Cara Instal Android Oreo Stabil Di Redmi 4X

Sarah Lea
 kesannya sanggup melakukan metode operasi android Oreo berkat pemberian Tim AOSP Extended Cara Instal Android Oreo Stabil di Redmi 4X

Cara Instal Android Oreo 8.1 Stable  di Redmi 4XRedmi 4X kesannya sanggup melakukan metode operasi android Oreo berkat pemberian Tim AOSP Extended. Tim AOSP Extended sukses menyebarkan Custom ROM untuk Redmi 4X dengan fitur dan performa terbaik menyerupai laiknya Stock ROM MIUI.

Saya pribadi cukup menggunakannya selama 3 hari saja sebelum tentukan untuk tetap memakai AOSP Extended. Setidaknya hingga ada ROM MIUI 11…hahahaha

Untuk kau yang ingin menjajal ROM yang satu ini, berikut merupakan sedikit informasi  mengenai ROM AOSP Extended.

1. Apa itu Custom ROM AOSP Extended…?

AOSP Extended merupakan ROM yang dikembangkan dari isyarat sumber Android Open Source Project (AOSP) dari Google yang dirilis dan sanggup diedit siapapun. ROM ini menitik beratkan terhadap pengalaman pengguna baik itu ketentraman dan kinerja perangkat bukan terhadap performa semata.

2. Kelebihan ROM AOSP Extended

Sebelum tergesa-gesa mencoba, berikut merupakan keistimewaan dari Custom ROM AOSP Extended yang menjadikannya beda dengan Custom ROM lain.

#2.1 AOSP Extended Adalah ROM Yang Aman

ROM AOSP Extended secara berkala merilis patch kemanan modern setiap bulannya sempurna sehabis google merilisnya. Kaprikornus walaupun ROM ini merupakan Custom ROM, patch dan fitur yang ditanamkan sama menyerupai yang dilakukan Stock Android resmi.

#2.2. Nyaman Digunakan

Seperti yang sudah disebut diawal tadi, ROM ini menitik beratkan terhadap ketentraman dan kinerja sehingga ROM ini dijejali dengan fitur (Extension) berharga yang terus dikembangkan sehingga makin baik dari edisi ke edisi.

#2.3. Tersedia Update Via OTA

Tersedia Update Over The Air (OTA) menyerupai laiknya ROM pabrikan. Meskipun belum ada rilis patch keselamatan modern untuk model yang saya gunakan, fitur ini merupakan keistimewaan tersendiri suatu Custom ROM.

#2.4. Kinerja Optimal
 
Kinerja suatu Custom tidak ada yang pernah sebaik ini. Performa perangkat kian baik dengan pemberian Extensi yang ditanamkan. Tidak ada lag dan Bug yang sering kita dapatkan di Custom ROM lain. Semua fungsi utama hape berlangsung sungguh normal.

#2.5. Hemat Memori Internal

Penggunaan Ruang penyimpanan menjadi lebih maksimal sehabis memakai ROM AOSP Extended. Khususnya bagi perangkat yang cuma bermodalkan memori 8 / 16 GB. Terutama juga bagi pengguna Xiaomi saya rekomendasikan untuk bermigrasi ke ROM AOSP Extended. Seperti yang sudah saya share di postingan saya Cara Menghapus File Lainnya, dimana kita kita tidak tahu persis untuk apa peruntukan dari File Lainnya yang sanggup mengkonsumsi ruang bergiga-giga.

#2.6. Update Android Lebih Cepat

Pembaruan model Android lebih singkat dari pabrikan. Redmi 4X walaupun sudah mengalami 2 kali kenaikan model MIUI dari sebelumnya MIUI 8, 9, hingga 10, kenaikan model Android masih saja telat. Dengan memakai ROM AOSP Extended, anda sudah sanggup merasakan enaknya memakai Android Oreo yang lebih irit daya dan data.

Satu-satunya kelemahan ROM AOSP Extended merupakan ketersediaan perangkat yang disokong masih kurang alasannya merupakan kekurangan sumber daya. Selama memakai ROM AOSP Extended tiga hari saja sudah cukup bagi saya untuk tentukan bahwa ROM ini akan saya gunakan lama. Dari fitur dan kinerja, menurut anjuran saya lebih baik dibandingkan ROM pabrikan. Cuma alasannya merupakan proses instalasi ROM memakai cara khusus.

Terkadang kesalahan instalasi membuat fitur yang ada jadi tidak berfungsi. Sebagai suplemen performa ROM ini memakai dua buah Louncher yaitu Google Now Louncher dan Pixel Experience Louncher. Anda sanggup mengontrol salah satu Louncher tersebut selaku default di santapan PENGATURAN -> APLIKASI & NOTIFIKASI -> LANJUTAN.

Semua fungsi utama perangkat menyerupai RIL, Kamera, Bluetooth, Wifi berfungsi dengan baik. Kaprikornus tidak perlu berfikir usang untuk membuat ROM ini untuk hape penggunaan harian.

Masalah yang saya jumpai dikala melaksanakan instalasi ROM AOSP Extended V.5.8 ada empat. Dua diantaranya alasannya merupakan kesalahan saya sendiri. Sedangkan yang satunya lagi alasannya merupakan belum faham antarmuka sistemnya.

Read:  Unlock Bootloader Redmi Note 3 Pro

Masalah Pertama, saya gagal menginstal Gapps alasannya merupakan salah pilih paket instalasi. Awalnya saya memutuskan Gapps dengan spesifikasi CPU ARM64 -> Android 7.1 -> Pico. Saya memutuskan Android 7.1 alasannya merupakan dikala itu masih melakukan ROM MIUI 10 Beta yang masih berbasis Android Nougat.

Masalah yang ditimbulkan tentunya metode kosong tanpa aplikasi Google menyerupai Playstore, Gmail, Maps dll sehingga saya kesusahan mengunduh aplikasi. Tidak cuma itu perkara yang ditimbulkan, metode juga mengalami Crash dengan pesan Error Google Play Service Closed.

Setelah membaca dengan seksama tutorialnya, ternyata kita diwajibkan untuk melaksanakan Wipe pada : Dalvik / ART Cache, Data, System dan Cache. Untuk itu saya ulang lagi download Gapps yang cocok untuk ROM AOSP V.5.8 dan saya gunakan kini dengan spesifikasi ARM64 -> Android 8.1 -> Stock.

Masalah Kedua. TWRP minta Password dan Memori Internal tidak terbaca (0 MB). Untuk perkara TWRP yang minta passwod menyerupai keterangan yang saya baca tinggal memasukkan PIN, POLA atau Password yang digunakan di saat Sistem masih wajar jika pernah merasa melaksanakan penambahan sidik jari.

Yang bikin emosi, meski sudah memasukkan PIN namun TWRP tidak mengetahui PIN tersebut sehingga kita cuma diberikan saluran terbatas. Sedangkan untuk menangani TWRP yang minta Password cukup dengan Wipe Data / Factory Reset dengan resiko kita mesti Setting Ponsel dari awal.

Masalah Ketiga. Memori internal tidak terbaca sedangkan file yang hendak diinstal ada disana. Untung ada OTG sehingga sanggup melaksanakan instalasi Gapps yang sempurna dengan mengambilnya dari OTG.
 Sampai postingan ini saya posting, saya masih belum mendapatkan penyebab dan cara untuk menangani perkara pada TWRP yang tidak sanggup membaca memori internal.

Read:  Cara Remove Akun Mi Cloud Xiaomi Mi 5S Plus (Natrium) Tested

Masalah Keempat. Tombol panggilan masuk tidak tampil meski ada panggilan, yang ada cuma nada dering dan notifikasi panggilan tak terjawab. Solusinya atur dahulu permision dari aplikasi Telpon biar sanggup melaksanakan panggilan. Lengkapi juga daftar aplikasi default lain menyerupai Aplikasi SMS, Browser, dan Peluncur Sistem.

Rahasia

Karena dalam proses Instalasi Custom ROM, Rooting, Tweak dll kita membutuhkan pemberian Custom Recovery TWRP, berikut tutorial menginstal TWRP pada perangkat Redmi 4X.

Cara Instal TWRP Pada Redmi 4X

Ada 3 software berupa Driver yang dibutuhkan untuk menginstal TWRP di Ponsel Xiaomi. Driver ini fungsinya biar Sistem Operasi Windows yang komputer kau laksanakan sanggup membaca perangkat Redmi 4X. Sebenarnya cukup satu saja, namun untuk jaga-jaga siapa tahu perangkat tidak terbaca dengan cuma menginstal satu driver saja.

  • Download dan Instal Universal ADB Driver Set Up
  • Download dan Instal Mi PC Suite Set Up
  • Download dan Instal Qualcom Driver
  • Download TWRP Redmi 4X Cofface 3.0.3

Sedangkan persyaratan yang mesti dipenuhi agar TWRP sanggup terpasang dengan benar antaralain :

  • Redmi 4X dengan Bootlaoder yang sudah di Unlock info di https://en.miui.com/unlock/
  • Daya baterai 50 %
  • Komputer dengan Sistem Operasi Windows
  • Kabel Data Ori bawaan perangkat serta dalam keadaan baik

Eksekusinya….

Langkah 1. Ekstrak file TWRP yang sudah didownload tadi serta masih dalam format ZIP. Buka folder hasil ekstrakan, dimana kau akan mendapat 6 buah file yang terlihat menyerupai gambar berikut :

 kesannya sanggup melakukan metode operasi android Oreo berkat pemberian Tim AOSP Extended Cara Instal Android Oreo Stabil di Redmi 4X

Langkah 2. Matikan perangkat Redmi 4X kemudian masuk ke Fastboot Mode dengan menekan tombol VOLUME BAWAH + POWER, kemudian dikala akan timbul Mi Bunny yang sedang ngoprek robot Android.

Langkah 3. Klik kanan pada twrp-installer.bat kemudian RUN AS ADMINISTRATOR. Tekan tombol ENTER untuk mulai menginstal TWRP. Setelah itu tekan ENTER lagi untuk menutup aplikasi serta perangkat akan mengawali ulang secara otomatis kemudian masuk Recovery TWRP.

 kesannya sanggup melakukan metode operasi android Oreo berkat pemberian Tim AOSP Extended Cara Instal Android Oreo Stabil di Redmi 4X

Nanti kau akan mendapatkan performa permulaan TWRP menyerupai gambar dibawah ini dengan apalagi dahulu mengontrol bahasanya menjadi bahasa inggris. Untuk lebih jelasnya baca Panduan Instal TWRP Redmi 4X

Upgrade TWRP ke Versi Red Wolf

Kalau kau jenuh dengan performa TWRP yang itu-itu saja, kau semestinya menjajal pindah ke Recovery TWRP alternative yang menurut saya cukup keren dibanding yang Official.

Kelebihan TWRP Red Wolf :

  1. Tampilan lebih kece dengan dominasi warna merah + logo serigala yang keren
  2. Tidak terlalu mengkonsumsi banyak data menyerupai TWRP Official
  3. Tampilan santapan gampang dimengerti
  4. Mendukung Bahasa Indonesia

Cara instalasi tinggal download filenya, ada yang formatnya Zip dan ada yang berupa Image file. Kebetulan saya memakai yang image.

Buka santapan INSTAL -> SELECT STORAGE -> INSTALL IMAGE. Jika ada pertanyaan untuk merelace (menggantikan) Bootlaoder atau Recovery, pilih Recovery.

Cara Instal Android Oreo 8.1.0 Pada Redmi 4X

Syarat dan Persiapan Pemasangan ROM AOSP Extended
  • Buat cadangan file penting yang ada diperangkat (memori internal) dengan menyalinnya ke SD Card atau pindahkan ke harddisk komputermu alasannya merupakan nanti perangkat akan di WDFR (Wipe Data Factory Reset).
  • Isi daya hingga full 100 % minimal 50 %, fungsinya nanti jika terjadi perkara ada cukup daya dan waktu untuk melaksanakan perbaikan
  • Download Rom AOSP Extended Android Oreo 8.1 Official Versi 5.8 Stable ( 550 MB)  
  • Download Gapps dengan standar ARM64 -> Android 8.1 -> Stock (750 MB)
  • Paket data (Opsional) untuk melaksanakan setup akun sehabis proses instalasi selesai kau lakukan.
Cara Instal ROM AOSP Extended Pada Redmi 4X

Langkah 1. Salin kedua file (ROM dan GAPPS) ke Memory Eksternal ( SD Card) sanggup juga memakai OTG. Mengapa tidak eksklusif ke Memory Internal…? Karena sering terjadi perkara untuk TWRP dimana Internal Storage tidak terbaca serta dikala masuk TWRP minta Password / PIN. Untuk perkara ini akan dibahas nanti.

Langkah 2. Masuk ke TWRP dengan menekan tombol VOLUME ATAS + POWER.

Langkah 3. Pilih santapan WIPE -> ADVANCE WIPE OPTION kemudian pilih : DALVIK / ART CACHE, SYSTEM, DATA, CACHE. Proses ini akan meniadakan segala aplikasi beserta akun-akunnya sehingga diawal saya wanti-wanti untuk melaksanakan pencadangan.

Langkah 4. Kembali ke santapan utama kemudian pilih santapan INSTAL, cari ROM AOSP EXTENDED kemudian Instal menyerupai biasa dengan cara SWIPE. Setelah instalasi ROM selesai jangan lupa WIPE CACHE. Demikian juga untuk Instalasi GAPPS, kerjakan cara yang serupa menyerupai dikala menginstal ROM kemudian WIPE CACHE setelahnya. Setelah semua tahapan diatas selesai kau jalankan, Restart perangkatmu untuk mengawali pengaturan permulaan perangkat dengan nuansa Android Terbaru.

Penutup

Itulah tutorial Instalasi Android Oreo 8.1 pada perangkat Xiaomi Redmi 4X memakai Custom ROM AOSP Extended, mudah-mudahan bermanfaat.

Next Post

Tutorial Flash Samsung E1272 Via Research Download

Cara Flash Samsung e1272 – Ini sanggup Agan kerjakan dengan sungguh mudah dan tanpa tool lain selain Research Download. Bisa dikatakan postingan ini akan menampilkan tutorial flash Samsung e1272 tanpa box. File untuk menjalankan flashingnya pun telah saya sediakan secara lengkap di postingan ini dan sanggup Agan unduh secara gratis pastinya. […]
Tutorial Flash Samsung E1272 Via Research Download