Cara Kondusif Upgrade Android Tanpa Kehilangan Data

Sarah Lea
Rahasia

 Cara Aman Upgrade Android Tanpa Kehilangan Data  Cara Aman Upgrade Android Tanpa Kehilangan Data

(D.I.Y) Cara Aman Upgrade Android Tanpa Kehilangan Data  – Mungkin sebagian besar dari anda ada yang pernah atau sedang mengalami 3 problem berikut pada hape anda.

  • Pertama. Hape anda performanya mulai melambat (lemot) pada di saat dijalankan.
  • Kedua. Hape anda kehilangan daya baterai lebih singkat dari biasanya atau terasa kian boros.
  • Ketiga. Anda sudah jenuh dengan penampilan metode android yang itu-itu saja dan ingin memiliki penampilan yang lebih menarik.

Jika iya maka bisa ditentukan itu tandanya anda mesti SEGERA upgrade android hape anda…!

Apa itu Upgrade Android….?

Upgrade Android yakni aktifitas menginstal perangkat lunak yang berisi pembaruan metode dengan model android yang lebih tinggi. Misalnya dari Kit-Kat ke Lollipop, Lollipop ke Marshmallow atau Marshmallow ke Nougat. Untuk itu pada postingan ini akan diterangkan tindakan melaksanakan mengembangkan model android secara kondusif tanpa takut kehilangan data pada memori internal.

Panduan ini sudah saya coba dan berhasil pada Smartphone android banyak sekali brand terkemuka menyerupai : Samsung, Asus, Xiaomi dan Oppo. Bukan berencana menghasilkan postingan ini menjadi terlalu panjang. Tapi saya merasa wajib untuk menunjukkan apa faedah maupun imbas yang mau anda peroleh setelah melaksanakan proses upgrade android. Tidak cuma itu, saya juga merinci segala antisipasi yang diharapkan mudah-mudahan proses upgrade android di hape anda tidak GAGAL atau mengalami ERROR.

Langkah-Langkah Perbarui Sistem Android Tanpa Kehilangan Data

Secara lazim di saat saya ingin mengembangkan model OS android, ada 4 langkah yang senantiasa saya kerjakan yakni :

  1. Kumpulkan Informasi dengan membaca lebih banyak tumpuan wacana pembaruan apa saja yang ada pada system terbaru, apa keistimewaan dan kekurangannya.
  2. Persiapankan segala sesuatu yang diharapkan sebelum melakukan proses upgrade Android via OTA maupun manual menyerupai : Paket data, Daya baterai, Ruang kosong pada memori, Driver USB, dan tool untuk install firmware / ROM.
  3. Download File Upgrade disitus terpercaya dengan memperhatikan : Versi Pita Dasar pada SAMSUNG, SKU pada ASUS, dan Tipe untuk hape brand OPPO dan XIAOMI apabila anda ingin melakukan proses upgrade menggunakan komputer.
  4. Instal Firmware / ROM secara pribadi dari ponsel atau menggunakan PC dengan menggunakan Tool menyerupai Flash Tool, Odin atau TWRP.

Tapi sebelum lanjut semestinya kita sudah DEAL dengan ini….!

Fitur dan Manfaat Upgrade Android

1. Meningkatkan Sistem Kemanan. Sekarang kita tidak perlu menggunakan kartu kredit untuk berbelanja aplikasi. Cukup dengan potong pulsa kita sudah bisa memiliki aplikasi premium yang diinginkan. Dengan kian gampangnya melaksanakan transaksi di Google Playstore, pastinya mesti diimbangi pula dengan system keselamatan yang memadai. Jangan hingga ada aplikasi yang dapat merugikan pengguna menyerupai pemotongan pulsa secara otomatis oleh aplikasi tertentu.

Untuk itu…google kian mengembangkan level keselamatan playstore dengan system keselamatan yang diberinama Play Protect. System ini dikabarkan bisa memindai 50 Milyar aplikasi dalam satu hari. Makara dengan adanya tunjangan dari Play Protect ini sanggup ditentukan aplikasi yang ada di Playstore kondusif dari aplikasi jahat.

2. Menjadikan Ponsel Lebih Hemat Dayaidak menyerupai iPhone, android dibuat dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan Chipset Snapdragon, MediaTek, Exynos, kirin dll. Ada yang baterainya berkapasitas 4100 mAh, 3000 mAh, 2000 mAh bahkan ada yang seribuan mAh. Terkait dengan beragamnya kapasitas baterai ponsel android.

Google memamerkan suatu fitur berakal yang dinaman Doze Mode pada Android 6.0. Fitur ini akan secara otomatis menghentikan segala aktifitas yang menyantap daya berlebih pada di saat ponsel stand by atau berada pada mode sleep. Jadi…hanya kesibukan penting (sistem) saja yang efektive berjalan di saat masuk mode Doze. Doze mode ini kembali disempurnakan pada Android Oreo dimana pengurangan daya kian ditingkatkan supaya kian ekonomis berkat fitur gres yang diberinama Wise Limits.

3. Makin Hemat Penggunaan RAMAndroid dipahami selaku metode operasi yang boros RAM jikalau dibandingkan OS mobile lain menyerupai iOS dan Windows Phone. Agar tidak ditinggalkan penggunanya, Google terus mencari cara mudah-mudahan model Android modern sanggup menekan penggunaan RAM dari aplikasi latar belakang yang tidak penting semaksimal mungkin, sehingga tersisa lebih banyak ruang kosong untuk melakukan aplikasi utama.

4. Mempercantik Tampilan sistemDengan menginstal model android modern pada ponsel, anda tidak cuma mengembangkan kecepatan ponsel tetapi juga mempercantik penampilan antarmuka sistem. Coba anda bandingkan penampilan model android 4 Jelly Bean dengan Android Lollipop. Kira-kira mana yang memiliki penampilan lebih baik….? Saya percaya semua kita memutuskan Lollipop. Mulai dari font, wallpaper, koleksi icon penampilan animasi dll. Terkait dengan penampilan animasi, itulah mungkin salah satu penyebab mengapa ponsel lawas tidak mendapat jatah pembaruan android.

Android model modern kian berat, sedangkan ponsel android lawas spesifikasinya rendah dan tidak dapat di upgrade spesifikasi hardwarenya menyerupai PC. Sehingga sanggup ditentukan performa yang diberikan ponsel lawas jikalau melakukan OS modern tidak akan maksimal.

Keempat faedah yang disebutkan tadi cuma sebagian kecil dari faedah bergotong-royong yang mau anda peroleh setelah melakukan OS Android terbaru.

3 Cara Upgrade Android Yang Umum Digunakan

  • Over The Air (OTA)
  • Menggunakan System Recovery
  • Menggunakan PC dan Tool Khusus
1. Upgrage Via Over The Air OTA (Over The Air) yakni perumpamaan yang digunakan di saat melaksanakan upgrade android pribadi dari hape dengan aplikasi pembaruan metode yang dimiliki oleh masing-masing hape. Namun secara lazim untuk mendownload pembaruan metode pribadi dari hape sanggup didapatkan dengan mengakses hidangan PENGATURAN / TENTANG PONSEL / PEMBARUAN SISTEM. Agar proses Upgrade metode Android tidak mengalami kegagalan, tentukan anda sudah membaca 7 Tips ini.

2. Upgrade Via System RecoveryUpgrade Android menggunakan System Recovery ialah proses instalasi ROM / Firmware menggunakan metode recovery bawaan hape. Karena System Recovery bawaan memiliki fitur yang terbatas. Sekelompok programer pecinta android menyebarkan System Recovery perhiasan menyerupai TWRP untuk membuat lebih gampang proses instalasi Firmware / ROM. Keberadaan system Recovery pihak ketiga menyerupai TWRP juga menolong pengguna yang perangkatnya tidak mendapat jatah pembaruan model android. Tapi sanggup menggunakan Custom ROM dengan model Android yang lebih tinggi dengan terlebih dahulu melaksanakan Rooting pada ponselnya.

3. Upgrade Android Menggunakan PC .  Menjalankan proses upgrade metode operasi android menggunakan PC membutuhkan tool selaku alat bantu instalasi Firmware / ROM. Odin Multy Downloader yakni salah satu Tool terkenal yang kerap kali digunakan menolong jalannya instalasi metode ke hape utamanya hape android brand Samsung. Untuk hape android brand Oppo dan Xiaomi biasanya menggunakan Flash Tool.

Persiapan Sebelum Upgrade Android

Sukses tidaknya proses upgrade android diawali dari antisipasi yang matang. Sebelum anda melakukan upgrade, persiapakan dahulu hal-hal yang diharapkan menyerupai :

1. Bakup File PentingMeskipun dalam melakukan upgrade android tidak akan meniadakan data, tetapi alangkah baiknya ada backup sebelum hal yang tidak dikehendaki terjadi. Backup file-file penting yang ada di memori internal menyerupai Gambar, video, dokumen dan kontak. Anda bisa menyalin file menyerupai foto dan video yang ada di memori internal ke memori eksternal. Atau anda juga bisa memindahkannya ke computer untuk sementara.

2. Sediakan Data Internet Yang CukupJik anda memutuskan untuk melakukan upgrade secara OTA, file upgrade yang mesti didownload berkisar antara 1-1,5 GB. Untuk itu tentukan ada memiliki kuota internet yang cukup untuk mendownload file dengan ukuran 1,5 GB. Dari pengalaman upgrade sebelumnya, diusulkan memiliki kuota dua kali lipat dari besaran file yang dibutuhkan. Hindari upgrade dengan data ngepas untuk menyingkir dari proses download berhenti ditengah jalan. Persiapan data yang cukup diharapkan jikalau anda menggunakan data seluler untuk upgrade. Bila anda memiliki jalan masuk jaringan Wifi yang kencang, tahapan ini bisa anda lewatkan.

3. Sediakan 2 GB Ruang Kosong Pada Memori Internal.  Ruang penyimpanan yang diharapkan untuk menginstal system gres biasanya lebih dari 1 GB. Untuk itu tentukan anda memiliki ruang kosong lebih besar dari jumlah yang diharapkan (Rekomendasi 2 GB).

4. Isi Daya Baterai Hingga Full 100 %Jangan pernah berjudi dengan menyisihkan 30% daya baterai di saat melaksanakan upgrade. Dari beberapakali melaksanakan upgrade via OTA dengan Data Seluler, waktu yang diperlukan bisa beberapa jam alasannya yakni koneksi internet yang naik turun. Perangkat juga akan terasa panas dan keadaan ini akan menyedot daya baterai lebih cepat. Untuk itu, tentukan anda memiliki 100% daya baterai di saat menajalankan upgrade via OTA. Kalau bisa, upgradenya juga dirumah, supaya bisa pribadi ngecharge di saat baterai kelemahan daya. Keempat antisipasi diatas berlaku buat anda yang ingin melakukan upgrade android via OTA. Bagi anda yang mau upgrade android secara manual persiapannya beda lagi menyerupai : Laptop, Driver USB, Firmware / ROM, Flash Tool.

5. Laptop Dengan Sistem Operasi WindowsSaya mengusulkan upgrade itu menggunakan laptop ketimbang PC. Karena laptop punya cadangan daya pada baterai jikalau di saat proses upgrade (Flashing) tiba-tiba listrik mati. Kecuali computer desktop anda menggunakan UPS, bolehlah menggunakan PC Desktop.

6. Menginstal Driver USBAgar perangkat sanggup terbaca oleh system operasi Windows, anda mesti menginstal driver USB terlebih dahulu di computer anda.Driver USB bisa anda download disitus resmi produsen ponsel android anda, saya sudah sediakan link downloadnya disini :

•    Driver USB Samsung
•    Driver USB Asus
•    Driver USB Oppo
•    Driver USB Xiaomi

7. Tool TambahanPonsel android menyerupai Samsung membutuhkan alat instalasi Firmware bantu berupa kesibukan khusus yang disebut ODIN. Program Odin berisikan banyak sekali versi. Ponsel android Samsung modern biasanya membutuhkan model Odin yang lebih gres pula. Penjelasan wacana cara penggunaan Odin saya akan jelaskan di postingan Cara menggunakan Odin untuk Flash Ponsel Android Samsung.

8. Firmware / ROMFirmware / ROM biasanya sanggup dengan gampang kita peroleh disitus resmi masing-masing produsen ponsel yang anda gunakan. Masing-masing ROM punya kode tersendiri sehingga anda mesti lebih cermat sebelum tentukan untuk mendownloadnya. Pada urusan ponsel android Samsung, walaupun ponselnya memiliki tipe dan seri yang serupa tetapi tidak menjamin memiliki pita dasar yang sama. Begitu juga dengan Asus, firmware yang mau diinstal mesti menggunakan SKU yang serupa menyerupai : WW, TC dll.

Penjelasan wacana bagaimana mendapat Firmware / ROM yang cocok akan saya jelaskan di postingan saya sebelumnya Situs Terlengkap Download Firmware Android Samsung.

Upgrade Android Samsung 

Untuk tutorial Upgrade hape brand Samsung, saya gunakan pola Galaxy J7 Prime yang mendapat jatah pembaruan model android Nougat dan Galaxy Grand Prime yang sebelumnya Kit-Kat sanggup ditingkatkan ke Lollipop

Upgrade Via OTA. Pertama tentukan anda sudah mendapat notifikasi adanya pembaruan metode pada perangkat anda yang ditandai dengan adanya ikon tanda 1 pada hidangan setting. Setelah itu metode android perangkat anda akan mencari file update di server Samsung dan memperlihatkan informasi update menyerupai gambar berikut ini :

Klik tombol download untuk mulai mengunduh file update tunggu prosesnya jawaban 100%. Ada baiknya anda membiarkan proses download berjalan tanpa melaksanakan aktifitas lain menyerupai internetan. Takutnya nanti aktifitas tersebut sanggup menghemat kecepatan download sehingga prosesnya kian lama. Setelah jawaban metode akan melaksanakan restart dan harap maklum jikalau booting pertama kali agak sedikit lama. Karena metode gres terlebih dahulu memindai hardware dan aplikasi yang sudah terpasang pada metode sebelumnya.

Tunggu proses instalasi jawaban hingga metode memperlihatkan halaman wajah dengan penampilan Android gres (Nougat).

Via Samsung KiesSamsung KIES (Key Intuitive Easy System) ialah kesibukan khusus yang dikembangkan oleh Samsung untuk membuat lebih gampang pengguna ponsel cerdas Galaxy dalam : Membuat cadangan (Back Up) File, kontak, Firmware dll. Samsung KIES juga dirancang mudah-mudahan sanggup membuat lebih gampang anda melaksanakan pembaruan system apabila perangkat Galaxy anda mendapat jatah Firmware Android terbaru.

Bagaimana cara menggunakan Samsung KIES untuk melakukan Upgrade Android…?

Pertama download dahulu kesibukan Samsung KIES disini. Yang perlu anda ingat yakni downloadlah Samsung KIES model 3 bukan yang lain.

Mengapa mesti Samsung KIES model 3…?

Karena Samsung KIES model 2.6 ditujukan untuk perangkat Samsung Galaxy yang melakukan Android 4.2 kebawah. Sedangkan Galaxy Grand Prime SM-G530H melakukan Android Kit Kat Versi 4.4.

Untuk Driver USB anda tidak perlu menginstalnya, alasannya yakni didalam installer Samsung KIES sudah ada driver terbaru.

Setelah anda download kesibukan Samsung KIES, secepatnya install pada computer (dianjurkan menggunakan laptop) tetapi jangan dijalankan dahulu hingga perangkat Samsung Galaxy sudah siap untuk diupgrade.

Sebelum mulai, ada beberapa antisipasi yang mesti anda jalankan yakni :

  • Pertama, tentukan baterai perangkat Smartphone anda dayanya sudah terisi 100%. Hal ini untuk menyingkir dari terhentinya proses upgrade ditengah jalan alasannya yakni Smartphone kekurangan daya.
  • Kedua, kerjakan backup Kontak, file-file penting didalam memori internal alasannya yakni akan dihapus di saat proses upgrade berlangsung.
  • Ketiga, tentukan computer yang anda pakai memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil. Cepat atau tidak proses upgrade menggunakan KIES tergantung dari kecepatan internet anda.
  • Keempat, catat Model perangkat Galaxy anda misalnya SM-G530H. Catat juga Nomor IMEI yang sanggup anda lihat di sticker dibelakang baterai Smartphone atau tekan “ *#06# ” di dial pad.
  • Kelima catat model pita dasar yang sanggup anda lihat dengan membuka hidangan : Setting / Tentang Perangkat / Versi Pita Dasar yang ada goresan pena HXCU atau XXU.

Masing-masing perangkat punya pita dasar yang berbeda. Versi pita dasar ini akan kita gunakan nanti di saat mencari firmware yang Smartphone anda perlukan untuk kita install menggunakan Odin.

Setelah semua antisipasi jawaban matikan ponsel cerdas anda. Langkah selanjutnya masuk ke Download Mode dengan menekan variasi tombol Home + Volume Bawah + Power. Bila anda mengalami kesusahan masuk ke Download Mode alasannya yakni perangkat tergesa-gesa masuk menu. Siasati dengan menekan tombol variasi satu persatu menyerupai tekan Home kemudian Volume Bawah gres kemudian tombol power.

Tunggu beberapa di saat hingga timbul perayaan akan ancaman menginstal OS Custom. Abaikan saja dengan menekan tombol Volume Atas untuk menlanjutkan atau Volume Bawah untuk Cancel. Jalankan Aplikasi Samsung KIES dan sambungkan Smartphone dengan komputer menggunakan kabel data. Tunggu beberapa di saat hingga KIES mengerti dan perangkat anda.

Rahasia

Akan ada persan Pop Up yang meminta anda untuk mengkonfirmasi apakah anda akan melanjutkan proses. Langsung saja anda klik “Confirm” untuk melanjutkan. Selanjutnya anda akan menyaksikan penampilan permulaan Samsung KIES, klik pada hidangan TOOLS dan pilih submenu “FIRMWARE UPGRADE AND INTIALITATION “. Anda akan diminta memasukkan nama atau tipe perangkat samsung galaxy anda misalnya SM-G530H. Setelah itu masukkan nomor IMEI yang sudah anda catat kemudian klik OK untuk melanjutkan.

Begitu juga apabila ada pesan perayaan bahwa aktifitas upgrade ini akan meniadakan semua file didalam memori internal abaikan saja kemudian klik tombol START UPGRADE. KIES akan mendownload firmware yang cepat atau tidaknya tergantung kecepatan internet anda. Proses ini akan berjalan lama, jadi anda dapat melaksanakan aktifitas lain menyerupai ngopi dan merokok asal jangan hingga lupa kalau anda sedang upgrade firmware.

Setelah mendownload KIES akan menginstall firmware dan prosesnya akan ditampilkan pula pada perangkat anda. Apabila proses install selesai, Smartphone akan melaksanakan Restart dan booting agak sedikit usang untuk menginstall aplikasi bawaan sistem.

Menggunakan OdinBerbeda dengan kedua tadi yang menggunakan Samsung KIES, cara ketiga menggunakan Odin tidak perlu terkoneksi ke internet.

Cuma..

Firmwarenya mesti anda download terlebih dahulu sesuai dengan tipe hape dan pita dasar yang mimin minta untuk dicatat diawal tadi. Untuk mendapat firmware yang anda perlukan caranya sudah mimin jelaskan secara lengkap Tutorial Download Firmware Samsung. Silahkan gunakan cara yang menurut anda paling mudah.

Firmware yang sudah didownload biasanya masih dalam format zip. Sedangkan ekstensi file dari firmware setelah dikestrak yakni MD5. Gunakan kesibukan 7Zip untuk mengkestrak firmware yang sudah anda download kemudian letakkan dalam satu folder bareng dengan kesibukan Odin.

Untuk kesibukan Odin sendiri sanggup anda download dan baca tutorial dari masing-masing tombol yang ada pada kesibukan Odin di postingan ini.

Tidak lupa pula download dan install Driver USB samsung modern yang sesuai dengan metode operasi windows (32 atau 64 bit) yang anda pakai pada komputer ( direkomendasikan menggunakan laptop).

Tapi jikalau anda sudah menginstall aplikasi Samsung KIES dikomputer, anda tidak perlu menginstall driver alasannya yakni didalam KIES sudah terdapat driver terbaru.

Aktifkan Developer Mode ( Mode Pengembang) pada perangkat Samsung Galaxy Grand Prime anda dengan cara : buka hidangan Setting (Setelan) / About Phone (Tentang Perangkat) / Baseband Version (Versi Pita Dasar) kemudian ketuk lima kali berturut-turut.

Anda akan mendapati hidangan gres yakni Mode Pengembang tepat diatas hidangan Tentang Perangkat. Buka hidangan developer mode tadi kemudian aktifkan Debuging USB ( Mendebug USB), cara mengakitkfannya tinggal diklik saja (Swipe).

Setelah semua antisipasi lengkap, saatnya masuk ketahap flashing Grand Prime menggunakan Odin. Pertama matikan Galaxy Grand Prime kemudian masuk Download Mode. Caranya sudah mimin jelaskan diawal, jikalau lupa silahkan baca kembali. Jalankan kesibukan Odin kemudian alihkan perhatian ketombol “ AP ” atau “ PDA ” yang berada disebelah kanan aplikasi Odin. Klik tombol tersebut untuk memasukkan firmware yang sudah diekstrak dengan ekstensi file MD5.

Proses ini agak sedikit usang alasannya yakni ukuran firmware setelah diekstrak bisa membengkak hingga 2X (dua kali) lipat. Akan ada pesan “ Added “ di Messages Box yang menerangkan firmware berhasil diload. Selanjutnya hubungkan Grand Prime dalam posisi Download Mode tadi dengan komputer menggunakan kabel data.

Berbicara wacana kabel data, sungguh diusulkan untuk menggunakan kabel data orisinil (bawaan) serta dalam keadaan baik dan tidak pernah terjadi gangguan di saat digunakan melaksanakan pengisian daya. Menggunakan kabel data yang berurusan cuma akan menghasilkan gagal proses upgrade.  Firmware sehingga menyebabkan ponsel cerdas Bootloop dan problem lain yang lebih parah menyerupai kerusakan EMMC.

Klik tombol start untuk mengawali proses install yang mau berlansung 5-7 menit saja dan perangkat akan RESTART setelah penginstalan firmware komplit 100%. Proses booting pertamakali akan sedikit lebih usang dari biasanya alasannya yakni metode akan memasang aplikasi bawaan metode yang baru.

Setelah masuk kemenu dengan melaksanakan settingan perangkat pertama kali maka sanggup dibilang proses Upgrade Android Grand Prime ke Lollipop sukses.

Upgrade Android Oppo 

Untuk ponsel Android brand Oppo, saya cuma menggunakan 2 metode berikut yakni Via OTA dan System Recovery.

#1. Upgrade Via OTA

  • Buka hidangan pengaturan pada ponsel .
  • Pilih wacana PONSEL / PERBARUI SISTEM / PERBARUI SEKARANG
  • Jika tersedia, ponsel anda akan secara otomatis mendownload file update yang diperlukan.
  • Setelah selesai, anda akan diminta untuk menginstall file update tadi dan ponsel akan RESTART.

#2. Upgrade Via System Recovery

Cara selanjutnya ini cocok untuk anda yang punya paket data internet terbatas.

  • Pertama download terlebih dahulu ROM Color OS modern di www.oppo.com/id/downloads
  • Setelah download selesai, pindahkan file update yang sudah didownload tadi ke ROOT DIRECTORY ( penyimpanan internal ) tanpa dimasukkan kedalam folder lagi.
  • Mulai proses penginstalan dengan masuk ke System Recovery dengan cara menekan tombol“ POWER + VOLUME BAWAH “ secara bersamaan.
  • Setelah masuk metode recovery kerjakan WIPE DATA DAN CACHE untuk meniadakan data dan cache aplikasi yang ada pada system sebelumnya.
  • Proses WIPE DATA DAN CACHE ini tidak dapat anda lewatkan, alasannya yakni sanggup menyebabkan Error di saat installasi system baru.
  • Langkah selanjutnya yakni pilih hidangan INSTAL FORM SD CARD kemudian cari file update yang sudah anda download tadi
  • Klik file tersebut, kemudian pilih pilihan install UPGRADE NOW.

Supaya terang anda dapat tonton video Tutorial berikut :

Upgrade Android XIAOMI 

Ada tiga cara yang sanggup anda gunakan untuk mengembangkan model android. Sebagai contoh, saya menggunakan hape Xiaomi Redmi 4X yang mau di Upgrade ke Nougat dengan balutan antar wajah MIUI 9.

Langkah-langkahnya selaku berikut :

#1. Upgrade Via Over The Air (OTA)

Istilah Over The Air (OTA) tujuannya yakni kita mendownload ROM modern pribadi dari perangkat xiaomi dengan mengakses hidangan pembaruan yang ada pada setiap perangkat xiaomi.

Caranya, buka hidangan : SETELAN / TENTANG PONSEL / PEMBARUAN SISTEM / PERIKSA PEMBARUAN.

Apabila tersedia pembaruan perangkat lunak terbaru, anda tinggal mengikuti isyarat yang diberikan yakni mengklik tombol update (perbarui).

Karena ukuran file yang mesti didownload cukup besar yakni sekitar 1,5 GB, semestinya anda menggunakan jaringan Wifi (yang kencang tentunya) di saat mendownload file update.

Mengapa…?

Karena kalau anda menggunakan jaringan seluler, data yang diharapkan lumayan banyak (tidak apa-apa kalau paket data internet anda melimpah).

Selain itu, proses download agak lebih usang alasannya yakni tergantung keadaan jaringan provider internet yang anda gunakan.

Bukan itu saja problem yang mau didapatkan apabila anda nekad download pembaruan android dengan data seluler, alasannya yakni mendownload menggunakan data akan menghasilkan hape cepat panas sehingga menyedot daya baterai lebih cepat. Untuk itu tentukan keadaan baterai dalam keadaan sarat 100%.

Syarat lain agar  sanggup menginstall paket permbaruan metode setidaknya diperlukan 2 GB ruang kosong pada ruang penyimpanan internal dan keadaan daya baterai minimal 30%.

Jika tidak menyanggupi kedua syarat tersebut maka proses install tidak akan bisa dilakukan.

Metode OTA ini sungguh gampang dijalankan, tetapi mengingat data internet yang digunakan lumayan banyak dan juga tidak siapa saja punya jaringan Wifi yang kencang, ada baiknya untuk anda untuk menimbang-nimbang pilihan kedua yakni Cara manual.

#2. Cara Manual

Yang saya maksud metode manual yakni firmware atau ROM modern kita download manual terlebih dahulu gres setelah itu kita install.

Bagaimana cara downloadnya…?

Pertama datangi https://en.miui.com  kemudian Pada halaman wajah situs anda akan mendapatkan penampilan permulaan menyerupai gambar berikut (mini browsing menggunakan hape) :

Klik tombol miui 9 yang ada disebelah kanan, kemudian anda akan diarahkan kehalaman download ROMuntuk masing-masing perangkat.

Disini anda tidak perlu heran jikalau ROM MIUI tidak cuma tersedia untuk perangkat xiaomi saja tetapi juga tersedia juga untuk brand hape lain menyerupai Samsung, Motorola, Oppo, HTC dll.

Untuk mulai mendownload ROM anda cuma tinggal klik “All Device” kemudian scroll layar perangkat kebawah dan dapatkan brand dan tipe hape yang anda gunakan.

Jika saya ingin mendownload ROM untuk hp Xiaomi lain, bagaimana cara mengerti tipe hp yang saya gunakan.

Untuk mengerti tipe perangkat, anda dapat menyaksikan box (kemasan) perangkat anda dan niscaya ada.
Tapi kalau anda beli barang bekas, anda sanggup membuka hidangan : SETELAN / TENTANG PONSEL.

Disana anda sanggup menyaksikan Nomor Model perangkat anda misalnya Redmi 4X, Redmi 3, Redmi 3S, Redmi 5A dll. Selain itu ada informasi model android yang anda pakai di sekarang ini dan tipe ROM (Versi MIUI).

Dengan informasi ini maka di saat anda ingin mendownload RO Mpastikan sudah sesuai dengan tipe ROM yang digunakan kini (Stabil atau Developer), misalnya :Versi Android 6.11 dengan Versi MIUI : MIUI 8 Global 8.2 Stabil atau MIUI 8.2 Beta untuk Developer ( angka yang tercantum cuma pola saja).

Setelah ketemu pribadi klik saja kemudian anda akan dibawa kehalaman download firmware untuk perangkat xiaomi anda.

Ada dua pilihan firmware yang mau diberikan yakni : Global ROM dan Chinese ROM.

Dua ROM ini dibagi lagi menjadi dua model yakni : model Stabil (direkomendasikan) dan model Developer yang ditujukan untuk para developer (pengembang).

Perbedaan antara ROM model Global dan China terletak pada eksistensi aplikasi Google.

Sebagaimana kita ketahui, di china Google sudah ditendang dan produk mereka dilarang, sehingga pada ROM China tidak akan anda dapatkan Playstore, Gmail, Google Maps dll, melainkan diganti produk sejenis yang dikembangkan developer dalam negeri China sendiri.

Untuk menginstall aplikasi google pada ROM China, anda membutuhkan aplikasi Google Installer.
Google installer yakni aplikasi yang mau menginstall Google Playstore pada perangkat Xiaomi dengan ROM China, setelah Plasystore terinstall anda tinggal download aplikasi google lain menyerupai perangkat android pada umumnya.

Sedangkan ROM Global sudah pasti kebalikan dari ROM china dimana semua aplikasi Google sudah nangkring dan dijadikan selaku aplikasi default.

Setelah anda memutuskan ROM yang anda perlukan, silahkan download filenya kemudian letakkan pada memori internal tanpa dimasukkan kedalam folder lagi mudah-mudahan nanti gampang dicari di saat melaksanakan instalasi.

Untuk menginstall ROM yang sudah didownload buka hidangan : SETELAN / TENTANG PONSEL / PEMBARUAN SYSTEM.

Arahkan perhatian anda ke pojok kanan atas dibawah icon baterai, ada tombol berupa tiga buah titik untuk memperlihatkan pilihan selanjutnya dari hidangan pembaruan system.

Akan ada 5 buah pilihan yakni : unduh pembaruan, pilih paket pembaruan, pembaruan otomatis, mulai ulang ke mode pemulihan (Recovery) dan apa yang baru.

Karena kita sudah punya file upgrade yang diharapkan maka kita memutuskan pilihan kedua yakni “ PILIH PAKET PEMBARUAN “ .

Pilih pilihan tersebut kemudian cari file yang sudah didownload tadi dengan aplikasi Mi File Manager dan klik file yang dimaksud kemudian tekan “ OKE”.

Pastikan anda terkoneksi internet alasannya yakni sebelum diinstall file akan diverifikasi terlebih dahulu.

Setelah itu akan timbul tombol perbarui yang artinya ROM siap untuk diinstall.

Setelah proses instalasi jawaban selanjutnya perangkat melaksanakan restart untuk menyempurnakan proses instalasi system baru.

Namun terkadang, kedua proses diatas mengalami kebuntuan alasannya yakni perangkat menolak untuk menginstall ROM.

Terus bagaimana solusinya…?

Ibarat orang kalau sudah pakai cara halus menyerupai dua metode diatas tetapi tidak mempan, maka langkah selanjutnya kita menggunakan cara kasar.

Cara bergairah yang dimaksud dengan menginstallnya lewat CustomRecovery pihak ketiga menyerupai TWRP.

#3. Menggunakan TWRP

Menginstall Custom Recovery menyerupai TWRP ada banyak keuntungannya walaupun ada juga resikonya menyerupai kerusakan perangkat (jarang terjadi) dan hangusnya garansi.

Manfaat Menginstall TWRP pada perangkat Xiaomi :

  • Memudahkan kita melaksanakan penginstalan ROM modern maupun berpindah ROM misalnya dari ROM Stabil ke model Developer atau sebaliknya;
  • Memudahkan kita menginstall custom ROM ;
  • Memungkinkan kita melaksanakan Rooting pada perangkat sehingga anda sanggup mengoprek system ;
  • Memudahkan kita mengisntal aplikasi tertentu menyerupai Dolby Atmos mudah-mudahan mutu audio makin jernih dan kencang atau aplikasi tweak system menyerupai Xposed ;
  • Memudahkan kita membersihkan system dari file cache dan sampah yang seringkali tidak dapat dihapus lewat aplikasi pembersih bawaan Xiaomi ;
  • Memudahkan kita melaksanakan Back up ROM dan merestorenya kembali tanpa perlu flash ulang.
  • Masalahnya, Untuk sanggup menginstall TWRP ada syaratnya yakni : perangkat xiomi sudah Unlock Bootloader, dengan mengirim tuntutan unlock ke pihak Xiaomi terlebih dahulu.

Lalu bagaimana tepatnyacaraUnlock Bootloader dan install TWRP itu sendiri..?

Saya tidak akan menerangkan cara Unlock Bootloader dan install TWRP alasannya yakni postingan ini akan menjadi panjang.

Untuk klarifikasi wacana cara unlock bootloader panduannya bisa anda baca pada postingan berikut ini wacana cara unlock bootloaderdan disini untuk install TWRP yang sudah diterangkan dengan sungguh lengkap.

Setelah bootloader terbuka dan TWRP terinstall, saatnya sanksi menginstall ROM gres menggunakan Custom Recovery TWRP.

Masuk ke TWRP dengan cara menekan tombol“ Volume Up + Power “  dan tahan, tunggu hingga perangkat bergetar kemudian lepaskan.

Jika malas mematikan perangkat, anda dapat masuk TWRP dengan cara masuk hidangan : SETELAN / TENTANG PERANGKAT / PEMBARUAN SISTEM.

Seperti yang sudah diterangkan diawal tadi, klik titik tiga dipojok kanan atas untuk mengakses pilihan selanjutnya, kemudian pilih pilihan yang keempat yakni “ MULAI ULANG KE MODE PEMULIHAN “ kemudian klik tombol mulai ulang sekarang.

Ada 8 buah hidangan yang diberikan yakni : Install, Wipe, Backup, Restore, Mount, Setting, Advance, dan Reboot.

Karena kita akan menginstall ROM, langkah permulaan kita bersihkan dahulu system yang digunakan di sekarang ini dengan melaksanakan WIPE CACHE DAN DALVIK / ART CACHE.

Caranya, klik hidangan WIPE / ADVANCE VIEW LALU CENTANG ART / DALVIK CACHE dan Cache kemudian SWIPE untuk eksekusi.

Mengapa ini perlu…?

Dari beberapa klarifikasi yang saya dapat, melaksanakan Wipe data dan Cache menghemat terjadinya Error pada di saat proses install ROM baru, untuk itu tidak ada salahnya untuk dijalankan.

Selanjutnya…

Tekan tombol back dan kembali ke hidangan utama, klik hidangan install, cari file update yang mau kita install dan swipe untuk eksekusi.

Proses instalasi agak sedikit lama, terlebih di saat proses sudah meraih 90%.

Setelah selesai, REBOOT / RESTART perangkat dengan mengklik tombol Reboot dan pilih Reboot ke System.

Dengan demikian proses upgrade sudah berhasil dilakukan.

Cara Upgrade Android Hape ASUS (ZE550KG Lollipop ke Marshmallow)

Seperti menyerupai hape brand lainnya, hape brand Asus juga menawarkan hidangan untuk membuat lebih gampang proses pengecekan adanya pembaruan sistem.

Anda cuma perlu melakukan aplikasi tersebut dan menganalisa pembaruan metode yang tersedia.

Alternatif lainnya, anda dapat menggunakan cara manual menggunakan System Recovery bawaan Asus.

Cara instalasi firmware android pada ponsel Asus menurut saya yang paling mudah, alasannya yakni tinggal anda copy firmware yang sudah didownload tadi ke memori internal menggunakan kabel data.

Setelah jawaban anda copy file tersebut kemudian anda cabut kabel USB dari ponsel, system Android akan menunjukkan ada file update tersedia.

Tap tombol pemberitahuan tersebut kemudian ada perintah untuk instal firmware.

Prsoes instalnya agak lama, jadi tentukan anda sudah mengisi daya baterai hingga penuh.

Apabila nanti anda ingin downgrade, anda tinggal copy firmware Lollipop yang stabil, kemudian namai ulang menyerupai firmware terbaru.

Prosesnya sama menyerupai di saat upgrade, tetapi nanti setelah anda install firmwarenya kerjakan reset via System Recovery.

Yup itulah beberapa tutorial yang dapat anda gunakan untuk melaksanakan Upgrade Versi Android Hape anda.

Untuk hal-hal yang kurang jelas, silahkan tanyakan via kolom komentar.

Rahasia
Next Post

Cara Download Happymod Apk Versi Terbaru

Cara download HappyMod APK versi terbaru sanggup kita lakukan dengan sangat gampang dan cepat. Artikel yang sedang Anda kunjungi kini ini akan membahas tutorial dan langkah-langkah dalam mengunduh HappyMod tersebut yang sanggup Anda ikuti jikalau ingin menggunakannya. Sebelum ke cara mendownload HappyMod, sudahkah Anda tahu aplikasi apa HappyMod ini beserta […]
Cara Download Happymod Apk Versi Terbaru
/* */