Cara Membuat Aplikasi Keuangan Dengan Microsoft Access

Cara Membuat Aplikasi Keuangan Dengan Microsoft Access

Microsoft Access yaitu Program berbasis data komputer, bisa digunakan untuk keperluan-keperluan tertentu baik keperluan perkantoran ataupun perorangan.
Funsi Microsoft acces dapat membantu sira menggudangkan database, takhlik aplikasi perkantoran teragendakan membuat permintaan akuntansi.

Pada prinsipnya Akuntansi adalah proses pendataan, pengikhtisaran dan kategorisasi transaksi moneter sehingga menjadi sebuah informasi atau laporan moneter perusahan pada suatu periode tertentu. sedangkan Microsoft Access ini merupakan sekumpulan database nan terdiri dari Grafik, Query, Form, Report, Pages, Macro dan Module nan disimpan dalam satu file ber-perluasan .mdb (Microsoft Office Acces Database).

S
alah satu cara mengotomatiskan proses akuntansi yang cukup panjang adalah dengan memanfaatkan fitur-fitur yangada internal Microsoft Access merupakan mengkorelasikan antara grafik, query, form dan report untuk menghasilkan laporan keuangan yang prosesnya lebih praktis tinimbang kodifikasi manual.

Tutorial membuat Manifesto Keuangan menunggangi Microsoft Access memerlukan proses yangcukup panjang oleh karena itu saya akan membuat nya per bagian atau per Posting moga boleh disajikan secara lengkap dan terperinci
dan ini ialah bagia 1
. Saja disini saya hanya akan memasrahkan sumber akar sumber akar dan contoh contoh sederhana semata-mata. Buat anda nan tertarik silahkan dia menirukan secara seksama hanya lakukan anda yang sudah senior atau mahir anda bisa menyerahkan saran saran kepada saya melalui email ataupun komentar di radiks. Adapun transendental Informasi Keuangan menunggangi Microsoft Access penampakannya seperti tulangtulangan di bawah ini.

Aplikasi Akuntansi

permulaan untuk takhlik laporan keuangan dengan microsoft access adalah:

Buka Petisi MS Access pilih blank database. Pada bagian sebelah kanan cucur pasrah nama file misal nama perusahaan saya ialah PT. SEGER BUGER maka saya beri keunggulan database saya dengan nama “Aplikasi Akuntansi PT. Seger buger” kemudian create (jangan lupa rubah direktori gelanggang penyimpanan datanya moga mudah berburu data yg sudah dibuat)

Read:  Cara 4g Only Oppo A9 2020







MEMBUAT Tabulasi

Bakal mewujudkan publikasi keuangan menggunakan Microsoft Access saya membutuhkan 4 biji zakar tabulasi ialah:

  • Tabel Account List
  • Tabel Index
  • Tabulasi deklarasi transaksi
  • Tabel transaksi moneter

dibawah ini adalah persiapan demi langkah (step by step) prinsip membuat tabelnya







Membentuk Tabel Account List






Sudah kita ketahui bersama bahwa akuntansi tidak terlpeas pecah nomor-nomor akun, akun n domestik akuntasi ini digunakan lakukan mengelompokan transaksi kedalam jenisnya masing-masing. Sama dengan dengan grafik ini, didalamnya pintar daftar akun-akun yangakan digunakan untuk mengelompokan transaksi finansial, tabel ini pula disebut tabel Rujukan/Acuan.Berikut
ini adalah langkah-langkah membuat tabel rujukan atau grafik acuan, kita serah nama Tabulasi Account List.

  • Buat pertama kali ketika kita sudah lalu meng-klik tombol Create Database dalam Microsoft Access maka secara otomatis terbuka sebuah tabel bernama “
    Table1
    ” dan kita lewat meneruskan sahaja langkah selanjutnya ialah merubah nama “Table1” dengan cara klik kanan di Tab Table1 kemudian pilih “Design View” lalu akan muncul kotak dialog “Save As” “Table Name;” simpan dengan nama “Account List” dan klik OK.
  • Selanjutnya buatlah struktur diagram account list seperti berikut ini
Field Name Data Type Description Field Size Deklarasi
Account Number Text Kosongkan 6 Primary Key
Account Name Text Kosongkan 50

  • Setelah selsai seterusnya klikView (gambar tabel letaknya disebelah kiri atas tepat dibawah tombol File) lewat akan muncul kotak dialog dengan tulisan “You must first save the table. Do you want to savev the table now?” klik Yes
  • Setelah itu akan terbuka tabulasi kosong dengan 2 kolom. Isilah table tersebut seperti keterangan dibawah ini:
Account Number Account Name
1-111 Kas
1-112 Piutang
1-113 Suplai Barang
1-211 Peralatan
1-212 Tamah dan Gedung
2-111 Hutang Usaha
3-111 Modal
3-211 Prive
4-111 Pendapatan
5-111 Tanggung Gaji
5-311 Beban Operasional Lain-lain
Read:  Cara Menyalakan Hp Yang Mati Total

Setelah itu klik save, dengan sejenis itu tabel Account List sudah selsai kita bakal selanjutnya adalah membuat:

Tabel Index

Grafik ini digunakan untuk mengelompokan penggunaan kas, tujuannya adalah mempermudah n domestik penyusunan Wara-wara Arus Kas atau
Cash Flow
. Bagi sira yang belum mengetahui Ketentuan penyusunan Perputaran Kas berikut ini saya periksa secara ringkas. Sirkulasi kas pada prinsipnya di bagi menjadi 3 golongan:

1.  Arus kas dari aktivitas operasi/Operating activities (kelompok index 1)

Semua transaksi yg berkaitan dengan laba rugi dikelompokan kedalam kelompok ini, termasuk Kas dari aktivitas operasional adalah Penerimaan kas terbit penjualan komoditas atau jasa, Pembelajaran Kas semenjak pelanggan, Penerimaan kas mulai sejak bunga Penyerahan atas produk / jasa yangakan dijual, Pembayaran hutang dan bunga, Pembayaran pajak, Pemasukan gaji karyawan

2. Perputaran kas dari aktvitas investasi / investing activities (kerubungan index 2)

Tersurat kedalam kelompok no. 2 ini adalah Penerimaan kas dari penjualan aktiva tetap, Penerimaan kas dari penjualan investasi jangka janjang misalnya penjualan saham atau obligasi, Pembelajaran kas dari hasil investasi paser panjang misalnya deviden, bunga obligasi. Pengeluaran kas untuk pembelian aktiva teguh, Pengeluaran kas cak bagi penanaman modal paser panjang misalnya pembelian saham atau surat utang


3.

Arus kas pecah aktivitas pendanaan/Financing activities (kelompok index 3)

Termasuk dalam kelompok No. 3 yakni segala aktivitas kas yg mempengaruhi posisi modal dan pinjaman jangka hierarki perusahaan seperti : Penerimaan kas berpunca pinjaman, Pengeluaran kas bagi membayar pinjaman, Pemasukan deviden

Itulah penjelasan pendek tentang ketentuan penyusunan Laporan Arus Kas menurut PSAK No. 1 Tahun 2002. Sedangkan tabel index strukturnya adalah begitu juga grafik di bawah ini:

Field Name Data Type Description Field Size Keterangan
Index Text Kosongkan 6 Primary Key
Pemberitaan Index Text Kosongkan 50
Read:  Cara Daftar Paket Bulanan Telkomsel

Setelah menentukan struktur tabelnya selanjutnya adalah takhlik  membuat grafik index dan awalan langkahnya ialah seumpama berikut:

  1. Memperbedakan tab “Create” suntuk klik “Table” Habis akan terbuka tab baru yaitu tab “Fields” dengan “Table1”
  2. Klik kanan di tab Table1 dan pilih “Design Views”
  3. Selanjutnya akan melangah kotak dialog “Save as” “Table Name” terlampau isikan dengan keunggulan Index
  4. Lalu buatlah struktur tabel Index sama dengan pada diagram diatas
  5. Setelah membuat struktur diagram tabel kemudian klik table view lakukan mengisi tabel index dan isikan seperti grafik dibawah ini
Index Keterangan Index
0
1 Rotasi Kas Semenjak Aktivitas Persuasi
2 Sirkulasi Kas Semenjak Aktivitas Pendanaan
3 Arus Kas Semenjak Aktivitas Penanaman modal

Maka tabel index sudah selsai kita bikin dan selanjutnya ialah membuat tabulasi transaksi keuangan dan diagram deskripsi transaksi namu bikin kedua tabulasi tersebut akan saya bahas di posting selanjutnya.
kerjakan lebih jelasnya mengenai materi yg ada di posting ini berikut adalah video tutorialnya:

Cara Membuat Aplikasi Keuangan Dengan Microsoft Access

Source: https://www.parman-acc.com/2017/02/membuat-laporan-keuangan-dengan.html

You May Also Like