Cara Flash Samsung J3 Pro Sm-J330g Nougat Ke Oreo, No Fail

Sarah Lea
Cara Flash / Upgrade Firmware Samsung J3 Pro SM-J330G Nugat ke Oreo – Kali ini akan diterangkan tindakan Upgrade model Android Samsung Galaxy J3 Pro SM-J330G dari Android Nougat ke Android Oreo.

Dalam postingan ini akan diterangkan langkah-langkahnya dengan sederhana dan mudah-mudahan gampang untuk dimengerti. Harap untuk memperhatikan tiap langkahnya dengan seksama agar jalannya proses Upgrade bagik itu scara OTA maupun via Flashtool tidak Fail.

Untuk memulai bimbingan kali ini, berikut beberapa fitur menawan yang hendak anda temukan sehabis menjalankan Upgrade Android ke Oreo.

langkah Upgrade model Android Samsung Galaxy J Cara Flash Samsung J3 Pro SM-J330G Nougat ke Oreo, No Fail

Fitur Baru Android Oreo 

  1. Emoji Baru Lebih Cartoonish. Google menunjukkan kalau ada pembaruan Emoji di Android Oreo dimana tampilannya dibentuk lebih Cartoonish dibandingkan emoji yang ada di Android Nougat.
  2. Auto Enable Wi-Fi. Memanfaatkan data dari GPS, fitur ini akan mengaktifkan Wi-Fi pada ketika anda berada di wilayah yang memiliki jaringan Wi-Fi serta pernah anda pakai sebelumnya. Sistem akan menyimpan jaringan tersebut dan secara otomatis mematikan data seluler.
  3. Picture in Picture. Pada android Oreo anda sanggup menjalankan panggilan video sembari menonton video dari youtube lewat browser Google Chrome berkat fitur PIP cuma dengan menekan tombol Home ketika video diputar.
  4. Smart Storage. Fitur ini memungkinkan metode untuk meniadakan file sampah secara otomatis dari ruang penyimpanan mudah-mudahan tersedia lebih banyak ruang untuk metode sehingga aplikasi sanggup dilakukan lebih cepat.
  5. Fitur Smart Text. Fitur Android Oreo ini membuat lebih gampang anda melalukan copy paste dengan mengaplikasikan On Device Machine Learning. Misalnya, ketika kita menyaksikan goresan pena suatu alamat, anda tak perlu lagi menyalinnya dengan mem-blok kata per kata. Google akan mengetahui frasa dan konteks goresan pena tersebut dan pribadi membloknya kata per kata untuk di-copy dan paste. Smart Text Selection juga akan menyarankan maps pada goresan pena alamat atau menyarankan kanal telepon ketika menyaksikan deretan nomor telepon.
  6. Snoze Pemberitahuan Aplikasi Sementara. Tidak cuma alarm doang yang sanggup anda tunda. Di Android Oreo, anda sanggup menjalankan snooze atau menangguhkan pemberitahuan semua aplikasi selama 15 menit, 30 menit, atau satu jam. Jadi, anda tidak akan melalaikan pemberitahuan penting walaupun anda sedang sibuk. Saat timer habis, anda akan mendapat perayaan lagi.

Cara Upgrade Android Samsung J3 Pro SM-J330G Online 

Sebelum mulai, ada beberapa hal yang mesti disediakan demi kelangsungan proses Upgrade dari Android Nougat ke Oreo Samsung J3 Pro SM-J330G menyerupai : 
  • Tersedia jaringan internet yang stabil dan cepat (direkomendasikan menggunakan jaringan Wi-Fi). Jika menggunakan Data Seluler setidaknya tersedia dua kali lipat ukuran File Update yang hendak didownload. Misalnya File Update / Upgrade berskala 1.5 GB, minimal paket data anda tersedia 3 GB.
  • Sediakan 2 GB ruang kosong dalam ruang penyimpanan internal perangkat anda untuk menyimpan metode gres yang hendak dipasang.
Read:  Download Firmware Samsung Galaxy A40 - Sm-A405s Asia

Langkah-Langkah Upgrade Android Samsung Via OTA

Pertama, Pastikan anda sudah mendapat notifikasi adanya pembaruan system pada perangkat anda yang ditandai dengana danya ikon angka 1 pada hidangan setting. 
Jika tidak, kerjakan pengecekan manual dengan membuka hidangan Pengaturan →Tentang Ponsel →Informasi Perangkat Lunak → Cek Ketersediaan Perangkat Lunak Terbaru.
Selanjutnya, jika sudah mendapat notifikasi, Klik hidangan Setting tersebut kemudian tap untuk mendapat pemberitahuan rincian wacana isi dari pembaruan perangkat lunak yang hendak didapat.
Setelah itu Download file pembaruan (Update) Setelah itu metode akan mencari file update dan tunggu prosesnya selesai 100%.

langkah Upgrade model Android Samsung Galaxy J Cara Flash Samsung J3 Pro SM-J330G Nougat ke Oreo, No Fail

Terakhir, sehabis proses download selesai system akan meminta untuk menjalankan Restart guna menginstal File Update yang sudah didownload tadi. 
Harap maklum kalau booting pertama kali agak sedikit lama, alasannya yakni system gres apalagi dahulu memindai hardware dana plikasi yang sudah terpasang pada system sebelumnya.

langkah Upgrade model Android Samsung Galaxy J Cara Flash Samsung J3 Pro SM-J330G Nougat ke Oreo, No Fail

Sampai proses ini, boleh dibilang proses upgrade Android sudah sukses anda lakukan.

Cara Upgrade Samsung J3 Pro Dengan Cara Flash Firmware

Flashing yakni ungkapan lain dari pemasangan perangkat lunak Android pad ruang penyimpanan ponsel. Untuk sanggup menjalankan flashing ada beberapa materi yang mesti disiapkan menyerupai : Firmware Android, Driver USB Samsung, Program Odin Downloader, Kabel Data, Perangkat Komputer.

Penjelasan …!

Firmware Samsung J3 Pro SM-J330G Bahasa Indonesia

Firmware ini yakni file metode yang hendak kita instal di hape namun masih mentah. Sedangkan untuk menginstal firmware diperlukan santunan aktivitas berjulukan Odin.

Perlu buat anda ingat bahwa Firmware yang digunakan perangkat yang satu dengan lainnya tidaklah sama walaupun berasal dari satu pabrikan. Misalnya Samsung J7 dan Samsung S7 firmwarenya beda. Atau serinya rada-rada mirip, menyerupai J2 Pro dan J2 Prime.

Solusinya mudah-mudahan tidak salah dalam memutuskan Firmware yakni downloadlah firmware dengan Kode Pita Dasar yang sama, berlaku untuk Android Kit Kat kebawah.

Rahasia

Sedangkan untuk ponsel Android Samsung dengan model Android Lollipop keatas sesuaikan dengan Nomor Versi.

Read:  Samsung J2 Sm J200g Firmware Download

Misalnya Samsung Galaxy dengan Kode Pita Dasar DXU maka downloadlah firmware dengan instruksi pita dasar DXU juga.

Permasalahan beda negara juga tidak masalah, asalkan “ Pita Dasar / Nomor Versi “ tetap sama.

Untuk mengetahui model Pita Dasar buka hidangan : Setelan → Tentang Telepon → Informasi Perangkat Lunak.

Perhatikan pada Kode yang terdapat pada Versi Pita Dasar /  Nomor Versi.

Download Firmware Samsung J3 SM-J330G : 

Driver USB Samsung & Program Odin

Driver USB Samsung kita butuhkan mudah-mudahan perangkat Samsung Galaxy yang hendak di flash sanggup terbaca oleh komputer.

Odin sendiri cuma sanggup melakukan pekerjaan di komputer dengan Sistem Operasi Windows. Program Odin tidak sanggup membaca hardware, sehingga untuk mendeteksi perangkat beliau bergantung dari komputer wilayah beliau dijalankan.

Perlu buat anda ingat bahwa Versi Odin yang digunakan tidaklah sama untuk semua perangkat Samungtergantung dari model Android yang ponsel kita jalankan.

Odin Versi modern V.3.11 mendukung Android Marshmallow, Nougat dan Oreo.Sedangkan Odin model 2.3.0 lazimnya untuk Ponsel Samsung dengan Android Jelly Bean kebawah.

Satu hal lagi…!

Terkadang firmware yang ada di internet yang dipaket dalam format zip berisikan 4 tipe file yang sanggup dilihat dari instruksi diawal nama file menyerupai : AP, BL, CP dan CSC.

Jika anda medapatkan firmware menyerupai ini, gunakan Odin yang ada tombol AP-nya, bukan PDA. Salah menggunakan Odin sanggup menghasilkan proses Flashing gagal (Failed).

Download Odin 

Download USB Driver Samsung

Mengaktifkan USB Debugging 

langkah Upgrade model Android Samsung Galaxy J Cara Flash Samsung J3 Pro SM-J330G Nougat ke Oreo, No Fail

Istilah USB Debuging yakni pemberian ijin terhadap perangkat komputer untuk menjalankan pemasangan perangkat lunak pada ponsel android. Bila tidak diaktifkan, proses instalasi Stock ROM akan GAGAL.

Untuk mengaktifkan USB debugging dengan cara buka hidangan Pengaturan -> Opsi Pengembang -> Pendebug USB.

Jangan lupa untuk memberi centang pada Buka Kunci OEM kalau ada ( Mode Pengembang disembunyikan untuk android 4.4.4 ke atas).

Sedangkan untuk memperlihatkan hidangan Opsi Pengembang Buka Pengaturan -> Tentang Perangkat -> Versi Pita Basis (klik selama 6-8x).

Backup Data dan Isi Daya

Meskipun kenyataannya menjalankan flashing tidak akan meniadakan data pada memori internal, semestinya data penting menyerupai foto dan video dicadangkan dahulu ke memori eksternal atau harddisk laptop.

Tidak lupa pula untuk isi daya sampai 100% atau setidaknya 60% guna menyingkir dari terhentinya proses pemasangan metode alasannya yakni kekurangan daya.

Read:  Cara Menghidupkan Samsung Galaxy Note 2 Gt-N7100 Bootloop

Kabel Data dan PC Dengan Sistem Operasi Windows

Kabel data diperlukan untuk menghubungkan ponsel Android dengan PC. Seperti yang sudah diterangkan tadi tetapkan dahulu Driver USB Samsung-nya sudah terinstal.

Yang tidak kalah penting, jangan gunakan kabel data yang dalam keadaan kurang baik, alasannya yakni kerap kali proses Flash mentok di pertengahan alasannya yakni transfer data dari PC lewat kabel data tidak sempurna.

Langkah-Langkah  Flash Samsung J3 PRO SM-J330G 

Matikan perangkat Samsung Galaxy anda kemudian masuk ke Mode Download dengan cara Menekan  “ Tombol Home + Power + Volume Bawah “.

Pada ketika handphone bergetar lepaskan tombol Power namun tetap tekan tombol Volume Bawah dan Home.

Setelah masuk Download Mode  anda akan menyaksikan tanda perayaan kalau Instalasi Firmware sanggup mengakibatkan kerusakan pada perangkat.Abaikan pesan tersebut dengan menekan Volume Atas untuk lanjut ke Download Mode.

Jalankan Program Odin yang sudah didownload tadi kemudian sambungkan ponsel Android dengan komputer.

Odin secara otomatis akan mengetahui perangkat alasannya yakni sebelumnya kita sudah menginstal driver USB Samsung.

Perhatikan pada ID:COM  berwarna Biru yang menunjukan perangkat terbaca dengan sempurna. Pada Message Box akan timbul pesan “Added” sesaat sehabis Ponsel Android tersambung.

langkah Upgrade model Android Samsung Galaxy J Cara Flash Samsung J3 Pro SM-J330G Nougat ke Oreo, No Fail

Sedangkan Pada hidangan Option dan Pit biarkan pada pengaturan defaultnya menyerupai “Auto Reboot” dan” F. Reset Time “

Masukkan Firmware yang hendak diinstal dengan menekan tombol PDA / AP kemudian cari Firmware dengan Ekstensi Tar.MD5.

PENTING….!!!

Biasanya firmware Android Samsung berisikan satu file AP saja dengan format Tar.MD5. Apabila nanti firmware yang kau download ternyata berisikan banyak file menyerupai : AP, BL, CP, CSC, HOME_CSC. Masukkan File tersebut pada kolom ODIN yang tepat dengan instruksi nama File.

Misalnya : File PA untuk kolom PA, File BL untuk kolom Bootloader dst.

Khusus untuk CSC cuma digunakan kalau kau ingin meniadakan semua akun dan aplikasi (Factory Reset) kalau tak ingin meniadakan data, pilih HOME_CSC.

Selanjutnya sehabis semua file ada ditempatnya masing-masing klik tombol “ Start “ pada aplikasi Odin untuk memulasi flashing. Setelah timbul pesan PASS pada kotak berwarna hijau, lepaskan sambungan kabel USB Ponsel Samsung anda dengan komputer.

Booting permulaan perangkat sehabis menjalani proses Flashing akan berjalan agak usang alasannya yakni metode gres perlu membaca hardware dan memasang aplikasi baru.

Next Post

Realme C11 Rmx2185 Isp Pinout

Dikesempatan kali ini aku akan bagikan suatu gambar Realme C11 RMX2185 ISP Pinout yang pasti saja sanggup digunakan untuk menangani realme c11 lupa teladan dan FRP bypass. Realme C11 ISP Pinout atau Realme C11 RMX2185 EMMC Cara untuk ufi box easy jtag kini tersedia untuk diunduh, dengan menggunakan pinout ini Anda […]
Realme C11 Rmx2185 Isp Pinout