Cara Menghitung Kebutuhan Material Bangunan Rumah

Cara Menghitung Kebutuhan Material Bangunan Rumah

Cara Mengalkulasi Kebutuhan Material Bangunan Sebelum Membangun Rumah

Cloth bangunan sebagai unsur penting dalam membangun rumah harus diperhatikan dengan cermat. Bahan apa saja yang akan dipakai, kualitas yang sesuai dengan keinginan, serta kalkulasi biaya yang dikeluarkan untuk material bangunan tersebut.

Nah, poin terakhir tersebut merupakan hal krusial yang harus diperhatikan. Jangan sampai biaya yang Anda keluarkan menjadi sia-sia karena pembelian yang terlalu banyak. Namun juga jangan sampai bahan bangunan yang dibutuhkan kurang, hal itu akan memperlambat jalannya proses konstruksi rumah Anda.

Ketika Anda membeli bahan bangunan, buat perhitungan lebih sekitar v-10%. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya kerusakan bahan saat pengiriman.

Hitunglah kebutuhan textile bangunan dan sesuaikan dengan ukuran rumah yang akan dibangun. Lantas, bagaimana cara menghitung kebutuhan material bangunan yang akan digunakan? Berikut ini beberapa penjelasan tentang perhitungan bahan bangunan setiap meter perseginya.

Kebutuhan Keramik

Dalam membangun lantai rumah, salah satu bahan yang perlu disiapkan adalah keramik. Alangkah baiknya jika Anda mengetahui jumlah kebutuhan dari keramik untuk lantai rumah Anda. Hal itu akan bisa merencanakan biaya yang akan dikeluarkan.

Cara menghitungnya adalah membagi luas lantai rumah yang akan dikeramik dengan luas satu keramik. Misalnya, lantai yang akan dikeramik adalah ruang tamu dengan ukuran 3m x 3m, maka diketahui luasnya 15m2, lalu diketahui ukuran satu keramiknya 0,3m x 0,3m, maka luasnya adalah 0,09m2.

Dari hasil di atas, dapat dihitung jumlah keramik yang dibutuhkan 9m2 dibagi 0,09m2 hasilnya adalah 100 buah. Apabila harga satu dus keramik adalah Rp 37.000 berisi 10 buah maka biaya yang perlu Anda siapkan sebesar Rp 370.000 untuk membangun lantai ruang tamu.

Read:  Bangunan Rumah Sakit Umum Kota Manado

Kebutuhan tersebut hanya untuk satu ruangan saja. Anda perlu mengalikan kebutuhan setiap ruangan tersebut dan mengalkulasinya hingga ditemukan jumlah harga yang Anda butuhkan untuk mengeramik seluruh ruangan.

Kebutuhan Bata

Selain genting, bahan bangunan lain yang bisa diperkirakan jumlah kebutuhannya adalah batu bata. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengukur luas salah satu sisi bata yang nampak. Lalu Anda harus memperkirakan luas dinding yang akan Anda bangun. Setelah itu, memasukkan ke dalam rumus pembagian, luas rencana dinding dibagi luas satu bata. dari situ akan ditemukan jumlah kebutuhan bata untuk salah satu sisi dinding. Baru kemudian dikalikan dengan harga bata per satuan. Di bawah ini simulasi perhitungannya.

Luas salah satu sisi bata: 0,6m ten 0,2m = 0,12m2

Luas dinding yang akan dibangun: 5m x 3m = 15m2

Bata yang dibutuhkan: 15m2/0,12m2 = 125 buah

Apabila harga satuan bata adalah Rp 2000, maka biaya yang Anda butuhkan adalah Rp 2000 ten 125 = Rp 250.000

Perhitungan ini adalah perhitungan kasar, sebelum ditambah dengan luasan kebutuhan sekat tiap bata saat membangun dinding. Selain itu juga hitung lagi kebutuhan setiap dinding bata lalu kalikan dengan luasan expanse yang akan dibangun.

Kebutuhan Atap

Sebelum menghitung kebutuhan material atap, terlebih dahulu tentukan jenis atap yang akan Anda pakai. Apabila Anda menggunakan genting, cara menghitungnya adalah mengukur luas genting; lalu mengukur luas atap; baru kemudian luas atap dibagi luas satuan genting. Dari pengoperasian tersebut akan ditemukan jumlah genting yang Anda butuhkan. Untuk mempermudah, begini simulasi perhitungannya.

Ukuran genting: 0,2m 10 0,4m = 0,08m2

Ukuran atap: 10m x 8m = 80m2

Dua sisi atap: 160m2

Genting yang dibutuhkan: 160m2/0.08m2 = 2000 buah

Read:  Alat Dan Bahan Utama Dan Bahan Pembantu Untuk Bangun Rumah

Jika harga satuan genting adalah Rp 1.700, maka biaya yang perlu Anda keluarkan untuk membeli genting adalah Rp 3.400.000

Kalkulasi biaya di atas hanya perhitungan kasar kebutuhan material bangunan. Anda perlu mengintegrasikannya dengan kebutuhan jasa pengiriman, jasa tukang bangunan, dan perancangannya. Dengan gabungan perhitungan tersebut, akan ditemukan rencana biaya yang akan Anda perlukan.

Cara Menghitung Kebutuhan Material Bangunan Rumah

Source: https://www.masterumah.id/inspiration-detail/cara-mengalkulasi-kebutuhan-material-bangunan-sebelum-membangun-rumah

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …