Cara Memperbaiki Printer Laserjet Hasil Kotor Hitam

Cara Memperbaiki Printer Laserjet Hasil Kotor Hitam

Cara Memperbaiki Printer Laserjet Hasil Kotor HitamSaat ini banyak sekali pengguna printer Laserjet terutama perusahaan besar, namun jika printer laserjet mereka berkendala pasti sangat kebingungan. Nah disini kami akan memberikan beberapa kendala yang sudah kami riset selama kurang lebih 13 tahun beserta solusi nya!

Berapa kali proses refill toner cartridge bisa diulang?

Jawabannya adalah
refill toner
bisa diulang hingga 100 kali lebih kalau dilakukan dengan cara yang benar.
Refill toner cartridge
terus bisa diulang-ulang dengan cara selama proses refill toner yang berulang-ulang itu suku cadang yang aus diganti dengan suku cadang yang baru/baik.

Kita patut bersyukur bahwa sekarang ini telah tersedia suku cadang toner cartridge di pasaran, bahkan untuk suku cadang yang sepele-sepele – tetapi ikut menentukan hasil cetak – juga tersedia di pasaran. Ini memungkinkan kita untuk mengganti suku cadang yang aus dengan yang baru sehingga output proses refill toner cartridge ini benar-benar berkualitas hampir sebaik toner original.

Ini juga memungkinkan kita untuk
menghemat biaya cetak hingga 85%.
Sebenarnya proses refill toner cartridge bukan tanpa masalah, banyak kendala juga yang kalau tidak ditangani dengan benar bisa menyebabkan hasil cetaknya menjadi kurang maksimal atau tidak bagus.

Problem printer laserjet, Hasil cetak tidak pekat

Bagaimana caranya memperbaiki printer laserjet yang hasil cetaknya tidak pekat?

Hasil cetak tidak pekat, maksudnya blok tidak pekat banyak sebabnya, bisa jadi
toner cartridge habis, atau printernya yang ada masalah.
Pada kesempatan ini saya hanya akan sharing untuk memperbaiki printer yang hasilnya tidak pekat yang masalahnya berasal dari
printer bukan dari cartridge.

Biasanya penyebabnya adalah ada jalur aliran arus listrik di dalam printer yang tidak terhubung dengan baik. Ini menyebabkan suplai tegangan listrik untuk magnet roll atau untuk drum tidak optimal sehingga hasil kurang pekat.
Solusinya
bongkar printer, bersihkan dari debu dengan disemprot pakai kompressor. Perhatikan bagian kontak-kontak listrik dibawah katrid kalu berkarat, digosok pakai pisau atau ambril biar kontaknya bagus lagi.

Read:  Cara Mengatasi Printer Epson L1300 Tidak Keluar Tinta

Penyebab lainnya adalah ada kotoran di unit optik pada bagian scanner. Optik perlu dibersihkan dengan larutan khusus.’Jangan dibersihkan
langsung pakai kapas, nanti malah tergores, jadi perlu pakai larutan khusus.

Cetak printer laserjet bercak hitam atau bercak putih

Permasalahan ini termasuk yang sangat sering dijumpai pada printer laserjet, yaitu mucul bercak hitam, titik hitam atau kotor hitam pada hasil cetak printer laserjet.
Ada banyak kemungkinan penyebab bercak hitam ini. Untuk mencari penyebabnya perlu diperhatikan hal-hal berikut ini :

  1. Apakah bentuk bercak hitam ini bentuknya sama?
  2. Apakah posisi munculnya bercak hitam ini ajeg ditempat yang sama?
  3. Apakah munculnya bercak hitam ini berulang tiap jarak tertentu secara vertikal?

Kalau ketiga pertanyaan itu dijawab ya berarti munculnya bercak hitam atau titik hitam itu disebabkan oleh cacat atau kotor pada suku cadang yang berupa roll, bisa magnet roll, drum ringlet, atau PCR, atau bisa juga roll yang ada di dalam printer.

Cara paling gampang untuk menentukan roll apa yang error adalah dengan mengukur jarak perulangan bercak hitam atau titik hitam. Kemudian cocokkan jaraknya tersebut dengan panjang keliling lingkaran scroll-roll yang saya sebutkan diatas. Masing-masing ringlet punya panjang keliling lingkaran yang berbeda.
Contohnya jika jarak perulangan bercak hitam atau titik hitam 7 cm. berarti errornya di ringlet drum.

Cara memperbaiki printer nya yaitu dengan mencari titik penyebab bercak hitamnya, kemudian dibersihkan. Drum dibersihkan memakai cairan pembersih khusus.
Kalau tidak bisa bersih juga berarti drum talah cacat atau berlubang, solusinya drum bisa diganti dengan yang baru.

Lain lagi kalau bercaknya berwarna putih di kertas. Nampak apabila kita gunakan untuk mencetak blok hitam, di dalam blok itu muncul bercak putih.
Kalau seperti ini berdasarkan pengalaman saya ini disebabkan drum ditempeli kotoran (toner kering). Ini biasanya bisa dibersihkan dan drum bisa menjadi baik kembali. Untuk membersihkannya diperlukan cairan pembersih khusus.

Read:  How to Add Pdf to Printer Options

Paper jams/ kertas terjepit, penanganannya

Permasalahan yang sering kita jumpai pada printer apa saja yaitu paper jams/kertas terjepit. Sebenarnya ini problem printer biasa yang sering dijumpai dan setahu saya problem ini tidak dapat dihindari 100 %. Artinya hampir setiap printer entah lama atau cepat pasti pernah mengalami kertas terjepit.

Masalah ini menjadi penting untuk kita pelajari penanganannya karena sering dihadapi, dan khusunya kalau terjadi pada printer laserjet kalau tidak ditangani dengan benar bisa menyebabkan kesahan yang lebih parah dan kerugian yang lebih besar. Ini bisa terjadi karena di dalam printer light amplification by stimulated emission of radiation terdapat peralatan sejumlah peralatan yang mudah rusak bila terkena sogokan benda tajam.

Yang sering terjadi, ketika terjadi paper jam dan kertas terjepit, kadang sulit dikeluarkan/ ditarik begitu saja, kemidian langkah yang sering diambil adalah di kait-kait dengan obeng kecil atau pinset. Langkah seperti ini bisa mengenai film sleeve (moving picture teflon heating) dan merobekkannya. Kalau ini terjadi, untuk menggantinya butuh biaya ratusan ribu rupiah.

Cara mengatasi masalah paper jam dapat dilakukan dengan langkah-langkah sbb :

  1. Bukalah tutup printer dan keluarkan toner cartridnya.
  2. Lihat dan cari dimana posisi kertas yang nyangkut di dalam printer

    Kalau kertas nyangkut di bagian penarik kertas masuk, biasanya relatif mudah solusinya, langsung saja ditarik ke arah gerak maju kertas. Jangan ditarik ke belakang.Kalau kertas nyangkut di area setelah melewati toner katrid dan nyangkut di bagian pemanas, maka cari dulu biasanya ada pengait yang berfungsi untuk mengendorkan jepitan pemanas printer, biasanya di sebelah kanan dan atau kiri bagian pemanas kadang didepan (printer hp 5l/6l) dan kadang dibelakang (printer hp 6p/4l, hp 5000 series).Kadang ini otomatis terbuka kalau pintu printer dibuka (ikut pintu) (HP 1000 series). Setelah ketemu dan jepitan pemanas berhasil di kendorkan maka kertas yang terjepit akan lebih mudah dikeluarkan.
  3. Cara mengeluarkan kertas dengan menariknya ke arah jalannya kertas. Jangan dibalik!

    Jangan buru-buru menariknya supaya kertas tidak robek dan usahakan tarikan seimbang antara kanan dengan kiri.
    Kalau kertas robek dan terjepit sehingga susah ditarik, boleh juga kertas di raih dengan menggunakan pinset/penjepit kecil atau obeng negatif (minus), tapi harus hati-hati jangan sampai mengenai bagian film heating.Harus yakin yang ditarik itu kertas bukan picture show heating nya.
    Kalau tetap tidak bisa juga maka printer harus dibuka, ada baiknya kalau sudah macam ini problemnya, serahkan aja pada teknisi yang berpengalaman. lebih baik bayar teknisi 50 ribu rupiah dari pada teflon robek 400 ribu rupiah.
Read:  Cara Menggunakan Printer Argox Os 214 Plus

Demikian Tips dari kami, jika anda mengalami kesulitan dalam memperbaiki kendala printer.
Percayakan Kami!
INK CLinqiue Ahlinya Printer

Cara Memperbaiki Printer Laserjet Hasil Kotor Hitam

Check Also

Daftar Harga Printer Epson Dibawah 1 Juta

Daftar Harga Printer Epson Dibawah 1 Juta

Daftar Harga Printer Epson Dibawah 1 Juta JakartaStudio.com – Printer Epson memang tidak diragukan lagi …