Cara Kondusif Bermain Facebook

Joss
Read Time6 Minute, 43 Second
Facebook merupakan platform sosial media terbesar yang paling banyak dipakai Cara kondusif bermain facebook

Facebook merupakan platform sosial media terbesar yang paling banyak digunakan. Seiring mudahnya mengakses internet dan perkembangan teknologi smartphone hampir semua orang didunia memakai facebook. Bahkan ada yang menghabiskan waktunya berjam-jam hanya untuk bermain facebook.

Facebook bukan sekedar platform jejaring sosial saja tetapi juga merupakan media bisnis dimana orang sanggup menjual produk mereka lewat promosi di facebook baik gratis maupun berbayar. Di fb juga ada konten kreator ibarat layaknya youtube dan kau juga sanggup menghasilkan uang dari facebook.

Baru-baru ini fb mengumumkan kalau platform mereka akan mengeluarkan fitur uang digital. Namun belum niscaya kapan fitur tersebut sanggup diluncurkan secara resmi.

Apakah facebook aman? Ya facebook sangat aman, akan tetapi konten yang ada di fb lah yang sangat berbahaya bagi kita. Sekarang ini mungkin sudah ada jutaan konten yang di unggah ke facebook, konten yang berbahaya itu ibarat konten penipuan, hoax, phising dan sejenisnya.

Di facebook juga terjadi sistem jual beli, bila kau masuk lembaga (grup) jual beli maka kau sanggup menemukan banyak sekali macam produk dan jasa yang ditawarkan oleh pengguna facebook. Nah dari situlah awal mula kejahatan terjadi, maraknya penipuan yang ada di facebook menciptakan kita menjadi tidak aman.

Pengalaman saya pernah kena tipu atau biasa kita menyebutnya Ripper. Dulu ingin membeli produk digital yaitu doge coin eceran dengan metode pembayaran memakai pulsa. Akan tetapi sehabis saya bayar, akun saya eksklusif di blokir dan produknya tak kunjung dikirim.

Selain itu konten hiburan ibarat tiktok, shitposting, meme yang sanggup menghipnotis daya fikir kau banyak sekali di fb. Kamu mungkin akan menghabiskan lebih banyak waktu bermain facebook dibanding bersosialisasi di dunia nyata, jadi gak heran kalau anak generasi jaman now itu ada yang Nolife (suka menyendiri) dibandingkan bergaul dengan banyak orang.

Fb juga menjadi daerah beredarnya gosip hoax dan penipuan berjenis phising. Banyak orang menyebarkan gosip hoax hanya alasannya yaitu uang semata, berbeda dengan facebok 3 tahun yang lalu. Sekarang ini banyak sekali link-link yang doposting di facebook dengan tujuan mendapatkan traffik. Konten hoax biasanya dibalut dengan judul click bait dan terlalu mencolok demi menarik banyak perhatian orang.

Dalam artikel kali ini saya akan menyebarkan bagaimana cara kondusif dalam bermain facebook serta menghindari dampak negatif yang ditimbulkan.

1. Batasi jumlah sahabat jumlah akun yang anda ikuti

Anda harus membatasi interaksi, banyak orang berlomba-lomba memperbanyak jumlah sahabat mereka di fb hanya demi mendapatkan like dan komen. Percayalah dibalik banyak orang yang menanggapi postingan anda tidak ada yang peduli, bahkan sanggup memicuh efek negatif. Karena ada-ada saja orang yang tidak suka dengan anda, kepo lah, murka dll. Tapi mereka bukanya memakai fitur blokir, akan tetapi memakai fitur report sehingga terkadang akun anda tidak aman.

Saya seorang blogger terkadang suka membagikan link blog ke facebook, dan waktu itu saya berteman dengan banyak orang. Ada-ada saja yang iri postingaan saya dilaporkan sebagai spam oleh orang lain dan domain blog saya blacklist oleh facebook.

Membatasi jumlah sahabat juga biasa meningkatkan keamanan privasi kamu. Tahuka kau bahawa data di facebook sanggup dipakai untuk kepentingan orang lain ibarat penyamaran akun, bahkan ada yang menjual identitas orang. Hanya dengan berbekal foto selfi saja dengan teknologi pengenal wajah maka orang sanggup menemukan keberadaanmu, mengetahui apa saja kebiasaan kamu, siapa saja temanmu.

Itulah kenapa kau harus benar-benar menjaga prvasi kamu. Tahukah kau channel hacke bae sanggup diketahui pemiliknya oleh Face komputer berkat data dari sosial media.

Batasi jumlah akun yang diikuti
Sebenarnya mengikuti banyak akun tidak persoalan sih, tapi bila kau sudah terlalu banyak mengikuti akun lain sanggup saja menciptakan kau kecanduan facebook. Contohnya grup meme, fanspage shitpost, artist dan sebagainya sehingga kau melupakan sosialisasi dunia nyata.

Banyak mengikuti akun dan join grup sanggup menciptakan kau gampang terkena tipu oleh kejaharan cyber. Bisa saja kau tidak menyadari kalau link yang kau klik yaitu link phising, atau mungkin kami berbelanja di fb dengan orang yang tidak terpercaya sampai kesudahannya uangmu dibawa kabur.

2. Jaga prvasi kau tetap aman

Tanggal lahir, timeline, dan siapa saja keluargamu memang merupakan hal yang biasa-biasa saja. Akan tetapi hal tersebut sanggup saja disalahgunakan oleh orang lain, tanggal lahir yaitu privasi yang harus kau jaga.

Banyak orang beropini kalau semuanya di publikan akan lebih banyak orang yang melihatnya. Tapi sadarlah pada ketika itu juga kau sudah menyebarkan identitas kau ke orang lain.

Jangankan orang lain facebook saja sudah memakai data kau untuk mempersonalisasi iklan menurut minat dan hobbi kamu. Facebook juga menyimpan kontak kau untuk memilih rekomendasi sahabat yang cocok untukmu.

Sebaiknya kau mengatur semua privasi ke hanya sahabat atau dari sahabat ke teman. Ini Sangat cantik untuk mencegah orang lain yang tidak berteman sanggup melihat data kamu, bahkan facebook pun tidak akan merekomendasikan sahabat yang sama denganmu. Karena orang lain tidak sanggup melihat berapa banyak temanmu dan siapa saja yang menjadi temanmu.

3. Jangan gampang percaya

Terkadang kau melihat gosip yang diposting oleh orang atau sebuah halaman dengan domain blogspot, terkadang memakai TLD ibarat my.id, .xyz, me dst. Dan isi dari artikel tersebut yaitu click bait, gosip viral dan sebagainya. Jika kau mengklik link tersebut maka kau sudah tertipu dengan gosip hoax yang dirancang hanya untuk mencari kunjungan (traffik).

Jangan gampang percaya terhadap orang yang berjualan di facebook, alasannya yaitu orang yang berjualan di fb banyak sekali ripper / penipuan. Jika kau berniat ingin membeli barang atau jasa di facebook sebaiknya kau melihat akun yang dipakai oleh orang tersebut.

Akun orisinil bisanya dibentuk beberapa tahun lalu, dan isi album foto mereka sudah banyak kenangan bahkan testimoni. Lihat juga postingan timelinenya, penjual yang orisinil timelinenya rame ibarat owner kedas beauty rame banget cuy.

4. Jangan Login di daerah lain

Pastikan kau login hanya di aplikasi facebook resmi atau pada perangkat kau sendiri. Jika login via web pastikan alamat yang tertera pada addressbar merupakan facebook.com, selain dari itu situs tersebut tidak terpercaya atau phising.

Apabila kau login di perangkat lain, bersihkan cache & cookie serta history jelajah pada perangkat tersebut sehabis kau memakai facebook. Satu lagi jangan lupa untuk menghapus daftar perangkat login di akun facebook mu, tujuanya biar orang lain tidak memanfaatkan device tersebut untuk mengabil mahir akunmu.

5. Tambahkan kontak Terpercaya

Kontak terpercaya sangat membantu bila akun kau dalam bahaya, atau terkena verifikasi data yang meminta kau mengenali satu perstu foto sahabat dan menebak namanya. Kontak terpercaya juga sanggup memulihkan akunmu bila suatu ketika akunmu terkunci.

Agar sanggup memperoleh sumbangan di kontak terpercaya tambahkan maksimal 5 temanmu yang akan dimintai keterangan ketika kau butuh bantuan. Dan pastikan penambahan kau disetujui olehnya, suatu ketika apabila akun kau terkunci atau dicuri orang kau sanggup meminta sumbangan ke kontak terpercaya dengan memakai halaman login darurat.

Facebook akan mengirimkan URL khusus yang harus dibuka oleh kontak terpercaya, dan kemudian masing-masing sahabat kau akan diminta menyerahkan 6 digit instruksi verifikasi yang harus kau masukan pada kolom yang tersedia.

6. Jangan mengunggah video panas atau hal jelek lainya.

Fb sangat melarang orang mengunggah konten sampaumur yang sanggup membahayakan penggunanya. Jika tetap kau lakukan maka bersiap-siaplah mendapatkan peringatan dari fb, terkadang bukan hanya peringatan akan tetapi akun sanggup saja dinonaktifkan.

Saya punya pengalaman tidak menyenangkan pada tahun 2018 lalu, pertama akun saya pernah dinonaktifkan untuk pertamakalinya. Penyebab akun saya dinonaktifkan alasannya yaitu saya nekat memakai auto like facebook yang sangat dihentikan itu, selain memakai auto like saya juga mengirim link aktif ke facebook. Sehingga akun saya dinonaktifkan tetapi saya ejekan banding dan dalam waktu 4 hari banding saya diterima.

Kemudian saya nekat lagi menunggah video hot panas yang diperankan anak-anak, videonya hanya sebatas goyang / joget saja akan tetapi hanya memakai bikini dan dibalut dengan music nissa sabyan. Usai mengunggah akun saya eksklusif tidak sanggup diakses, sepert internet yang tak ada jaringan. Tetapi sehabis beberapa menit saya login kembali dan munculan notif peringatan akun anda sudah dinonaktifkan alasannya yaitu melanggar aliran komunitas!.
Sayang sekali akun yang saya buat pada tahun 2015 itu hilang sia-sia bahkan sudah banyak kenangan di dalamnya. Foto saya hilang semua, duka rasanya kehilangan. Untuk yang keduakalinya banding saya ditolak. Maka dari itu kau harus berhati hati dalam menciptakan timeline di facebook.

Kesimpulan
Bijak dan berhati-hati dalam memakai sosmed biaa menciptakan kau terhindar dari kejahatan cyber dan ancaman lainya yang sedang mengintai.

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

[Cell] Cara Flashing Asus Zenfone 2 Laser Z00ld

Asus Zenfone 2 Laser Z00LDD Bootloop udah wipe data Failed Full flash ajah bonus Frp Firmware aku ambil sesuai yang ada di recovery : Download  Tool : Download Step : – masuk recovery mode tekan power & volume bawah – kemudian pilih apply update from adb – sambungkan hp ke […]

Subscribe US Now