Cara Memperbaiki Kipas Angin & Kerusakannya

Joss
Rahasia

Tidak sedikit orang yang belum paham mengenai cara memperbaiki Kipas Angin, memang pada kenyataannya tidak semudah menyerupai yang para teknisi lakukan, lantaran untuk mengetahui kerusakan Kipas Angin dan memperbaikinya diperlukan kemampuan khusus dalam bidang elektronik, akan tetapi bergotong-royong gampang kalau Anda membaca artikel ini hingga selesai.

Kipas Angin masih menjadi salah satu barang elektronik yang mempunyai tugas penting, walaupun sudah ada pendingin yang lebih modern yaitu AC, tetap saja masih banyak yang menganggap bahwa kipas angin menjadi salah satu barang elektronik yang wajib ada, oleh lantaran itu kalau rusak tidak sanggup berputar atau mati total mungkin ini menjadi duduk kasus serius.

Bagi Anda yang sudah terbiasa memakai kipas angin, tetapi ada duduk kasus baik itu putarannya lambat, berdengung atau mati total niscaya tidak akan betah dan ingin segera memperbaikinya, untuk itu kami akan memperlihatkan tutorial lengkap dibawah ini:

Cara Memperbaiki Kipas Angin

 Tidak sedikit orang yang belum paham mengenai cara memperbaiki Kipas Angin Cara Memperbaiki Kipas Angin & Kerusakannya

Ada beberapa kerusakan umum yang sering terjadi pada kipas angin, kami akan membahas penyebab dan cara memperbaikinya, biar Anda lebih gampang paham maka harus menyimaknya baik baik.

1. Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

Kerusakan pertama ini sering sekali terjadi, ntah kenapa dikala kita sedang asik memakai kipas angin lantaran cuaca diluar sedang panas, datang tiba kipas angin mati dan tidak berputar, kira kira apa yang menyebabkan duduk kasus ini terjadi?

Kami sudah sering mengatasi kerusakan kipas angin menyerupai ini, beberapa penyebab yang bisa menciptakan kipas angin menjadi tidak berputar ialah sebagai berikut:

  • Kabel putus sehingga dinamo tidak mendapat tegangan.
  • Kerusakan pada saklar
  • Kerusakan komponen kapasitor didekat dinamo.

Dari ketiga penyebab diatas, sesuai pengalaman kami, yang sering terjadiu ialah lantaran komponen kapasitor yang rusak sehingga dinamo tidak bisa berputar, bagi Anda yang belum mengetahui fungsi komponen ini bisa pribadi membaca artikel yang sebelumnya sudah kami buat berikut:

Rahasia

Baca juga: Fungsi Kapasitor Pada Kipas Angin

Kabel Putus

Pertama bisa jadi lantaran duduk kasus kabel yang putus sehingga kipas angin mati total, Anda bisa mengecek permasalahan ini dengan memanfaatkan alat elektronika yaitu multitester, kalau Anda sudah paham bisa pribadi mengeceknya sekarang, tetapi bagi Anda yang masih belajar, bisa membaca artikel dibawah ini:

Baca juga: Cara Menggunakan Multitester

Kerusakan Saklar

 

Tidak jauh berbeda, kerusakan yang kedua ini juga bisa Anda ketahui memakai multitester baik itu analog ataupun digital, jadi ini bisa menjadi salah satu penyebab kenapa kipas angin Anda rusak, biasanya lantaran terlalu sering dinyalakan dan dimatikan sehingga saklar gampang rusak.

Kerusakan Kapasitor

Ini ialah kerusakan yang sering kami temukan dan tergolong gampang untuk diperbaiki, pada umumnya kapasitor pada kipas angin terletak akrab dengan dinamo dan dibungkus plastik keras, jadi sebelum mengeceknya Anda harus membuka bungkusan tersebut terlebih dahulu, untuk cara mengukur dan mengecek apakah masih dalam keadaan normal atau tidak, Anda bisa pribadi membaca artikel sebelumnya mengenai cara memakai multitester.

 

2. Cara Memperbaiki Kipas Angin Putarannya Lambat

Pernahkan Anda mencicipi putaran kipas angin semakin hari semakin melambat? tentunya kalau hal ini terjadi berarti tingkat angin yang dihasilkan akan berkurang dan menjadi tidak maksimal, tentunya Anda harus segera memperbaiki kerusakan menyerupai ini.

Pada umumnya penyebab kenapa putaran menjadi lambat ialah biasanya bukan lantaran kerusakan pada komponen didalamnya, tetapi hanya lantaran ada kotoran pada dinamo yang menyebabkan putaran melambat lantaran terhalang oleh kototan, bisa juga lantaran sudah usang tidak dibersihkan sehingga banyak abu yang masuk kebagian dinamo.
Tips gampang mengatasi duduk kasus ini ialah dengan membersihkan abu disekitar dinamo, namun terlebih dahulu Anda harus membuka baling-baling kipas, kemudian bisa mengoleskan bensin, oli, atau minyak biar putaran tidak lambat lagi.
Tetapi kalau hal tersebut sudah dilakukan dan abu dipastikan sudah higienis namun tetap masih berputar lambat, berarti komponen kapasitor yang sudah lemah dan harus Anda ganti dengan ukuran yang sama, atau yang lebih tinggi lagi, tetapi kalau Anda mengganti memakai ukuran yang lebih tinggi, kipas angin akan gampang rusak tetapi putaran menjadi lebih cepat.

3. Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung

Bukan mati total, masih hidup tetapi hanya mengeluarkan bunyi dengung dan sedikit getaran saja, dari pengalaman yang pernah kami alami, duduk kasus menyerupai ini biasanya disebabkan oleh hal hal berikut ini:
  • As Motor Kotor
  • Gear Box Swing Rusak
  • Kapasitor Nonpolar Rusak
Tetapi Anda bisa terlebih dahulu mengecek apakah ada kotoran pada as motor atau tidak, kalau memang Ada harus dibersihkan terlebih dahulu kemudian dioles memakai oli biar menjadi licin kembali, tetapi Anda juga harus mengecek keadaan kapasitor kalau masih tetap berdengung.
Demikian artikel mengenai cara memperbaiki Kipas Angin, semoga bermanfaat, kesimpulannya ialah ada beberapa kerusakan dan cara memperbaikinya, jangan lupa juga untuk membaca artikel menarik lainnya hanya disini, terimakasih sudah berkunjung…
Rahasia
Next Post

Firmware Tv Lg Led & Lcd (Lengkap)

Kumpulan Firmware TV LG -Hallo sahabat , pada kesempatan yang berbahagia ini aku akan membagikan materi untuk memperbaiki kerusakan software tv lg, yaitu Firmware, bila yang rusak yakni bab perangkat lunaknya berarti Anda harus memperbaikinya dengan cara flash dan membutuhkan yang namanya firmware. Daftar isi   1 Kumpulan Firmware TV […]
Firmware Tv Lg Led & Lcd (Lengkap)
/* */