Cara Bikin Rab Bangunan Rumah

Cara Bikin Rab Bangunan Rumah

Membangun rumah tentu termasuk sebagai kebutuhan esensial. Terlebih, kebanyakan orang sekarang ini lebih memilih untuk membangun rumah impian daripada harus membeli jadi. Oleh sebab itu, pastikan mengetahui dahulu apa itu
RAB rumah
beserta cara menghitungnya.

Daftar Baca Cepat :

  • Pengertian RAB Rumah
    • Cara Menghitung RAB dengan Tepat
    • Beberapa Fungsi Menyusun RAB


Pengertian

RAB Rumah

Cara Bikin Rab Bangunan Rumah

Perlu Anda ketahui, bahwa RAB atau Rancangan Anggaran Biaya adalah taksiran besaran biaya yang perlu pembangun rumah keluarkan. Baik itu untuk membeli bahan bangunan, alat-alat, upah bangun rumah dan lain sebagainya sampai pembangunan selesai.

Selain itu, susunan rancangan biaya tersebut juga akan menjadi rujukan bagi kontraktor sekaligus pemiliknya dalam menentukan besaran anggaran proyek saat ingin membangun rumah. Oleh sebab itu, dapat juga sebagai gambaran rinci proyek pembangunan.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana menghitungnya. Terlebih, rancangan biaya tersebut juga memiliki fungsi cukup krusial dalam proses bangun rumah nantinya. Oleh karena itu, jangan sampai menyusunnya dengan sembarangan.


Cara Menghitung RAB dengan Tepat

contoh rab rumah

Setelah memahami tentang pengertian dan fungsinya, sangat penting juga bagi Anda untuk mempelajari bagaimana cara menghitungnya dengan tepat. Umumnya, penghitungan tersebut memakai sistem meter persegi dan analisis harga satuan bangunan. Di bawah ini selengkapnya:

  1. Sistem Meter Persegi

Saat ingin membangun rumah, maka pastikan membuat RAB menggunakan penghitungan sistem meter persegi. Oleh sebab itu, pastikan menyediakan dahulu beberapa data penting. Mulai dari luas bangunan sekaligus harga bangunan pada setiap meternya.

Setelah itu, lakukan penyesuaian harga bangunan berdasarkan lamanya pengerjaan sekaligus lokasi pembangunannya. Dengan begitu, tentu akan lebih mudah untuk menghasilkan total rancangan anggaran biaya berdasarkan sistem tersebut.

Read:  Sia Sialah Orang Yang Membangun Rumah Kalau Bukan Allah
  1. Sistem Analisis Harga Satuan Bangunan

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa membuat RAB dengan memanfaatkan sistem analisis harga satuan bangunan. Sesuai dengan caranya, maka langkah pertama adalah menyediakan gambar atau desain rumah terlebih dahulu.

Jika sudah, buat daftar material bangunan lengkap dengan harganya, biaya tukang, dan hitungan volume item pekerjaan. Setelah itu kalikan volume pekerjaan dengan harga satuan. Dari situ, maka dapat memperoleh hasil harga satuan pekerjaannya.

Baca juga Ini Dia Ulasan RAB Rumah dengan Type fifty


Beberapa Fungsi Menyusun RAB

Ada banyak fungsi yang bisa Anda peroleh saat menggunakan RAB. Oleh sebab itu, sangat penting untuk membuatnya karena memang tidak boleh luput dari perhatian. Lantas apa saja fungsi perancangan anggaran saat membangun rumah tersebut? Di bawah ini penjelasan selengkapnya:

  1. Sebagai Acuan Biaya

RAB dapat Anda gunakan untuk menghitung total perkiraan biaya secara rinci saat ingin membangun rumah sesuai keinginan. Mulai dari upah para pekerja, alat pertukangan, bahan bangunan, dan masih banyak lagi lainnya. Tentu saja, semua hal tersebut perlu terencana dengan baik.

Terlebih, textile bangunan adalah aspek paling penting dalam proyek pembangunan. Dalam hal ini RAB dapat berguna untuk menilik kebutuhan material secara detail. Oleh sebab itu, jangan sampai salah dalam menghitung sekaligus mencatatnya.

  1. Tentukan Kontraktor

Apabila Anda ingin membuat perencanaan anggaran yang lebih akurat, maka dapatkan bantuannya dari jasa kontraktor. Nantinya, jasa tersebut akan membantu menilik rencana anggaran dalam proses pembangunan rumah agar bisa mengecek skala proyeknya.

Pasalnya, tentu saja sangat penting untuk memastikan penggunaan jasa kontraktor tersebut. Pembangunannya sendiri perlu memiliki keahlian dan pengalaman sehingga bisa dengan mudah memenuhi skala proyek yang sudah ada.

  1. Penentu Harga
Read:  Studi Kelayakan Pembangunan Rumah Sakit

Ketika di masa depan nanti Anda ingin menjual aset properti tersebut yang sudah dibangun, maka usahakan untuk melihat juga rancangan anggaran dahulu. Pasalnya, RAB ini bisa jadi penentu harga awal sebelum mematok harganya. Dengan begitu, tidak akan mendapat kerugian meski harus menjualnya.

Oleh sebab itu, pada saat pengerjaan rumah tentu perlu menyusun biaya-biaya sekaligus beberapa hal lainnya yang Anda butuhkan. Hal ini berarti selain dapat memudahkan proses pembangunan juga dapat dijadikan penentu harga jual nantinya. Penyusunan RAB sendiri dapat meminta bantuan pihak jasa.

Itu tadi penjelasan lengkap tentang pengertian RAB rumah, fungsi sekaligus cara menghitungnya. Tentu saja informasi tersebut sangat penting untuk Anda ketahui saat ingin membangun rumah. Oleh sebab itu, pastikan untuk membuatnya dengan tepat agar fungsinya diperoleh secara maksimal.

Mau bikin RAB rumah untuk kebutuhan bangun rumah, IMB ataupun renovasi rumah ? Temukan salah satu yang profesional untuk jasa bangun rumah hanya di BikinRumah.co.id

Cara Bikin Rab Bangunan Rumah

Source: https://bikinrumah.co.id/rab-rumah/

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …