Cara Mengatasi Printer Epson L120 Error Service Required

Cara Mengatasi Printer Epson L120 Error Service Required


Printer Epson L120

– Beberapa hari yang lalu Admin kedatangan pelanggan service Printer miliknya dengan problem printer tidak bisa dipakai untuk print atau cetak dokumen dikarenakan printer tersebut ketika dinyalakan berakhir dengan blink bersamaan indikator tinta dan ability. Sementara di Layar Dekstop tertera informasi Paper Jamed, remove Newspaper and cancel job printing.


Cara Mengatasi Printer Epson L120 Error Service Required

Apakah printer epson L120 milik anda mengalami fault tidak bisa print atau hanya menampilkan lampu indikator yang selalu berkedip? Jika iya, maka anda wajib mengetahui cara reset printer epson L120 untuk memperbaiki printer anda dari error dan masalah tersebut.

1. Cara Reset Printer Epson L120 Transmission

Cara reset printer epson karena ink level ini yaitu cukup dengan reset secara transmission tanpa software. Masalah ini ditandai dengan lampu indikator tinta yang hidup lalu diam dan printer tidak dapat digunakan untuk mencetak.

Berikut cara reset epson L120 setelah isi tinta atau habis tinta:
1.Hidupkan printer epson milik anda.
2.Tekan tombol power dan tombol resume selama v detik.
3.Tekan sekali lagi kedua tombol tersebut selama three detik.
4.Biarkan printer untuk beberapa saat.
5.Kemudian printer epson akan bekerja kembali dengan normal.
6.Selesai.

Apabila cara di atas masih belum dapat untuk mengatasi printer epson L120 milik anda yang error. Anda dapat mencoba ke cara selanjutnya menggunakan bantuan apliaksi resetter epson

ii. Aplikasi Resetter Epson L120

Aplikasi resetter epson dapat membantu anda untuk mengatasi semua masalah yang ada di printer epson L120 milik anda. Selain itu, resetter ini dapat digunakan secara gratis dan cocok untuk semua epson seri Fifty.


Cara reset epson l120 menggunakan resetter terbaru:


i.Download aplikasinya terlebih dahulu disini.
ii.Extract dan instal di komputer atau laptop anda.
three.Nyalakan printer epson anda.
4.Kemudian buka aplikasi resetter.
5.Selanjutnya klik tombol Select.
six.Pilih L120 atau sesuaikan dengan versi printer epson anda.
7.Anda harus memilih menu Particular Adjustment Style.
8.Pilih Waste Ink pad counter
9.Centang kotak master pad counter.
10.Klik Initialize lalu klik Ok pada pesan popular-up yang muncul.
11.Restart printer epson anda.

Cara Perbaiki Fault Printer Epson L120 dengan Reset Ulang

Adapun cara reset printer Epson L120, L310, L210, L350, L300 dan L355 bisa sobat simak keduanya pada tutorial di bawah ini:
Cara Reset Sementara Epson L120
one.Silahkan Cabut dulu kabel ability sekitar 3-v menitan
2.Lalu Nyalakan kembali printer dan tunggu sampai proses spooling berhenti.
3.Setelah printer Epson terdiam tidak ada aktifitas, tekan tombol Ability serta tekan tombol RESUME (Logonya Tinta) dan tahan lebih kurang 5 detik saja, lalu lepaskan
4.Lalu tekan lagi tombol RESUME sekitar 3 detikkan, lepaskan lagi
5.Selanjutnya biarkan printer melakukan spooling dan tunggu sampai terdiam dan nantinya lampu indikator oranye akan hilang dan bisa digunakan kembali.


Cara Reset EPSON L120 dengan Aplikasi


1.Pertama Download software aplikasi resetter printer L120 epson, dan setelah itu ekstrak filenya.
2.Bila perlu matikan dulu antivirus agar tidak salah deteksi dan software gagal dijalankan. Kemudian jalankan file ‘Adjprogcracked.exe’.
3.Pada tampilan Epson Adjustment plan, pilih model Printer yang ingin direset yaitu L120
4.Kemudian pada beberapa daftar fungsi yang tampil, pilih opsi “Waste product Ink pad counter” dan klik tombol OK.
5.Di tampilan berikutnya, centang tanda ‘Main Pad Counter’ lalu klik tombol Bank check
half-dozen.Setelah proses dilakukan, centang lagi opsi Primary pad Counter dan klik pada tombol Initialization.
7.Tunggu prosesnya dan bila berhasil maka di layar ada notifikasi agar mematikan printer dengan menekan tombol OK.
Setelah printer restart maka lampu indikator yang nyala bergantian tersebut akan hilang dan anda bisa melakukan proses print seperti sediakala.

