Cara Melihat File Cd Di Laptop

Daftar Isi

  • Penyebab CD atau DVD Tidak Terbaca
  • Cara Mengatasi CD alias DVD Lain Terbaca
    • Bersihkan DVD ataupun CD Drive
    • Bersihkan Kaset
    • Telaah Kondisi CD alias DVD
    • Pastikan Konektor Terbambang Dengan Benar
    • Coba Burning Ulang Kaset
    • Gunakan DVD Repair Tools
    • Memperalat CMD
    • Gunakan External DVD Drive
    • Akhir kata

CD (Compact Disk) dan DVD (Digital Versatile Disc) adalah media ataupun perlengkapan penyimpanan optik dan patut terkenal. CD dan DVD juga menjadi radas yang tidak kalah penting untuk perlengkapan komputer jinjing atau laptop. Ya, walaupun sudah ada MMC, SD, Flashdisk, dan perabot sejenisnya.

DVD dan CD memiliki tata letak serta penggunaan nan karib serupa, doang terserah sedikit perbedaan ialah pada produktivitas penyimpanannya. DVD menawarkan penyimpanan data bertambah ki akbar dibandingkan CD. DVD biasa dipakai untuk file program dan video, padahal CD baku untuk program dan audio.

DVD dan CD sekali lagi sudah menjadi teknologi umum, dan keduanya ini bosor makan dianggap menjadi hal yang sama dan menjadi
synonym syndrome. Namun, ketika anda ingin menggunakan perangkat ini pada komputer jinjing ataupun laptop kamu, eh tapi malah tidak boleh diputar karena tidak terbaca di laptop atau komputer anda.

Penyebab CD atau DVD Tak Terbaca

Sejajar seperti komponen eketronik sejenisnya, CD dan DVD pun kerap mengalami masalah ketika ingin dijalankan. Misalnya saja CD ataupun DVD bukan terbaca di laptop maupun PC ia. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor entah itu berasal
hardware
atau
software
perangkat.

Padalah, berikut ini yaitu beberapa penyebab CD alias DVD bukan terbaca di laptop dan komputer:

  • DVD atau CD tembelang.
  • Kerusakan pada drive DVD atau CD.
  • Salah ketika proses burning.
  • Drive Optics lunglai.
  • CD maupun DVD drive kotor.
  • Pemasangan CD ataupun DVD lain sesuai.
  • DVD maupun CD room tidak kontributif.
  • Resolusi layar bukan sesuai dengan dukungan CD atau DVD.

Cara Mengatasi CD maupun DVD Tidak Terbaca

Sudahlah, bagi memintasi CD maupun DVD tidak terbaca sebenarnya ada banyak nan bisa kamu coba, hal ini tergantung pada kondisi masing-masing CD dan DVD alias perangkat kamu, ya. Tapi tenang, kamu dapat mencoba tips-biaya siluman nan kami tuliskan di pangkal ini. Yuk, simak ulasan ini sampai selesai.

  • Bersihkan DVD atau CD Drive
  • Bersihkan Kaset
  • Periksa Kondisi CD atau DVD
  • Pastikan Konektor Terbambang dengan Benar
  • Coba Burning Ulang Kaset
  • Gunakan DVD Repair Tools
  • Menggunakan CMD
  • Gunakan External DVD Drive

Bersihkan DVD maupun CD Drive

Cara Melihat File Cd Di Laptop

Situasi pertama dan yang paling keteter nan teradat engkau coba adalah dengan menjernihkan DVD atau CD drive di laptop atau komputer jinjing kamu. Karena seandainya optik pada drive tersebut kotor, makan akan takhlik CD atau DVD jarang terbaca.

Read:  Cara Agar Orang Tidak Bisa Menghubungi Kita Di Whatsapp

Hal ini biasa disebabkan maka dari itu sempelah alias serbuk yang turut ke dalam drive. Jadi silakan kamu cak bagi perawatan dan bersihkan drive CD atau DVD ini secara periodik agar engkau tidak mengalami masalah ini. Ambillah, berikut ini cara melakukannya:

  1. Tips pertama, yaitu gunakan kompresor peledak untuk menyemprotkannya ke dalam drive DVD. Karena dengan ini kotoran dan duli yang ada di dalamnya akan keluar dengan mudah. Tapi dengan syarat sekiranya sira mempunyai alatnya, atau kamu boleh kembali meminjam ke bengkel terhampir.
  2. Tips kedua, adalah memperalat kuas. Kamu bisa menggunakan kuas bikin menyapukannya pada drive CD atau DVD di perangkat kamu. Pastikan kalau beliau menggunakan kuas yang sejati dan lembut.
  3. Tips ketiga, Kalau nggak ada kedua perabot di atas, ayo sira coba bersihkan memperalat tisu ataupun kapas halus. Caranya cukup usapkan saja pada drive tersebut, dan pastikan tisu atau kapas tersebut enggak ada yang tersangkut, ya.
  4. Uang sogok empat, apapun cara yang beliau memperbedakan diantara ketiga mandu yang kami tuliskan, silakan pastikan jikalau kamu membersihkan optical drive dan lega wahana drive di peranti anda.
[adinserter block=”4″]

Bersihkan Kaset


Selain drive yang kotor, bisa juga kaset CD atau DVD dia lagi kotor sehingga menyebabkan CD alias DVD tidak terbaca di laptop atau komputer engkau. Coba kamu telaah baik-baik kaset nan kamu gunakan, apakah cemar alias lain. Terutama ia selidik pada penggalan terpenting pada kaset yakni bagian bawahnya.

Terimalah, jika ia mendapati kaset yang beliau gunakan kotor, maka solusinya merupakan silakan anda bersihkan kaset tersebut menunggangi cair khusus nan biasa disebut Discwasher bagi menyucikan CD atau DVD, sangat mengelapnya secara perlahan hingga kering.

Doang, sekiranya kamu tidak memilikinya, sira bisa menggunakan minyak papan jati andai ganti cairan tunggal tersebut. Caranya kamu patut teteskan ala kadarnya pada kaset, lampau anda lampau mengelapnya memperalat tisu atau kain sampai kering.

Pastikan takdirnya kamu mengelapnya dengan perlahan, situasi ini bertujuan agar kaset tidak tergurat. Setelah itu, ayo engkau coba pasangkan kembali CD atau DVD tersebut ke perangkat kamu.

Telaah Kondisi CD atau DVD


Mandu nan kedua adalah melakukan pengawasan puas kondidi CD ataupun DVD yang kamu gunakan, karena kali tetapi komplikasi CD atau DVD tak terbaca di laptop atau komputer bersumber mulai sejak kaset CD atau DVD yang kamu gunakan.

Bisa jadi cuma kaset tersebut rusak secara awak, sehingga bukan berfungsi seperti semula. Misalnya namun optik plong CD atau DVD sudah melemah fungsinya ataupun apalagi rusak. Bikin memastikan apakah ada kerusakan secara jasad pada CD atau DVD kamu senyatanya mudah. Kamu hanya teristiadat mengepas kaset tersebut plong DVD drive bukan.

Read:  Cara Agar Hp Tidak Mati Saat Telepon
[adinserter block=”5″]

Habis, bila CD atau DVD yang kamu coba di perangkat lain terbaca maka bisa dipastikan kerusakannya tak lega kaset, melainkan pada sistem perangkat kamu. Tapi jikalau pada gawai lain tidak terbaca, maka dipastikan CD maupun DVD kamu sudah rusak.

Untuk menuntaskan CD atau DVD enggak terbaca karena masalah raga kaset hanya terserah satu, yaitu kamu harus mengganti kaset tersebut ke yang yunior. Cak hendak tak mau engkau harus melakukan ini, sepatutnya kamu bisa menggunakan CD maupun DVD lagi.

Karena CD ataupun DVD tersebut kemungkus secara fisik, maka resikonya adalah data yang tersimpan pada kaset tersebut akan hilang dan tidak akan dapat diselamatkan.

Pastikan Konektor Terpasang Dengan Sopan


Hal selanjutnya yang kebolehjadian bisa menjadi penyebab CD atau DVD lain terbaca adalah karena konektor antara drive dengan motherboard enggak terpasang dengan benar. Hal ini tentu membuat drive kaset enggak akan bisa digunakan.

Cobalah selidik konektor tersebut dengan cara di bawah ini:

  1. Pertama, silakan buka casing laptop yang kamu pakai.
  2. Selanjutnya, coba lihatlah sreg bagian slot konektor penghubung DVD drive dengan motherboard.
  3. Apabila konektor tersebut tidak terpasang dengan benar, silahkan engkau sambungkan kembali dengan bersusila.
  4. Selepas radu, pasang lagi casing laptop.
  5. Bungsu, marilah coba pasang dan jalankan CD ataupun DVD anda kembali.
[adinserter block=”5″]

Coba Burning Ulang Kaset

Seimbang begitu juga yang sudah kami tuliskan di atas pada bagian penyebab CD alias DVD enggak terbaca, ialah riuk ketika proses burning. Apabila peristiwa ini terjadi, maka file dan data-data yang tersimpan di dalam CD alias DVD tersebut corrupt dan enggak boleh dibaca.

Karena proses burnig kaset tidak sempurnya, maka solusinya adalah kamu harus mengamalkan burning ulang pada CD ataupun DVD tersebut. Entah sira melakukan burning menggunakan aplikasi buah tangan OS Windows atau dengan aplikasi tambahan lainnya, kaidah burning ulang CD maupun DVD tetaplah sama.

Kaidah melakukannya yaitu dengan mengegolkan ulang kaset CD atau DVD sira ke kerumahtanggaan drive, lalu beber permintaan yang normal kamu pakai untuk burning kaset, dan silakan masukkan file atau data-data ke dalamnya. Kamu pula dapat burning ulang ketika terjadi kerusakan kaset secara fisik, sebelum sira menukar kaset tersebut.

Gunakan DVD Repair Tools


Apabila kamu telah mecoba cara-cara di atas cuma kamu belum bisa mengatsi CD ataupun DVD tidak terbaca puas laptop atau komputer sira, maka selanjutnya kamu perlu mencoba mengedit sistem atau device dari CD atau DVD puas perangkat kamu.

Read:  Cara Membuka Password Word Yang Terkunci

Pelecok suatu metode yang boleh dia coba, yakni dengan memanfaatkan aplikasi DVD Drive Repair Tools. Berikut caranya:

  1. Pertam-tama silakan kamu download apalagi dahulu aplikasi DVD Drive Repair Tools.
  2. Setelah selesai mengunduh, mari instal aplikasinya sebagaimana biasa.
  3. Selanjutnya, buka aplikasi tersebut lalu ia akan masuk ke halaman penting tuntutan.
  4. Yuk cari menu DVD Drive Repair Tools, tinggal beber menu tersebut.
  5. Pasca- itu beliau akan mengerjakan repairing padang device DVD di perangkat kamu, silakan ikuti belaka pentunjuk yang ada hingga selesai.
  6. Terakhir, silakan restart laptop sira.
  7. Semoga berhasil.

Memperalat CMD

Siapa sih yang nggak tahu aplikasi Command Prompt? Tentu semua pengguna laptop alias komputer sudah mengerti dan sudah afiliasi menunggangi permintaan ini untuk berbagai hal. Karena pada dasanya aplikasi ini sepan powerful saat digunakan kerjakan menguasai masalah pada sistem.

Terimalah, karena itulah anda boleh menggunakan CMD untuk mengatasi CD atau DVD laptop tidak terbaca. Berikut langkah-persiapan melakukannya:

  1. Mula-mula, bentang tingkap Run dengan menekan kenop kombinasi
    Windows + R.
  2. Selanjutnya ketikkan
    CMD
    lega perputaran udara yang muncul, suntuk klik
    OK.
  3. Kalau sudah, maka kamu akan di sumber akar ke perputaran udara utama Command Prompt.
  4. Lega tingkap ini, silakan input perintah
    reg.exe add
    terlampau Enter.
  5. Kemudian masukkan perintah
    HKLMSystemCurrentControlSetSetfv EnumDevice1 /ufuk (enter) REG_DWORD /d 0x00000001
    dan tekan cembul Enter.
  6. Selesai, sekarang kamu bisa menggunakan CD maupun DVD anda pun.
[adinserter block=”5″]

Gunakan External DVD Drive


Uang sogok terakhir nan kami berikan merupakan, gunakan DVD drive external. Terimalah, cara yang ini bisa kamu buat apabila radas yang bermasalah terletak sreg drive di laptop atau komputer jinjing kamu. Jadi hanya dengan menambahkan DVD drive external, maka problem CD atau DVD tidak terbaca akan hilang.

Kamu bisa membeli DVD drive ini di toko aksesoris atau gawai komputer di dekat flat ia. Setelah itu, tinggal kamu pasangkan ke perangkat kamu, deh.

Selamat mengepas!

Intiha Prolog

Ketika anda mengalami masalah CD atau DVD tidak terbaca, jangan buru-buru pergi ke tempat service untuk mengatasinya, karena beliau boleh mengatasinya sendiri. Kecuali seandainya kamu tidak bisa atau enggak dakar membuka casing laptop sebagaimana cara yang ke-4, maka sebaiknya mintalah bantuan pada ahlinya.

Bisa jadi memadai sekian artikel kami mengenai cara menyelesaikan CD atau DVD bukan terbaca di laptop maupun PC. Hendaknya bermanfaat.

Cara Melihat File Cd Di Laptop

Source: https://www.neotekno.com/cara-mengatasi-cd-dvd-tidak-terbaca/

Check Also

Arti Configuring Update for Windows 10

Arti Configuring Update for Windows 10

Arti Configuring Update for Windows 10 Windows Update ialah sebuah fitur di mana Kamu bisa …