Cara Mengatasi Printer Epson L310 Service Required

Cara Mengatasi Printer Epson L310 Service Required

Mengatasi Printer Epson Error setelah Update Big Sur


Mukharom.com

Beberapa hari lalu saya memutuskan untuk melakukan upgrade MacBook Air milik saya ke versi terbaru yakni versi Big Sur, yang memiliki tampilan yang cukup banyak mengalami perubahan dari versi sebelumnya. Sebenarnya saya khawatir untuk melakukan upgrade, khawatir aplikasi yang saya install tidak dapat berjalan dengan baik di versi terbaru. Apalagi aplikasi untuk evolution yang sangat dibutuhkan untuk praktik perkuliahan saya, bisa gawat jika tidak berjalan di versi terbaru.

Upgrade Mac Os merupakan suatu perjuangan, terlebih lagi jika memiliki storage yang kecil dan penggunaannya sudah hampir total. Saya pun memilih melakukan instalasi melalui USB agar tidak memerlukan storage untuk menyimpan file installer dari Mac Os tersebut. Setelah upgrade selesai benar saja ada permasalahan yang dialami, salah satunya commuter printer milik Epson ini yang tiba-tiba tidak berjalan. Saya tidak dapat mencetak atau print dokumen dengan printer Epson L310 Series, padahal di versi sebelumnya lancar tidak ada kendala. Saat saya menambahkan printer baru untuk tipe tersebut, muncul pesan error sebagai berikut.

Alhamdulillah setelah melakukan pencarian, akhirnya saya dapat mengatasi permasalahan tersebut. Saya hanya melakukan instalasi ulang dari driver printer tersebut yang saya dapatkan dari website resmi Epson. Bagaimana langkah atau tahapan untuk mengatasi permasalahan “successful-ok-ignored-or-substituted-attributes” tersebut? Berikut panduan cara mengatasi Error pada Printer Epson L310 setelah melakukan update atau upgrade ke Mac Os Large Sur.


Cara Mengatasi Mistake Printer Epson L310 setelah upgrade ke Big Sur

Mendownload Driver Printer

Pertama, yang harus dilakukan yakni mendownload file driver dari printer yang digunakan

  1. Pastikan kamu memiliki koneksi internet dan kuota yang mencukupi sebelumnya, karena kita harus melakukan download commuter printer tersebut terlebih dahulu. Kamu dapat mendownload driver tersebut pada website resmi Epson pada halaman berikut:
    http://download.ebz.epson.net/dsc/search/01/search/searchModule
  2. Setelah itu silakan cari tipe produk dari printer yang kamu gunakan, saya mengetikkan L310 sesuai printer yang saya gunakan
  3. Pilih sistem operasi yang digunakan pada perangkat kamu, saya memilih Mac Os X – Intel
  4. Jika sudah klik tombol search untuk melakukan pencarian
  5. Pada produk printer yang sesuai, silakan klik tombol
    Download
    yang berwarna biru
  6. Tunggu proses download hingga selesai
Read:  Master Resetter Printer Canon All in One

Melakukan Instalasi Driver Printer

Setelah driver printer berhasil kamu download, maka kamu memiliki file installer dengan format .pkg. Silakan buka file tersebut dengan mengklik (double klik) pada file tersebut. Jika sudah silakan dapat kamu lakukan proses instalasi tersebut.

  1. Karena kita mendownload driver dari sumber internet, maka kamu dapat klikAllow
    pada popular up yang muncul
  2. Selanjutnya masuk kedalam proses instalasi, silakan klikContinue
    saja untuk melanjutkan.
  3. Jika ditanya soal license, silakan kamu klikAgree
    untuk melanjutkan proses instalasi
  4. Apabila diminta memasukkan password untuk instalasinya, silakan masukkan countersign dari user Macbook kamu. Kemudian klikInstallSoftware
    untuk memulai proses instalasi
  5. Setelah proses instalasi selesai, maka akan muncul pesan sukses. Kamu dapat menutup jendela installer tersebut dan menghapus installernya

Menambahkan Printer pada MacBook

Apabila proses instalasi driver sudah selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah menambahkan kembali perangkat printer tersebut ke Mac Os kita. Kamu dapat mengikuti langkah berikut untuk menambahkannya

  1. Silakan klik logo
    Apple () – pilih
    System Preferences– kemudianPrinters & Scanners
  2. Pastikan kamu sudah terhubung dengan printer tersebut agar lebih memudahkan
  3. Klik tombol add ( + ) yang berada di bagian kiri bawah window tersebut
  4. Kemudian Mac OS akan otomatis mendeteksi tipe printer yang terhubung dengan MacBook kita. Jika masih belum sesuai atau belum ada, kamu juga dapat melakukan pencarian dari tipe printer yang kamu gunakan
  5. Jika sudah sesuai, silakan klikAdd togetheruntuk menambahkan printer tersebut
  6. Maka printer akan melakukan proses Ready, tunggu hingga proses tersebut berakhir
  7. Selesai, printer Epson L310 Serial pun berhasil ditambahkan dan dapat digunakan oleh penggunanya. Sekarang silakan melakukan impress test dokumen untuk mencobanya.
Read:  Cara Memperbaiki Printer Hp Ink Tank 315

Bagaimana, mudah bukan mengatasi printer Epson yang mistake tidak bisa impress setelah melakukan upgrade ke Mac Bone Big Sur? Sekarang kamu sudah dapat mencetak dokumen lagi dengan lancar, karena saya sudah mencobanya dan sangat lancar. Alasan untuk upgrade ke Big Sur bukanlah untuk mencari masalah, tapi menyelesaikan masalah yang ditemukan. Dengan begitu kita pun dapat lebih memahami langkah apa yang dapat dilakukan untuk memperbaiki problems atau masalah yang tampak.

Masih mengalami kendala dalam mencetak dokumen dengan printer Epson L310 Series tersebut? Silakan dapat informasikan kendala atau pengalaman kamu pada kolom komentar dibawah. Jika merasa artikel ini berguna dan dapat membantu, jangan ragu untuk share artikel ini ke teman-teman pengguna MacBook lainnya.

Have a good 24-hour interval!



You lot may also like…


Cara Mengatasi Printer Epson L310 Service Required

Check Also

Free Download Software Printer Canon Ip 1980

Free Download Software Printer Canon Ip 1980

Free Download Software Printer Canon Ip 1980 Printer Catechism IP1980 merupakan salah satu jenis printer …