Cara Mengatasi Printer Epson L210 Paper Jam

Cara Mengatasi Printer Epson L210 Paper Jam

Cara mengatasi paper jam printer epson l210 –  Seperti kita ketahui bahwa salah satu perangkat yang paling sering bermasalah adalah printer tinta. Apalagi yang sudah cukup berumur atau jarang digunakan maka biasanya akan bermasalah ketika kembali digunakan. Mulai dari tinta yang mengering hingga sering terjadi paper jam yang bisa membuat kita cukup kerepotan karena harus memperbaiki terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Printer Epson L210 Paper Jam

Ada banyak jenis printer tinta yang beredar saat ini, tetapi yang akan kita bahas kali ini adalah printer merk Epson l210. Walaupun demikian saat ini pengguna Epson l210 adalah printer yang paling banyak digunakan orang saat ini, jadi masalah yang muncul juga kurang lebih rata-rata sama.

Beberapa status informasi error yang terjadi sering muncul pada saat printer epson l210 bermaslaah kurang lebih seperti berikut ini :

  1. Cancel all print jobs
  2. Open the scanner and remove whatsoever jammed paper
  3. Close the unit of measurement and turn off and then on again

Pesan error tersebut menandakan bahwa printer epson ini mendeteksi terjadinya kertas yang tersangkut atau paper jam. Sehingga kita harus mengambil kertas yang tersangkut tersebut dengan cara membatalkan semua perintah dan melakukan restart printer.


Baca juga :

Cara Mengatasi Printer Catechism IP2770 Lambat Mencetak

Penyebab terjadinya paper jam pada printer

Kemungkinan pertama yang paling sering terjadi yaitu pengguna memasukkan kertas yang sudah kusut. Sehingga ketika kertas kusut tersebut masuk ke printer akan tersangkut yang bisa membuat printer menjadi rusak.

Kertas yang kusut bukan berarti yang sudah terlihat jelas oleh mata kita. Melainkan kertas yang sekilas masih bagus tetapi hanya ujungnya saja yang kusut maka hal itu juga bisa membuat terjadinya newspaper jam.

Read:  Cara Mengeluarkan Kertas Yang Tersangkut Di Printer Hp Laserjet

Jadi pastikan kertas yang akan anda pakai untuk mencetak tidak ada kusut sama sekali dari ujung hingga ujungnya lagi.

Kemungkinan kedua yaitu anda terlalu banyak menumpukkan kertas pada tray paper printer. Terlebih lagi tumpukkan kertas itu tidak rapi dan ada beberapa yang terlipat pada bagian tengahnya tetapi tidak terlihat.

Sebaiknya pastikan kalau ingin mencetak banyak maka rapikan terlebih dahulu baru letakkan kertas tersebut ke tray paper printer.

Dan jika seandainya masih terjadi paper jam saat susah menggunakan kertas yang bagus dan rapi, maka berarti ada kemungkinan kalau sensor printer yang bermasalah.

Perhatikan juga apakah ada benda asing yang membuat printer itu macet meskipun ukurannya kecil ? Untuk menghindari hal ini terjadi lagi maka printer memang harus dibersihkan secara rutin agar tidak ada debu atau benda lain yang bisa menyebabkan paper jam.


Baca juga :

Cara Menginstal Printer  Epson L121 Ke Laptop

Cara mengatasi paper jam printer epson l210

Bagaimana cara mengatasi newspaper jam printer epson l210 yang benar supaya tidak merusak komponen ? Kebanyakan orang jika terjadi paper jam maka akan langsung menarik kertas tersebut sekuat mungkin agar bisa segera keluar.

Hal ini tentu adalah cara yang salah dan bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada printer itu sendiri. Jika sampai terjadi paper jam maka jangan langsung menarik kertas yang tersangkut itu keluar.

Perhatikan terlebih dahulu kondisinya apakah ada suatu benda lain yang menyebabkan kertas tersangkut ? Sebab bagian dalam roll printer akan sangat sensitif sekali dengan benda asing.

Kertas yang masuk ke printer jika ada benda lain yang menghalangi maka bisa menyebabkan terjadinya paper jam. Langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah mengeluarkan kertas tersangkut itu dari printer dengan cara yang hati-hati.

Read:  Cara Menyambungkan Printer Ke Komputer Dengan Wifi

Tarik secara perlahan dari bawah agar tidak sobek dan menjadi semakin susah untuk diambil. Jangan sekali-sekali menarik dengan paksa kertas dari atas, sebab akan menimbulkan kerusakan pada as yang patah.

Trik yang bisa cukup membantu untuk mengatasi hal ini yaitu melakukan restart printer. Biasanya printer yang mati lalu hidup kembali maka roda penggerak akan mengeluarkan kertas itu keluar.

Apabila kertas masih tidak mau keluar juga karena sudah tersangkut parah maka tidak ada jalan lain selain membongkar printer itu hingga kertas bisa keluar semuanya.

Namun cara ini sebaiknya tidak dilakukan jika printer tersebut masih ada garansi yang berlaku. Sebab membongkar printer sama saja bisa menghilangkan garansi yang masih berlaku tersebut.

Cara Mengatasi Printer Epson L210 Paper Jam

Check Also

Daftar Harga Printer Canon Print Scan Copy

Daftar Harga Printer Canon Print Scan Copy

Daftar Harga Printer Canon Print Scan Copy Daftar Harga Sewa Mesin Fotocopy Catechism Harga Sewa …