Cara Mengaktifkan Wifi Di Printer Canon Mx497

Cara Mengaktifkan Wifi Di Printer Canon Mx497

Bagi Anda yang sudah sering menggunakan Printer dan memakai Fitur Wifi Printing sebagai kepraktisan dalam mencetak dokumen sebenarnya bukanlah hal yang baru. Namun sebagian dari Anda ada yang belum paham mengenai cara mengkoneksikan Printer ke Smartphone Android / iOS maupun ke PC / Laptop kalian melalui Wifi Direct ataupun Wireless Router.

Kami telah merangkum tutorial lengkapnya yang bisa Anda ikuti untuk mencetak Dokumen di Printer Canon PIXMA G3010 ke PC / Laptop dan Smartphone Anda melalui Wifi Router dan ke PC / Laptop dan Smartphone Anda melalui Wifi Straight.


Setup Wifi Router Printing Catechism PIXMA G3010 di PC / Laptop

Wifi Router Printing disini maksudnya adalah sebuah fitur yang memungkinkan Kita sebagai Pengguna untuk mencetak dari PC / Laptop (Windows 10) melalui jaringan Wifi di Unit Printer yang terhubung dengan 1 Router. Ini sangat membuat Kepraktisan kita dalam mencetak dengan beberapa PC / Laptop dalam one Jaringan yang sama seperti untuk keperluan di Kantor ataupun Rumah.


Langkah 1

Pastikan Printer dan PC / Laptop sudah menyala, kemudian aktifkan Network / Wireless di Printer dengan menekan tombol Network di Panel Printer. Kemudian tunggu hingga Layar LCD di Console menunjukan Bespeak Bar, yang artinya Printer sudah menangkap jaringan yang ada di Tempat Anda.

Cara Mengaktifkan Wifi Di Printer Canon Mx497

Tombol Network PIXMA G3010


Langkah 2

Pertama Install Driver Printer Canon PIXMA G3010 dengan cara mendownloadnya dari Situs Resmi Canon Indonesia (ASIA) atau melalui CD Commuter yang sudah tersedia saat pembelian. Saat proses Install, akan muncul Tampilan Checking the Printer Status dimana Commuter yang sudah terinstall di PC / Laptop akan memeriksa koneksi dengan Printer. Selanjutnya akan muncul tampilan Bank check the Connection Method, terlihat juga Info Nama Printer dan Serial Numbernya. Nah, apabila Printer dan PC / Laptop Anda sudah terhubung dengan Jaringan / Router yang sama maka akan muncul Gambar yang memperlihatkan bahwa PC / Laptop dan Printer sudah terhubung dengan Jaringan / Router seperti ini. Kemudian klik Yep. Selanjutnya Driver akan melanjutkan Proses Install (Download).

Connectedness Method Page


Langkah 3

Selanjutnya untuk memastikan apakah Driver sudah terinstall di PC / Laptop, dengan cara Klik ‘Start’> Settings> Devices >Printers & Scanners. Kemudian pada halaman Printers & Scanners pilih Catechism G3010 Series lalu klik ‘Manage’> Printers Properties, kemudian pilih Tab “Ports” maka terlihat Ports mana yang sedang aktif digunakan, untuk kasus ini pastikan Ports yang “Terceklis” yang bertuliskan WSD, jika yang USB yang “Terceklis” bisa dipastikan Printer terhubung dengan PC / Laptop melalui kabel USB dan sebagainya. Kemudian bisa dilanjutkan untuk Examination Print dengan memilih Tab “Full general” kemudian klik Print Test Page. Jika berhasil mencetak maka PC / Laptop sudah terhubung dengan Printer melalui Wifi Router.

WSD Ports


Setup Wifi Router Printing Catechism PIXMA G3010 di Smartphone (Andorid & iOS)

Hampir sama seperti Wifi Router Printing di PC / Laptop, fitur ini memungkinkan Kita sebagai Pengguna untuk mencetak dari Smartphone / Tablet (Android & iOS) melalui jaringan Wifi di Unit Printer yang terhubung dengan 1 Router. Ini sangat membuat Kepraktisan kita dalam mencetak dari beberapa Device yang Kita punya.

Read:  Hp Officejet 250 Mobile All in One Printer Review


Langkah ane

Pastikan Printer sudah menyala, kemudian aktifkan Network / Wireless di Printer dengan menekan tombol Network di Console Printer. Kemudian tunggu hingga Layar LCD di Panel menunjukan Betoken Bar, yang artinya Printer sudah menangkap jaringan yang ada di Tempat Anda.


Langkah two

Download Aplikasi Canon Impress di Play Shop atau App Shop pada Smartphone Anda, lalu pastikan Smartphone Android atau iOS dan Printer Anda sudah terhubung dengan Satu Router yang sama. Selanjutnya Buka Aplikasi Canon Impress di Smartphone, lalu muncul tampilan “Practise y’all want to search for available Printers” untuk mencari Printer yang Tersedia di dalam jaringan / router Anda dan klik Yes. Nah biasanya akan muncul Pesan “Printer could non be found”, yang artinya tidak ada Printer yang ditemukan, namun jangan khawatir klik saja “Ok”, kemudian muncul Tampilan “Register Printer” lalu akan otomatis akan mencari Printer Tersedia dan biasanya dalam beberapa detik akan muncul Printer yang tersedia. Selanjutnya klik Printer yang tersedia tersebut, dalam kasus ini adalah Canon G3010 series. Tunggu proses sinkronisasinya beberapa saat dan Smartphone Anda sudah terhubung dengan Printer Canon PXIMA G3010. Selanjuntya Anda bisa mencoba untuk mencetak.

Canon Mobile Application


Setup Wifi Straight Canon PIXMA G3010 di PC / Laptop (Windows 10)

Wifi Direct pada Canon PIXMA G3010 adalah fitur yang sangat memudahkan kita sebagai pengguna dalam mengoperasikan Printer tanpa harus terhubung dengan Router, jadi fitur memungkinkan kita untuk Mencetak dan Scan secara langsung melalui jaringan / wifi yang tersedia pada Printer.


Langkah 1

Pertama-tama Anda membutuhkan Username/SSID dan Countersign dari unit Printer. Cara mendapatkan informasi tersebut dengan Mencetak Network Configuration Page. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Tekan Tombol Information (Icon i) di Console Printer selama 5 detik.

Tombol Info G3010

  • Kemudian Printer akan mencetak Network Configuration Page-nya.
  • Perlu diperhatikan hasil cetak Network Configuration Page tersebut masih belum menginformasikan SSID dan Password Printer karena Admission Indicate Style-nya masih dalam keadaan Disable.
  • Jadi, kita harus merubah Access Point Way menjadi Enable, yaitu dengan cara menekan tombol Wifi Direct (Tombol Icon Handphone) sampai Layar di Panel Printer menunjukan Icon Handphone dan Angka 1.

Tombol Wifi Direct G3010

  • Setelah itu Cetak ulang kembali Network Configuration Folio dengan cara yang sama yaitu dengan menekan Tombol Information (Icon i) di Panel Printer selama 5 detik.
  • Voila, hasil cetak Network Configuration Page sudah menujukan SSID dan Password dari Printer Catechism PIXMA G3010.

SSID dan Countersign


Langkah 2

Setelah Anda sudah mengetahui SSID dan Password Printer dari Network Configuration Folio yang sudah Anda cetak tadi. Sekarang lanjut ke PC / Laptop Anda dan Masuk ke setting Wifi PC / Laptop kemudian pilih Jaringan / Wifi Direct Printer yang sudah sesuai dengan SSID Printer Anda. Kemudian masukan Passwordnya yang sesuai dari Network Configuration Folio tadi lalu klik Next. Selanjutnya tunggu sampai PC / Laptop Anda terkoneksi dengan Printer melalui Wifi Straight ini.

Read:  Cara Setting Printer Epson Tm T82 Ethernet


Langkah iii

Selanjutnya untuk memastikan apakah Driver sudah terinstall di PC / Laptop, dengan cara Klik ‘First’> Settings> Devices >Printers & Scanners. Kemudian pada halaman Printers & Scanners klik Refresh, karena dalam kasus ini sudah terdapat Canon G3010 Serial yang Offline adalah setup Driver Kita sebelumnya yang menggunakan Wifi Router Press. Setelah proses tadi maka ada satu tambahan Canon G3010 series (Copy 1). Lalu klik ‘Manage’> Printers Backdrop pada tampilan Canon G3010 series (Re-create 1) tadi, kemudian pilih Tab “Ports” maka terlihat Ports mana yang sedang aktif digunakan, pastikan Ports yang “Terceklis” yang bertuliskan WSD dengan commuter Canon G3010 series (Copy ane). Kemudian bisa dilanjutkan untuk Test Print dengan memilih Tab “General” kemudian klik Print Examination Page. Jika berhasil mencetak maka PC / Laptop sudah terhubung dengan Printer melalui Wifi Straight.

Canon G3010 WSD


Setup Wifi Direct Canon PIXMA G3010 di Smartphone (Andorid & iOS)

Sama Seperti pada PC / Laptop, fitur Wifi Direct pada Catechism PIXMA G3010 untuk Smartphone (Android & iOS) adalah fitur yang sangat memudahkan kita sebagai pengguna dalam mengoperasikan Printer tanpa harus terhubung dengan Router, jadi fitur memungkinkan kita untuk Mencetak dan Scan secara langsung melalui jaringan / wifi yang tersedia pada Printer. Membuat Kepraktisan kita dalam mencetak dari beberapa Device yang Kita punya tanpa harus membuka Laptop / PC.


Langkah 1

Pertama-tama Anda juga membutuhkan Username/SSID dan Password dari unit of measurement Printer. Cara mendapatkan informasi tersebut dengan Mencetak Network Configuration Folio. Langkah-langkahnya pun sama seperti yang sudah tertera pada bagian setup
Wifi Direct Canon PIXMA G3010 di PC / Laptop (Windows 10).

Read:  Media Cetak Seperti Printer Namun Ukurannya Lebih Besar Adalah


Langkah 2

Setelah Anda sudah mengetahui SSID dan Password Printer dari Network Configuration Page yang sudah Anda cetak tadi. Masuk ke settingan Wifi Smartphone Anda lalu pilih Jaringan / Wifi Straight Printer yang sudah sesuai dengan SSID Printer Canon PIXMA G3010 Anda. Kemudian masukan Passwordnya yang sesuai dari Network Configuration Page tadi lalu klik Next. Selanjutnya tunggu sampai Smartphone Anda terkoneksi dengan Printer melalui Wifi Straight ini.

Wifi Directly Sign


Langkah iii

Sekarang buka Aplikasi Canon Impress yang sudah Anda download dari Play Store atau App Shop di Smartphone Android atau iOS Anda. Nah, dalam kasus ini mungkin Anda sudah setup menggunakan fitur Wifi Router Printing tadi di Aplikasi “Canon Print” Smartphone Anda, hal ini tidak akan bisa untuk terkoneksi menggunakan Wifi Directly. Jadi anda perlu setup ulang dengan cara masuk ke Printer Settings> Klik Logo Printer (Add/Switch)> Register Printer> Tunggu beberapa saat dan muncul Catechism G3010 Series, pastikan di Layar Panel Printer muncul logo/icon Handphone> Lalu klik Canon G3010 Series hingga terkoneksi dengan baik. Selanjuntya Anda bisa mencoba untuk mencetak.

Itulah tutorial lengkap Cara Setup Wifi Router dan Wifi Straight Canon PIXMA G3010 untuk  PC / Laptop dan Smartphone Anda. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat dan dapat Anda aplikasikan dengan baik.

Cara Mengaktifkan Wifi Di Printer Canon Mx497

Check Also

Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon Mp237

Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon Mp237

Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon Mp237 350 Video Cara Mengisi Tinta Warna Canon cara …