Cara Mengatasi Printer Epson L120 Lampu Merah Berkedip

Cara Mengatasi Printer Epson L120 Lampu Merah Berkedip

Anda memiliki masalah pada Printer Epson L120 dengan lampu berkedip dan tidak bisa digunakan untuk mencetak dokumen? Tenang saja, karena kita akan memberikan solusi untuk mengatasi masalah yang terjadi pada Printer Epson L120 anda, yaitu dengan melakukan
Reset Printer
Transmission dan Reset Printer dengan Resetter.

Indikator lampu berkedip pada printer L120 merupakan pesan atau kode yang memberikan tanda kepada user atau pengguna bahwa printer yang digunakan sedang bermasalah atau error. Ada beberapa macam jenis error yang terjadi pada printer Epson yang dibedakan berdasarkan jenisnya, seperti Error karena tinta habis, mistake karena harus direset, dan fatal error atau general mistake. Jenis-jenis error tersebut dapat dibedakan dari pesan yang muncul pada lampu indikator.

Baca Juga :


Cara Reset dan Hard Reset Printer Epson L360

Sebelum kita membahas tentang
Cara Reset Printer Epson L120, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu tentang printer epson l120 dibawah ini.


Printer Epson L120

Epson L120 merupakan jenis printer ink Tank, yaitu jenis printer yang memiliki tangi pengisian tinta yang dapat diisi secara manual menggunakan dropper atau tinta botol yang memiliki ujung seperti pipete. Dengan teknik pengisian tersebut tentunya akan lebih menghemat pengeluaran karena kita bisa membeli tinta secara ecer dan memilih jenis merk tinta yang digunakan.

Epson L120 termasuk dalam kategori printer kebutuhan rumahan, namun bisa juga digunakan pada kantor dengan skala UKM. Printer jenis ini memiliki kecepatan cetak yang cukup bagus yaitu hingga viii,v PM pada tinta hitam dan iv,5PM pada tinta warna. Dengan kecepatan tersebut tentunya membuat produktivitas pekerjaan kita menjadi lebih tinggi.

Read:  Cara Mengisi Tinta Printer Brother Dcp J105

Kelebihan lainnya dari printer Epson L120 ini yaitu hemat tinta, hal ini dikarenakan printer Epson L120 merupakan pembaruan dari seri sebelumnya yaitu Epson L110. Berdasarkann informasinya, Epson L110 adalah jenis printer hemat biaya operasional yaitu hanya sekitar Rp35 per halaman warna. Karena itulah, sebagai generasi penerusnya, Epson L120 tentunya akan lebih hemat lagi.

Signal penting dari sebuah printer adalah hasil cetak yang berkualitas. Perinter Epson L120 ini memberikan jaminan dengan kualitas cetak yang berkualitas dengan syarat yang digunakan adalah tinta original.

Itulah sekilas tentang Printer Epson L120 dan kelebihannya. Selanjutnya kita bahas tentang penyebab dan cara reset printer Epson L120 dibawah ini.

Baca Juga :
Cara Reset dan Hard Reset Printer Epson L300


Penyebab Lampu Berkedip di Printer Epson L120

Ada banyak hal yang menyebabkan lampu indikator printer Epson L120 berkedip dan tidak dapat mencetak dokumen, misalnya seperti ada newspaper jam, sampah tinta sudah penuh (wasted ink pad counter) atau karena printer minta di reset (ink level).

Jika error pada printer akibat adanya paper jam atau gangguan mekanik, maka solusi perbaikannya yaitu dengan berfokus pada hardwarenya seperti mekanik, mainboard atau komponen lainnya.

Sedangkan jika error karena lampu indikator berkedip akibat printer minta di reset atau karena tinta sampah sudah penuh maka solusinya adalah dengan berfokus pada bagian software. Salah satunya dengan melakukan reset printer. Untuk proses reset printer, berikut ini akan kami berikan tutorial atau langkah tentang Cara Reset Printer Epson L120. Simak penjelasannya dibawah ini.


Cara Reset Printer Epson L120

Ada dua cara yang dilakukan untuk proses reset printer epson L120, yaitu reset printer epson L120 transmission dan reset printer epson L120 dengan software Resetter. Berikut tutorialnya.

Read:  Printer Jenis Apa Yang Dapat Menggunakan Kertas Bersambung Continues Form


Cara Reset Printer Epson L120 Secara Manual

Cara reset printer Epson tanpa software dini dilakukan ketika printer mengalami error akibat tinta habis atau Ink Level yang biasanya kondisi ini ditandai dengan lampu indikator tinta menyala diam dan printer tidak dapat mencetak dokumen. Berikut tutorialnya:

  • Langkah pertama hidupkan printer
  • Lalu tekan tombol resume sekitar v-10 detik dan lepaskan
  • Setelah tombol dilepaskan, biasanya indikator tinta yang menyala akan hilang dan printer siap digunakan.
  • Namun jika lampu indikator tinta tetap masih menyala, coba tekan kembali tombol resume selama 5 detik dan lepaskan. Tekan lagi selama 3 detik dan lepas. dan tekan lagi selama one detik dengan interval dari tekanan 1 ke tekanan berikutnya harus lebih cepat.
  • Dengan langkah diatas, biasanya printer sudah bisa normal dan dapat digunakan kembali.

Baca Juga :

Cara Reset Printer Canon MP287


Cara Reset Printer Epson L120 Dengan Resetter

Cara reset printer Epson L120 dengan software Resetter ini dilakukan ketika printer mengalami blinking atau lampu berkedip akibat waste ink pad sudah mencapai maksimal. Kondisi ini biasanya ditandai dengan adanya lampu indikator tinta dan kertas berkedip bergantian ketika printer dinyalakan. Selain itu muncul pesan “Service required” dikomputer yang terhubung di printer.

Untuk proses reset ini membutuhkan tolls adjustment yang sesuai dengan tipe dan jenis printer yang digunakan, yaitu Resetter epson L120. Berikut cara reset epson L120 dengan Resetter.

  • Langkah pertama

    Download
    software
    Resetter L120
  • Lalu ekstrak file download dan jalankan aplikasi dengan Double Click file pada
    L210.exe
    di folder resetter.
  • Setelah itu, akan muncul jendela
    programme Epson Adjusment Program
    seperti dibawah ini dan pilih menu
    particular adjustment style.
Read:  Cara Instal Printer Canon Ip1880 Tanpa Cd

Cara Mengatasi Printer Epson L120 Lampu Merah Berkedip

  • Pada halaman selanjutnya pilih opsi
    Waste ink pad counter, lalu klik
    Ok.

  • Pada halaman selanjutnya klik pada
    Bank check Box Main pad counter
    dan klik tombol
    Cheque. Selanjutnya akan muncul kotak pertanyaan yang isinya pesan untuk restart printer anda. Jika demikian maka klik tombol
    Initialization
    dan klik
    Finish.


  • Setelah klik
    Finish, selanjutnya printer akan melakukan proses pengosongan waste ink oleh aplikasi Resetter dan selanjutnya biasanya akan muncul jendela pemberitahuan untuk mematikan printer.
  • Maka matikan printer dan hidupkan kembali printer. Biasanya printer akan normal kembali.

Selain untuk reset Printer Epson L120 , Cara ini juga berlaku untuk mereset printer model Epson lain seperti Epson L110, L210, L220, L300, L310, L350, L365, dll, perbedaanya hanya dengan menyesuaikan program resetter yang digunakan.

Baca Juga :
Cara Reset Printer Canon ip2770/ip2700

Itulah informasi yang diberikan tentang
Cara Reset Printer Epson L120 Lampu Kedip Bergantian.

Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia informasi dan teknologi.


Cara Mengatasi Printer Epson L120 Lampu Merah Berkedip

Check Also

Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon Ip2700

Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon Ip2700

Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon Ip2700 Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, kini telah …