Bagian Luar Dari Bangunan Rumah

Bagian Luar Dari Bangunan Rumah

Kita semua tentunya sudah tidak asing dengan bangunan rumah. Selama hidup, kita tinggal di

rumah
, yang tak sekedar untuk beristirahat tapi juga sekaligus jadi tempat berlindung dari hujan, cuaca panas dan sebagainya.

Rumah juga menjadi tempat berkumpul bersama keluarga, tempat anak-anak tumbuh dan berkembang, sehingga ini menjadi tempat yang penting dalam kehidupan manusia.

Selain sebagai tempat berlindung dan berkumpul keluarga, masih banyak lagi manfaat dan fungsi rumah lainnya, misalnya sebagai investasi dan sebagainya.

Namun, apakah Anda pernah bertanya-tanya tentang apa saja

sih

bagian penyusun konstruksi bangunan rumah? Selama ini kita tinggal di dalamnya, namun kita tidak pernah memikirkan dan mengenalnya lebih jauh.

Mengenal bagian-bagian dan istilah dalam konstruksi bangunan rumah dapat membuat Anda lebih paham dengan fungsi setiap bagian penyusunnya.

Dengan begitu, Anda dapat lebih bijak dalam melakukan perawatan dan renovasi. Informasi ini lebih penting lagi terutama bagi Anda yang sedang berencana untuk

membangun rumah
.

Untuk mengetahui istilah dalam konstruksi bangunan rumah, telah kami rangkum semua informasi pembentuk konstruksi bangunan rumah di bawah ini.

Yuk
, kita pelajari sama-sama!

Bagian-Bagian Konstruksi Bangunan


Semua konstruksi bangunan memiliki bagian penyusun yang sama berupa fondasi, dinding, lantai dan atap. Setelah konstruksi bangunan ini didirikan, maka dapat ditambahkan elemen penghias seperti cat dan lain sebagainya agar bangunan tampak indah.

Untuk bagian penyusun konstruksi bangunan rumah pun kurang lebih sama dengan konstruksi bangunan lainnya. Selanjutnya akan dibahas istilah dalam konstruksi bangunan rumah satu per satu.

  1. Fondasi


Istilah dalam konstruksi bangunan rumah yang pertama akan dibahas adalah bagian fondasi. Bagian ini merupakan bagian yang esensial dari sebuah bangunan.

Read:  China Bangun Rumah Sakit Sumut

Seluruh beban bangunan disokong oleh fondasi. Untuk membangun fondasi yang bagus diperlukan keahlian dalam memeriksa keadaan tanah dan merancang fondasi yang tepat sesuai dengan karakteristik lahan yang tersedia.

Ada banyak jenis fondasi yang dapat dipilih untuk menjadi dasar rumah. Jenis fondasi rumah yang sering digunakan di Indonesia meliputi fondasi tapak, fondasi pelat beton lajur, fondasi tikar, fondasi sumuran dan lainnya.


    2.
    Sloof



Bagian konstruksi bangunan rumah yang kedua adalah

sloof

yakni bagian bangunan yang diletakkan di atas fondasi.

Fungsinya adalah menyalurkan beban dari bangunan bagian atas pada fondasi dan memeratakan beban yang ada dengan cara menyalurkan beban secara merata pada setiap titik fondasi.

Dengan adanya

sloof

ini, beban bangunan jadi seimbang disokong oleh semua bagian fondasi. Lebihnya lagi,

sloof

memiliki kegunaan untuk mengunci kolom dan dinding agar tidak roboh ketika ada pergerakan tanah.


    3. Dinding


Gambar konstruksi bangunan rumah di atas adalah bagian dinding atau juga biasa disebut tembok.

Dinding atau tembok

adalah struktur konstruksi bangunan vertikal yang umumnya tersusun dari bata atau batu yang menutupi interior dan mengelilingi suatu lahan. Dinding juga dapat menjadi partisi yang membagi-bagi ruangan dari suatu bangunan.

Dinding berfungsi memberikan keamanan dan perlindungan. Selain itu, dinding juga dapat berguna sebagai

struktur bangunan

yang meredam suara dan dapat menjadi dekorasi.

Dari segi letaknya, komponen struktur bangunan ini merupakan bangunan bagian atas yang ditambahkan di atas

sloof
.

  1. Kolom


Kolom adalah bagian konstruksi bangunan berupa batang vertikal yang menyokong beban dari balok pada bagian atas bangunan.

Kolom merupakan salah satu jenis struktur bangunan utama yang sangat penting, memiliki fungsi untuk mendistribusikan berat beban bangunan, beban barang dan manusia, serta tekanan dari angin. Kerusakan pada suatu kolom dapat meruntuhkan lantai bahkan keseluruhan struktur bangunan.

Read:  Sop Ppi Rumah Sakit Dibidang Pembangunan Rumah Sakit

Kolom menjadi perantara penyaluran beban dari bagian atas rumah ke fondasi. Setelah beban disalurkan ke fondasi lalu diteruskan pada tanah. Maka amatlah penting kekuatan semua struktur yang berkaitan ini.

  1. Balok

    Lintel


Balok

lintel

merupakan bagian konstruksi bangunan yang dibangun di bagian atas struktur konstruksi jendela dan pintu.

Balok

lintel

berguna untuk mengurangi bobot pada kusen dan menghalangi beban agar tidak secara langsung menekan kusen.

Dengan adanya komponen struktur bangunan ini, kusen menjadi lebih kukuh dan tahan lama serta tidak melengkung.

Balok

lintel

juga dapat menahan kusen agar tetap berdiri ketika ada guncangan hebat seperti gempa bumi.

Dengan begitu, penghuni rumah akan mendapatkan keamanan yang lebih lama untuk dapat berlari keluar melewati ambang pintu yang masih berdiri.

  1. Rangka Atap


Bagian konstruksi bangunan selanjutnya adalah rangka atap. Bagian ini merupakan gabungan rangka-rangka berbentuk segitiga yang mengikuti bentuk atap.

Rangka atap atau yang biasa juga disebut

truss

ini memiliki fungsi untuk menjadi penahan struktur atap seperti reng dan genteng agar tetap stabil berada pada tempatnya.

Komponen struktur bangunan rangka atap ini dapat dibuat dengan bahan kayu atau baja ringan.

  1. Atap


Atap merupakan salah satu bagian konstruksi bangunan rumah yang terlihat jelas dari luar, berada di bagian atas dari suatu rumah dan bangunan lainnya.

Komponen struktur bangunan ini memiliki dua kegunaan yang sifatnya mendasar, yaitu melindungi bagian dalam rumah dari terpaan elemen alam seperti cuaca panas, hujan, dan angin, serta berguna sebagai penghalang yang memberikan privasi bagi penghuni rumah.

Tersedia beberapa macam jenis atap rumah, disesuaikan dengan iklim tempat bangunan tersebut dibangun. Jenis atap rumah juga dapat bervariasi berdasarkan

bahan dan budget

yang disediakan oleh pembangun rumah.

  1. Ventilasi

Read:  Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah Per Meter Persegi


Ventilasi adalah konstruksi bangunan rumah berupa lubang yang menjadi jalur bagi udara keluar-masuk rumah. Komponen struktur bangunan ini berupa jendela, pintu, dan lubang ventilasi udara yang dibuat pada dinding.


Itu dia ulasan mengenai bagian-bagian konstruksi bangunan rumah selengkapnya. Semoga panduan dari 99.co Indonesia dapat menambah wawasan Anda dan bermanfaat,

ya
!

Bagian Luar Dari Bangunan Rumah

Source: https://www.99.co/id/panduan/konstruksi-bangunan-rumah

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …