Buku Fasilitator Membangun Rumah Tangga

Buku Fasilitator Membangun Rumah Tangga

Buku Fasilitator Membangun Rumah Tangga

Fasilitator pemberdayaan 1

Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan bidang pemberdayaan masyarakat, urusan pemerintahan bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta urusan pemerintahan bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana.

Dinas PPAPP mempunyai tugas melaksanakan pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana serta penggerakan dan ketahanan keluarga. Pada kesempatan PKL Kelompok 16, kami terfokus ke dalam dua bidang yaitu Bidang Pemberdayaan Masyarakat (PM) dan Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB)

BIDANG PM (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT) :

Tiga dari lima anggota kelompok kami berada di bidang Pemberdayaan Masyarakat (PM) yang sangat relevan dengan prodi Pendidikan Masyarakat, karena di bidang ini memiliki tupoksi meningkatkan pemberdayaan dan pergerakan masyarakat, partisipasi masyarakat dan teknologi tepat guna serta pengelolaan dan kemitraan RPTRA. Salah satu kegiatan yang telah kami jalankan di bulan September kemarin adalah Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Sosialisasi Gerakan Perempuan dalam Mengurangi Sampah Plastik yang dilaksanakan di Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW), Gedung Nyi Ageng Serang, Karet Kuningan, Jakarta Selatan.

Kegiatan sosialisasi PHBS dan sosialisasi Gerakan Perempuan dalam Mengurangi Sampah Plastik sudah terlaksana sebanyak tiga kali dimulai dari jam 08.00 s.d. 15.00 WIB

Fasilitator pemberdayaan 2

gambar one. Pemberian materi Gerakan Ramah Lingkungan dan Sadar Lingkungan

Sosialisasi pertama diadakan pada hari Kamis, 18 Agustus 2022 dengan materi :

  1. Peran Perempuan dalam Pengelolaan dan Pembiasaan Budaya Hemat Air”  oleh Ibu Dra. Hj Elo Al Bugis, M.Ag.
  2. Gerakan Ramah Lingkungan dan Sadar Lingkungan”
    Oleh Ibu Dra. Hj. Syamsidar, South.I

Sosialisasi kedua diadakan pada hari Rabu, 07 September 2022 dengan materi :

  1. Peran BKOW dalam Mengurangi Sampah Plastik” oleh Ibu Dra. Hj. Syamsidar Siregar, S.Ip
  2. Pentingnya Menjaga Lingkungan dalam Mengurangi Sampah Plastik”
    oleh Dra. Ferawati, M.Pd
  3. Peran Masyarakat dalam Mengurangi Sampah Plastik”
    oleh Wa Ode Asmawati
  4. Gerakan Perempuan Cerdas dalam Mengurangi Sampah Plastik”
    oleh Hadissaja

Sosialisasi ketiga diadakan pada hari Selasa, 20 September 2022 dengan materi :

  1. Gerakan Ramah Lingkungan dan Sadar Lingkungan”
    oleh Ibu Syamsidar Siregar, S.Ip
  2. Perempuan dalam Pengelolaan Sumber Daya Air dan Budaya Hemat Air” oleh Hadissaja

Warga belajar yang menjadi sasaran utama kegiatan tersebut adalah para anggota BKOW  yang meliputi ibu-ibu rumah tangga yang bekerja maupun tidak bekerja. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan yang telah kami fasilitasi akan berdampak positif bagi para warga belajar dalam jangka waktu yang panjang.

Read:  Rumah Bundar Bangunan Di Lindungi

Kegiatan ini mengedukasi para anggota BKOW mengenai pengendalian sampah plastik di lingkungannya sendiri sehingga sampai pada hasil yang diharapkan oleh Pemerintah Dki jakarta. BKOW ingin bisa ikut berperan aktif untuk mengimplementasikan apa yang menjadi harapan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Tindak lanjut dari pertemuan ini akan direkomendasikan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga kepada seluruh organisasi induk agar bisa mengeksekusi dengan cara dan gaya masing-masing, Setiap organisasi harus mampu menerjemahkan apa yang menjadi harapan pemerintah untuk menyelamatkan lingkungan sekitar agar bisa kepada anak-cucu kelak.

Pada pelaksanaannya, sosialisasi bersama Badan Kerjasama Organisasi Wanita kami membantu pelaksanaan acara tersebut mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi kegiatan. Dimulai dari menyusun rangkaian kegiatan penyuluhan, menghubungi narasumber penyuluhan, berkoordinasi dengan pihak BKOW, menyusun materi sosialisasi, serta menyiapkan keperluan sosialisasi yang bersifat administratif. Pada pelaksanaannya, kami membantu memimpin jalannya acara sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta sosialisasi Gerakan Perempuan dalam Mengurangi Sampah Plastik. Di akhir kegiatan, kami membantu menyusun laporan pertanggungjawaban bersama dengan kepala bidang Pemberdayaan Masyarakat DPPAPP Provinsi DKI Djakarta.

Fasilitator pemberdayaan 3

gambar 2. Dokumentasi Kegiatan Sosialisasi PHBS dengan BKOW

Sosialisasi pertama yang kami lakukan, yaitu sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang didalamnya membahas mengenai gerakan ramah lingkungan dan sadar lingkungan serta peran perempuan dalam pengelolaan sumber daya air dan budaya hemat air. Anggota BKOW secara sadar diajak untuk menjaga kesehatan diri melalui melestarikan lingkungan dan upaya pengelolaan air dengan bijak. Sadar lingkungan yang dimaksud adalah pemanfaatan air untuk kebutuhan rumah tangga, mengurangi limbah rumah tangga, dan usaha penghijauan di rumah secara berkala.

Masih berkesinambungan dengan masalah kesehatan dan lingkungan, sosialisasi selanjutnya mengangkat tema mengenai Gerakan Perempuan dalam Mengurangi Sampah Plastik. Sampah plastik merupakan masalah yang sangat krusial khususnya di ibu kota. Banyak dari masyarakat yang belum menyadari bahayanya sampah plastik dalam jangka panjang. Terlebih perempuan memiliki andil yang cukup besar mengenai produksi sampah khususnya pada sampah rumah tangga. Pada sosialisasi tersebut, anggota BKOW dibekali bagaimana mengolah sampah plastik menjadi suatu hal yang bermanfaat dan bernilai jual. Mereka juga diajak untuk mengurangi sampah plastic dengan metode 3R (Reuse, Reduce, Recycle).

Dari pelaksanaan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta sosialisasi Gerakan Perempuan dalam Mengurangi Sampah Plastik diharapkan anggota BKOW dapat berdaya dan termotivasi untuk meningkatkan taraf hidupnya melalui kegiatan sehari-hari. Diharapkan juga setelah sosialisasi tersebut ada perubahan dan dampak positif yang bisa dirasakan mulai dari individu, lingkungan keluarga, hingga lingkungan organisasi.

Read:  Desain Rumah Bangunan Bentuk L Minimalis

BIDANG PPKB (
Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana
) :

Dua dari lima anggota kelompok kami berada di bidang PPKB (Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana) yang kami dapat katakan sangat relevan dengan prodi Pendidikan Masyarakat, karena di bidang ini memiliki tupoksi pemberdayaan masyarakat wilayah DKI Dki jakarta berkaitan dengan program pengendalian penduduk dan keluarga berencana. Pada bidang ini program tersebut didukung dengan berbagai kegiatan dan teknologi berbasis daring atau aplikasi, seperti PUSPA, MOKA Online, CARIK Jakarta, serta Youtube Channel Dinas PPAPP. Salah satu program kerja dinas PPAPP pada bidang PPKB yang kami fokuskan pada bulan september kemarin ialah pada implementasi teknologi tepat guna yaitu aplikasi Newsiga bagi para penyedia layanan KB sewilayah DKI Dki jakarta. Saat ini pemerintah DKI Jakarta telah berupaya mensosialisasikan aplikasi Newsiga yang merupakan wadah pendataan keluarga dalam plan KB, kami mengambil peranan pada pengembangan media pembelajaran aplikasi tersebut dan juga pada tahap sosialisasi yang bermitra dengan berbagai suku dinas pada wilayah cakupan DPPAPP.  Pengembangan media pembelajaran “Langkah Pengisian Information Pelayanan KB dan Mutasi Alokon” pada aplikasi Newsiga telah dilakukan pada bulan agustus.

Fasilitator pemberdayaan 5

gambar 4. Dokumentasi Kegiatan Penyuluhan di Suku Dinas PPAPP Jakarta Timur

kami melakukan perancangan isi materi penyuluhan dengan mendiskusikan dengan Kepala Seksi di Bidang PPKB terkait isi materi penyuluhan, setelah berdiskusi dan merancang materi kita mulai membuat dan mendesain bentuk materi penyuluhan yang akan dipaparkan, setelah materi yang kami  buat dan kita design sudah selesai selanjutnya proses pengumpulan peserta dan Penjadwalan penyuluhan dilakukan oleh pihak Suku Dinas PPAPP DKI Dki jakarta,setelah melakukan penjadwalan dan pengumpulan peserta penyuluhan pun dilaksanakan. Berikut secara terperinci pelaksanaan kegiatan penyuluhan  yang telah dilakukan:

  • Penyuluhan Implementasi Website Newsiga pada Suku Dinas Dki jakarta Selatan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal tanggal five September 2022 sampai dengan six September 2022. Materi disampaikan oleh Ir. Lilis Osyah Suwandi, M.One thousand.
  • Penyuluhan Implementasi Website Newsiga pada Suku Dinas Jakarta Utara dilaksanakan pada tanggal 23 September 2022. Materi disampaikan oleh Ir. Lilis Osyah Suwandi, One thousand.M
  • Penyuluhan Implementasi Website Newsiga pada Suku Dinas Jakarta Utara dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober 2022. Materi disampaikan oleh Ir. Lilis Osyah Suwandi, Thou.1000
Read:  Contoh Laporan Ukl Upl Pembangunan Rumah Sakit

Fasilitator pemberdayaan 5

gambar 5. Dokumentasi Kegiatan Penyuluhan Suku Dinas PPAPP Djakarta Timur

Penyuluhan tersebut memiliki fokus materi langkah pengisian data pelayanan KB dan mutasi alokon pada aplikasi Newsiga. warga belajar kali ini ialah, para pelaku pelayanan program Keluarga Berencana, seperti para Bidan,Dokter Kandungan , dan lainnya . Partisipasi kami pada kegiatan ini ialah menyampaikan materi secara langsung pada warga belajar secara lebih dekat melalui sesi diskusi karena bagi para pelaku pelayanan KB yang lansia, cukup sulit untuk memahami materi yang disampaikan. mereka akan diberikan kesempatan bertanya jika mereka tidak paham atau kurang mengerti apa yang disampaikan. Berbeda dengan para peserta yang di usia produktif atau dewasa, sangat mudah memahami materi yang disampaikan, mereka cepat belajar dan memahami apa yang telah kami paparkan.

Program Penyuluhan terkait Pendataan melalui Website Newsiga ini, diharapkan dapat mendigitalisasi pendataan terkait Pelayanan KB di Jakarta, dikarenakan selama ini  pendataan masih secara manual atau metode menulis di buku nantinya harus dilaporkan lagi secara manual ke Dinas PPAPP, dari Dinas PPAPP dilanjut ke BKKBN. Dengan adanya website ini diharapkan dapat mengoptimalkan kinerja mereka dan memudahkan pendataan serta pelayanan mengingat setelah Newsiga diimplementasikan, para pelaku pelayanan KB dapat melakukan pelaporan pelayanan KB langsung ke BKKBN dan dipantau langsung oleh Dinas PPAPP DKI Jakarta semua itu dapat diakses di Website https://newsiga.bkkbn.go.id/.

Fasilitator pemberdayaan 6

Fasilitator pemberdayaan 7

Fasilitator pemberdayaan 8

gambar 6,7,dan 8. Dokumentasi Kegiatan Rapat DPPAPP dan Rapat Balai Kota

Selain hal tersebut kami berkesempatan untuk berpartisipasi dalam tim efektif terkait perancangan update website PUSPA, dan penyusunan sistem informasi publik pada website DPPAPP yang dikepalai oleh Bapak Darwoto M.Si selaku Kepala Bidang PPKB. Tidak hanya hal-hal tersebut namun kami juga mengambil peranan pada acara yang adakan dan rapat diskusi yang dihadiri oleh Dinas PPAPP.

Penutup

Program pada kedua bidang tersebut merupakan aksi kepenmasan dengan tujuan yang sama. Sama-sama bersinergi untuk membuat perubahan dengan harapan adanya motivasi dan perubahan perilaku dari masing-masing kegiatan. Peranan fasilitator sama-sama memberikan pemahaman bagi warga belajar dengan tujuan adanya informasi yang tersampaikan dengan baik. Baik penyuluhan maupun sosialisasi mempunyai tujuan untuk meningkatan pemahaman yang dimulai dari individu, lingkungan keluarga, hingga lingkungan sosial. Diharapkan juga kedua plan tersebut dapat memberi dampak positif sebagai upaya efisiensi dan efektifitas yang berlaku di masyarakat.


Buku Fasilitator Membangun Rumah Tangga

Source: https://fip.unj.ac.id/pls/peningkatan-intelektualitas-melalui-peran-fasilitator-pemberdayaan/

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …