Biaya Pembangunan Rumah Per Meter Persegi Berapa Sekarang

Biaya Pembangunan Rumah Per Meter Persegi Berapa Sekarang

Memiliki rumah lantai dua mungkin menjadi idaman bagi banyak orang. Terlebih, setiap tahunnya lahan yang ada semakin terbatas dan harganya cenderung naik.

Lantas, apa saja yang perlu dipersiapkan dan berapa biaya bangun rumah 2 lantai? Sobat BFI, mari kita simak uraian di bawah ini mengenai serba-serbi membangun rumah ii lantai yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Keuntungan Membangun Rumah 2 Lantai

Ada sederet keuntungan yang bisa Anda peroleh dari membangun rumah ii lantai. Keuntungan tersebut mencakup kenyamanan sampai dengan kebutuhan akan privasi. Yuk, kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

one. Rumah dengan 2 Lantai Lebih Efisien

Biaya bangun rumah ii lantai memanglah tidak murah. Namun, anggaran yang perlu disiapkan cenderung lebih hemat ketimbang membangun rumah yang luas ke samping.

Hal ini bisa terjadi karena rumah 2 lantai lebih efisien dalam pembuatan jalur listrik dan saluran air. Pasalnya, saluran yang dibuat akan berbentuk vertikal dan satu arah. Ini tentunya memungkinkan budget yang Anda miliki bisa diminimalisir karena tidak perlu menyediakan banyak saluran.

2. Secara Estetika, Terlihat Lebih Menarik

Secara estetika atau keindahan bangunan, rumah dengan 2 lantai terlihat lebih menarik dan enak untuk dipandang terlepas dari gaya bangunan seperti apa yang dipilih.

Di samping itu, rumah dengan 2 lantai menawarkan pemandangan yang memanjakan mata. Khususnya bagi pemilik rumah yang bermukim di kawasan asri.

3. Lebih Banyak Ruang dan Lega

Salah satu permasalahan yang kerap kali kita jumpai di daerah perkotaan atau daerah padat yaitu terbatasnya lahan. Lahan yang terbatas membuat ruang gerak yang ada pun ikut terbatas.

Solusinya yaitu dengan membuat rumah 2 lantai. Rumah yang dibangun secara vertikal cenderung memiliki lebih banyak ruang dan punya kesan lebih lega.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin memiliki lebih banyak ruang dengan anggota keluarga yang cukup banyak namun memiliki kendala yakni terbatasnya lahan bangunan.

4. Lebih Banyak Privasi

Selain digunakan untuk tempat bernaung atau berteduh, rumah adalah tempat dimana seseorang bisa mendapatkan privasi.

Dengan membangun rumah 2 lantai, Anda bisa mendapatkan privasi lebih baik, terbebas dari suara bising, dan menghirup udara lebih baik.

Baca Juga: Simak half-dozen Aturan Renovasi Rumah Subsidi yang Telah Ditetapkan Pemerintah

Cara Menghitung Biaya Rumah 2 Lantai

Sebelum Anda mulai membangun rumah ii lantai, ada hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan. Salah satunya yaitu memperhitungkan kebutuhan apa saja yang nantinya bisa mempengaruhi biaya bangun rumah 2 lantai.

Sobat BFI, berikut ini hal-hal yang sebaiknya Anda pertimbangkan secara matang sebelum mantap membangun rumah ii lantai.

Biaya Pembangunan Rumah Per Meter Persegi Berapa Sekarang

Paradigm Source: Pexels/Sherry

i. Pisahkan Biaya Tanah dengan Biaya Membangun Rumah

Biaya membeli tanah dan biaya membangun rumah sudah sebaiknya dipisahkan. Sebab, jika keduanya disatukan, maka anggaran yang ada akan nampak lebih besar.

Read:  Rks Bangunan Rumah Tinggal 1 Lantai Word

Sebagai contoh harga tanah yang Anda miliki bernilai Rp100 juta dengan biaya pembangunan kurang lebih Rp200 juta, bilamana kedua harga tersebut digabungkan, maka biaya yang ada terasa begitu besar yaitu Rp300 juta.

Lain halnya jika Anda memisahkan keduanya dimana biaya bangun rumah 2 lantai sebesar Rp200 juta. Besaran nilai tersebut tentunya terlihat tidak begitu mahal.

2. Jika Memungkinkan, Lebihkan Upkeep yang Ada

Biaya tambahan bisa datang sewaktu-waktu. Hal ini bisa dikatakan wajar, sebab, dalam membangun rumah memang sudah seyogyanya kita menaikan upkeep untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Amannya, Anda bisa melebihkan sekitar twenty-xxx% dari budget yang Anda miliki. Usahakan juga upkeep yang ada terpakai dengan baik dan efektif, jadi nantinya lebihan budget yang ada bisa Anda gunakan untuk renovasi bagian dalam atau interior rumah.

Baca Juga: 9 Inspirasi Desain Interior Apik untuk Renovasi Rumah

3. Biaya Tukang Cenderung Lebih Mahal Dibandingkan dengan Biaya Membangun Rumah

Biaya tukang bangunan bisa menjadi sesuatu yang tricky. Pasalnya, jika Anda kurang teliti dalam memilih tukang bangunan yang jujur dan sesuai, upkeep yang ada bisa saja dilebihkan dengan kualitas bangun yang ala kadarnya.

Jika Anda ingin menghitungnya lebih gampang dengan kesepakatan waktu pengerjaan yang bisa disesuaikan, maka jasa tukang borongan bisa jadi solusinya. Estimasi biaya bangun rumah 2 lantai pun akan lebih tergambar dengan jelas.

Namun, pastikan Anda meriset terlebih dahulu jasa pemborong mana yang hasil kerjanya sesuai dengan apa yang Anda cari. Salah satu caranya yaitu dengan bertanya kepada orang sekitar atau mencari tahu lewat jejaring sosial media.

4. Pemilihan Material yang Harus Disesuaikan

Material seperti bahan untuk pondasi, kusen, dan lain sebagainya sangatlah penting untuk membangun rumah yang kokoh dan awet hingga puluhan tahun.

Jadi, selain memastikan 3 hal krusial sebelumnya, Anda juga harus memastikan hal ini dan lakukan konsultasi dengan tukang bangunan atau pemborong yang Anda percaya.

Baca Juga: Syarat Gadai Sertifikat Rumah dan Hal Lain yang Perlu Dipertimbangkan

Estimasi Biaya Rumah two Lantai

Dalam membangun rumah, tentunya tidak terlepas dari perhitungan biaya. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membangun rumah 2 lantai, berikut ini estimasi biaya bangun rumah 2 lantai bisa Anda jadikan referensi.

Dilansir dari laman rumah.com, anggaran dana yang perlu Anda siapkan untuk membangun rumah 2 lantai ditentukan dari tipe bangunan yang Anda inginkan. Apakah rumah tersebut termasuk dengan kategori sederhana, standar, ataupun bagus.

Rinciannya sebagai berikut.

Estimasi Biaya Bangun Rumah two Lantai Kategori Sederhana

Untuk membangun rumah dengan kategori ini, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan. Mulai dari ukuran bangunan, fabric yang digunakan, sampai dengan estimasi biaya bangun rumah 2 lantai yang nantinya dikeluarkan.

Membangun rumah 2 lantai dengan tipe sederhana setidaknya membutuhkan tanah dengan luas 36 m2.

Read:  Aplikasi Bangun Rumah Dengan Detail Anggaran

Material yang nantinya dipakai untuk membangun rumah tersebut terdiri batu kali sebagai pondasi rumah, batu bata merah kualitas lokal untuk bagian dinding atau tembok, dengan adonan semen dan pasir yang memiliki perbandingan i semen seven bagian pasir.

Untuk bagian atas rumah, Anda bisa menggunakan eternit dengan atap rumah yang dipilih yaitu genteng berbahan tanah liat. Nantinya pada bagian lantai rumah, Anda bisa memilih keramik putih ukuran 30X30.

Terakhir, untuk pelengkap rumah seperti pintu, jendela, kusen, kunci, kaca, dan lain sebagainya bisa menggunakan kualitas biasa.

Adapun biaya yang perlu Anda anggarkan untuk rumah lantai 2 dengan kategori biasa yaitu kisaran Rp150-200 Juta. Harga tersebut adalah estimasi, untuk kisaran harga yang lebih akurat bisa Anda lakukan riset terlebih dahulu. Termasuk diantaranya riset harga standar tukang bangunan dan material.

Baca Juga:Tips, Jenis, dan Perhitungan Biaya Renovasi Rumah [Terbaru]

Estimasi Biaya Bangun Rumah 2 Lantai Kategori Standar

Seperti halnya membangun rumah 2 lantai dengan kategori sederhana, luas bangunan yang perlu Anda persiapkan dalam membangun rumah 2 lantai tipe standar yaitu sekitar 36 m2.

Fabric yang dibutuhkan mencakup batu kali sebagai pondasi rumah, dinding bangunan yang terbuat dari batu bata dengan kualitas standar atau tengah, serta adonan semen yang perbandingannya sudah disesuaikan, yaitu i semen 5 bagian pasir.

Pada bagian atas rumah Anda dapat memilih eternit dengan rangka hollow yang dikombinasikan dengan gypsum. Genteng tanah liat kualitas nomor satu bisa Anda pilih sebagai atap rumah.

Berapa biaya membangun rumah 2 lantai

Epitome Source: Pexels/Karolina Grabowska

Sedangkan untuk lantainya, Anda bisa memilih lantai keramik bermotif yang disesuaikan dengan selera dan budget yang ada. Tidak lupa pelengkap rumah seperti kunci, kusen, pintu, dan lain sebagainya bisa memilih kualitas dua.

Terakhir, biaya bangun rumah 2 lantai standar yang sebaiknya Anda siapkan berkisar Rp200 – 260 juta. Besaran biaya tersebut dapat berubah lebih mahal atau murah, tergantung dari material yang dipilih, harga yang berlaku saat ini, serta upah harian para buruh bangunan.

Baca Juga: Tips dan Cara Mengajukan Pinjaman Renovasi Rumah

Estimasi Biaya Bangun Rumah 2 Lantai Kategori Bagus

Selanjutnya yaitu perhitungan estimasi biaya bangun rumah ii lantai dengan kategori kualitas bagus.

Dalam membangun rumah 2 lantai yang bagus, Anda bisa menyiapkan lahan dengan ukuran 32 m2 atau di atasnya.

Adapun rincian material yang akan digunakan yaitu terdiri dari pondasi bangunan yang berbahan dasar batu kali. Dinding bangunan menggunakan batu bata dengan kualitas terbaik dengan adonan semen yang lebih kental.

Pada bagian atas rumah, Anda juga bisa menggunakan eternit dengan rangka hollow yang dikombinasikan dengan gypsum. Pilihlah rangka dan gypsum berkualitas baik yang nantinya dipadu padankan dengan atap kualitas premium.

Dan untuk lantai rumah, agar bisa memberi sentuhan mewah, Anda bisa memilih lantai keramik ukuran besar dengan pelengkap rumah seperti kunci, kusen, pintu, dan lain sebagainya yang terbuat dari kualitas nomor satu

Read:  Biaya Bangun Rumah Pakai Baja Ringan

Adapun biaya atau budget yang perlu dipersiapkan untuk membangun rumah lantai dua dengan kualitas bagus yaitu mulai dari Rp300 juta atau di atasnya. Anggaran ini bukanlah gear up cost, bilamana Anda ingin membangunnya dengan kualitas nomor 1 dan waktu pengerjaan yang singkat, budget yang perlu dipersiapkan bisa lebih dari jumlah tersebut.

Yang terpenting, pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu supaya bisa jeli dalam memilih material yang bagus dan serta buruh bangunan yang sesuai. Sehingga, hasil akhirnya bisa sesuai harapan Anda.

Bicara mengenai biaya bangun rumah 2 lantai, Anda dapat mendapatkan dan mengajukannya di BFI Finance! Cukup dengan mengajukan pinjaman jaminan BPKB Mobil, Motor, ataupun Sertifikat Rumah, Anda berkesempatan mendapatkan pinjaman dengan berbagai plafon dan bunga yang rendah.

Informasi selengkapnya bisa Anda dapatkan melalui tautan di bawah ini.

Informasi Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun.

Informasi Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga xviii bulan.

Informasi Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.nine% dengan tenor panjang hingga 48 bulan.

Sobat BFI, itulah informasi mengenai biaya bangun rumah 2 lantai. Harapannya, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan membantu pembaca sekalian dalam membangun rumah impian.

Dapatkan informasi menarik lainnya hanya di BFI Weblog. Artikel terbaru setiap Senin-Jumat!

Berapa biaya bangun rumah ii lantai per meter?

Rata-rata
biaya bangun rumah 2 lantai
di Dki jakarta,
per meter
perseginya mencapai kisaran Rp iii—5 juta. Itu hanya untuk bahan konstruksinya, ya! Jadi, jika kamu ingin
membangun rumah 2 lantai
dengan luas total 150
meter
persegi,
biaya
konstruksi
bangunan
yang harus kamu siapkan bisa berada di kisaran Rp 450—750 juta.

Berapa bulan bangun rumah two lantai?

President Managing director Davy Sukamta and Partners yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Ahli Konstruksi Republic of indonesia (HAKI) Davy Sukamta menjelaskan,
pembangunan rumah dua lantai
seluas 150-250 meter persegi bisa diselesaikan dalam waktu enam
bulan.

Apakah uang 50 juta cukup untuk membangun rumah?

Membangun
rumah 50 juta
berarti mungkin Anda
bisa
mmebangun
rumah
dengan luas sekitar 20m2 hingga 40 m2. Di atas lahan tersebut, Anda kira-kira
bisa
membangun
rumah
tipe 21 sampai tipe 36. Anda
bisa
menggunakan konsep minimalis agar
rumah
di lahan terbatas tersebut tidak terasa sesak.

Berapa biaya bangun rumah per meter 2022?

Untuk sistem borongan biasanya upah akan dihitung berdasarkan
biaya bangun rumah per
meternya. Adapun kisarannya antara Rp iii.500.000 – Rp 5.000.000
per meter
persegi.

Biaya Pembangunan Rumah Per Meter Persegi Berapa Sekarang

Source: https://apacode.com/berapa-biaya-membangun-rumah-2-lantai

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …