Cara Mengatasi Printer Canon E400 Yang Tidak Bisa Mencetak

Cara Mengatasi Printer Canon E400 Yang Tidak Bisa Mencetak

Pada postingan kali ini anda akan mendapatkan tutorial lengkap tentang cara melakukan cleaning pada printer Canon IP2770 untuk mengatasi dan memperbaiki kualitas hasil cetakan yang bermasalah.

Printer merupakan peralatan penunjang dalam pekerjaan yang sangat penting, oleh sebab itu menjaga agar printer tetap pada performa terbaik adalah sebuah keharusan dengan melakukan prosedur pemeliharaan yang benar dan rutin dilakukan.

Seiring berjalannya waktu dan intensitas pemakaian, pastinya printer akan mengalami penurunan performa. Biasanya hal itu bisa kita lihat dari kualitas hasil cetakan yang kurang memuaskan seperti gambar bergaris, tulisan samar dan adanya tinta yang meluber.

Masalah tersebut biasanya disebabkan oleh adanya sumbatan pada print caput yang menyebabkan tinta tidak bisa keluar dengan lancar sehingga hasil cetakan tidak sesuai yang kita harapkan.

Solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan cleaning pada printer yang tutorialnya akan saya share pada kesempatan hari ini.

Cara Mengatasi Printer Canon E400 Yang Tidak Bisa Mencetak

Cara cleaning printer Conon IP2770

Penurunan hasil cetak karena sering digunakan adalah hal yang wajar dan lumrah pada printer merek apapun, termasuk pada printer canon IP2770.

Apalagi jika tidak melakukan perawatan printer dengan benar maka masalah akan banyak timbul dan berakhir pada kerusakan catridge sehingga printer tidak bisa digunakan untuk mencetak.

Oleh sebab itu, melakukan perawatan berkala harus anda lakukan agar printer tetap pada performa terbaiknya dan tidak mudah mengalami masalah meskipun sering digunakan untuk mencetak.

Perawatan rutin yang bisa anda lakukan untuk mempertahankan kualitas hasil cetak pada printer adalah dengan melakukan head cleaning yang bertujuan untuk membarsihkan sumbatan pada print head sehingga tinta bisa keluar dengan lancar.

Read:  Current Printer Is Unavailable in Excel 2007

Bagi anda pengguna printer Canon Ip2770, melakukan caput cleaning bisa anda lakukan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

Langkah melakukan head cleaning

  • Pastikan printer hidup dan terkoneksi dengan komputer atau laptop
  • Isi kertas pada paper tray di printer anda
  • Lanjutkan dengan klik
    Start => Control Console => Hardware andound => Devices and Printers

Cara cleaning printer canon IP2770

  • Klik kanan pada icon printer anda kemudian pilih
    Printer properties
  • Pada jendela yang muncul klik tab
    Maintenance
  • Kemudian klik
    Cleaning

pilih icon cleaning

  • Pada jendela cleaning silahkan klik
    Execute
  • Proses cleaning akan mulai berjalan dan anda dilarang untuk menggunakan printer untuk aktifitas lainnya sampai proses cleaning selesai
  • Jika proses cleaning sudah selesai, akan muncul jendela
    nozzle check, silahkan klik
    Initial Check Items
  • Selanjutnya klik
    Print Check Pattern
    dan klik OK untuk konfirmasi

nozzle check printer canon ip2770

  • Printer akan otomatis mencetak hasil yang bisa anda evaluasi

Hasil cetak dari Print Check Design bisa anda cek apakah warna yang dihasilkan sudah merata dan sesuai harapan, jika masih bergaris atau belum bagus silahkan lakukan cleaning lagi sampai mendapatkan hasil yang memuaskan.

Anda juga perlu mempertimbangkan fitur Deep Cleaning jika dengan cleaning biasa belum mendapatkan hasil yang optimal, cara melakukannya juga sama dengan langkah pada cleaning biasa yang telah saya jelaskan diatas.

Tutorial cara cleaning canon IP2770 yang saya share ini bisa anda lakukan pada Windows 7, eight dan windows 10 dengan tata cara yang kurang lebih sama.

Melakukan cleaning secara transmission

Selain menggunakan komputer atau laptop untuk melakukan cleaning anda juga bisa melakukannya secara manual dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pertama hidupkan printer Canon anda
  • Tekan dan tahan tombol Resume beberapa saat sampai lampu indikator hijau menyala dan berkedip satu kali
  • Jika lampu indikator sudah berkedip sakali silahkan lepaskan tombol resume
  • Printer akan melakukan cleaning
  • Tunggu sampai printer menyelesaikan pekerjaan dan jangan menekan tombol apapun sebelum selesai
Read:  Cara Menginstal Printer Hp Ink Tank 310

Jika printer catechism IP2770 anda mengalami masalah tidak mau mencetak dokumen dengan indikasi lampu berkedip, silahkan lakukan
reset pada Canon IP2770
dengan mengikuti panduan yang telah saya share pada artikel terdahulu

Hal-hal yang perlu diperhatikan

Ketika melakukan cleaning pada printer Canon IP2770, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

  • Ketika proses cleaning sedang berlangsung, jangan menggunakan printer atau menekan tombol apapun pada printer karena akan menggangu proses cleaning yang sedang berjalan.
  • Jangan melakukan head cleaning terus-terusan setiap hari, tapi lakukanlah sesuai kebutuhan misalnya seminggu sekali tergantung intensitas pemakaian
  • Jangan lupa untuk membersihkan printer anda secara manual dari kemungkinan adanya debu yang menempel
  • Apabila sudah melakukan beberapa kali cleaning dan dibersihkan secara manual ternyata hasil cetak masih belum baik juga, ada kemungkinan print caput anda telah mengalami kerusakan, silahkan bawa ke service eye untuk pengecekan lebih lanjut.

Dengan melakukan perawatan dan pemeliharaan printer secara rutin, hal itu akan membuat printer menjadi lebih awet dengan masa pakai yang lebih lama sehingga akan menghemat biaya untuk perbaikan dan penggantian sperepart.

Setelah membaca artikel ini pastinya anda sudah paham tentang cara melakukan cleaning printer canon IP2770 dan printer anda akan selalu pada performa terbaiknya sehingga perangkat akan selalu siap digunakan untuk bekerja.

Cara Mengatasi Printer Canon E400 Yang Tidak Bisa Mencetak

Check Also

Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon Ip2700

Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon Ip2700

Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon Ip2700 Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, kini telah …