Cara Mencari Device and Printer Di Windows 10

Cara Mencari Device and Printer Di Windows 10

Cara Mencari Device and Printer Di Windows 10

Windows 10 memiliki jendela Pengaturan baru untuk mengonfigurasi printer, tetapi Anda masih dapat menggunakan alat Panel Kontrol yang lama juga. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang menginstal, mengkonfigurasi, berbagi, dan memecahkan masalah printer pada Windows.

Cara Menambahkan Printer

Untuk menambahkan printer, buka Pengaturan> Perangkat> Printers & Scanners. Klik tombol “Tambah Printer atau Scanner” untuk mencari printer terdekat, apakah mereka terhubung ke PC Anda atau terhubung ke jaringan.

Anda harus melihat nama printer Anda muncul di sini. Jika Windows tidak menemukan printer Anda secara otomatis, klik tautan “Printer yang saya inginkan tidak terdaftar” yang muncul. Ini akan membuka dialog Tambah Printer lama, yang memungkinkan Anda memindai jenis printer yang lebih lama, langsung terhubung ke printer jaringan, dan menambahkan printer dengan pengaturan khusus.

Anda juga dapat menggunakan antarmuka lama di Command Console> Hardware and Sound> Devices and Printers. Klik tombol “Tambah Printer” untuk memulai.

Namun Anda menginstal printer, Windows mungkin akan mengunduh driver printer yang diperlukan dengan cepat. Jika ini tidak berhasil, kunjungi situs web produsen printer untuk mengunduh dan menginstal commuter yang sesuai atau paket perangkat lunak untuk model printer Anda. Untuk beberapa printer, seperti printer all-in-ane, Anda mungkin juga perlu mengunjungi situs spider web pabrikan untuk driver dan aplikasi yang memungkinkan Anda mengakses fungsionalitas tambahan.

Anda juga dapat menghapus printer dari sini, jika Anda suka. Di jendela Pengaturan, klik printer dan klik “Hapus Perangkat.” Di Panel Kontrol, klik kanan printer dan pilih “Hapus Perangkat.”

Cara Mengubah Preferensi Pencetakan

Untuk mengubah pengaturan printer Anda, buka Pengaturan> Perangkat> Pencetak & Pemindai atau Panel Kontrol> Perangkat Keras dan Suara> Perangkat dan Pencetak. Di antarmuka Pengaturan, klik printer dan kemudian klik “Kelola” untuk melihat opsi lainnya.

Di Panel Kontrol, klik kanan printer untuk menemukan berbagai opsi.

Untuk mengubah cara printer mencetak, klik opsi “Preferensi Cetak” di jendela Pengaturan atau menu konteks. Anda akan melihat berbagai opsi untuk mengontrol cetakan Anda di sini, dan pengaturan yang Anda lihat akan bergantung pada printer yang Anda dukung.

Misalnya, jika Anda memiliki printer berwarna, Anda akan melihat opsi untuk memilih antara warna dan hitam dan putih. Anda mungkin juga melihat opsi untuk memilih baki tempat printer mengambil kertas, memilih orientasi dokumen (potret atau lanskap), dan mengubah pengaturan kualitas cetak. Jangan lewatkan tombol “Advanced”, yang menawarkan banyak pengaturan tambahan.

Read:  Coolest Things You Can Make With a 3d Printer

Anda juga dapat mengakses pengaturan ini saat mencetak. Cukup pilih printer di jendela Print dan kemudian klik tombol “Preferences”. Perhatikan bahwa beberapa aplikasi memiliki dialog cetak sendiri, sehingga opsi ini mungkin tidak selalu ada atau jendela mungkin terlihat berbeda

Cara Mengubah Pengaturan Perangkat Printer

Untuk mengkonfigurasi perangkat printer Anda, klik “Printer Backdrop” bukan “Printing Preferences” dari carte konteks setelah mengklik kanan printer.

Tab Umum pada jendela properti menyediakan informasi tentang fitur printer dan driver apa yang digunakannya. Anda dapat mengubah nama printer atau menambahkan particular dan komentar lokasi. Misalnya, Anda mungkin ingin memasukkan lokasi seperti “Kantor Utama” atau “Ruang Salinan Lantai Dua” sehingga orang dapat melihat dengan tepat di mana printer jaringan bersama. Tombol “Print Test Page” di sini memungkinkan Anda mencetak halaman uji dengan cepat.

Pada panel “Advanced”, Anda bahkan akan melihat opsi yang memungkinkan Anda memilih kapan printer tersedia. Misalnya, jika Anda hanya ingin menggunakan printer Anda selama jam kerja, Anda dapat memilih pukul 9 pagi hingga 5 sore di sini. Orang tidak akan dapat mencetak ke printer di luar jam yang Anda pilih, yang sangat berguna jika Anda telah mengonfigurasinya sebagai printer jaringan dan tidak ingin orang mencetaknya selama jam kerja.

Cara Mencetak Halaman Tes

Anda dapat dengan cepat memeriksa apakah printer Anda berfungsi dan dikonfigurasi dengan benar dengan mencetak halaman uji. Cari printer di Pengaturan> Perangkat> Printers & Scanners, klik, klik tombol “Manage”, dan klik tautan “Print a exam page”.

Dari antarmuka Control Panel, klik kanan printer dan pilih “Printer Properties.” Klik tombol “Impress Exam Page”.

Cara Menetapkan Printer Default Anda

Secara default, Windows 10 secara otomatis mengatur printer mana yang merupakan default. Ini menetapkan printer default Anda sebagai printer terakhir yang terakhir Anda cetak ke-dalam kata lain, setiap kali Anda memilih printer dan mencetak ke sana, Windows 10 menjadikan itu printer default Anda.

Untuk mengubahnya, buka Pengaturan> Perangkat> Pencetak & Pemindai dan hapus centang opsi “Biarkan Windows mengelola printer default saya”.

Untuk memilih printer default Anda, klik printer dalam daftar Printers & Scanners, klik “Manage,” dan klik tombol “Set as Default”.

Anda juga dapat mengeklik kanan printer di jendela Perangkat dan Printer Panel Kontrol dan memilih “Set every bit Default Printer” untuk menetapkannya sebagai default Anda.

Read:  Cara Mengisi Tinta Printer Brother Dcp J100

Cara Mengelola Antrean Cetak Anda

Setiap printer di sistem Anda memiliki antrian cetak. Ketika Anda mencetak dokumen, pekerjaan cetak itu disimpan dalam antrian cetak sebelum dikirim ke printer dan selesai dicetak.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu menjeda antrian cetak Anda untuk menghentikan pencetakan sementara, menghapus pekerjaan individu dari antrian cetak untuk membatalkan pencetakan, atau memeriksa apakah semuanya telah dicetak. Anda dapat melakukan semua ini dari jendela antrian cetak.

Untuk membuka ini, buka Pengaturan> Perangkat> Pencetak & Pemindai, klik printer yang ingin Anda lihat antriannya, lalu klik “Buka Antrean Cetak.” Di antarmuka Panel Kontrol, Anda dapat mengeklik kanan printer dan memilih “Lihat Apa yang Mencetak.” Anda mungkin juga melihat ikon printer di area notifikasi saat mencetak; mengklik ikon juga membuka antrean cetak.

Setiap pekerjaan cetak yang tertunda muncul dalam antrian. Jika tidak ada dokumen yang dicetak, daftar akan kosong. Anda dapat mengeklik kanan suatu pekerjaan untuk membatalkan, menjeda, atau memulai ulang. Terkadang pekerjaan cetak bisa “macet”, dan Anda mungkin perlu menghapusnya dan mencoba lagi.

Anda juga dapat mengklik carte Printer dan menggunakan berbagai opsi untuk mengelola seluruh antrian Anda. Misalnya, Anda dapat mengklik Printer> Pause Printing untuk sementara menghentikan sementara semua pekerjaan cetak sampai Anda membatalkan jeda, atau klik Printer> Cancel All Documents untuk membatalkan semua pekerjaan cetak yang tertunda.

Cara Membuat Profil Beberapa Printer

Biasanya, Anda harus masuk ke preferensi atau properti printer Anda untuk mengubah berbagai pengaturan. Namun, ini dapat merepotkan ketika Anda memiliki beberapa grup pengaturan yang ingin Anda alihkan antara. Misalnya, mungkin Anda memiliki printer berwarna yang terkadang Anda cetak foto berwarna berkualitas tinggi dan kadang-kadang mencetak dokumen hitam putih yang lebih rendah.

Daripada beralih pengaturan bolak-balik setiap kali Anda menggunakan printer, Anda dapat menambahkan beberapa perangkat printer yang menunjuk pada printer fisik yang mendasari yang sama. Anggap ini sebagai profil printer ganda yang dapat Anda pilih saat mencetak dokumen.

Cara Menyiapkan Printer Bersama

Pembaruan April April 2008 Windows 10 menghapus fitur HomeGroup, yang diperkenalkan di Windows 7 untuk berbagi file dan printer di jaringan lokal. Namun, masih mungkin untuk berbagi printer di jaringan lokal Anda.

Ini terutama berguna jika Anda memiliki printer yang terhubung langsung ke PC Anda, tetapi Anda ingin mencetaknya dari komputer lain di jaringan Anda. Jika Anda memiliki printer jaringan yang terhubung langsung ke jaringan Anda melalui Wi-Fi atau kabel Ethernet, ini tidak diperlukan.

Read:  Cara Mengatasi Printer Canon Lampu Orange Berkedip Kedip

Untuk membagikan printer, buka dialog Properti printer. Untuk melakukannya melalui antarmuka baru, buka Pengaturan> Perangkat> Pencetak & Pemindai, klik nama printer, klik “Kelola,” dan kemudian klik “Properti Printer.” Untuk melakukannya dengan cara lama, menuju ke Console Kontrol> Perangkat Keras & Suara> Perangkat dan Pencetak, klik kanan printer, lalu pilih “Properti Printer.” Klik tab “Berbagi”, periksa opsi “Bagikan printer ini”, dan beri nama printer.

Dengan pengaturan default, orang-orang di jaringan lokal Anda dapat menemukan printer – tetapi mereka akan memerlukan nama pengguna dan kata sandi akun di komputer Anda untuk menyambungkannya. Printer harus secara otomatis dideteksi sebagai printer yang tersedia dalam antarmuka Tambah Printer normal. Ingatlah bahwa printer tidak akan tersedia saat komputer Anda tidur.

Untuk berbagi printer melalui Net-misalnya, untuk mencetak ke printer rumah Anda ketika Anda jauh dari rumah-mengatur Google Deject Impress.

Cara Mengatasi Masalah Printer

Jika Anda mengalami masalah dengan printer, Anda mungkin perlu melakukan beberapa pemecahan masalah. Hal-hal dasar cukup jelas: Pastikan printer dihidupkan dan terhubung ke komputer Anda atau jaringan Wi-Fi atau Ethernet Anda, jika itu printer jaringan. Pastikan printer memiliki kertas yang cukup dan periksa apakah sudah cukup tinta atau toner. Condition tinta dan toner mungkin muncul di jendela pengaturan printer, atau Anda mungkin harus melihat informasi ini dengan membaca layar pada printer itu sendiri. Anda mungkin juga perlu menginstal commuter printer dari produsen printer Anda.

Untuk memecahkan masalah printer dari dalam Windows 10, buka Pengaturan> Perangkat> Pencetak dan Pemindai, klik printer, klik “Kelola,” dan klik “Jalankan Pemecah Masalah.” Anda juga dapat menemukan printer di jendela Perangkat dan Printer dalam Kontrol Panel, klik kanan, dan pilih “Troubleshoot.”

Pemecah masalah printer memeriksa berbagai masalah yang dapat menyebabkan masalah pencetakan pada PC Anda dan mencoba memperbaiki apa pun yang ditemukannya.

Jika printer memiliki layar built-in, periksa tampilan untuk melihat apakah itu melaporkan pesan kesalahan. Jika Anda tidak yakin apa arti pesan kesalahan, coba hubungkan mereka ke mesin pencari web atau cari di transmission printer Anda.

Anda mungkin juga perlu menjalankan berbagai fungsi diagnostik pada printer itu sendiri. Periksa manual printer Anda untuk informasi lebih lanjut tentang fitur diagnostiknya.

Cara Mencari Device and Printer Di Windows 10

Check Also

Daftar Harga Printer Canon Dibawah 1 Juta

Daftar Harga Printer Canon Dibawah 1 Juta

Daftar Harga Printer Canon Dibawah 1 Juta 3 menit Printer bukanlah hal yang asing bagi …