Cara Membuat Animasi Bergerak Di Blender

Cara Membuat Animasi Bergerak Di Blender

Cap saya Aditya Cahya Putra dari kelas 3IA18. Saya membentuk blog Les kaidah takhlik animasi primitif menggunakan blender ini berujud kerjakan memenuhi tugas ketiga saya pecah mata kuliah Desain Permodelan Tabel (Softskill) saya di perkumpulan gunadarma jurusan teknik informatika Fakultas Teknologi Industri semester panca berpangkal dosen bapak Hidung Adi Permana.

Hasil Render Animasi



Tuntunan

Boleh jadi ini saya akan memberitahu step-step cak bagi membuat sebuah kepribadian kartun kartun nan telah populer dalam film Monster Inc dan Monster University dan lagi pelecok suatu pemeran terdahulu sreg bioskop tersebut yaitu Mike WazowskiCara Membuat Animasi Bergerak Di Blender

Ancang pertama kerjakan mebuat mike yaitu memasukan objek cube dengan cara tekan
shift+a
memperbedakan mesh lalu memilah-milah cube. Setelah objek dibuat selanjutnya yaitu membagi boks-kotak dengan cara menekan
W
suntuk pilih
subdivide
dan ubah number of cuts nya menjadi 2

pict2

Selanjutnya yaitu buat objek tesebut menjadi buntar dengan kaidah
klik W > smooth, dan atur nilai smooth menjadi 4 pada kolom tools (T) . dan akhirnya akan seperti gambar ketiga diatas

pict3

Lebih jauh sebaiknya bulan-bulanan terlihat lebih halus sekali lagi berikan modifikasi
Sub division surface
nan cak semau disebelah kanan cucur dan atur kredit view dan render yang ada di modifikasi sub division surface menjadi 2

pict4

Selanjutnya kita akan takhlik objek tersebut lebih bundar lagi lega arah atas dan samping nya, mula-mula-tama kita pasrah dulu garis/edge vertical dan mengufuk menggunakan tool
cut loop (ctrl+R)
dan atur kebulatan nya dengan
ctrl+s)pict5

Seterusnya kita akan berpenyakitan-mirroring incaran yang kita buat ini moga pada saat proses pembuatan tangan kaki dan jihat lainnya seimbang antara kanan dan kiri. Langkah yang pertama adalah menyetip sebagian sisi kanan lega objek tersebut dengan cara menseleksi malah dahulu sisi kanan tersebut dengan cara tekan
B
dan drag dari atas sebatas pangkal target yang akan dihapus lalu tekan
X
dan pilih
vertices.
Maka hasil objek yang sudah dipotong akan sebagaimana gambar kedua diataspict6

Read:  Cara Mengembalikan Icon Hp Seperti Semula

Selanjutnya adalah memberikan modifikasi miror nan ada disebelah kanan jib bakal membuatnya sekali lagi utuh, dan jangan lupa letekkan modifikasi miror diatas modifikasi sub surf

pict7

Selepas objeknya kita mirror maka face yang akan unjuk hanya cak semau disebelah kiri, jika kita mengedit sisi disebelah kiri maka sisi di sebelah kanan akan menyesuaikan. Anju seterusnya adalah kita akan membuat sebuah tangan, pertama kita penyortiran face, seleksi 4 buah face disamping untuk kita gunakan ibarat untuk tangan. Lalu extrude
E
dan scale
S
cak bagi mengecilkan bentuk seperti mana plong susuk. lalu atur supaya bentuknya menjadi buntar (tidak kotak)pict8

Selanjutnya kembali seleksi 4 buah face tadi, dan ExtrudeE
sejumlah siapa bikin kita jadikan sebagai tangan, lalu berikan garis/edge Potong-tikam/cut loop sesuai kebutuhan, dan atur posisi masing-masing edge agar nantinya takhlik sebuah siku-tikungan pada tangannya. Kurang bertambah tulangtulangan lengan tangan sebagaimana gambar keempat diatas

pivt9

Lebih lanjut nyalakan proportional editing
O
dan aktifkan juga tren cliping yang ada di modifikasi miror untuk menata bentuk kepala agar tidak melingkar 100%, tapi agak elips. atur skor porportional editing agar sesuai kerinduan dengan cara di scrool (mouse)
pict10

Tahap sealnjutnya kita akan menciptakan menjadikan arena bola ain dari mike wazowski yang kita buat ini. Sembelih face dengan menggunakan Knife tool
K.
Dan seleksi face yang kita potong tersebutpict11

Selanjutnya kita extrude dan scale kerjakan menciptakan menjadikan seperti pada tulangtulangan diata. Extrude kedalam untuk membuat sebagai ajang bola matapict12

Saat ini kita akan membuat incaran uv sphereShift + A
yang akan kita gunakan untuk bola matanya, sekaligus lakukan menjadi pedoman pembuatan kelopak alat penglihatan. Setelah kita menambahkan objek mata tersebetuk kita tempatkan objek uv sphere tepat sreg korok mata yang sudah kita buat tadipict13

Selanjutnya kita tambahkan segment untuk memperdetail rencana mata hendaknya terpandang ada lipatan pada kelopak ain tersebut. Dan kita bisa langsung menggabungkan kedua objek tersebut dengan tekan
CTRL + J
pict14

Tahap sealnjutnya kita akan membuat mulutnya. Aktifkan seleksi face lega wadah nan kalian anggap memadai buat dijadikan tempat untuk mulutnya Lalu extrude dan scale sehingga kita dapatkan bentuk seperti pada rang kedua diataspict15

Read:  Cara Memperbaiki Word Yang Tidak Bisa Diketik

Lebih jauh kita Extrude kedalam dan atur bentuk mulut agar menjadi kian baik dan semirip barangkali dengan karakter aslinya.pict16

Tahap Lebih lanjut kita akan untuk kaki. Aktifkan dua biji zakar face yang terserah di dasar yang menurut kalian cukup bakal dijadikan kaki, terlampau extrude
E
dan scale
S
pict17

Kita Extrude lagi bagi mendapatkan bentuk kaki yang panjang atur panjang nya sesuai dengan ancangan kalian yang layak dengan karakter mike wazowski ini, sesudah itu sekarang kita buat punggung kaki, dengan cara diberi garis sreg adegan radiks kaki tersebut
CTRL + R
dan Extrude dulu atur posisi vertex sepatutnya menjadi baikpict18

Lalu sreg setiap sebelah didepan kaki tersebut kita seleksi face dan Extrude dan Scale buat menciptakan menjadikan sebuah jari suku karakter tersebut
pict19

Selanjutnya kita kembali kembali ke episode tangan dan kita akan mmbuat punggung tangannya . kita extrude face fragmen jemari tersebut sampai berbentuk sama dengan gambar diatas
pict20

Selanjutnya kita buat jari-jarinya caranya erat proporsional seperti kapan membentuk jemari kaki dengan mandu penyaringan face tempat ujung tangan tersebut dan kita extrude dan scalepict21

Tahap seterusnya adalah kita akan menambahkan tulang nya dengan mandu tekan
Shift + A  => Memperbedakan ARMATURE => SINGLE BONE.
Lalu otomatis akan muncul objek tulang 1 helai, kita bisa memposisikan nya sesuai dengan mangsa yang kita punyapict22

Selanjutnya kita bisa menambahkan tulang beragangan pada 1 helai tulang tersebut dengan kaidah masuk kedalam
edit gaya
terlampau pilih lingkarang diatas maupun dibawah tulang tersebut dan tekan
 E,
disitu kita bisa memposisikan sesuai dengan rangka pada mangsa kita ialah tangan, tungkai, tubuh dll. Lalu untuk mengabungkan tulang tersebut dengan korban kita bisa klik objek dan tulang tersebut lalu
CTRL+ P dan
memilah-milah automaticpict23

Read:  Cara Melihat Kode Qr Wa

Tahap lebih jauh kita akan memberikan rona pada setiap objek nan kita buat ini dengan mandu pilih menu yang berbetuk bulat seperti gambar pertama yang letak menu tersebut ada disebelah kanan lalu tekan object nan kita ingin beri warna pada object kecenderungan sangat klik tera “+” yang terserah di menu sebelah kanan dan pilih warna yang kita inginkan maka otomatis object tersebut akan berubah warna. Begitupun dengan object mata kita bisa menseleksi face plong tengah-tengah mata tersebut suntuk pilih “+” pada menu disebelah kanan dan pilih warna yang kita inginkanpict24

Tahap selanjutnya kita akan menciptakan menjadikan sebuah cula berasal Mike Wazowski ini dengan pendirian menambahkan object Cone
CTRL + A
dan diskriminatif Mesh -> Cone. Kita bisa memperkecil object tersebut dan merotate objenya sesuai dengan bentuk kepala budi yan kita lakukan ini

pict25

Lebih lanjut adalah kita akan ke tahap pembuatan animasi nan nantinya akan bergerak objek tersebut. persiapan-langkahnya adalah turut kedalam menu animation pada episode ujung atas program kemudian akan terpandang cucur seperti rangka diatas. Kemudian kita tentukan posisi awal bulan-bulanan ingin begitu juga apa, kemudian jika sudah tekan I sangat pilih LogRogScale.

pict26

Seterusnya, langkah terakhir adalah me-render kartun untuk menggudangkan animasi dalam rencana tulang beragangan atau video dengan prinsip pada jendela properties membeda-bedakan menu “Render”. Kemudian padabagian output, memilah-milah folder kerjakan tempat penyimpanan hasil render. Jika kita ingin menyimpan file intern bentuk gambar maka bisa mengubah ekstensinya menjadi .BMP, .JPG, .PNG, dll. Dan jika ingi menyimpan file hasil render dalam rangka video maka dapat menafsirkan ekstensinya menjadi .AVI_JPEG, AVI_Raw, Xvid, dll. Jikalau semua setting telah selesai maka klik kenop Animation plong menu Render cak bagi memulai proses me-render. Seandainya proses render telah selesai maka kita dapat melihat hasil render yang berupa gambar/video pada folder output.

Cara Membuat Animasi Bergerak Di Blender

Source: https://adityacahyap.wordpress.com/2020/01/05/tutorial-membuat-animasi-sederhana-menggunakan-blender/

Check Also

Ikon Yang Dapat Digunakan Untuk Memasukkan Gambar Adalah

Ikon Yang Dapat Digunakan Untuk Memasukkan Gambar Adalah

Ikon Yang Dapat Digunakan Untuk Memasukkan Gambar Adalah Microsoft Word merupakan perangkat panjang hati pengolah …