Sebelum Anda memperbaiki mistake pada printer Epson Anda khususnya printer Epson L120, Anda wajib mengetahui mistake yang terjadi pada printer Epson Anda. Mistake pada printer epson ada beberapa macam berdasarkan jenisnya yaitu sebagai berikut.
i.Error harus direset.
2.Error tinta habis.
3.Fatal error atau full general error.


Penyebab Mistake Printer Epson L120.


Penyebab lampu blinking pada printer Epson terutama L120 banyak penyebabnya misalnya karena ada paper jam, hitungan sampah tinta sudah penuh (waste product ink pad counter) atau juga minta reset ink (ink level).

Untuk blinking karena error paper jam atau karena gangguan mekanik , maka perbaikannya lebih fokus ke hardware seperti mekanik , mainboard dan komponen lainnya. Sedangkan untuk blinking karena minta reset ink atau karena waste ink pad conuter mencapai batas maksimal, maka cara mengatasinya kita fokus ke bagian software.

Untuk pembahasan pada postingan ini adalah bagaimana cara mengatasi blinking atau lampu berkedip karena tinta minta reset (ink level) atau waste ink pad counter sudah mencapai maksimal printer Epson L120.


Cara Reset Printer Epson L120.


Cara Reset Printer Epson L120 indikator tinta berkedip Secara Manual.
Untuk mereset ink level cara sangat mudah yaitu dengan cara direset secara transmission. Kondisi ini biasanya ditandai dengan menyalanya lampu indikator tinta ( menyala diam ) dan printer tidak bisa melakukan proses impress. Untuk cara mengatasinya adalah sebagai berikut.

1.Nayalakan printer.
two.Tekan tombol resume sekitar 5-10 detik kemudian lepaskan.
iii.Setelah tombol dilepas pada tahap 2 biasanya indikator tinta yang menyala akan langsung hilang dan printer siap digunakan.
4.Jika setelah tahap 2 lampu indikator tinta masih menyala, coba tekan lagi selama 5 detik kemudian lepas, tekan lagi iii detik, lepas setelah itu tekan lagi 1 detik.. Interval dari tekanan 1 ke tekanan berikutnya harus cepat.
5.Setelah tahap ini biasanya printer sudah bisa digunakan kembali.


Cara Reset Printer Epson L120 indikator berkedip Secara Software.


Untuk blinking yang disebabkan karena waste ink pad yang sudah mencapai maksimal, penyelesaiannya adalah dengan menggunakan bantuan tolls adjustment yang khusus sesuai dengan model printernya dalam hal ini adalah reseter epson L120.

Pada kondisi ini biasanya indikator yang muncul adalah lampu indikator tinta dan kertas menyala bergantian sejak printer mulai dinyalakan. Selain itu biasanya muncul pesan pada komputer yang tehubung ke printer misalnya service required.
Untuk langkah-langkah cara reset epson L120 ini, ,silahkan ikuti poin-poin berikut ini.
1.Unduh terlebih dahulu adjustment prgramnya
2.Setelah Diunduh silahakan extrak terlebih dahulu.
3.Setelah itu dobel klik file L210.exe dan akan muncul programnya seperti di bawah ini. Kemudian pilih bill of fare item adjustment mode.

4.Nanti akan muncul carte du jour berikutnya. Karena di sini kita hanya akan mereset saja, jadi kita langsung saja pilih carte du jour waste ink pad counter.
five.Pada carte waste ink pad counter, akan ada dua pilihan yaitu check dan initialized. pilihan cek adalah untuk mengecek nilai dari counter waste ink pad-nya apakah sudah mencapai maksimal atau belum. Sedangkah pilihan initialize adalah mereset nilai waste ink pad counter menjadi nol.
6.Sebelum memilih initilize atau check, jangan lupa centang dulu main pad counter nya.

7.Jika muncul pesan po up langsung di klik OK saja. Setelah itu matikan printernya.
8.Langkah terakhir hidupkan kembali printer dan perhatikan apakah blinking masih ada.
nine.Jika blinking nya adalah blinking karena waste ink full yang ditandai dengan bekedipnya lampu indikator tinta dan kertas secara bergantian, maka pada tahap ini seharusnya printer akan menjadi normal kembali dan siap untuk digunakan.


Download Reseter Epson L120

Untuk Anda yang belum memiliki reseter untuk printer epson L120, Anda bisa mendownloadnya di sini. Setelah download jangan lupa untuk ekstak terlebih dahulu. Jika pada saat digunakan di blok anti virus seperti smadav, silahkan nonaktifkan anti virus pada komputer Anda.


Cara Mengatasi Printer Epson L120 Tidak Bisa Print.


Untuk mengatasi masalah printer Epson L120 tidak bisa print ini, bagian-bagian yang penting diperiksa terlebih dahulu adalah:

1. Lampu Indikator


Pastikan semua lampu indikator printer Epson L120 menyala normal. Biasanya, jika terdapat masalah pada printer, lampur indikator berkedap-kedip atau blinking.


2. Cartridge dan Tinta.


Pastikan juga posisi cartridge printer Epson L120 telah terpasang dengan benar, kemudian periksa isi tabung penyimpanan tinta, apakah masih ada atau tidak.


3. Kabel Penghung Printer ke Laptop/Komputer.


Periksa kabel penghubung antara printer printer Epson L120 dengan laptop/PC, pastikan tersambung dengan baik. Kalau perlu, cabut terlebih dahulu kabel tersebut, kemudian pasang kembali untuk memastikan sambungannya terpasang dengan baik.

Read:  Cara Instal Printer Ke Laptop Tanpa Kaset


iv. Sistem Driver Printer.


Sekarang, kita beralih ke laptop atau komputer, periksa kelengkapan sistem commuter printer Epson L120, apakah semuanya telah terinstal dengan baik, periksa juga kemungkinan adanya gangguan virus. Untuk memastikannya, cek dengan anti virus.

Berikut ini penjelasanya lebih detailnya :
1. Restart Service Printer Melalui Control Prompt.
kita dapat menggunakan baris perintah (control line) pada Control Prompt (CMD).
mengatasi masalah Printer tidak bisa ngeprint.

Tekan Logo Windows + R.
Ketikkan cyberspace end spooler dan tekan tombol keyboard Enter untuk menghentikan (end) print spooler.
Ketikkan del /Q /F /S “%systemroot%\System32\Spool\Printers\*.*” dan tekan tombol keyboard Enter untuk menghapus semua file yang ada di binder printers.

Ketikkan net kickoff spooler dan tekan tombol keyboard Enter untuk memulai (starting time) print spooler.
2. Restart spooler printer melalui Service Microsoft Windows. 1. Pada Keyboard tekan logo window + R, ketikkan “services.msc” -> klik OK.
penyebab printer tidak bisa mencetak.

two. Pada tampilan “Services”, cari menu service “Print Spooler” klik kanan pilih”end”. mengapa printer ready tapi tidak bisa ngeprint.
iii. Selanjutnya minimize saja lebih dulu tampilan Menu “Service”.

four. Kembali Pada Keyboard tekan logo window + R, ketikkan “C:\Windows\System32\spool\PRINTERS” kemudian tekan Enter.
Cara Mengatasi Tidak Bisa Print Di Ms. Word dan Excel 100% Work.

5. Hapuslah Semua yang ada.
Mengatasi Printer Tidak Bisa Print (Printer Tidak Merespon).

6. Setelah di hapus, kembali lagi ke tampilan menu “Services” yang tadi di minimize. pilih kembali Menu “Impress Spooler” dengan meng klik kanan dan pilih start Cara Memperbaiki Printer Normal Tapi Tidak Bisa Mencetak.

7. agar optimal, Restartlah Komputer, setelah komputer menyala, lakukan print lagi untuk mentest hasilnya.


Penyebab Printer Tidak Bisa Merespon Perintah Print.


Penyebab dari masalah printer yang tidak merespon, secara garis besar ada dua:

Pertama, bisa jadi dari masalah printernya.
Dan kedua, bisa juga dari masalah sistemnya.
Saya sendiri pernah beberapa kali mendapati masalah ini, ketika menggunakan printer Epson L120.
Meski demikian, masalah ini pun sebenarnya bisa terjadi di semua merk dan tipe printer.

Jenis Mistake Pada Printer Epson L110 L210 L220 L300 L310 L360 L365
Berikut ini beberapa jenis error yang sering terjadi pada printer Epson L Epson L110 L210 L220 L300 L310 L360 L365.


i. Blinking karena tinta terdeteksi akan habis


Biasanya gejala yang muncul adalah berkedipnya lampu indikator tinta terus menerus. Pada kondisi ini printer masih bisa digunakan. Untuk lebih lengkapnya bisa dicek pada postingan berikut ini.
Cara Mangatasi Lampu Indikator Tinta Printer Epson L110 L300 L210 L310 atau L Series Blinking Terus


2. Printer Blinking karena tinta terdeteksi sudah habis


Biasanya gejala yang muncul adalah menyalanya lampu indikator tinta ( tidak berkedip ). Pada kondisi ini printer tidak bisa digunakan. Untuk cara mengatasinya yaitu dengan reset printer secara manual. untuk lebih jelasnya bisa di lihat pada artikel Cara Mangatasi Lampu Indikator Tinta Printer Epson L110 L300 L210 L310 atau 50 Series Blinking Terus sama seperti poin ane.


3.”Error Service Required” Printer Blinking

karena sampah tinta sudah terdeteksi penuh
Gejala yang muncul adalah berkedipnya lampu indikator tinta dan kertas secara begantian secara terus menerus. Pada kondisi ini printer tidak bisa diguanakan dan harus dilakukan reset menggunakan program khusus yaitu adjustment program atau reseter. selain itu akan muncul pringatan fault ” A printer ink pad is nearing the end of its service life ” pada komputer yang terhubung dengan printer.


4. Bliking karena full general fault
.
Biasanya gejala yang muncul adalah bekedipnya lampu indikator tinta, indikator kertas dan lampu ability secara bersamaan. Pada kondisi ini printer tidak bisa diguanakan dan harus segera dilakuan perbaikan. Kerusakan ini termasuk kerusakan serius dan untuk memperbaikinya diperlukan analisa terlebih dahulu supaya perbaikan bisa tepat sasaran.


Bagaimana Cara Atasi Printer Epson Yang Fault.


Kembali lagi di blog Solusi Masalah komputer. pada kesempatan kali ini admin ingin memberikan informasi serta tutorial tentang Cara Reset Printer Epson Seri L110 L210 L300 L350 L355. yup, printer merk epson memang cukup terkenal dengan kemampuan print yang luar biasa, karena menggunakan Inkjet berada diluar sehingga proses menambah tinta printer akan lebih efisien.

hampir sama seperti melakukan reset printer Canon IP2770 yang pernah admin posting, untuk dapat mereparasi printer Epson ini dibutuhkan sebuah software yang dapat mengenali proses hardware printer ini. kemudahan yang ditawarkan oleh epson adalah karena dengan software ini kita dapat sekaligus melakukan reset untuk 5 seri sekaligus, yaitu epson seri L110, L210, L300, L350, L355.


Diagnosa Kerusakan


Jika printer Epson kamu tiba – tiba tidak bisa melakukan impress atau berhenti ketika sedang melakukan print, berarti itu tandanya printer epson sudah minta untuk di reset. ini dikarenakan Counter proses print sudah melebihi batas dari printer itu sendiri.


Tools Resetter


untuk dapat melakukan reset, yang perlu kamu persiapkan adalah mendapatkan Software resetter epson seri L110, L210, L300, L350, L355 disini :
Resetter Epson L110 L210 L300 L350 L355.
Langkah – Langkah Reset.
nah, setelah kamu mendapatkan tools dari link diatas, sekarang kita langsung bisa lakukan proses reset.

Extract resetter yang baru saja kamu dapatkan.
Nyalakan printer epson kamu.
Setelah printer menyala, sekarang kamu jalankan programme Adjprogcracked.exe dari hasil yang telah kamu extract tadi.
Sekarang ikuti langkah – langkahnya
klik bill of fare Select
jalankan Adjrogcracked.exe
Klik tombol Select untuk memilih tipe printer Epson yang kamu miliki.

Tipe pilih Epson sesuai printer kita
Pilih tipe epson
setelah itu akan muncul jendela dimana kita memilih model printer sesuai dengan printer yang kamu miliki. untuk carte du jour port, biarkan dalam keadaan Auto Option. lalu klik OK.

klik Item Adjusment Mode
kembali ke menu awal, sekarang model sudah terdeteksi oleh tools ini untuk kemudian kita klik Particular Adjusment Mode untuk melanjutkan proses reset.

pilih waste ink pad counter
Nah, disini akan banyak pilihan pengaturan untuk printer model ini. untuk dapat menjalankan printer kamu seperti semula, silahkan kamu pilih Waste ink pad counter untuk me-reset perhitungan waste ink. lalu klik OK.

akan muncul jendela Waste ink pad counter. harap diperhatikan yang pertamakali di lakukan adalah menekan tombol Check untuk mengkonfirmasi bahwa printer kalian perlu di reset. setelah itu, beri tanda centang pada pilihan Master pad counter dan baru klik Initialization. biarkan hingga proses selsai.


ERROR Lawmaking PADA PRINTER EPSON


Code Printer Epson pada kerusakan scanner. Kali ini yang kita bahas adalah kerusakan pada printer unitnya. Berikut di bawah ini adalah eror lawmaking dan penjelasan dari kerusakan.

ERROR CODE 0x60


error proper noun “Home position”
Possible crusade (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
1. Carriage overload mistake (paper jam/foreign object)
ii. Deformation of the Principal Frame
3. Ink system failure
iv. CR Motor failure
5. Deformation of the Front Frame
half-dozen. CR Encoder failure (contaminated/detached scale, Encoder Lath failure)
7. Cable disconnection


ERROR Code 0x63


error proper noun “Ink cartridge replacement timing contact detection error (Power off)”
Possible cause (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
one. Paper jam
2. Foreign object
3. Deformation of the Principal Frame


ERROR CODE 0x64


error proper noun “Paper-Jam cancelation disable error”
Possible cause (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
i. Newspaper jam
2. Foreign object


Mistake CODE 0x82


error name “PIS continuous reflected light error”
Possible cause (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
i. PIS failure
two. Main Board failure
3. Diffused light


Fault Code 0x83


error proper name “PIS No reflected lite fault”
Possible cause (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
PIS failure (installation posture, contamination)


Mistake CODE 0x84


error name “PIS shift length error”
Possible cause (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
Home position gap
Diffused light


ERROR Lawmaking 0x87


error name “PIS Empty Jig error”
Possible cause (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
PIS failure (installation posture, contamination)

Read:  No Printer or Utility Can Be Deleted


ERROR CODE 0x88


error name “Excessive Lite error”
Possible crusade (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
PIS failure
Master Board failure
Diffused light


Error CODE 0x8F


fault name “EEPROM verify mistake (by command)”
Possible crusade (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
Ferifikasi EPROM eror


ERROR CODE 0x8A


error name “EEPROM verify error (by control)”
Possible cause (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)


ERROR CODE 0x9A


error name Circuit error (include blowout of a fuse)
Possible cause (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
Master Board failure


Error Code 0x9B


error proper name “Transistor temperature fault”
Possible cause (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
Main Board failure


Mistake Lawmaking 0x9C


error proper name “X-Hot detect error (pre press) “
Possible crusade (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
Printhead failure
Main Board failure


ERROR CODE 0x9D


error proper name “X-Hot detect error (after flushing)”
Possible crusade (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
Printhead failure
Master Board failure


Mistake Lawmaking 0x9E


error name “Caput temperature error”
Possible cause (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
Printhead failure
Primary Board failure


Mistake CODE 0xB9


fault proper noun “Other Ink device error”
Possible cause (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
Ink cartridge failure
CSIC Last failure
CR Contact Module failure
Principal Board failure
Cablevision disconnection


Mistake CODE 0xBA


error name “Other Ink device error 0xC0”
Possible cause (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
CRCM access mistake


Fault CODE 0xC1


mistake name “CRCM access error”


Error CODE 0xC3


fault name “Other Ink device error”


ERROR CODE 0xE1


mistake name “CR PID excess load error “
Possible crusade (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
CR Encoder failure (contaminated/discrete calibration, Encoder Board failure)
CR Motor failure
Carriage overload error (paper jam/foreign object)
Cable disconnection


Mistake Lawmaking 0xE2


error name “CR PID excess speed fault “
Possible crusade (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
CR Encoder failure (contaminated/detached scale, Encoder Board failure)
Motor driver failure (Main Board failure) Slipping teeth of the CR Timing Belt
Improper tension of the CR Timing Belt


Error Code 0xE3


error name “CR PID reverse error”

Possible crusade (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
CR Encoder failure (contaminated/detached calibration, Encoder Board failure)
Slipping teeth of the CR Timing Belt
Improper tension of the CR Timing Belt
Railroad vehicle overload mistake (paper jam/foreign object)


Mistake CODE 0xE4


error proper noun “CR PID lock mistake”

Possible cause (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
CR Encoder failure (contaminated/detached calibration, Encoder Board failure)
CR Motor failure
Railroad vehicle overload mistake (paper jam/foreign object)
Cable disconnection


ERROR Lawmaking 0xE8


error proper name “CR load position reverse error”
Possible crusade (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
CR Encoder failure (contaminated/discrete scale, Encoder Lath failure)
Slipping teeth of the CR Timing Belt Improper tension of the CR Timing Chugalug
Carriage overload error (paper jam/foreign object)


Mistake Lawmaking 0xE9


fault proper noun “CR load position excess speed error”

Possible cause (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
CR Encoder failure (contaminated/detached scale, Encoder Board failure)
Motor driver failure (Main Board failure)
Slipping teeth of the CR Timing Chugalug
Improper tension of the CR Timing Belt


ERROR Lawmaking 0xEA


error name “CR load position excess load error”

Possible cause (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
CR Encoder failure (contaminated/detached calibration, Encoder Lath failure)
CR Motor failure
Railroad vehicle overload error (newspaper jam/foreign object)
Cablevision disconnection


ERROR CODE 0xEE


error proper noun “CR PID driving time error”

Possible cause (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
Chief Board failure


ERROR CODE 0xEF


error proper noun “CR load position backlog driving fourth dimension error “
Possible cause (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
Main Board failure


ERROR CODE 0xF1


fault name “PF PID excess load error”
Possible cause (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
PF Encoder failure (contaminated/detached scale, Encoder Board failure)
PF Motor failure
PF drive machinery overload (paper jam/strange object)
Cable disconnection


ERROR Lawmaking 0xF2


PF PID backlog speed mistake
PF Encoder failure (contaminated/discrete scale, Encoder Lath failure)
Motor commuter failure (Primary Board failure)
Slipping gears have occurred around the PF Motor gears.


ERROR CODE 0xF3


PF PID reverse error
PF Encoder failure (contaminated/discrete calibration, Encoder Board failure)
Slipping gears have occurred around the PF Motor gears.
Paper jam 0xF4 PF PID lock mistake
PF Encoder failure (contaminated/detached scale, Encoder Board failure)
PF Motor failure PF bulldoze mechanism overload (paper jam/foreign object)
Cable disconnection


ERROR CODE 0xF8


PF load position reverse error
PF Encoder failure (contaminated/discrete calibration, Encoder Board failure)
Slipping gears accept occurred around the PF Motor gears.


Fault Code 0xF9


PF load position contrary fault
PF Encoder failure (contaminated/discrete scale, Encoder Board failure)
Motor commuter failure (Main Board failure)
Slipping gears have occurred around the PF Motor gears.


Mistake CODE 0xFA


PF load position excess load mistake
PF Encoder failure (contaminated/detached calibration, Encoder Lath failure)
PF Motor failure PF drive mechanism overload (paper jam/strange object)
Cablevision disconnection


ERROR CODE 0xFE


PF PID driving time mistake
Main Board failure


Fault CODE 0xFF


PF load position backlog driving time error
Main Board failure

Error lawmaking merupakan code yang berfungsi untuk membantu para teknisi dalam melakukan perbaikan printer merek tertentu, dimana eror code tersebut setiap codenya mewaliki masalah atau kerusakan pada printer. Pada printer EPSON kerusakan di bagi menjadi dua yaitu SCANNER dan PRINTER. Berikut error code pada printer EPSON.


1. EROR Code PADA SCANNER


EROR Code pada scanner adalah kerusakan yang terjadi pada scanner unit, dan di jabarkan secara item berdasarkan eror code.


EROR CODE 0x10


eror proper noun “HP detection failure”
Possible cause (Kemungkinan Penyebab Kerusakan)
CIS Unit of measurement failure (ciss scanner rusak)
Scanner Housing failure (head scanner eror)
Main Board failure (kerusakan pada motherboard)
Insufficient grease (kekurangan pelumas / mekanik kering pada printer)
Foreign object (ada benda asing di dalam printer)
FFC for CIS failure / FFC for CIS connection failure (kabel dan konektor FFC kemungkinan rusak).


EROR CODE 0x14


eror proper name “Measurement mistake”
Scanner bulldoze mechanism was overloaded. (terlalu banyak beban pada mekanik scanner)
Insufficient grease (kekurangan minyak / pelumas pada mekanik scanner)
Foreign object (ada benda asing di dalam scanner)
Lack of gears (kerusakan pada roda gigi head scanner)
Deformation of the shaft (posisi poros gear fix pada scanner tidak tepat)


EROR Code 0x20


eror name “LED light failure”
CIS Unit failure
Main Board failure


EROR Lawmaking 0x51 / 0x52 / 0x53 / 0x54 / 0x55


Baiklah inilah beberapa yang bagian atau kompenen yang sering menyebabkan full general fault pada printer Epson 50 series.

ane. Motor Carriage ( CR Motor )


Motor wagon atau CR motor Adalah komponen yang berfungsi untuk menggeserkan rumah catridge pada saat proses print, caput cleaning dan kalibrasi. bagian ini sering menjadi penyebab terjadinya general fault pada printer epson 50 serial Anda. Untuk gejala utamanya sama dengan general error lainnya yaitu terjadi blinking lampu indikator tinta kertas dan ability secara bersamaan. Selain itu error yang disebabkan oleh motor carriage biasanya akan memiliki gejala seperti berikut.


Gejala kerusakan motor carriage pada printer epson Fifty series


1. Gerakan rumah catridge terlihat berat atau tersendat-sendat.
2. Fault terjadi pada saat rumah catridge bergerak atau setelah printer melakukan kalibrasi.
Untuk mengetahui apakah motor carriage masih bagus atau tidaknya kita bisa melakukan pengecekan seperti berikut.


Cara mengecek motor railroad vehicle:


1. Lepas motor carriage dari dudukannya
ii. Putar rotornya dengan tangan. Jika putaran terasa berat atau putarannya tidak halus maka bisa dipastikan bahwa motor wagon sudah harus diganti.
three. Kalau secara fisik Anda bisa melihat bagian bawah motor. Biasanya motor cariage yang bagian belakangnya sudah hitam atau banyak serbuk karbon sudah harus diganti.


2. Pompa Pembuangan Tinta.


Komponen ini terletak di bawah sekitar impress head ketika printer dalam keadaan mati atau stanby (tidak sedang melakukan proses). Bagian pompa ini berfungi untuk menyedot tinta dari print caput pada saat proses caput cleaning printer. Bagian ini sangat sering menjadi penyebab terjadinya general mistake. Biasanya yang menyebabkan full general fault adalah karena kodisi pompa yang macet atau sudah berat.
Full general fault yang disebabkan oleh komponen ini biasanya terjadi pada saat printer kalibrasi atau pada saat printer head cleaning.

Read:  How to Clean Printer Head Brother Dcp T700w


iii. Print Caput


Impress caput adalah bagian utama dari sebuah printer yang tugasnya sebagai komponen utama untuk proses pencetakan. Impress caput yang sering menyebabkan blinking general fault adalah karena print caput yang sudah mulai rusak misalnya karena kondisi print head yang setengah konslet. Untuk kerusakan ini harus segera ditangani karena jika berlangsung lama akan menyebabkan kerusakan lain yaitu terbakarnya kabel fleksibel dan menyebabkan kerusakan mainboard.

Berikut ini beberapa gejala yang sering terjadi pada kasus printer dengan print head setengah konslet.
1. Blinking yang muncul adalah blinking jenis full general error (blinking semua lampu indikator secara bersamaan).
2. Blinking sering terjadi pada saat printer melakukan proses head cleaning atau atau blinking terjadi setelah proses print.
iii. Untuk kasus berat biasanya printer langsung mati setelah blinking terjadi atau mainboard langsung konslet (mati).

four. Jalur Rumah Catridge.

Adalah jalur bergeraknya rumah caput baik pada saat proses caput cleaning, proses impress maupun proses kalibrasi. Penyebab errornya adalah karena jalur rumah catridge sudah kotor atau kering (pelumasnya habis) sehingga menghambat pergerakan rumah head. Untuk gejalanya hampir sama dengan gejala kerusakan pada motor carriage.


5. Roll Penarik Kertas Bagian Bawah.


Adalah bagian yang berfungi untuk menarik kertas pada saat proses print. Roll penarik kertas ini bisa menyebabkan terjadinya general error. Untuk gejalanya biasanya error terjadi pada saat printer melakukan kalibrasi, dan biasanya pada saat blinking akan terdengar suara mendecit.

Untuk mengetahui apakah bagain ini rusak atau tidak, Anda hanya tinggal mengecek bagian coil penarik kertas tersebut dengan memutarnya apakah macet atau tidak. Jika macet kemungkinan komponen inilah yang menjadi penyebab terjadinya full general fault. Untuk memperbaikinya bisa menyimak cara ini “Printer Epson L110, L210, L300, L310 Blinking Paper Jam”.
Selain menyebabkan general error roll kertas bagian ini bisa menyebabkan printer menarik kertas dalam jumlah banyak (multipel paper out).


half-dozen. PF Encoder dan Sensor PF.


PF encoder dan sensor PF terdapat pada sisi printer sebelah kiri. Bagian ini berfungsi untuk mengatur pergerakan atau putaran motor PF. Jika sensor ini kotor biasanya akan menyebabkan putaran motor PF tidak beraturan. Kondisi ini akan menyebabkan proses kerja printer menjadi tidak normal sehingga biasa menyebabkan beberapa kerusakan atau mistake yang salah satunya adalah menyebabkan general error.

Untuk kasus ringannya komponen PF sensor encoder dan PF encoder ini biasanya menyebabkan hasil impress menjadi berbayang. Adapun penyebab komponen tersebut error biasanya karena sensor terkena cairan tinta yang pekat sehingga sensornya tidak bekerja dengan normal. Untuk gejala yang biasanya muncul sebelum terjadi general fault adalah sebagai berikut.

6.1 Pada saat printer melakukan proses kalibrasi, bagian PF roller akan berputar sangat cepat kemudian diakhiri dengan lampu indikator tinta, kertas dan power yang blinking bersamaan.


seven. CR Encoder dan Sensor CR.


CR encoder dan Sensor CR adalah bagian atau komponen yang berfungsi untuk mengatur pergerakan rumah catridge pada saat printer melakukan proses print, head cleaning, ataupun kalibrasi . Pada beberapa kasus bagian ini juga bisa menjadi penyebab terjadinya general fault. Untuk Gejala mistake yang muncul adalah sebagai berikut.

vii.ane Gerakan rumah catridge tidak halus atau tidak beraturan.
7.2 Terkadang rumah catridge yang selalu menabrak ke kiri dan ke kanan ujung jalur rumah catridge. Setelah itu diakhiri dengan berkedipnya lampu indikator tinta, kertas dan power secara bersamaan atau dikenal dengan istilah full general error.


viii. Pelatuk Sensor Kertas ( mistake paper jam ).


Untuk bagian ini entah apa isitilah namanya namun saya sebut saja pelatuk sensor kertas .Bagian ini adalah bagian yang berfungi untuk mendeteksi kertas yang masuk ke expanse pencetakan. Kerusakan general error yang disebabkan oleh komponen ini biasanya karena pergerakannya terhalang oleh benda asing atau kotoran, atau juga mistake disebabkan karena pelatuk sensor kertas yang lepas dari dudukannya.

Ketika terjadi paper jam pada printer epson tipe L series baik itu pada printer yang hanya untuk print saja ataupun yang sudah dilengkapi dengan fungsi scan dan fax, jika Anda hendak melepas atau mencabut kertas yang tersangkut, haruslah dilakukan dengan hati-hati. Hal ini karena sudak banyak kasus yang asalnya printer hanya newspaper jam, namun setelah kertasnya dibersihkan atau dilepas, printer malah menjadi blinking.

Kasus ini biasanya terjadi karena pelatuk sensor kertas yang lepas ketika proses mencabut kertas yang tersangkut. Salain karena terlepas, kondisi dudukan PF roller yang sudah aus juga bisa menyebabkan posisi pelatuk sensor tidak sesuai akibatnya sering menimbulkan error, baik itu fault paper jam maupun general error.
Posisi pelatuk sensor yang benar bisa Anda lihat pada bagian yang ditandai dengan lingkaran pada gambar di atas.

9. Per Pelatuk Sensor Kertas (error paper jam).

Selain lepasnya pelatuk sensor kertas dari dudukannya, Mistake General atau juga error paper jam bisa disebabkan oleh bagian yang ditandai pada gambar di atas. Bagian tersebut adalah sebuah per yang bertugas mengembalikan posisi pelatuk sensor kertas ke tempat semula.
Pada banyak kasus biasanya bagian ini sering lepas dan menyebabkan printer mengalami mistake terutama error paper jam.


ten. Mainboard printer


Bagian selanjutnya adalah mainboard. Mainboard atau MB adalah bagian utama yang menjadi otak dari sebuah printer. Semua proses yang terjadi pada printer dikendalikan oleh bagian mainboard ini. Berdasarkan pengalaman bagian mainboard ini jika mengalami kerusakan bisa menyebabkan terjadinya full general error. Kerusakan yang terjadi misalnya karena eeprom yang corupt atau juga karena ada komponen yang sudah lemah.

Untuk bagian ini memang menjadi penyumbang terjadinya full general error yang relatif jarang jika dibandingkan dengan komponen yang sudah dibahas sebelumnya. Namun walaupun demikian ketika kita menganalisa kerusakan general mistake pada printer, komponen mainboard ini tidak boleh kita abaikan.


11. Kabel Print Head


Bagian ini adalah sebuah kabel fleksibel yang menghubungkan komponen print head dan sensor CR ke bagian mainboard. Ketika Anda sedang memperbaikai printer yang error terutama general mistake, maka bagian ini juga jangan Anda lewatkan. Biasanya untuk printer yang sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama, bagian kabel print head akan mengalami korosi atau lapisan luarnya mengelupas karena gesekan yang terus menerus. Kondisi ini sering menyebabkan terjadinya full general mistake.

Untuk mengetahui apakah kabel print head sudah rusak atau belum, Anda bisa melihat kodisi fisiknya secara langsung. Atau juga bisa dengan cara mengukurnya menggunakan Ohm meter. Pastikan semua jalurnya memiliki nilai tahanan yang sama.


12. Cap Unit of measurement


(Untuk bagian ini mohon maaf jika istilah namanya salah). Komponen ini masih satu bagian dengan komponen pompa dan befungsi untuk menyedot tinta atau membersihkan sisa-sisa tinta pada impress head. Letaknya di ujung sebelah kanan, tepat di bawah print head pada saat printer sedang standby atau dimatikan. Jika bagian ini macet biasanya akan menyebabkan general error.

Penting :
Coba perhatikan semua gejala general fault dan paper jam yang muncul yang disebabkan oleh masing masing masih komponen. Kalau kita perhatikan gejala yang muncul semuanya hampir sama.
Nah di sini pertanyaannya “bagaimana cara kita menemukan komponen yang rusak”.

Untuk menemukan komponen yang rusak dengan mudah kita bisa menggunakan pedoman berikut ini. Dan ini berlaku untuk semua jenis printer terutama printer Epson.

Indikator error yang muncul seperti apa… ? Pergerakan printer sebelum terjadinya fault seperti apa…? Terjadi pada proses apa.. ? dan komponen apa yang berperan dalam proses tersebut…?

Perhatikan pada kalimat terakhir “komponen apa yang berperan dalam proses tersebut” . Dari situ kita setidaknya bisa memprediksi komponen atau bagian mana yang mengalami kerusakan. Selanjutnya kita fokus analisa pada komponen tersebut, kemudian setelah itu kita boleh melakuakn pemeriksaan ke bagian lainnya jika memang kerusakan belum ditemukan.

Cara Mengatasi Printer Epson L120 Error Service Required

Check Also

Excel Vba Print to Specific Network Printer

Excel Vba Print to Specific Network Printer

Excel Vba Print to Specific Network Printer Aug 24th, 2007,x:29 AM #1 Thread Starter New …