Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris Pada Printer Epson L3110

Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris Pada Printer Epson L3110

Saya membuat artikel tentang Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Bergaris Gear menggunakan Tinta Art Paper. Saat melakukan proses impress foto menggunakan epson L3110 dengan tinta art paper, pada warna – warna gelap akan nampak garis bintik – bintik seperti terkena gear yang dapat merusak hasil cetak foto dan tidak enak di pandang.

Pict original by Dewataa.com

Nampak gear pada print foto epson L3110 ini disebabkan oleh gear – gear yang berada di depan yang berfungsi untuk menarik kertas. Masalah nampak gear pada epson L3110 terjadi jika menggunakan tinta art paper dan kertas foto atau kertas stiker bontax atau kertas stiker vynil yang khusus untuk printer inkjet.

Jika menggunakan tinta original epson masalah ini tidak akan pernah muncul karena sifat dari tinta original epson adalah h2o base of operations sedangkan sifat dari tinta art newspaper adalah Pigment yang membutuhkan waktu sedikit lama agar tinta meresap dan kering pada kertas foto maupun kertas stiker.

Banyak pengguna beralih dari tinta original epson ke tinta pigment seperti art paper pada epson L3110 adalah agar bisa mendapatkan warna yang lebih bagus dan cerah untuk keperluan cetak foto dan cetak sticker pada kertas bontax maupun cetak stiker menggunakan kertas vynil inkjet menggunakan printer epson L3110 ini.

Hasil dari menggunakan tinta pigment pada epson L3110 ini akan terlihat lebih bagus dan lebih kental pada warna ketimbang menggunakan tinta original pada epson khusus untuk keperluan cetak gambar, foto maupun stiker pada kertas khusus seperti kertas bontax, kertas stiker sleeky maupun kertas vynil inkjet.

Read:  Cara Reset Printer Canon Mp258 Error E03


Klik untuk memperjelas

Selain keunggulan pada hasil cetak yang lebih bagus menggunakan tinta art paper pada L3110, juga terdapat beberapa masalah yang timbul dari menggunakan tinta art paper ini jika tidak diperhatikan dengan baik. Salah satunya munculnya garis – garis seperti Gear pada hasil cetak menggunakan kertas foto, kertas stiker dan kertas vynil inkjet pada L3110.

CARA MENGATASI GARIS GEAR PADA EPSON L3110 TINTA Fine art Paper

Ada beberapa cara ampuh untuk mengatasi munculnya garis gear saat impress foto menggunakan tinta art newspaper pada printer epson L3110. Cara ini sudah saya praktekkan selama menggunakan printer epson L3110 untuk keperluan cetak foto dan cetak stiker menggunakan kertas Photograph sleeky, Kertas Art paper, kertas vynil inkjet dan kertas stiker sleeky. Hasilnya sangat memuaskan tanpa muncul garis – garis gear pada hasil cetak epson L3110. Silahkan disimak caranya.

1. Pertama silahkan buka baut pada alat scannernya atau foto copy nya, agar printer bisa di buka dan melihat isi dalamnya dengan gampang.



2. Lanjut lepaskan baut pada selang tinta.

three. Lepaskan baut dari alat penarik kertas berisi sejumlah gear yang berada di depan.

4. Angkat dan Lepas semua gear dan sisakan gear pada kiri dan kanan serta yang ditengah. Sisa gear bisa disimpan untuk keperluan di kemudian hari.

five. Pasang kembali penunutup alat penarik kertas tersebut pada tempatnya namun jangan terlalu dikencangkan berikan sedikit kelonggaran agar ada ruang dibawah ketika kertas lewat.

6. Pasang semuanya seperti semula.

seven. Silahkan buat alat seperti di foto dibawah ini. Alat ini bertujuan agar saat kertas keluar dari printer tidak melengkung ke bawah yang bisa menyebabkan gesekan antara kertas dan gear.

Read:  Cara Reset Printer Epson Tx111 Tanpa Software
Agar kertas tidak melengkung ke bawah

viii. Silahkan langsung di coba jika masih terlihat gearnya sobat bisa kendorkan baut pada alat penarik kertasnya yang berisi gear.

Silahkan sobat pengguna Printer epson L3110 yang mengalami masalah timbulnya garis seperti gear saat print foto bisa menggunakan cara atau tutorial diatas untuk meminimalisir timbulnya garis gear pada epson L3110 menggunakan tinta art paper.

Cara mengatasi garis – garis gear pada printer epson L3110 ini terbilang sangat ampuh karena saya sendiri sudah mempraktekkannya dan terbukti berhasil tanpa ada kendala.

KESIMPULAN

Penyebab dari timbulnya garis berupa gear pada epson L3110 disebabkan oleh tinta pigment art newspaper yang sangat kental dan membutuhkan sedikit waktu agar kering pada kertas tertentu. Garis – garis gear pada epson L3110 muncul ketika kertas melewati penarik kertas bagian depan yang berisi kumpulan gear dari kiri ke kanan, Karena tinta art newspaper belum cukup kering dan terkena gear maka akan terbentuk garis bintik – bintik seperti gear pada printer epson L3110.

Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris Pada Printer Epson L3110

Check Also

Free Download Software Printer Canon Ip 1880

Free Download Software Printer Canon Ip 1880

Free Download Software Printer Canon Ip 1880 The maximum print resolution of the car is …