Cara Bijak Menangani Galaxy Grand Duos Gt-I9082 Lemot

Sarah Lea

Entah mengapa nyaris sebagian besar pengguna Samsung Galaxy Grand Duos GT-i9082 yang pernah membuatkan pengalaman penggunaan di Forum Android Facebook mengalami permasalahan yang serupa yakni “Perangkatnya Lemot Gak Ketulungan ”. Kalau anda tergolong pengguna Grand Duos GT-i9082 dan mengalami permasalahan yang sama, anda tidak perlu kalut sebab disini saya sudah punya solusinya.

Satu hal lagi…

Langkah-langkah perbaikan yang diberikan di bimbingan ini sungguh mudah untuk di praktikkan. Anda juga tidak perlu melaksanakan Rooting sebab hal tersebut tidak diperlu.

Berikut Penjelasan lengkapnya….

Cara Mengatasi Samsung Galaxy Grand Lemot

 Entah mengapa nyaris sebagian besar pengguna Samsung Galaxy Grand Duos GT Cara Bijak Mengatasi Galaxy Grand Duos GT-i9082 Lemot

Identifikasi Penyebab Samsung Grand Duos Lambat

Setelah melaksanakan Trial and Error, ternyata penyebab Samsung Grand Duos menurun performanya bukan semata-mata sebab hardware yang sudah terlalu tua. Memang sih hape ini tergolong produk usang dimana dirilis kepasaran pada bulan Januari tahun 2013.

Meski demikian, secara mutu produk ini tergolong yang paling bandel, Spek Hardware Yang Lumayan dan Harga (Second) Yang Terjangkau jadi keistimewaan tersendiri.

Baca Juga : Harga Bekas Terbaru Samsung Grand Duos 2018

Kembali ke masalah…

Saya amati Manajemen RAM dan salah menegaskan aplikasi ialah penyebab utama mengapa hape kerap kali drop kinerjanya. Manajemen RAM yang saya maksud yakni bagaimana menertibkan biar RAM yang cuma 800 MB dapat optimal untuk melaksanakan aplikasi yang anda gunakan. Aplikasi yang terinstal sebaiknya tidak melampaui batas RAM yang dimiliki hape biar tersedia cukup memori bagi aplikasi yang lain.

Terdengar ribet…?

Baca saja dulu, nanti juga anda akan faham sehabis tahu langkah-langkahnya…

7 Langkah Mengatasi Samsung Galaxy Grand Duos Lemot

1. Jalankan Pembaruan Perangkat Lunak

Seperti yang sudah saya jelaskan pada postingan Panduan Update Software Android. Didalam file update yang kita download ada yang isinya Patch kemanan terbaru, perbaikan BUG tata cara untuk mengembangkan kinerja, penambahan fitur gres dan komplemen aplikasi.

Read:  ⭐⭐⭐Cara Root Samsung Grand Duos Gt-I9082 Dengan Dan Tanpa Pc

Saya mungkin pernah kisah kalau dikala masih melaksanakan Android Jelly Bean 4.1.2 pada Samsung Grand Duos, aplikasi musik tidak bisa dimatikan secara normal, namun mesti dimatikan paksa. Respons perangkat terhadap sentuhan juga lambat. Saya sering kesal dikala mengetik SMS, abjad yang saya tekan tampilnya usang sekali.

Setelah melaksanakan update ke versi  4.2.2, duduk kendala tersebut hilang dengan sendirinya tanpa melaksanakan setting apapun.

Untuk itu, secepatnya kerjakan update perangkat lunak dengan membuka suguhan Pengaturan -> Tentang Ponsel -> Pembaruan Perangkat Lunak -> Unduh Pembaruan Perangkat Lunak Sekarang.

Rahasia

2. Bersihkan Cache dan File Sampah Rutin

Update Software tidak serta-merta menghasilkan hape ngebut, namun tata cara juga mesti dibersihkan dari file-file sampah dari aplikasi dan tata cara android itu sendiri. Untuk membersihkan file sampah pada sistem, anda dapat menggunakan aplikasi pembersih menyerupai Google File Go.

3. Simpan  Data Hanya di SD Card

Saya tidak melarang anda untuk menyimpan data di memori internal perangkat. FYI, tata cara akan berkerja dengan baik jikalau memiliki ruang kosong yang cukup pada memori internal.

Jadi, kalau memori internal anda sarat maka tidak akan ada ruang untuk menyimpan Cache aplikasi yang sedang dijalankan. Kalau sudah begini, aplikasi apapun yang akan anda buka lazimnya akan tertutup sendiri (Force close).

Makanya, saya senantiasa menggunakan SD Card untuk menyimpan file penting menyerupai foto dan video.

Jika tidak memiliki memori card, anda dapat salin file-file tersebut ke Harddisk Laptop, atau cadangkan menggunakan media penyimpanan online menyerupai Google Drive atau Drop Box.

4. Ganti Aplikasi Yang Rakus RAM Dengan Versi Lite

Saya kutip data dari https://jalantikus.com/tips/10-aplikasi-social-media-boros-ram/ aplikasi Social Media menyerupai Facebook, Instagram, Line, dan WhatsApp ialah aplikasi yang rakus RAM.
Makara begini…

Read:  Bagus Mana Grand Duos Gt-I9082 & Grand Neo Gt-I9060 ?

Samsung Galaxy Grand Duos memiliki RAM 1 GB dengan detail selaku berikut :

  • 200 MB : Untuk VGA
  • 400 MB : System dan Aplikasi Bawaan
  • 400 MB : Untuk Aplikasi Lain

Jika Facebook dan Messengernya sudah menggunakan 349 MB, Line 129 MB kemudian tanyakan terhadap diri anda, darimanakan Kamera akan mendapat memori jikalau ketiga aplikasi boros RAM tadi berlangsung bersamaan.

Untuk itu, hapus aplikasi-aplikasi Sosial Media tolok ukur tadi kemudian ganti dengan model Lite yang lebih hemat RAM, Data dan Memori Penyimpanan.

Baca Juga : Daftar Aplikasi Ringan Terbaik Untuk Samsung Grand Duos

5. Kurangi Penggunaan Widget Yang Tidak Perlu

Menggunakan Widget Cuaca, Jam Analog memang menghasilkan penampilan layar depan hape jadi tambah keren. Tetapi perlu anda ingat ya kalau aplikasi ini fungsinya tidak terlampau penting dan juga memakan RAM.

Memang sih tidak banyak memori yang digunakan, tetapi sebab Grand Duos RAM-nya juga sedikit jadi mending RAM nya buat aplikasi yang lain saja.

6. Gunakan Wallpaper Dengan Ukuran 480×800

Dulu hape ini sudah tergolong hape kelas medium, Resolusi yang VGA sudah tergolong tinggi. Tapi jangan bandingkan dengan spek hape keluaran terbaru, pasti saja kalah jauh.

Untuk itu, jangan samakan selera anda yang sudah biasa menggunakan Wallpaper dengan mutu HD di hape ini, sebab akan memperbesar beban hardware cuma untuk meload gambar yang anda jadikan Wallpaper atau Screensaver.

Gunakan senantiasa Wallpaper dengan Resolusi 480 x 800, jikalau lebih dari itu anda Crop saja gambarnya menjadi lebih kecil diloadnya enteng.

7. Jangan Pasang Loucher

Siapa sih yang tidak mau hapenya terlihat kontemporer dengan memasang aplikasi peluncur tata cara menyerupai Hola Loucher, Go Louncher dll yang bisa kita sesuaikan dengan impian dengan menerapkan penampilan icon terkini dan widget menawan lainnya.

Read:  Cara Flash Samsung Grand Duos Gt-I9082 Indonesia

Tapi taukah anda jikalau peluncur tata cara juga menggunakan RAM yang lebih besar dari peluncur tata cara bawaan, kisaran besarnya RAM yang dipakai antara 100 MB lebih.

Penutup

Itulah tindakan yang saya kerjakan untuk menanggulangi Samsung Grand Duos Lemot yang terdengar agak ribet memang, tetapi mau terlebih sebab spesifikasi hardware yang terbatas maka kita selaku penggunalah yang mesti menyesuaikan.

Jika ada isu yang belum masuk, anda dapat berkontribusi dengan menginformasikannya di kolom komentar.

Terima Kasih.

Next Post

How To Download And Install Apache Web Server

Install it from your source medium. Open the Command Prompt as Administrator and change to the bin sub-directory of the extracted directory. How To Install Apache Web Server On A Linux Vps I Skysilk Blog How to Install and Run Apache Web Server on Windows 10. How to download and […]
How To Download And Install Apache Web Server