Cara Mengatasi Ponsel Android Cepat Panas

Cara Mengatasi Ponsel Android Cepat Panas – Ponsel yang cepat panas memang sangat menggangu kinerja anda. Belum lagi masalah overheating ini juga bisa membuat smartphone menjadi lag. Jika tidak segera ditangani dikhawatirkan perangkat android anda akan mengalami kerusakan. Pasalnya suhu smartphone yang tidak dikondisikan ini akan mempengaruhi kinerja mesin. Selain itu pada umur baterai pun menjadi lebih pendek. Jangan sampai karena terlalu sering dibiarkan, panas di ponsel ini akan merusak ponsel anda.

Sebelum terlambat, cobalah atasi dengan cara sederhana ini. cara mengatasi ponsel yang cepat panas memang tidak terlalu rumit. Secara garis besar anda mesti tahu penyebab utamanya terlebih dulu. oleh sebab itu mengatasi dari cara paling mudah terlebih dulu sangat penting untuk dicoba. Baru kemudian anda identifikasi apa penyebab utamanya. Anda bisa menggunakan cara manual maupun dengan aplikasi untuk mengatasi masalah panas pada ponsel ini. berikut ulasan selengkapnya untuk tips mengatasi ponsel android yang cepat panas.

Tips Mengatasi Ponsel Android Cepat Panas

  1. Cek kondisi baterai

Jika anda tidak melakukan aktivitas berat namun ponsel tetap terasa panas, bisa jadi masalah terdapat pada kondisi baterai anda. baterai yang usang membuat aliran daya menjadi tidak stabil. Hal ini membuat suhu baterainya cepat panas. Segera ganti baterai dengan yang baru. Jika smartphone berjenis baterai tanam, segera bawa ke service center untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

  1. Hapus cache

Cache, cookies, dan file sampah lainnya yang menumpuk selain memberatkan smartphone juga membuatnya mudah panas. HP menjadi cepat panas karena kerja RAM menjadi berat sehingga memancing kenaikan suhu. Secara rutin, hapus file cookies dan cache yang menumpuk. Anda bisa melakukannya secara manual atau dengan aplikasi khusus.

  1. Gunakan aplikasi pendingin

Mengatasi hp cepat panas juga bisa anda coba dengan aplikasi pendingin. Aplikasi satu ini bermanfaat mengatasi ponsel yang cepat panas dengan cara menghibernasikan aplikasi yang sekiranya membuat suhu smartphone melonjak. Proses pembersihan cache juga makin optimal dengan aplikasi satu ini. Pilihannya cukup beragam. Mulai dari Cooling Master, Cooler Master, hingga Device Cooler.

  1. Gunakan charger original

Charger original didesain dengan kebutuhan arus masuk yang sesuai dengan device. Oleh sebab itu penggunaan charger non original akan membuat arus yang masuk dan keluar tidak sesuai dengan smartphone. Hal ini menyebabkan suhu ponsel naik. Gunakan charger original agar ponsel tetap terjaga suhunya dan baterai tetap awet.

  1. Istirahatkan smartphone

Istirahatkan smartphone anda untuk beberapa saat agar ponsel tidak mengalami overheating. Mengistirahatkan smartphone membuat arus listrik, mesin, dsb berhenti beberapa saat. Hal ini berfungsi menurunkan suhu yang melonjak. Anda bisa mematikan sejenak ponsel kemudian setelah beberapa saat hidupkan kembali agar suhunya kembali normal.

Demikian uraian mengenai cara mengatasi ponsel android cepat panas yang bisa anda coba. Semoga membantu dan selamat mencoba.

Related:

NgaDimin has written 147 articles

Computer Life Money

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>