Cara Buat Rumah Dari Bangun Datar

Cara Buat Rumah Dari Bangun Datar

Cara membuat balok pada umumnya terlihat cukup mudah untuk diikuti. Untuk membuat balok, Sobat Pintar perlu memahami apa itu balok dan jaring-jaring balok terlebih dahulu. Balok merupakan salah satu bangun ruang yang memiliki 3 pasang sisi yang berhadapan dan berbentuk persegi atau persegi panjang, di mana satu pasang sisinya memiliki ukuran yang berbeda. Balok juga memiliki 12 rusuk, 8 titik sudut dan four diagonal ruang, lalu bagaimana cara membuatnya?

Baca Juga: Cantik dan Praktis! Ini Cara Membuat Kotak Kado

Jaring-jaring balok merupakan bentuk asli balok yang sudah dipotong mengikuti rusuknya dan direntangkan. Bentuk dari jaring-jaring balok ini bergantung dari bagian mana yang Sobat Pintar potong, setiap pemotongan dari sisi yang berbeda tentunya akan menghasilkan jaring-jaring yang berbeda juga. Jaring-jaring balok terdiri dari bentuk persegi dan persegi panjang.

Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak benda yang memiliki bentuk seperti balok, misalnya gedung, lemari, kotak makanan, kardus, penghapus, dan lain sebagainya. Ruang maksimal yang dapat ditempati dalam sebuah benda yang berbentuk balok dapat dihitung dengan cara mengalikan panjang balok dengan lebar dan tinggi balok. Untuk mengetahui lebih detail dengan balok, di dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara membuat balok dan unsur-unsur yang membangun sebuah balok.

Unsur-unsur Balok

Baca Juga: Paling Mudah! Ini Cara Menghitung Standar Deviasi

Setiap bangun ruang di sekitar kita, baik itu kubus, balok atau lain sebagainya pasti memiliki unsur-unsur yang membangunnya. Unsur-unsur inilah yang dapat membedakan bangun ruang balok dengan bangun ruang yang lainnya. Balok yang merupakan salah satu bangun ruang 3 dimensi memiliki beberapa unsur di antaranya:

  1. Bidang Diagonal

Dalam sebuah balok, terdapat bidang diagonal. Dalam sebuah bangun ruang balok terdiri atas enam buah bidang diagonal. Bidang diagonal merupakan bidang yang menghubungkan dua rusuk yang berhadapan. Terdapat enam buah bidang diagonal dalam sebuah balok dan memiliki bentuk bangun datar persegi panjang dengan ukuran yang berbeda-beda.

  1. Diagonal Ruang
Read:  Pembangunan Selter Atau Rumah Singgah Untuk Pmks

Dalam sebuah bangun ruang, diagonal ruang adalah garis yang menghubungkan titik sudut yang bersebrangan dalam ruangan yang berbeda. Pada bangun ruang balok, diagonal ruang terdiri dari empat buah diagonal ruang. Diagonal ruang pada balok dapat membentuk bangun datar persegi panjang dan dibagi dua menjadi segitiga siku-siku. Untuk ukurannya sendiri sama panjang.

  1. Diagonal Bidang/Diagonal Sisi

Selain diagonal ruang, balok juga memiliki diagonal bidang. Diagonal bidang ini berbeda dengan bidang diagonal. Diagonal bidang atau dikenal juga dengan diagonal sisi merupakan garis yang menghubungkan dua titik sudut yang saling berhadapan di setiap sisi balok. Sebuah balok memiliki 12 diagonal bidang. Diagonal sisi akan membagi bidang yang awalnya berbentuk sebuah persegi menjadi bentuk seitiga siku-siku.

  1. Titik Sudut

Titik sudut dalam balok merupakan titik pertemuan tiga buah rusuk. Dalam sebuah bangun ruang balok terdapat delapan buah titik sudut yang terdiri dari empat titik sudut di bagian atas dan empat titik sudut di bagian bawah. Titik sudut dalam balok merupakan sudut siku-siku. Titik sudut ini juga bisa disebut dengan bagian ujung permukaan balok yang lancip.

  1. Rusuk

Rusuk merupakan sebuah garis lurus yang menghubungkan titik sudut. Rusuk juga sering disebut kerangka yang menyusun balok. Rusuk yang membentuk balok terdiri atas 12 buah yang terdiri dari rusuk panjang, rusuk lebar dan rusuk tinggi. Dua belas rusuk dalam balok memiliki ukuran yang tidak sama panjang seperti kubus, hanya rusuk yang sejajar yang memiliki ukuran yang sama panjang.

  1. Sisi atau Bidang

Dalam balok, sisi merupakan bidang yang membatasi sebuah balok. Balok biasanya memiliki tiga pasang sisi yang memiliki ukuran dan bentuk yang sama saat berhadapan. Sisi atau bidang ini tersusun dari empat pasang rusuk yang membentuk persegi atau persegi panjang.Tiga pasang sisi tersebut di antaranya adalah sisi kanan dan kiri, sisi depan dan belakang, serta sisi atas dan bawah.

  1. Jaring-Jaring
Read:  Buget Bangun Rumah 3 Kamar Minimalis

Bangun ruang balok memiliki unsur yang terakhir, yaitu jaring-jaring. Jaring-jaring balok merupakan gabungan dari bangun datar yang membentuk sebuah balok. Bangun datar yang membentuk sebuah balok adalah dua buah persegi dan empat buah persegi panjang. Untuk membentuk sebuah balok, terdapat banyak variasi susunan bangun datar yang membentuk pola jaring-jaring balok.

Cara Membuat Balok dari Karton

Dengan kemajuan zaman yang semakin tinggi, ada banyak cara membuat balok  yang tersebar di berbagai website di cyberspace. Cara membuat balok dari karton sekilas terlihat seperti mudah, namun pada prakteknya tetap butuh ketelitian dan kesabaran. Berikut cara mudah membuat balok dari karton yang bisa Sobat Pintar pahami dan coba dipraktekkan di rumah:


Baca Juga: Cara Menghitung Book Tabung dengan Cepat

  1. Siapkan Bahan dan Alat yang Diperlukan

Cara membuat balok yang pertama adalah menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan. Bahan dan Alat yang diperlukan untuk membuat balok dari karton adalah pensil, penghapus, penggaris, gunting, karton, dan lem. Membuat balok dengan menggunakan karton tentunya akan lebih mudah dibandingkan dengan kardus atau kertas biasa karena kertas karton tidak terlalu kaku dan mudah untuk dilipat.

  1. Buat Pola Jaring-Jaring Balok

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat pola jaring-jaring balok dengan menggunakan pensil dan penggaris. Jaring-jaring balok cukup bervariasi dan memiliki susunan yang berbeda-beda, namun apabila dilipat maka akan tetap menjadi sebuah balok. Ukuran jaring-jaring yang dibuat bisa Sobat Pintar sesuaikan dengan ukuran kertas karton yang dimiliki.

  1. Gunting Pola yang Sudah Dibuat

Langkah ketiga dalam membuat balok adalah menggunting pola jaring-jaring yang sudah dibuat di atas kertas karton. Pastikan Sobat Pintar menggunting sesuai dengan garis yang sudah dibuat. Proses pengguntingan pola yang rapi akan berpengaruh pada bentuk balok yang akan dibuat nantinya. Semakin rapi Sobat Pintar menggunting pola, maka semakin rapi juga bentuk balok yang dibuat.

  1. Lipat Karton Mengikuti Pola Jaring-Jaring
Read:  Apa Yg Dilakaukan Sebelum Membangun Rumah

Cara membuat balok selanjutnya adlah dengan melipat karton mengikuti pola jaring-jaring yang ada. Setelah selesai digunting, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melipat. Saat melipat karton, pastikan Sobat Pintar mengikuti garis yang sudah dibuat dan ditekan-tekan menggunakan jari agar terbentuk bangun balok yang kokoh dan sempurna.

  1. Rekatkan dengan Lem

Langkah terakhir saat membuat balok dari karton adalah merekatkan setiap sisi jaring-jaring balok dengan menggunakan lem. Hal ini bertujuan agar balok kertas karton dapat menjadi bentuk balok yang sempurna dan tidak mudah terlepas. Selain lem, Sobat Pintar juga dapat menggunakan doubletip untuk merekatkan setiap sisinya agar lebih kokoh dan kuat.

Artikel cara membuat balok ini ditulis oleh Kredit Pintar yaitu salah satu perusahaan pinjaman online yang telah terdaftar resmi di OJK sehingga telah terjamin keamanannya. Bagi Sobat Pintar yang berniat membuat kubus dari karton namun terkendala dalam keuangan, jangan ragu untuk mengajukan pinjaman di Kredit Pintar. Untuk mendapat informasi dan tips penting lainnya, jangan lupa untuk mengikuti blog Kredit Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk

Cara Buat Rumah Dari Bangun Datar

Source: https://www.kreditpintar.com/education/cara-membuat-balok

You May Also Like