Cara Cepat & Kondusif Update Android Keversi Lebih Tinggi

Sarah Lea
Rahasia

Kali mimin akan share bagaimana cara update android keversi yang lebih tinggi secara aman. Panduan ini bisa anda terapkan pada ponsel cerdas dengan brand popular menyerupai Asus, Oppo, Samsung, dan Xiaomi.

Sebelum lanjut..

ada hal yang mesti mimin luruskan dahulu yakni penggunaan Kata upgrade dan Update.

Sebenarnya dalam persoalan mengembangkan model android kata Upgrade lebih cocok digunakan daripada update.

Contoh upgrade dari android kit kat ke lollipop menyerupai pada persoalan Samsung galaxy Grand Prime SM 530H atau Galaxy J5 dari Lollipop ke Marshmallow.

Sedangkan teladan update pernah saya diskusikan pada persoalan galaxy grand duos dari android jelly bean 4.1.2 keversi 4.2.2.

Setelah faham perbedaan kedua kata tersebut kita kini bisa masuk ke tema utama kita pada postingan kali ini.

Lets drive in

Cara Upgrade Android Dengan Aman

Ada dua cara yang dapat kita pakai untuk melakukan upgrade model android yakni via OTA (Over The Air) dan Secara Manual. Kedua cara ini berlaku untuk semua brand ponsel cerdas apa saja.
Penjelasannya merupakan selaku berikut :

1.a    Pengertian Upgrade Via OTA

Menurut mimin, mudahnya upgrade android via OTA sanggup diartikan mendownload pribadi file upgrade dari perangkat.

Biasanya file upgrade punya ukuran yang cukup besar, ada yang 700 MB dan bahkan ada yang lebih dari 1  Gigabyte. Untuk itu mudah-mudahan proses upgrade berjalan tanpa hambatan tanpa persoalan ada syarat dan ketentuan yang semestinya anda perhatikan

1.b    Syarat dan Ketentuan

Syarat Pertama : Pastikan dahulu perangkat android anda sanggup bantuan perangkat lunak modern baik itu dengan menerima pemberitahuan pribadi pada produsen hape apabila anda mengkatifkan pembaruan perangkat lunak secara otomatis.

Dalam beberapa persoalan ada keadaan dimana tidak ada pemberitahuan resmi mengenai adanya pembaruan perangkat lunak. Oleh alasannya merupakan itu kita mesti aktif mencari informasi dengan bersungguh-sungguh rajin baca isu atau berkala nimbrung disitus komunitas menyerupai lembaga facebook.

Syarat Kedua : pastikan baterai perangkat anda dalam keadaan full 100 persen. Ada juga tutorial yang menyampaikan daya baterai cukup 70 persen saja.

Tapi menurut pengalaman mimin, proses upgrade mulai dari download hingga final proses install system prosesnya bisa berlangsunglumayan  lama. Lamanya proses upgrade tergantung kecepatan download file serta spesifkasi hardware.

Dari pengalaman tersebut mimin tidak mau berjudi dengan melakukan upgrade dengan daya baterai pas-pasan, namun WAJIB 100%. Seperti persoalan Samsung J5 J500G sementara waktu lalu, Proses Upgrade bisa mengkonsumsi waktu 1 jam lebih yang menyisihkan daya baterai sekitar 20% saja.

Syarat Ketiga : ada koneksi internet yang stabil. Direkomendasikan menggunakan jaringan Wifi dibanding data internet perangkat.

Alasannya ..?

Koneksi jaringan internet via Wifi condong lebih stabil. Mimin waktu update pas dikantor yang ada Wifi dan downloadnya cepat.

Kalau tidak ada Wifi boleh juga pake data namun pastikan menggunakan provider yang sinyalnya stabil dan cepat (minimal menggunakan jaringan 3G).

yang tidak kalah penting, kuota internet juga cukup untuk download file upgrade. Dari 1,5 GB yang mimin pakai untuk upgrade j5, cuma tersisa sekitar beberapa ratus MB saja padahal file update Cuma 800 MB.

Untuk itu kalau anda mau upgrade via OTA dengan data internet hape, setidaknya paket data internet anda dua kali lipat dari ukuran file upgrade yang mau didownload.

1.c    Panduan Upgrade Android Via OTA
Menjalankan proses upgrade via OTA caranya gampang. Untuk sebagian besar perangkat android cukup buka suguhan Pengaturan / Tentang Perangkat (About Phone) / Pembaruan Perangkat Lunak.

Rahasia

Merk lain menyerupai Asus dan xiaomi punya aplikasi khusus untuk mendaptkan pembaruan system. Xiaomi ada aplikasi Pembaruan yang ada di Folder “Tool”, tinggal klik aplikasi maka perangkat akan mendownload file secara otomatis .

Sedangkan brand Asus ada aplikasi pembaruan System  yang digunakan untuk melakukan Upgrade via OTA maupun install Firmware secara manual.

Silahkan dibuka aplikasi tesebut, step demi stepnya akan dibimbing pribadi oleh system dan yang niscaya simpel untuk dimengerti.

Untuk lebih jelasnya mengenai Upgrade Android via OTA, silahkan baca tutorial berikut :

•    Cara Upgrade Android J5 Secara Online

Upgrade Android Secara Manual

Cara manual yang mimin maksud merupakan : firmware upgrade didonload lebih dahulu gres kemudian dinstall secara manual.

Proses installnya juga bisa menggunakan dua cara yakni pribadi dari perangkat atau menggunakan sumbangan PC (Komputer).

Smartphone Merk Oppo punya kesanggupan untuk menginstall firmware android pribadi dari perangkat. Sedangkan ponsel cerdas Samsung memerlukan sumbangan PC.

a    Menginstall File Upgrade Langsung Dari Perangkat

Pertama download file upgrade atau yang lazim disebut Firmware disitus resmi. Berikut merupakan link resmi untuk download Firmware android modern untuk masing-masing brand ponsel cerdas :

  1. Asus
  2. Oppo
  3. Xiaomi

Cara downloadnya juga bebas, mau pake ponsel cerdas langsung  atau PC tidak masalah. Jika menggunakan Smartphone , disarankan menggunakan browser Google Chrome atau UC Browser.

Apabila anda download menggunakan PC, sehabis final copy firmware tersebut keperangkat kemudian letakkan di memori internal perangkat tanpa perlu dimasukkan ke folder khusus.

Sedangkan untuk anda yang download via perangkat, pindahkan juga firmware tesebut ke memori internal tanpa memasukkannya kedalam folder kemudian sanksi dengan kesibukan bawaan dari masing-masing hape.

Baca Juga :
•    Cara Install Firmware Lollipop Oppo Find 7 Tanpa PC

b    Install Pembaruan Menggunakan PC

Seperti yang sudah memin sampaikan sebelumnya, ponsel cerdas android brand Samsung tak punya fitur yang memungkinkan untuk menginstall firmware pribadi dari perangkat.

Untuk itu dalam proses installnya memerlukan kesibukan khusus yang dilaksanakan pada PC menyerupai Odin Multi Downloader. Selengkapnya mengenai kesibukan Odin ini sudah diterangkan pada postingan Panduan  Odin Multi Downloader.

Agar lebih terang mengenai cara install firmware menggunakan PC silahkan baca kedua tutorial berikut :
•    Cara Download Firmware Samsung Bahasa Indonesia
•    Cara Install Fimrware Android Lollipop Dengan PC Galaxy Grand Prime

Upgrade Android Menggunakan Custom ROM

Jika sehabis berbulan bulan Pemberitahuan resmi mengenai adanya pembaruan system keversi lebih tinggi belum juga anda temukan dan stelah mencari informasi tidak ada kabar yang menyatakan ponsel cerdas anda sanggup jatah android terbaru.

Dapat ditarik kesimpulan jikalau produsen hape anda sudah males untuk berbagi firmware gres untuk perangkat anda.

Jika sudah begitu anda pantas bersedih…tapi sebentar saja..

Karena ada cara lain yang memungkinkan perangkat android anda melakukan system android modern walaupun dari produsen sendiri sudah tidak mendukung.

Cara yang mimin maksud merupakan dengan menginstall Custom Rom yang tesedia untuk berbagai perangkat android dari berabagai brand dan tipe.

Versi androidnya juga tidak tanggung-tanggung, Samsung Galaxy Grand Duos saja yang dari pihak Samsung sendiri cuma memberi bantuan hingga model 4.2.2 bisa melakukan Android Nougat 7.1.1, keren bukan.

Untuk sanggup menginstall Custom Rom dikehendaki Custom Recovery menyerupai CWM atau TWRP, silahkan datangi XDA Developer untuk menerima Custom Recovery, Custom ROM modern dan tutorial installnya.

Karena Custom Rom dikembangkan secara tidak resmi, resikonya ada pada rendahnya kesanggupan system untuk mengetahui hardware perangkat yang anda gunakan.

Hal ini berimbas adanya fungsi ponsel cerdas yang tidak dapat berjalan dengan baik menyerupai : kamera yang tidak dapat terbuka, baterai boros dll.

Intinya sebelum menginstall, baca panduannya apalagi dahulu utamanya fitur hape yang Work dan gak Work.

Nah itulah klarifikasi singkat mimin mengenai cara Upgrade android Smartphone android ke model modern dengan aman.  ( Kecuali Cara alternative). Kalau ada klarifikasi yang kurang jelas, silahkan dishare dikolom kemontar.

Rahasia
Next Post

Sukses Install Android Lollipop Di Oppo Find 7 Tanpa Pc

Android Lollipop ialah tonggak permulaan pergeseran besar yang ditangani pada system operasi android. Pada model Android inilah Google mengenalkan antar wajah system gres yang dipahami dengan nama Material Design. Seperti biasa, perangkat besutan google menyerupai Nexus dan Android One menjadi yang pertama mendapat jatah pembaruan system Lollipop ini. Sedangkan produk […]
Sukses Install Android Lollipop Di Oppo Find 7 Tanpa Pc
/* */