Cara Mengisi Tinta Printer Epson L360 Baru

Cara Mengisi Tinta Printer Epson L360 Baru

Cara Mengisi Tinta Printer Epson L360 Yang Benar

Artikel ini berisi panduan tentang cara mengisi tinta pada printer Epson Seri L360 dengan mudah dan benar. Pengisian tinta merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh para pengguna printer ketika melihat tinta yang berada di tabung penyimpanan hampir habis. Pengisian ini bertujuan agar printer selalu ready ketika dibutuhkan untuk mencetak dokumen. Jadi, apabila tinta telah mencapai dasar tabung, segera lakukan pengisian.

Cara Mengisi Tinta Printer Epson L360 Baru

Informasi penting yang harus diketahui pengguna adalah jangan biasakan printer benar-benar kosong tintanya baru kemudian melakukan pengisian tinta, hal ini sangat tidak baik buat printer. Apalagi, jika tinta itu habis pada saat proses pencetakan dokumen, maka akan membuat Print Caput berumur pendek dan rusak total. Seperti yang Anda tahu Print Head memiliki harga yang lumayan mahal. Artinya, Anda harus merogoh kocek lagi untuk sesuatu yang seharusnya bisa dicegah.

Selain mengakibatkan Print Head cepat rusak, printer Epson L360 yang dibiarkan kehabisan tinta akan menyebabkan angin mengisi tabung tinta, kemudian memasuki rongga-rongga selang infus tinta. Kondisi ni nantinya akan mempengaruhi jalur distribusi tinta, jadi meskipun printer telah diisi tinta kembali, tetapi alirannya terganggu karena adanya angin.

Baca Juga:

Untungnya saja, printer Epson Seri L360 ini menggunakan sistem infus yang dilengkapi dengan tabung penyimpanan tinta di sisi kanan printer, desain tersebut memudahkan pengguna untuk mengetahui persediaan tinta yang masih tersisa. Dengan begitu, kondisi kekosongan tinta bisa dihindari sehingga printer tidak cepat rusak.

Ciri-Ciri Printer Epson L360 Akan Kehabisan Tinta

Selain mengamati kondisi tabung, printer Epson L360 yang akan kehabisan tinta dapat diketahui dari ciri-cirinya, yaitu sebagai berikut:

  1. Muncul peringatan sistem tinta yang tampil di layar komputer atau laptop.
  2. Lampu indikator tinta berkedip (blinking)
  3. Hasil cetakan printer di atas kertas tidak seperti biasanya, terlihat agak pudar.
  4. Lama-kelamaan hasil cetakan itu akan bergaris-garis.
  5. Kemudian, jika tinta telah benar-benar kosong, maka tidak ada tulisan apapun yang tercetak di atas kertas.
Read:  Cara Menghapus Tinta Printer Pada Kertas Ijazah

Penting Diperhatikan Sebelum Mengisi Tinta

Sebelum melakukan proses pengisian tinta, hal penting diperhatikan adalah siapkan tinta yang cocok dengan printer Epson seri L360. Sebab, jika Anda salah memilih tinta, maka akibatnya bisa sangat fatal, yaitu dapat merusak printer Anda. Terkait dengan pemilihan tinta, jenis kesalahan yang kerap dilakukan oleh pengguna, khususnya pengguna pemula adalah membeli merk tinta yang tidak tepat dan kualitas tinta yang buruk (tinta palsu).

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui merk tinta apa yang bisa digunakan pada printer Epson L360. Untuk Anda ketahui, printer ini menggunakan tinta Epson T664 Serial, jadi jangan salah beli yah. Nah, sekarang merknya telah diketahui, lantas bagaimana cara mengetahui kualitas dari tinta tersebut, asli atau palsu?

tinta asli printer epson l360

Bagi Anda yang memiliki pengetahuan terbatas tentang tinta asli atau tinta palsu, cara termudah yang bisa dilakukan adalah membeli tinta di toko printer profesional atau distributor resmi yang ditunjuk oleh PT. Epson untuk mengedarkan tinta.

Cara Mengisi Tinta Printer Epson L360

Nah, sekarang kami anggap Anda telah memiliki merk tinta Epson L360 yang cocok dan asli. Kita bisa memulai proses pengisian tinta, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Siapkan Alat dan Bahan

Tidak ada alat khusus yang digunakan untuk mengisi tinta printer Epson L360 ini. Paling, Anda hanya perlu menyiapkan tisu untuk membersihkan tinta yang tercecer pada saat proses pengisian. Sedangkan, bahan utama yang harus disiapkan tentu saja tinta Epson T664 Series (Hitam dan Warna).

ii. Langkah-Langkah

  • Lepas tabung penyimpanan tinta printer Epson L360 dengan cara dorong sedikit ke atas agar terlepas dari pengaitnya

tabung penyimpanan tinta printer Epson L360

  • Tidurkan tabung agar posisi lubang tinta mengarah ke atas
  • Buka cover hitam penutup tabung untuk melihat kode warna tinta hitam, kuning, merah (pink), dan biru.
Read:  Printer Hp Ink Tank 310 Tidak Bisa Ngeprint

kode tinta printer epson l360

  • Buka penutup lubang tinta
  • Buka botol tinta dari kemasannya, kemudian buka tutupnya, dan masukkan sesuai dengan warnanya.
  • Kalau sudah, tutup kembali lubang tinta dan pasang tabung ke pengaitnya seperti semua
  • Nyalakan printer, kemudian tekan + tahan tombol tinta selama 3 detik untuk memulai proses Caput Cleaning
  • Lampu tinta akan berkedip (blingking), tunggu sampai kedipan hilang.
  • Printer siap digunakan

Gimana, mudah kan caranya? Semoga setelah membaca tutorial ini, Anda bisa melakukan proses pengisian tinta secara mandiri. Bagikan tutorial ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.


Cara Mengisi Tinta Printer Epson L360 Yang Benar


Rating:
4.5
Diposkan Oleh:

Halo Printer

Cara Mengisi Tinta Printer Epson L360 Baru

Check Also

Ampun Reset Kedap Kedip Pada Printer Epson L350

Ampun Reset Kedap Kedip Pada Printer Epson L350

Ampun Reset Kedap Kedip Pada Printer Epson L350 Seperti yang kita ketahui, penggunaan printer tentunya …