Cara Atasi Pesan Memori Internal Cepat Penuh Oppo F1s

Joss

Read Time8 Minute, 42 Second

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Internal Oppo F1S Cepat Penuh Tanpa Root Dengan Mudah – Kali ini akan dijelaskan wacana bagaimana langkah-langkah mengatasi duduk kasus munculnya pesan “Memori Penuh “ pada ponsel android  Oppo F1S .Masalah ini menjadi salahsatu issue yang kerapkali ditanyakan pengguna  Oppo F1S selain “ Penyebab Lemot “ dan “Jaringan Tidak Berfungsi.

Memori merupakan komponen hardware penting pada ponsel android, dimana pada cuilan ini berfungsi sebagai ruang penyimpanan berkas serta daerah Sistem android dan aplikasi terpasang. Ukuran kapasitas penyimpanan juga alasan mengapa sesorang sanggup tertarik untuk membeli perangkat hape. Dan biasanya, pembeli cenderung mencari hape yang ruang penyimpanannya besar.

Namun lantaran keterbatasan dana yang dimiliki, terkadang pembeli terpaksa menentukan varian dengan memori paling kecil ibarat 16 GB. Meskipun ia sendiri tahu, jumlah tersebut tidak akan cukup menghandle segala keperluannya.

Ujung-ujungnya sehabis beberapa bulan pemakaian, mulai muncul duduk kasus pada hape ibarat “Ruang Penyimpanan Tidak Mencukupi “ pada ketika akan menginstal pembaruan aplikasi di Goole Playstore.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengatasi pesan error “ Memori Penuh “ di Oppo F1S

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Internal Oppo F Cara Atasi Pesan Memori Internal Cepat Penuh Oppo F1S

Cara 1. Bersihkan Cache Aplikasi Beserta Junk File

Cache merupakan data yang berisi gosip bersifat sementara yang dihasilkan oleh aplikasi dan perambaan internet ibarat Chrome dan Opera. Cache sanggup mempercepat loading halaman web dan antarmuka aplikasi dimuat lebih cepat  alasannya yakni gosip yang dibutuhkan sudah ada dalam Cache, sehingga tidak perlu dibentuk ulang.

Ukuran Cache yang dihasilkan oleh sebuah aplikasi, baik itu aplikasi biasa maupun aplikasi perambaan internet ibarat Chrome bahwasanya sedikit. Tetapi lantaran rutin dijalankan, maka usang kelamaan akan menumpuk dan memakan ruang penyimpanan yang tidak sedikit.

Untuk ponsel android dengan ruang penyimpanan lega ibarat 32 GB, 64 GB atau 128 GB mungkin tidak akan terasa dalam waktu dekat. Tetapi lain halnya dengan hape Oppo F1S varian 16 GB yang mana angka tersebut tidak murni 16 GB, tetapi dikurangi sistem dan aplikasi sehingga yang tersisa hanya 7-8 GB saja.

Makanya, secara rutin anda sebaiknya menjadwalkan untuk membersihkan Cache dan File Junk (Sampah Sistem) secara rutin. Misalnya sekali seminggu atau dua kali seminggu sudah cukup.

Bagaimana cara membersihkan Cache aplikasi dan Junk File pada Oppo F1S …?

Pertama, anda ingat-ingat dulu aplikasi apa yang paling sering anda gunakan…!

Taruhlah anda setiap harinya tidak pernah bolos buka aplikasi Facebook, Twitter dan Browsing memakai Google Chrome.

Untuk membersihkan Cache dari ketiga aplikasi tersebut di Oppo F1S anda, pertama buka sajian Pengaturan → Aplikasi / Manajer Aplikasi.

Setelah itu anda cari tuh aplikasi yang ingin Anda hapus cache-nya, contohnya Facebook. Kalau sudah ketemu eksklusif TAP saja iconnya. Setelah terbuka maka akan tampil berapa ukuran cache yang dimiliki oleh aplikasi tersebut.

Anda tinggal  tekan tombol Clear cache untuk menghapusnya.

Ulangi langkah di atas untuk menghapus cache dari aplikasi Twitter.

Sedangkan untuk Google Chrome :

Pertama anda buka Chrome, sehabis itu anda klik ikon berbentuk tiga titik di pojok kanan atas untuk menampilkan menu.

Pilihlah sajian Settings kemudian pilih opsi Privacy yang terdapat pada cuilan Advanced.

Selanjutnya, pada cuilan sudut kanan bawah akan terdapat kembali ikon tiga titik. Tap ikon tersebut kemudian pilih Clear Browsing Data.

Selanjutnya ceklis opsi “Clear the cache” kemudian tekan tombol “Clear” untuk membersihkannya.

Ada cara yang lebih simpel…?

Ada tetapi cara ini akan menghapus Cache dari semua aplikasi meskipun bahwasanya Cache itu diperlukan. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Pertama anda buka sajian Pengatura → Penyimpanan di Oppo F1S anda.

Nanti akan ditampilkan daftar penggunaan ruang penyimpanan di hape Oppo F1S anda. Untuk sistem sekian GB, Aplikasi sekian GB, Foto dan Video sekian GB dst. Termasuk nanti ada gosip wacana berapa jumlah ruang penyimpan yang difungsikan untuk menyimpan Cache.

Untuk mulai membersihkan semua Cache yang tersimpan, Tekan pada gosip “Cached data” hingga muncul pop-up yang menyampaikan akan menghapus cache dari semua aplikasi.

Anda eksklusif tekan tombol OK untuk menghapusnya.

Selesai.

Kalau tidak mau repot, anda sanggup gunakan aplikasi pembersih Ccleaner Android yang mana dengan sekali tap saja, aplikasi ini sanggup memindaik file sampah dan Cache aplikasi sekaligus serta menghapusnya dengan mudah.

Silahkan bagi yang berminat, download aplikasi Ccleaner di Google Playstore.

Cara 2. Buat Cadangan File Di Harddisk Komputer

Bagi anda yang punya komputer dirumah, tidak ada salahnya secara terjadwal menciptakan cadangan foto dan video yang ada di hape Oppo F1S anda ke PC atau Laptop.

Mengapa Foto dan Video…?

Sebab kedua tipe file tersebut biasanya memakan porsi lebih banyak dibanding file lain ibarat Data Game.

Apalagi anda yang punya hape cewek…Alamat..!

Saya merekomendasikan betul cara ini sebab, menyimpan foto dan video di memori hape sangat rentan terhapus, baik itu secara sengaja maupun tidak sengaja.

Makanya di internet, salah satu query yang banyak dicari itu yakni “Bagaimana Mengembalikan File Terhapus Di Android “ ..!

Cara buat cadangan file di Komputer :

Pertama, Instal Driver USB sesuai merek Hp anda, didalam beberapa masalah hal ini tidak diharapkan alasannya yakni Windows biasanya sudah eksklusif membaca Hp dengan benar.

Sambungkan perangkat Oppo F1S dengan komputer memakai kabel data. Sangat direkomendasikan memakai kabel data bawaan, alasannya yakni sanggup kuat terhadap kelancaran transfer data.

Dan pastikan kabel data dalam keadaan baik, alasannya yakni seringkali saya kena setrum oleh kabel data yang terkelupas kulitnya.

Makara hati-hati….!

Setelah perangkat terbaca, nantinya akan tampil dilayar komputer nama hape anda. Dalam beberapa kasus, yang tampil bukan nama hape tetapi Nama Memori. Jika sudah, anda buka atau klik nama hape maupun memori yang ditampilkan di Windows Explorer.

Cari file DCIM atau folder lain yang anda jadikan daerah menyimpan file yang akan anda buat cadangannya kemudian klik kanan kemudian pilih “ Copy “ dan pastekan “ CTRL + V “pada keyboard di salah satu Partisi Harddisk anda.

Baca Juga Gaes : Cara Root Oppo F1S Paling Mudah

Lalu bagimana jikalau saya tidak punya Komputer…?

Bagi anda yang tidak punya komputer, saya merekomendasikan anda untuk menciptakan cadangan foto dan video secara otomatis dengan cara  mengaktifkan sinrkonisasi perangkat Oppo F1S anda dengan aplikasi Google Foto.

Nantinya, Setelah anda  menyinkronkan perangkat dengan Google foto, anda sanggup menghapus foto-foto usang yang sebelumnya tersimpan di memori.

Apabila kelak anda butuh foto yang telah dihapus untuk diupload ke Facebook atau untuk anda cetak tersebut, anda tinggal buka Google Foto kemudian share link ke Facebook atau mendownloadnya bila ingin dicetak.

Sebagai pengguna aktif Gooel Foto, Berikut yakni kelebihan mengaktifkan sinkronisasi perangkat dengan Google Foto :

Pertama, anda tidak perlu upload berkali-kali lantaran secara otomatis setiap ada foto gres akan diupload dilatar belakang dengan notifikasi.

Kedua, file yang telah backup terlihat rapi lantaran sanggup diurutkan dengan tanggal upload, maupun wajah orang yang ada di foto.

Ketiga, pencadangan sanggup memakai data seluler dan Wi-Fi, tinggal anda atur pada opsi pencadangan.

Keempat, Google menyediakan 15 GB ruang penyimpanan secara gratis.

Kelima, anda sanggup membagi foto dan video denga gampang ke aplikasi maupun layanan apa saja.

Keenam, aplikasi Google Foto bersifat pribadi dan hanya sanggup dibuka oleh perangkat yang terhubung dengan akun yang sama.

Ketujuh, foto sanggup ditampilkan meskipun perangkat sedang offline.

Sekarang anda sudah tahu manfaat dari Google Foto. Pertanyaannya kini bagaimana cara penggunaannya..?

Cara Menggunakan Google Foto Untuk Backup Video Dan Gambar

Pertama, download aplikasi Google Foto kemudian Jalankan aplikasinya dengan cara login memakai akun Google (Gmail). Tetapi untuk perangkat baru, tampaknya aplikasi sudah include didalam paket aplikasi Google sehingga tidak perlu download.

Selanjutnya buka aplikasi, kemudian pada cuilan atas kiri aplikasi tap sajian atau swipe layar kekanan untuk menampilkan semua menu.

Pilih menu  “ Setelan → Backup & Sinkronisasi → Tap opsi aktifkan dan menonaktifkan Backup & Sinkronisasi “ .

Scrol layar kebawah dan atur opsi pencadangan, apakah hanya memakai Wi-Fi atau Data seluler.

Setelah semua foto dan video anda backup, kembali kehalaman utama aplikasi Google Foto.

Terakhir, tampilkan semua sajian kemudian klik sajian “ Kosongkan Penyimpanan “ untuk menghapus semua foto dan video yang telah anda backup dari memori internal.

Selesai.

Cara 3. Hapus Aplikasi Standar Dan Beralih Ke Aplikasi Lite

Aplikasi chating dan jejaring sosial ibarat Line, Twitter, Instagram, Facebook dan Facebook Messenger merupakan dua aplikasi yang populer boros data, daya, dan ruang penyimpanan.

Saya pernah iseng mengecek berapa memori penyimpanan yang dipakai oleh aplikasi Facebook (versi standar). Setelah saya buka, ternyata ada sekitar 600 MB memori yang digunakan.

Itu untuk Facebook, belum Mesengger yang berkisar 186 MB. Belum WhatsApp, Telegram, Shpee, Tokopedia dll.

Untungnya, ada solusi untuk aplikasi ibarat Facebook, Line, Instagram dll.

Saat ini sudah ada aplikasi “ Lite Version “ dari aplikasi yang sudah saya sebutkan namanya diatas. Aplikasi tipe lite, selain 500% lebih hemat memori, tetapi juga hemat data seluler, RAM dan Daya Baterai.
Cuma, ada beberapa fitur yang dipangkas guna menekan peggunaan memori dan RAM yang terlalu tinggi.

Baca Juga Gaes : Cara Upgrade Android Oppo F1S

Selain Aplikasi Lite, Google juga tengah menyebarkan aplikasi Go yang sama halnya dengan aplikasi Lite yang lebih ramah data, daya dan memori dibanding aplikasi standar.

Beberapa produk aplikasi Go dari Google yang sudah dirilis di Google Playstore antaralain :

YouTube Go, Aplikasi pengganti youtube yang punya pilihan kualitas video, dari rendah, sedang dan tinggi. Ukuran file APK hanya 9 MB dan data 25 MB ;

Maps Go, Aplikasi pengganti Maps standard yang berjalan memakai Browser Google Chrome Android ;

Files Go, Aplikasi pengelola dan pembersih sistem dari file sampah serta rutin memperlihatkan tips-tips menghemat ruang penyimpanan ;

Google Search Go, Aplikasi pencarian Google yang memudahkan kita surfing internet tanpa browser dengan pemakaian memori dan data rendah.

Cara 4. Matikan Fitur Auto Download WhatsApp

Secara default aplikasi pesan instan WhatsApp akan mendownload foto dan video yang dikirmkan kepada anda. Fitur auto download ini akan menghabiskan banyak data internet dan memori penyimpanan.

Untuk itu matikan segera fitur ini caranya :

Pertama buka aplikasi WhatsAp kemudian tap titik tiga dipojok kanan atas aplikasi kemudian pilih “ Setelan →  Penggunaan Data dan Penyimpanan → Unduh Otomatis Media “.

Selanjutnya, untuk opsi “ Saat Menggunakan Data Seluler “ hapus centang pada semua jenis file baik itu Foto, Video, Audio dan dokumen.

Sedangkan untuk opsi “ Saat Menggunakan Wi-Fi “ anda atur sendiri sesuai kebutuhan.

Tapi ingat, hapuslah berkas-berkas dari WA secara berkala, sanggup memakai Google Files Go atau secara manual lewat Gallery.

Cara 5. Beli Memori Eksternal

Pada ketika kita dihadapkan pada keterbatasan ruang penyimpanan maka opsi terbaik untuk anda lakukan yakni dengan menambah kapasitas ruang simpan dengan membeli SD Card.

Tips No. 1 hingga No. 4 hanya sebagai alternatif saja, alasannya yakni dalam prakteknya jikalau mau Backup foto secara online tentunya harus ada jaringan internet. Lalu bagaimana jikalau tidak ada internet.
Lagian berdasarkan saya, harga SD Card juga tidaklah terlampau mahal terutama merek merek standar ibarat Sandisk dan Kingston.

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Internal Oppo F Cara Atasi Pesan Memori Internal Cepat Penuh Oppo F1S

Kisaran harganya sekitar Rp.50.000 saja dengan kapasitas 64 GB dan Class 10. Kalau dirasa terlalu mahal, saya rekomendasikan untuk mengamalkan tips 1-4 saja.

Sekian gosip wacana cara mengatasi pesan “ Memori Penuh “ pada Oppo F1S , biar bermanfaat.

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Next Post

[Terbaru] Firmware Prince Pc20 Tested 100%

  PRINCE PC20 Hallo teman flasher. Kesempatan ini saya akan membagikan firmware PRINCE PC20. Seperti diketahui,prince merupakan sebuah product yang sangat rentan sekali merk atau modelnya mengalami hambatan khusus pada bab program. Bagi teman yang membutuhkan firmware PRINCE PC 20 silahkan comot link dibawah ini. File sudah saya lakukan uji […]