Biaya Membangun Rumah Klasik Eropa

Biaya Membangun Rumah Klasik Eropa

Biaya Membangun Rumah Klasik Eropa

Bangunan minimalis modern bisa juga dipadukan rumah klasik Eropa, terutama untuk menunjukkan kesan estetik. Perpaduan klasik, sederhana dan modern akan membuat tampak depan rumah sangat cantik, dan terasa nyaman untuk tinggal di dalamnya.

Banyak cara membangun rumah agar terlihat berbeda dengan yang lain. Diantaranya dengan bereksperimen dengan banyak konsep. Beberapa konsep rumah populer diantaranya banyak mengambil gaya klasik masyarakat Eropa kuno.

Gaya rumah klasik Eropa pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan Amerika. Dengan perpaduan ornamen seperti balkon, pilar dan sebagainya, sebagai ciri khas. Dan dengan sedikit kreativitas, ide tersebut dapat dimunculkan pada produk bangunan modern, dengan tema minimalis.

Bangunan berpilar
. Jika kita teliti saat melihat beberapa film dengan tema kekaisaran Romawi, akan banyak bangunan dengan beberapa pilar di sekitarnya. Selain berfungsi sebagai penopang, keberadaan ornamen ini membuat tampilan bangunan secara keseluruhan tampak kokoh dan berestetika.

Konsep tersebut yang pada akhirnya berkembang di banyak tipe rumah klasik Eropa. Hingga sekarang, kombinasi rumah dengan pilar masih dipertahankan, terutama jenis rumah dengan konsep halaman luas dan kebutuhan estetik, tingkat tinggi.

Tak hanya jenis bangunan dengan konsep luas dan besar, desain ini juga kerap digunakan dalam membangun tipe rumah modern minimalis. Meski tak sejalan dengan kesan sederhana, namun perpaduan yang pas akan membuat tampilan rumah tampak indah secara keseluruhan.

Banyak cara menampilkan bentuk pilar untuk kebutuhan estetika. Bisa berupa bentuk silinder hingga hexa, sesuai dengan kebutuhan desain rumah yang dibutuhkan. Tipe bangunan ini biasanya cocok dengan warna monokrom, seperti perpaduan putih, coklat atau emas.

Gaya Victorian
. Konsep rumah yang satu ini sangat populer pada bangunan masyarakat Eropa sejak abad ke 19. Karena dibangun di era tersebut, penggunaan batu bata, dan cloth kayu sangat kental pada konsep bangunan dengan tema ini.

Read:  Gambar Bangun Ruang Sebuah Rumah

Dipadukan dengan konsep rumah minimalis, beberapa eksterior bangunan bisa dihadirkan dengan bentuk asimetris. Perpaduan gaya ini akan tampak lebih berestetika dengan pemasangan beberapa jendela dan penggunaan material bahan bangunan batu bata dan kayu.

Secara umum, konsep bangunan ini banyak menggunakan bentuk limas dan kerucut di satu atau beberapa bagian rumah. Selain banyak jendela, tipe rumah ini juga tak jarang memiliki banyak pintu, namun hanya ada satu pintu utama.

Tak selalu tampak luas, perpaduan konsep yang dihadirkan (meski sebagian) seperti yang telah disebut di atas dapat mengoptimalkan tampilan keseluruhan rumah dengan konsep sederhana. Terlebih jika bangunan didirikan di lingkungan hijau, dengan banyak rumput dan pepohonan.

Ornamen Balkon
. Ornamen ini sering ada pada kebanyakan tipe rumah klasik Eropa. Fasilitas ini biasanya ada pada kamar, terutama pada bagian bertingkat. Fungsi utama adalah tempat bersantai setelah beraktivitas atau bangun pagi setiap hari.

Dalam konsep aslinya, balkon pada bangunan dibangun dengan material bahan bangunan beragam. Mulai dari batu beton, teralis besi (baja) dan sebagainya dengan dengan desain beragam sesuai dengan kebutuhan.

Konsep ini yang kemudian dapat diadopsi dan disesuaikan dengan kebutuhan, terutama saat membangun rumah minimalis. Tanpa harus membangun secara komplek, fasilitas ini dapat dihadirkan untuk keperluan yang sama, meski dalam hal desain yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Bagi Anda yang suka berkebun, fasilitas balkon juga dapat dimanfaatkan untuk mempercantik bagian eksterior rumah secara umum. Dalam hal ini menambah ornamen tanaman hias dengan pot kecil atau gantung, cara ini akan membuat rumah tampak asri, natural dan berestetika.

Cerobong Asap
. Bagian ini sering ada pada tipe rumah klasik Eropa pada umumnya, yang fungsi utamanya sebagai penghangat ruangan di musim dingin. Perpaduan dengan rumah mod, cara ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan nilai estetika bangunan.

Read:  Metode Pelaksanaan Pembangunan Rumah Dinas

Selain itu, cerobong asap yang ada pada tipe rumah mod juga dapat digunakan sebagai media menyalurkan asap dari aktivitas memasak. Sehingga optimalisasi dapur di ruang terbatas rumah minimalis tak akan terkendala oleh masalah asap.

Bagian cerobong biasanya terbuat dari material bahan baku utama sebuah rumah. Misalnya beton, batu merah dan sebagainya. Meski tersamar dengan bahan yang sama, garis lurus yang dihadirkan seakan mempertegas keberadaan fasilitas ini pada sebuah konsep bangunan.

Meski bukan yang utama, fungsi cerobong asap pada rumah dapat memberi kesan nyaman, pada sebuah bangunan. Terutama bagi Anda yang ingin menghadirkan kesan klasik, yang dipadukan dengan konsep banguna modern.

Tipe Kontemporer
. Sederhana tanpa banyak ornamen, gaya ini juga sangat populer pada tipe rumah klasik Eropa pada umumnya. Digunakan sebagai perpaduan rumah modern, tipe ini jelas selaras dengan konsep minimalis.

Umumnya tipe bangunan ini tak memiliki banyak detail, warna dan ornamen seperti pilar, balkon dan sebagainya. Fungsi rumah sebagai tempat hunian yang nyaman tak akan terlihat dari luar, tapi bagi Anda yang menyukai kesederhanaan, tampilan bangunan jenis ini akan memberi kesan tersendiri.

Umumnya tipe rumah kontemporer memiliki satu jendela dan pintu utama dengan ukuran besar. Sementara jendela dan pintu lain sebagai pendukung biasanya terletak agak berjauhan dan berukuran lebih kecil.

Dalam hal bangunan utama, konsep kontemporer pada gedung biasanya menggunakan bentuk persegi, dengan beberapa tambahan, sesuai dengan konsep ruangan yang ingin dihadirkan. Dalam hal rangka atap, juga sering dihadirkan tanpa ornamen, dan lebih mengedepankan fungsi bangunan secara optimal.

Tipe State
. Tipe bangunan ini biasanya dimiliki oleh bangsawan atau tuan tanah, dan identik dengan rumah klasik Eropa di abad pertengahan. Selain bangunan yang luas, ciri utama dari konsep ini adalah satu buah atap dengan bentuk miring dan berukuran besar.

Read:  Harga Membangun Rumah Mewah Per Meter Di Surabaya

Selain itu, bangunan dengan tipe ini biasanya memiliki banyak kamar, sehingga tampak luar akan terlihat banyak jendela dan beberapa pintu di bagian bawah. Tampak depan, bangunan memiliki satu buah pintu masuk utama dalam ukuran besar.

Batu bata dan kayu identing dengan material utama bangunan dengan tipe ini. Dan tak jarang, besi sering digunakan untuk bagian pagar balkon dan sejenisnya. Sehingga tampak luar bangunan terlihat sangat luas dan seragam.

Dalam konsep rumah minimalis, tipe ini bisa dipadupadankan dengan hanya memasang satu jendela dan memangkas fungsi rumah lainnya. Sehingga tampak sederhana namun tanpa meninggalkan kesan Land yang kental. Perpaduan ini akan membuat bangunan tampak sederhana, unik dan tampak ber-estetika.


PT Anggaza Widya Ridhamulia merupakan perusahaan konstruksi swasta yang sudah menangani berbagai proyek skala nasional selama lebih dari ane dekade. Apabila Anda membutuhkan layanan jasa konstruksi profesional, silahkan hubungi kami untuk informasi dan konsultasi lanjutan.

Biaya Membangun Rumah Klasik Eropa

Source: https://www.awrm.co.id/mengoptimalkan-gaya-rumah-klasik-eropa-di-konsep-minimalis/

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …