Cara Flash Samsung J2 Prime Sm-G532g/Ds Bootloop Dengan Pc Via Odin

Sarah Lea
Cara Flash Firmware Indonesia Samsung J2 Prime SM-G532G/DS Bootloop Dengan PC + Odin – Kali ini saya akan menerangkan bagaimana tindakan Flashing ponsel Samsung J2 Prime SM-G532G/DS yang melaksanakan Android Marshmallow. 
Beberapa waktu memang tersiar kabar kalau ponsel ini menjadi salah satu perangkat yang mendapat pembaruan Firmware ke Android Nougat.
Walaupun akhirnya, kabar burung tersebut ternyata tetap jadi kabar burung alasannya yakni hingga postingan ini saya tulis, Samsung J2 Prime yang dirilis tahun 2017 (Seingat Saya) tidak kunjung mendapat pembaruan tata cara ke Oreo.
Geser sedikit ke perkara Flashing Hape…!
Flashing berbarengan tidak melulu digunakan di saat ingin Upgrade Versi Android, alasannya yakni Flashing juga berkhasiat untuk menanggulangi perkara yang sering dialami pengguna Android yakni Bootloop.
Bootloop ialah ungkapan yang ditujukan terhadap perangkat android yang mempunyai urusan pada Perangkat Lunak Sistem dengan tanda-tanda menyerupai perangkat gagal masuk (booting) kedalam tata cara dengan tepat namun cuma hingga logo kemudian restart dan terus berulang.
 Kali ini saya akan menerangkan bagaimana langkah Cara Flash Samsung J2 Prime SM-G532G/DS Bootloop Dengan PC Via Odin

Penyebab dan Cara Mengatasi Hape Android Bootloop

Ada dua tipe bootloop pada ponsel Android Samsung yang mesti teman-teman tahu yakni : Bootloop ringan dan Berat.
Bootloop ringan mungkin disebabkan perkara antara tata cara android itu sendiri dengan hardware, yang sekali lagi mungkin disebabkan perangkat yang terlalu usang dioperasikan sehingga perlu rehat sejenak.
Sedangkan bootloop berat disebabkan lantaran aktifitas user yang melaksanakan kesalahan pada di saat mengedit tata cara android menyerupai :
  1. Instalasi Firmware yang tidak tepat lantaran firmware gres bentrok dengan data system lama
  2. Rooting untuk mendapat hak kanal pergantian tata cara secara penuh
  3. Melakukan Tweak Pada Sistem (memasang Xposed)
  4. Kesalahan pada di saat mengedit Build.Primep
  5. Salah dalam memperlihatkan permision pada File System.
Teknis penanganan Samsung J2 Prime SM-G532G/DS Bootloop berbeda-beda, tergantung tingkat kerusakannya. 
Yang niscaya kita boleh-boleh saja berpendapat hape kita Bootloop ringan sehingga cara pertama yang mesti dicoba ya cara penanganan Bootloop ringan yakni :

1. Istirahatkan Samsung J2 Prime SM-G532G/DS Anda

Mengistirahatkan ponsel tidak cukup dengan cuma mematikan perangkat, namun dibarengi dengan membuka baterai (jika sanggup dibuka) melepaskan SIM Card dan Kartu Memory Eksternal (SD Card) kemudian diamkan selama satu jam.
Jika memang benar perangkat Samsung Galaxy milikmu mengalami bootloop ringan,maka sehabis semua elemen hape dipasang kembali ponsel akan wajar menyerupai sediakala.
Jika tidak…maka persyaratan bootloopnya sudah ada di level berat yang mana sanggup teman-teman atasi dengan cara alternative berikut ini.

2. Factory Reset (Mengembalikan Ke Setelan Pabrik)

 Kali ini saya akan menerangkan bagaimana langkah Cara Flash Samsung J2 Prime SM-G532G/DS Bootloop Dengan PC Via Odin
Wipe Data Factory Reset (WDFR) yakni ungkapan lain dari Setel Ulang Perangkat Ke Pengaturan Pabrik dimana semua pengaturan yang sudah teman-teman buat beserta file, aplikasi, akun yang tertaut dengan aplikasi akan terhapus menyerupai laiknya hape baru.
Melakukan WDFR senantiasa dianjurkan apabila sudah melaksanakan upgrade android ke model lebih tinggi lantaran cara ini akan membersihkan Penyimpanan Sistem dari sampah tata cara OS sebelumnya sehingga tidak bentrok yang sanggup membuat Bootloop.

Cara Melakukan Wipe Data Factory Reset  

Pertama, matikan perangkat kemudian masuk Mode Perbaikan (Recovery Mode) dengan cara menekan variasi tombol “ Power + Home + Volume Atas “. 
Gunakan tombol volume untuk berpindah dari pilihan yang satu ke pilihan lainnya dan tombol power untuk memutuskan salah satu opsi.
Selanjutnya, seleksilah pilihan “ Wipe Data Factory Reset “  yang kemudian dilanjutkan dengan memutuskan “ Delete All User Data “.
Lalu, Setelah Primeses pengembalian ke pengaturan pabrik selesai, kembali kemenu utama kemudian Restart perangkat dengan memutuskan suguhan Reboot System Now.
Terakhir. kerjakan setting permulaan perangkat anda menyerupai laiknya hape baru.
Kalau nanti di saat melaksanakan Setup anda diminta memasukkan Email yang sebelumnya sudah terpasang, anda sanggup Bypass dengan mengikuti tindakan di Video berikut…!

3. Flash Firmware Samsung J2 Prime SM-G532G/DS Dengan PC + Odin

Flashing yakni ungkapan lain dari pemasangan perangkat lunak Android pada ruang penyimpanan ponsel. 
Saya lebih mengusulkan Flashing dibanding Factory Reset apabila hape Samsung temen-temen mengalami yang namanya Bootloop, alasannya yakni tata cara jadi lebih Fresh dan Update.
Untuk sanggup melaksanakan flashing ada beberapa materi yang mesti disiapkan menyerupai : Firmware Android, Driver USB Samsung, Program Odin Downloader, Kabel Data, Perangkat Komputer.
Penjelasan …!

Firmware Android, Driver USB dan Odin Flash Tool

Firmware ini yakni file tata cara yang mau kita instal di hape namun masih mentah. Sedangkan untuk menginstal firmware diinginkan bantuan Program berjulukan Odin.
Perlu buat anda ingat bahwa Firmware yang digunakan perangkat yang satu dengan lainnya tidaklah sama walaupun berasal dari satu pabrikan.
Misalnya Samsung J7 dan Samsung S7 firmwarenya beda. Atau serinya rada-rada mirip, menyerupai J2 Prime dan J2 Prime.
Solusinya mudah-mudahan tidak salah dalam memutuskan Firmware yakni downloadlah firmware dengan Kode Pita Dasar yang sama, berlaku untuk Android Kit Kat kebawah.
Sedangkan untuk ponsel Android Samsung dengan model Android Lollipop keatas sesuaikan dengan Nomor Versi.
Misalnya Samsung Galaxy dengan Kode Pita Dasar DXU maka downloadlah firmware dengan isyarat pita dasar DXU juga.
Permasalahan beda negara juga tidak masalah, asalkan “ Pita Dasar / Nomor Versi “ tetap sama. Tetapi usahakan untuk menggunakan Firmware khusus untuk Negara Indonesia agar suguhan Bahasanya lengkap, terlebih bila yang di Flash yakni miliki pasien anda yang kurang SREG kalau menggunakan hape yang menunya menggunakan Bahasa Inggris (lebih-lebih bahasa Asing menyerupai China, Thailand dll).
Untuk mengerti model Pita Dasar buka suguhan : Setelan → Tentang Telepon → Informasi Perangkat Lunak.
Perhatikan pada Kode yang terdapat pada Versi Pita Dasar /  Nomor Versi.
Selanjutnya ada Driver USB Samsung yang mana Software ini kita butuhkan mudah-mudahan perangkat Samsung Galaxy yang mau di flash sanggup terbaca oleh komputer.
Odin sendiri cuma sanggup melakukan pekerjaan di komputer dengan Sistem Operasi Windows. Program Odin tidak sanggup membaca hardware, sehingga untuk mendeteksi perangkat ia bergantung dari komputer kawasan ia dijalankan.
Perlu buat anda ingat bahwa Versi Odin yang digunakan tidaklah sama untuk semua perangkat Samungtergantung dari model Android yang ponsel kita jalankan.
Odin Versi modern V.3.11 mendukung Android Marshmallow, Nougat dan Oreo.Sedangkan Odin model 2.3.0 umumnya untuk Ponsel Samsung dengan Android Jelly Bean kebawah.
Satu hal lagi…!
Terkadang firmware yang ada di internet yang dipaket dalam format zip berisikan 4 tipe file yang sanggup dilihat dari isyarat diawal nama file menyerupai : AP, BL, CP dan CSC.
Jika anda medapatkan firmware menyerupai ini, gunakan Odin yang ada tombol AP-nya, bukan PDA. Salah menggunakan Odin sanggup menghasilkan Primeses Flashing gagal (Failed).
Download Firmware Android Terbaru J2 Prime SM-G532G/DS DISINI, Untuk Driver USB Samsung DISINI dan Odin DISINI


Read:  Firmware Samsung Tab A 2016 Sm T285
Rahasia

Aktifkan USB Debugging + OEM Unlock

Istilah USB Debuging yakni pemberian ijin terhadap perangkat komputer untuk melaksanakan pemasangan perangkat lunak pada ponsel android. Bila tidak diaktifkan, Primeses instalasi Stock ROM akan GAGAL.
Untuk mengaktifkan USB debugging dengan cara buka suguhan Pengaturan → Opsi Pengembang → Pendebug USB.
Jangan lupa untuk memberi centang pada Buka Kunci OEM jikalau ada ( Mode Pengembang disembunyikan untuk android 4.4.4 ke atas).
Sedangkan untuk memperlihatkan suguhan Opsi Pengembang Buka Pengaturan → Tentang Perangkat → Versi Pita Basis (klik selama 6-8x).

(Kalau Bisa) Backup File Penting dan Daya Baterai Full 100% 

Meskipun kenyataannya melaksanakan flashing tidak akan meniadakan data pada memori internal, semestinya data penting menyerupai foto dan video dicadangkan dahulu ke memori eksternal atau harddisk laptop sebelum melanjutkan ketahap flashing.
Tidak lupa pula untuk isi daya hingga 100% atau setidaknya 60% guna menyingkir dari terhentinya Primeses pemasangan tata cara lantaran kekurangan daya.

Gunakan Kabel Data Ori dan Komputer Dengan OS Windows

Kabel data diinginkan untuk menghubungkan ponsel Android dengan PC. Seperti yang sudah diterangkan tadi tetapkan dahulu Driver USB Samsung-nya sudah terinstal.
Yang tidak kalah penting, jangan gunakan kabel data yang dalam keadaan kurang baik, lantaran terkadang Primeses Flash mentok di pertengahan lantaran transfer data dari PC melalui kabel data tidak sempurna.
Program Odin cuma sanggup dilaksanakan pada Sistem Operasi Windows, baik itu Windows 7 dan Windows 10. Untuk Sistem Operasi lain menyerupai Linux saya kurang tahu…!

Cara Flash Samsung J2 Prime SM-G532G/DS Menggunakan Odin

Matikan perangkat Samsung Galaxy anda kemudian masuk ke Mode Download dengan cara Menekan  “ Tombol Home + Power + Volume Bawah “.
Sedangkan untuk perangkat Android Samsung edisi gres yang tidak mempunyai tombol Home, gunakan “ Tombol Power + Volume Bawah “ .
 Kali ini saya akan menerangkan bagaimana langkah Cara Flash Samsung J2 Prime SM-G532G/DS Bootloop Dengan PC Via Odin
Pada di saat handphone bergetar lepaskan tombol Power namun tetap tekan tombol Volume Bawah dan Home.
Setelah masuk Download Mode  anda akan menyaksikan tanda perayaan kalau Instalasi Firmware sanggup membuat kerusakan pada perangkat.Abaikan pesan tersebut dengan menekan Volume Atas untuk lanjut ke Download Mode.
Jalankan Program Odin yang sudah didownload tadi kemudian sambungkan ponsel Android dengan komputer.
Odin secara otomatis akan mengerti perangkat lantaran sebelumnya kita sudah menginstal driver USB Samsung.
Perhatikan pada ID:COM yang berwarna Biru yang mengambarkan perangkat terbaca dengan sempurna. Pada Message Box akan timbul pesan “Added” sesaat sehabis Ponsel Android tersambung.
 Kali ini saya akan menerangkan bagaimana langkah Cara Flash Samsung J2 Prime SM-G532G/DS Bootloop Dengan PC Via Odin
Sedangkan Pada suguhan Option dan Pit biarkan pada pengaturan defaultnya menyerupai “Auto Reboot” dan” F. Reset Time “
Masukkan Firmware yang mau diinstal dengan menekan tombol PDA / AP kemudian cari Firmware dengan Ekstensi Tar.MD5.
Harus Anda Ingat….!!!
Biasanya firmware Android Samsung berisikan satu file AP saja dengan format Tar.MD5. Apabila nanti firmware yang temen-temen download ternyata berisikan banyak file menyerupai : AP, BL, CP, CSC, HOME_CSC. Masukkan File tersebut pada kolom ODIN yang cocok dengan isyarat nama File.
Misalnya : File PA untuk kolom PA, File BL untuk kolom Bootloader dst.
 Kali ini saya akan menerangkan bagaimana langkah Cara Flash Samsung J2 Prime SM-G532G/DS Bootloop Dengan PC Via Odin
Khusus untuk CSC cuma digunakan jikalau kau ingin meniadakan semua akun dan aplikasi (Factory Reset) jikalau tidak mau meniadakan data, pilih HOME_CSC.
Selanjutnya sehabis semua file ada ditempatnya masing-masing klik tombol “ Start “ pada aplikasi Odin untuk memulasi flashing. Setelah timbul pesan PASS pada kotak berwarna hijau perangkat akan langusng Restart, kecuali anda tidak mencentang pilihan Auto Reboot di suguhan Option.
Anda sanggup melepas sambungan kabel data dari PC kini dan melaksanakan Setup Sistem.
Booting permulaan perangkat sehabis menjalani Primeses Flashing akan berjalan agak usang lantaran tata cara gres perlu membaca hardware dan memasang aplikasi baru.
Selesai.
Selamat Mencoba……!

Read:  Samsung Adb Enable File Untuk Reset Frp
Next Post

Cara Flash Rom Global Pada Xiaomi Redmi 5A (Fix Stuck Recovery)

 – Stuck recovery berarti bahwa handphone dikala dinyalakan tidak sanggup masuk hingga hidangan utama, tapi eksklusif masuk hidangan recovery, membisu pada hidangan recovery dan tidak sanggup dipakai sama sekali, lazimnya ditandai dengan adanya goresan pena berwarna merah “This MIUI version can’t be installed on this device” pada hidangan recovery. Stuck recovery lazimnya […]
Cara Flash Rom Global Pada Xiaomi Redmi 5A (Fix Stuck Recovery)