Biaya Pembangunan Rumah Kost 2 Lantai

Biaya Pembangunan Rumah Kost 2 Lantai

Rumah kos-kosan menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Desain rumah kost minimalis 2 lantai bisa menjadi pilihan. Meskipun tersedia lahan terbatas, tetapi kamu bisa mendapatkan lebih banyak pintu kamar kos. Ini dia desain rumah kost minimalis 2 lantai dan biaya

Selain lokasi yang strategis, desain rumah kost juga menjadi faktor penting untuk menarik minat calon penyewa. Rumah berkonsep minimalis bisa kamu aplikasikan untuk membangun rumah kost.

Kalau kamu siap berbisnis rumah kost, yuk simak artikel ini! Ada desain rumah kost minimalis 2 lantai agar bisnis kos-kosan kamu auto cuan, lengkap dengan rincian  biaya yang dibutuhkan.

Contoh desain rumah kost minimalis 2 lantai

Kamu bisa membangun rumah kost berbentuk U dengan halaman di tengah. Desain ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan udara segar. Tangga bisa ditempatkan di tengah di balik dinding rooster atau dinding berlubang sehingga tidak tampak dari tepi jalan.

Sirkulasi melalui selasar satu sisi di depan kamar-kamar yang dilengkapi dengan kamar mandi di dalam. Halaman di tengah juga dapat dijadikan lahan parkir

Selain itu, kamu juga memilih desain rumah kost seperti rumah tinggal pada umumnya. Ketika kamu memasuki pintu utama rumah, terdapat ruang tengah yang luas yang dikelilingi pintu-pintu kamar kos.

Biaya Pembangunan Rumah Kost 2 Lantai

Jika terbatas lahan, kamu dapat membuat kamar mandi bersama atau
shared bath
di setiap lantai. Kamu juga bisa menyediakan
pantry
atau dapur bersama di bawah tangga.

Untuk sirkulasi udara, kamu bisa membuat jendela di setiap kamar kos yang mengarah ke luar. Lahan parkir dan taman bisa ditempatkan di halaman depan agar rumah kost tetap segar, sehat, dan asri.

Kamu pun bisa membuat taman di halaman belakang. Ruang ini dapat dijadikan tempat menjemur pakaian.

Read:  Biaya Bangun Rumah Pakai Baja Ringan

Baca Juga :

Hati-Hati Keliru! Ketahui Rukun Hibah dan Syarat Hibah Tanah

Memulai bisnis kos-kosan

Memulai bisnis tidak ada yang mudah semudah membalikkan telapak tangan. Kamu harus mengatur strategi agar bisnis rumah kost motorcar cuan dan menjadi investasi di masa depan.

Berikut hal-hal yang bisa kamu pelajari sebelum memulai bisnis indekos.

  1. Menghitung biaya desain rumah kost minimalis 2 lantai

Untuk bisa membangun rumah kost, semestinya kamu mengetahui terlebih dahulu luas tanah dan luas kamar yang akan dibangun. Hal ini bertujuan untuk mengetahui modal yang harus dikeluarkan.

Sebagai contoh, kamu ingin membangun kamar kos 10 pintu dengan luas 4×four meter persegi dan kamar mandi berada di dalam.

Luas kamar kos:

  • Kamar kos 4×4 meter = 16 meter2
  • ten kamar kos 10 xvi meter2 = 160 meter2

Kamu bisa membagi dua, 5 kamar kos di lantai satu dan 5 kamar kos di lantai dua. Setidaknya kamu harus memiliki tanah seluas 100 meter persegi. Diperkirakan harga tanah Rp 1 juta per meter persegi.

Biaya membeli tanah:

  • Harga tanah x total luas tanah
  • Rp one juta ten 100 meter2 = Rp 100 juta

Simulasi biaya membangun rumah kost berada di angka Rp 2 juta sampai Rp three,5 juta per meter persegi.

Biaya membangun kamar kos:

  • Luas kamar kos 10 biaya pembangunan
  • 160 meter2 x Rp three juta = Rp 480 juta

Jadi, biaya yang dibutuhkan untuk membeli tanah dan membangun kost sekitar Rp 580 juta. Biaya ini belum termasuk membuat taman, dapur atau
pantry
bersama di setiap lantai, pagar, pemasangan listrik (tiap kamar kos atau menyeluruh) dan fasilitas kost lainnya.

Luas tanah, luas rumah kost, dan banyaknya pintu kamar kos dapat disesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Cara di atas merupakan cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk memperkirakan uang yang harus disiapkan.

Read:  Dijual Rumah Jalan Bangun Nusa Raya

Baca Juga :

Ketahui Cara Investasi Emas untuk Masa Depan

  1. Kapan balik modal?

Jika kamu menentukan harga sewa kost sebesar Rp 500 ribu per bulan. Maka, untuk 10 kamar kos, tiap bulannya kamu mengantongi Rp 5 juta per bulan. Untuk satu tahun, kamu mendapatkan Rp 60 juta.

Jika kamu menghabiskan biaya membangun rumah kost minimalis two lantai sebanyak Rp 600 juta, maka kamu akan balik modal dalam 10 tahun. Catatannya, x kamar kos kamu terisi full tanpa henti selama 120 bulan.

Full biaya membangun : pendapatan per tahun

  • Rp 600 juta : Rp threescore juta = 10 tahun
  1. Menentukan harga sewa

Harga sewa ditentukan banyak faktor, seperti letak kos-kosan, desain rumah kost, dan fasilitas. Harga sewa kos-kosan ada yang termasuk listrik dan air, salah satunya, atau tidak keduanya.

Jika kamu memasang listrik di setiap kamar kos, tentu biaya listrik menjadi tanggung jawab langsung penyewa. Namun, apabila kamu hanya memasang listrik untuk keseluruhan, maka tagihan listrik harus dibayar pemilik.

Kamu harus memasukkan variabel biaya tagihan listrik itu ke harga sewa kost tiap bulannya. Jangan lupa juga menyertakan biaya kebersihan dan keamanan untuk membayar upah para petugasnya.

Baca Juga :

Gadai Hp di Pegadaian: Syarat Lengkap, Cara dan Harga

  1. Menjaga kebersihan dan keamanan

Kebersihan menjadi faktor penting dalam bisnis kos-kosan. Lingkungan yang bersih dapat menarik minat penyewa. Siapa juga yang mau betah tinggal di tempat kotor dan tidak terawat?

Lingkungan kosan bisa menjadi titik rawan kejahatan. Tak dipungkiri banyak kasus tindak pencurian atau kejahatan di rumah kost.

Untuk menghindari kejadian barang hilang, kamu bisa mempekerjakan petugas keamanan atau satpam. Kamu juga bisa memasang CCTV di rumah kost.

  1. Promosi rumah kost
Read:  Pengalaman Bangun Rumah Dengan Kontraktor Royal

Di tahap awal, memang cukup sulit membuat rumah kost terisi penuh. Kamu harus menggencarkan promosi, bahkan jika perlu dilakukan sebelum rumah kost terbangun sepenuhnya.

Kamu dapat melakukan promosi secara konvensional dengan memasang spanduk, papan nama, atau selebaran. Selain itu, kamu juga dapat berpromosi secara online menggunakan aplikasi pencari kost.

Di sisi lain, apabila kamu ingin menambah cuan, kamu bisa membuka warung atau kantin di rumah kost. Selain mendatangkan cuan, warung kamu bisa menguntungkan penghuni kos karena mereka tidak perlu jauh-jauh berjalan untuk sekadar membeli mie instan atau sabun mandi.

Nah itu dia ulasan mengenai desain rumah kost minimalis 2 lantai dan biaya yang dibutuhkan untuk membangunnya. Semoga bermanfaat!Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk

Biaya Pembangunan Rumah Kost 2 Lantai

Source: https://www.kreditpintar.com/education/desain-rumah-kost-minimalis-2-lantai-dan-biaya

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …