Bangunan Rumah Rakyat Tahan Gempa

Bangunan Rumah Rakyat Tahan Gempa

Keren, 6 Desain Rumah Tahan Gempa Sesuai Rekomendasi BNPB


Desain rumah Bangunan Rumah Rakyat Tahan Gempa (BARRATAGA) – (Foto by: Pusat Study Rekayasa Kegempaan, Efek Dinamika dan Kebencanaan Universitas Islam Indonesia)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar
– Letak geografis yang berada di Cicin Api Pasifik menyebabkan Indonesia rawan akan gempa. Belum lama ini Indonesia diguncang gempa hebat berkekuatan vii,5 SR di NTT. Masih hangat pula dalam ingatan gempa bumi yang terjadi di Lombok serta gempa yang disertai tsunami di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah pada September 2018.  Kondisi ini mengharuskan Indonesia lebih siaga dalam menanggulangi gempa. Objek yang paling terpengaruh akibat gempa bumi tentu saja bangunan, terlebih rumah penduduk.

Berikut ini six rekoemdasi desain rumah yang tahan gempa sesuai anjuran BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

1. Desain Dome

Rumah dengan ciri khas dinding dan atap yang saling menyatu ini diyakini memiliki tingkat ketahanan tinggi terhadap gempa bumi. Rumah dome karya Prof. Nizam, M.Sc, Ph.D ini memiliki ketahan juga terhadap angin kencang yang kuat. Kunci utama dari rumah ini menerapkan konstruksi yang kokoh serta penggunaan material bangunan yang ringan. Karena konstruksi kokoh dan fabric yang ringan, rumah ini tidak akan mudah goyang saat gempa bumi dan angin kencang. Rumah ini sendiri sudah diterapkan sebagai rumah mitigasi bencana. Letaknya ada di Dusun Nglepen, Prambanan, Kabupaten Sleman.


ii. RISHA

RISHA atau Rumah Instan Sederhana Sehat adalah rumah yang bisa dibangun kapan saja dan di mana saja. Selain itu, rumah ini bisa dibangun dengan waktu yang sangat singkat. RISHA sendiri dibangung tidak menggunakan material konvesional seperti semen dan batu bata, melainkan console-panel dan baut.

Read:  Gambar Rumah Yang Banyak Bangun Datar




3. RIKA

RIKA atau Rumah Instan Kayu memiliki beberapa kesamaan yang signifikan dengan RISHA. Hal yang membedakan dari kedua rumah instan ini hanyalah bahan bangunan yang dipakai, yakni kayu rekayasa. Walaupun memakai kayu kelas rendah seperti sengon, karet, dan akasia, kayu tersebut diolah kembali dengan sistem Laminate Veneer Lumber (LVL).


4. BARRATAGA

BARRATAGA atau Bangunan Rumah Rakyat Tahan Gempa. Rumah ini tampak memiliki nuansa tradisional, namun siapa yang menyangka jika Barrataga adalah rumah yang tahan terhadap gempa bumi. Rancangan ini digagas oleh pakar Rekayasa Kegempaan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, yakni Prof. Ir. Sarwidi. Filosofi dari rumah ini sendiri adalah “menyelamatkan diri”, sebagai respon atas gempa bumi yang melanda Jogja pada tahun 2006 silam. Rangkat dari Barrataga terdiri dari beton kolom, balok tepi atas, balok bawah, kemudian balok lantai yang dihubungkan dengan simpul Barrataga agar tidak patah saat gempa melanda. Aspek yang paling kuat dari bangunan ini adalah penguatan besi tulangan yang mengait satu sama lain. Menurut Sarwidi, rumah ini akan semakin kuat terhadap gempa jika menggunakan kayu atau bambu untuk bagian besi tulangannya.


v. RUSPIN

Rumah Unggul Sistem Console (RUSPIN) ini menggunakan teknologi terbaru dan sistem bongkar pasang. Meskipun memiliki RUPSIN  dan RISHA memiliki kompenen yang dibuat secara fabrikasi, RUSPIN memiliki keunggulan tersendiri. Pasalnya, RUPSIN lebih mudah untuk dibangun karena menggunakan teknologi terbaru yang lebih mudah dipasang. Selain hemat biaya dan mudah untuk dibangun, kekuatan rumah tahan gempa ini juga sudah teruji.


6. Growing House

Rumah yang memenangkan sayembara desain perumahan di Jepang ini didesain oleh mahasiswa dari UGM. Dilansir oleh situs Brilio.net, konsep desain rumah ini dibagai ke dalam 3 tahap, yakni home for all, space, for all, dan life for futere. Kehadiran Growing house benar-benar disambut baik oleh pemerintah Jepang mengingat fungsi rumah ini disebut memiliki desain terbaik untuk mengatasi gempa.

Read:  Bangunan Berbentuk Rumah Yang Dibangun Di Atas Makam Disebut


Bangunan Rumah Rakyat Tahan Gempa

Source: https://celebesmedia.id/gayahidup/artikel/1007161221/keren-6-desain-rumah-tahan-gempa-sesuai-rekomendasi-bnpb

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …