Penyebab Printer Non Responding dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Printer Not Responding Canon Mp237



IlmuPengetahuan.co.id


– Pada kesempatan kali ini saya akan membahas penyebab apa saja yang membuat printer mengalami error “Not Responding”. Mari simak pembahasan pada artikel ini agak Anda dapat mengatasi printer yang mengalami not responding. Cara mengatasi printer tidak merespons.

Jika printer Anda tiba-tiba berhenti merespons saat mencetak, komputer akan menampilkan pesan kesalahan “Not Responding”. Pada prinsipnya beberapa hal dapat menyebabkan kesalahan ini, misalnya koneksi USB pada komputer yang salah, file driver printer yang rusak, dan lain sebagainya.

Printer adalah alat tambahan untuk komputer yang berfungsi sebagai alat untuk mencetak dokumen maupun foto. Terlepas dari profesi Anda, siswa hingga pekerja kantoran, printer adalah alat yang sangat penting. Printer adalah salah satu perangkat komputasi yang paling sering mengalami kerusakan. Anda bahkan dapat mengatakan bahwa kerusakan pada alat ini terjadi secara teratur dengan merek printer tertentu.

Terkadang kinerja printer tidak selalu optimal seperti yang kita harapkan. Masalah yang lebih kecil yang terjadi pada printer pada umumnya adalah tinta meluap, cartridge macet, kertas macet, ada benda asing yang masuk dalam ruang kertas, dan lain sebagainya. Salah satu masalah yang sering kita temui adalah printer Not Responding.

Printer Not Responding berarti printer tidak merespons perintah yang kita sedang kita butuhkan. Misalnya, printer tidak mencetak padahal sudah diberi perintah mencetak dokumen atau gambar. Jika Anda memiliki masalah seperti itu jangan panik, mari kita simak tips and pull a fast one on memperbaiki printer yang not responding dengan mudah.


A. Periksa Koneksi Printer

Cara pertama yang dapat Anda lakukan jika printer Not Responding adalah dengan memeriksa koneksi antara printer dan komputer juga pastikan bahwa koneksi antara printer dan komputer sudah terhubung dengan baik. Jika Anda menggunakan koneksi fisik seperti kabel USB, pastikan tidak ada kabel printer yang longgar pada pemasangannya.

Read:  Cara Instal Printer Hp Deskjet 2135 Ke Laptop

Jika Anda menggunakan koneksi nirkabel atau printer nirkabel, matikan printer, matikan komputer, dan modem nirkabel terlebih dahulu. Biarkan printer dimatikan sebentar sebelum menyalakannya lagi. Kemudian buka dokumen yang ingin Anda cetak dan masuk ke menu yang disediakan. Jika printer berhasil mencetak dokumen, masalah yang Non Responding di printer telah berhasil diselesaikan. Jika pesan “Non Responding” masih muncul di layar komputer / laptop, harap ikuti metode selanjutnya.


B. Restart Spooler Cetak

Cara kedua ini Anda diharuskan memulai ulang atau merestart layanan Spooler Cetak printer. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memulai kembali layanan Print Spooler, yang bertanggung jawab untuk mengelola pekerjaan cetak di Windows.

  1. Pastikan Anda menjalankan komputer sebagai administrator. Jika Anda menggunakan komputer sebagai akun user atau tamu, nyalakan kembali komputer dan masuk ke komputer dengan akun administrator.
  2. Setelah itu Anda harus menekan dan menahan kombinasi tombol Windows + R secara bersamaan, ketik “services.msc” di kotak dialog dan tekan Enter.
  3. Di jendela Print Spooler berikutnya, cari dan lihat daftar layanan Windows atau “Layanan” di kolom kanan. Klik 2x layanan Print Spooler untuk membukanya.
  4. Di kotak dialog Print Spooler Properties yang muncul, di bawah opsi Status Layanan, klik Berhenti, tekan Mulai, lalu OK untuk memulai kembali spooler.
  5. Pada tahap ini, pesan “Not Responding” menghilang dan printer dapat digunakan seperti biasa.
  6. Namun, jika printer masih tidak merespons, silakan ikuti metode selanjutnya.

C. Instal Ulang Commuter Printer

Printer Not Responding ini juga dapat disebabkan oleh file driver yang crash atau rusak yang disebabkan oleh serangan virus atau file commuter yang tidak sengaja terhapus oleh Anda. Untuk mengatasi masalah ini, hapus printer dari daftar Perangkat dan Pencetak di komputer yang Anda gunakan.

Untuk menghapus printer dari komputer, caranya sebagai berikut:

  • Ketik “Devices and Printers” pada menu pencarian Windows kemudian tekan Enter.
  • Di sini Anda dapat melihat semua printer aktif di komputer Anda.
  • Cari printer yang ingin Anda hapus, klik kanan pada gambar printer, gulir ke bawah dan pilih opsi “Remove Devices”.
  • Setelah menghapus printer, komputer secara otomatis tidak lagi mengenali printer.
Read:  Cara Memperbaiki Printer Hp Deskjet Gt 5810

Jika sudah dilakukan uninstal driver printer atau menghapus printer di perangkat Anda, langkah selanjutnya adalah menambahkan printer (Instal Commuter). Berikut cara menambahkan printer ke perangkat komputer Anda :

  • Tambahkan printer ke daftar perangkat aktif di komputer dengan cara menginstal driver.
  • Pertama Anda harus mengunduh commuter printer dari situs spider web resmi sesuai dengan merek printer yang Anda gunakan.
  • Anda juga bisa menggunakan driver printer yang sudah diberikan pada paket penjualan printer, biasanya dalam bentuk CD.
  • Anda cukup memasukkan CD itu ke komputer Anda kemudian instal sampai benar-benar selesai.
  • Jika tidak memiliki CD Driver printer atau komputer Anda tidak memiliki CD-ROM Anda harus mengunduhnnya terlebih dahulu.
  • Setelah unduhan berhasil, instal segera dan ikuti petunjuk di layar sampai printer berhasil diinstal dan komputer telah mengenali keberadaan printer.
  • Untuk mengetahui apakah commuter printer diinstal atau tidak, cari di bagian menu Drivers and Printers.
  • Pada titik ini printer harusnya sudah dapat digunakan secara normal.

D. Batas Cetak Printer

Setiap printer memiliki batas kemampuan untuk mencetak dalam jumlah kertas tertentu. Untuk Canon biasanya batas cetaknya adalah 5 rim atau setara dengan 2500 lembar kertas. Ketika printer mencapai batas maksimum printer mungkin berhenti merespons pencetakan atau mengalami fault Non Responding. Dalam hal ini, printer Anda sedang luring, bahkan jika semua koneksi kabel sudah benar dan printer dihidupkan, printer tidak akan melakukan pencetakan. Bawa segera printer Anda ke tempat service agar bisa dilakukan reset printer agar bisa digunakan kembali dan mengatasi masalah Not Responding.


E. Windows Tidak Kompatibel

Penyebab bahwa printer Not Responding bisa juga akibat Windowsnya. Tidak kompatibel dengan Windows berarti printer Anda mungkin sudah ketinggalan zaman dan tidak kompatibel dengan Windows Anda yang telah diperbarui. Jika demikian, tidak ada alternatif selain mengganti perangkat printer Anda. Sebelum Anda membeli printer, pastikan printer Anda adalah printer yang kompatibel dengan Windows versi terbaru dan sistem operasi lainnya. Jika tidak printer tidak akan berfungsi jika terhubung ke berbagai jenis komputer dan menyebabkan Non Responding.

Read:  Harga Printer Epson Lx 300 Baru 2018

F. Kerusakan Hardware

Bisa jadi ini adalah alasan terakhir yang paling tidak Anda diinginkan yaitu kerusakan pada printer. Jika semua sudah Anda lakukan untuk memperbaiki printer tetapi tidak berhasil dapat menjadi penyebab kerusakan hardware printer. Periksa koneksi kabel, cartridge, kondisi tinta, dan semua bagian printer Anda.

Jika masih Non Responding, Anda dapat menghubungi layanan printer yang tepercaya dan berpengalaman untuk memperbaikinya. Secara umum printer yang Anda gunakan memiliki umur pakai. Penggunaan yang wajar seharusnya tidak merusak printer Anda. Printer yang mudah rusak adalah printer yang terlalu sering digunakan dan jarang digunakan.

Dalam banyak kasus, printer rusak karena jarang digunakan. Sebelum kerusakan terjadi, gunakan printer Anda setiap hari agar tinta pada cartridge tidak beku dan merusak bagian cartridge. Sering dilakukan perawatan printer misalnya dengan cara mencetak 5 lembar kertas dalam sehari. Jika printer Anda harganya mahal, tidak perlu repot-repot untuk melakukan perawatan seperti contoh diatas. Karena printer mahal cenderung memiliki komponen yang lebih tahan lama.


Kesimpulannya adalah jika printer terus menerus menampilkan pesan “Non Responding” setelah prosedur langkah demi langkah di atas sudah diterapkan, tidak ada salahnya untuk membawa printer ke tempat service printer terdekat untuk mengetahui apakah masalah sebenarnya telah terjadi dan bagaimana cara menangani error Not Responding berkelanjutan. Jika dinyatakan printer rusak hardware, Anda harus menggantinya dengan printer yang baru dan jangan lupa pilih printer yang kompatibel dengan perangkat komputer Anda.

Demikianlah pembahasan

Penyebab Printer Non Responding dan Cara Mengatasinya

semoga bisa membantu Anda untuk mengatasi permasalahan printer. Baca juga Artikel kami lainnya untuk menambah wawasan Anda dalam dunia teknologi.

Artikel Lainnya :