiri dibagi lagi menjadi dua jenis yakni analog dan digital, untuk cara penggunannya tidak jauh berlainan cuma saja penampilan yang membedakannya, kalau digital lebih terbaru dan menggunakan display bukan jarum penanda menyerupai analog.

Cara Mengukur Dioda dengan Multitester Digital

Untuk mengenali apakah komponen tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak Anda mesti menggunakan multitester, yang pertama ini merupakan langkah menggunakan model digital, jadi pastikan Anda telah merencanakan alatnuya

  • Siapkan mulitester digital yang masih berfungsi dengan baik
  • Kemudian atur skala saklar pada posisi Dioda
  • Sambungkan kabel merah pada terminal Anoda dan kabel hitam pada terminal Katoda (lihat gambar sebelumnya)
  • Tanda dioda masih dalam kondisi baik, dilayar display akan menandakan angka tertentu, misalnya 0,32 Volt.
  • Sekarang balikan kabel merah hubungkan ke terminal Katoda dan kabel hitam ke terminal Anoda.
  • Pastikan display tidak menandakan angka berapapun, kalau ternyata ada tegangannya mempunyai arti kemungkinan besar komponen tersebut rusak dan mesti diganti.

Baca juga: Simbol-Simbol Dioda Lengkap

Rahasia

Cara Mengukur Dioda dengan Multitester Analog

Yang kedua ini menggunakan model analog atau jarum, untuk langkah pengukurannya tidak jauh berbeda, eksklusif saja simak langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Pertama siapkan mulitester analog yang masih berfungsi dengan baik.
  • Lalu atur skala pada posisi OHM X1K.
  • Kemudian sambungkan kabel hitam pada terminal katoda dan kabel merah pada terminal anoda
  • Jika masih dalam kondisi baik, semestinya jarum akan menandakan nilai tertentu,contohnya 0.56 OHM.
  • Sekarang Anda harusmembalikan kabel dihitam hubungkan pada terminal anoda dan kabel merah pada terminal katoda.
  • Seharusnya jarum akan bergerak mentok hingga ujung (tak terhingga)
  • Jikalau ternyata jarum menandakan angka tertentu, itu mempunyai arti ada kemungkinan dioda telah rusak.

Jika Anda telah mengikuti panduan diatas dan ternyata dioda tersebut rusak itu mempunyai arti Anda mesti mengubahnya dengan yang baru, alasannya merupakan kalau rusak tidak bisa diperbaiki lagi, sebelum menyelesaikan postingan ini lebih baik kita mengenali penyebab dioda rusak, apa saja itu?

Penyebab Dioda Rusak

 Berbicara tentang cara mengukur Dioda gotong royong telah banyak yang membicarakan Cara Mengukur Dioda dengan Multitester [Analog & Digital]

Kerusakan yang sering terjadi dapat diakibatkan alasannya merupakan adanya sambungan yang salah pada cuilan baterai dan bisa juga alasannya merupakan kesalahan insan (human error) kesalahan insan yang dimaksud merupakan dapat jadi salah memasang posisi dioda.

Perlu Anda ketahui, kalau pemasangannya terbalik maka Dioda tidak akan melakukan pekerjaan dan menjadi konslet (short) jadi sebelum memasang dioda pastikan Anda telah menempatkan posisi Katoda dan Anoda yang benar sesuai panduan yang telah kami bagikan diatas.

Artikel terkait:

Itulah cara mengukur Dioda dengan Multitester analog dan digital yang bisa Anda coba kini juga, jangan lupa untuk membaca postingan menawan yang lain cuma di , kami harap postingan ini bermanfaat, terimakasih.

Rahasia
Next Post

Persamaan Transistor C945 Paling Komplet Modern 2020

Persamaan Transistor C945 – Selamat tiba di , selaku teknisi pastinya kita mesti mengenali rangkaian dan juga persamaannya jikalau sewaktu-waktu tidak ada yang serupa persis menyerupai yang dibutuhkan, umpamanya yakni transistor, berbagai persamaan dari setiap tipe transistor berlainan beda, tergolong C945 yang memiliki beberapa persamaan yang perlu Anda ketahui. Transistor […]
Persamaan Transistor C945 Paling Komplet Modern 2020
/* */