Bagian Jendela Untuk Mengatur Warna Background Adalah
Pendahuluan
Plong web log sebelumnya kita mutakadim telaah tentang pengertian dan prinsip download/ menggunakan Scratch di PC.
takdirnya masih ada yang belum baca, boleh dicek di link berikut ya : klik di sini
Oks. sreg blog boleh jadi ini kita akan telaah mengenai tampilan dan fitur-fitur berpokok Scratch.
di dalam sebuah proyek Scratch terwalak sprite yang akan diisi makanya script maupun audio, dulu barang apa itu Sprite ?
Sprite adalah rajah maupun mangsa yang dapat diprogram. Sprite ini akan berisikan blok blok perintah nan dirancang agar tampil interaktif sederajat dengan bersirkulasi, memiliki celaan dan enggak-tak. Rajah Sprite Default yakni “Meong Orange”. Sprite meong ini dapat diganti dengan bagan lainnya.
Scratch Development Surroundings
berikut tampilan awal scratch
Warta
1. Carte du jour
Sira boleh membuat projek hijau, mengungkapkan projek yang telah dia simpan, menggudangkan antaran yang dia buat, menggilir bahasa atau mengejar tutorials.
2. Scripts/Deskripsi Blok
Puas episode kiri, dia akan mengaram kode (scripts) yaitu sekumpulan blok blok perintah nan akan digunakan untuk memprogram. Setiap blok plong kode (scripts) n kepunyaan keefektifan- kepentingan nan berlainan, misalnya hanya, perintah Motility, Looks, Audio, Events, Command, Sensing, Operators, Variables, My Blocks.
-
Motion (Manuver),
di gunakan bakal menggerakan sprite, misalnya perintah “move ten pace” bikin menggerakan sprite sebanyak ten langkah.
-
Looks (Tampilan),
digunakan sreg segala apa sesuatu nan berhubungan dengan tampilan puas program. misalnya menukar seragam plong sprite alias menggilir groundwork.
- Sound (Suara), digunakan bakal menerimakan suara pada sprite atau stage sebagaimana menerimakan suara lega kucing dan membagi backsound puas programa.
- Events (Situasi), digunakan cak bagi mengatak script maupun kode pada sprite bagi berjalan. Misalnya hanya, saat pataka (dandan hijau) di klik, maka semua script atau kode akan bepergian.
-
Control (Yuridiksi),
berfungsi bagi mengontrol kode hendaknya berjalan. Contohnya “repeat 10” nan artinya ulangi script di kerumahtanggaanrepeat
sebanyak 10 barangkali.
-
Sensing (Sensor),
berfungsi cak bagi menerimakan sensor lega perintah yang digunakan. contohnya perintah “touching color
brown” kalau di gabungkan dengan blok ifmaka perintah tersebut akan menjadi : “jika menyentuk warna coklat, maka lakukan perintah di asal ini
(Perintah di internal blok if)” -
Operators (Operator),
berfungsi cak bagi usaha matematika.
- Variabels (Luwes), berfungsi untuk mengeset variabel.
- Lega bagian
My Block, Kamu bisa membentuk yunior blok sesuai dengan kebutuhan Ia.
3. Script Expanse
Inilah tempat dimana ia boleh menerapkan script atau kode terhadap Sprite yang ia tampilkan.
4. Canvas
Blok blok kodenan mutakadim kalian rancang akan berjalan atau tampil dicanvas ini (dapat kembali di sebut window). di n domestik canvas terdapat merek duaja baru dan lingkaran berma yang berfungsi buat menjalankan dan memberhentikan programme.
5. Sprite listing
Tempat dimana anda bisa mengatur dan menukar tampilan sprite.
sprite ini akan berisikan blok blok perintah yang di rancang agar menjadi interaktif. seperti bergerak, n properti suara minor, dan lain lain.
Kalian sekali juga bisa mengganti dan menambahsprite di bill of fare “new sprite” dan membeda-bedakan “choose sprite from library”. di sana akan ada banyak pilihansprite
nan sudah disediakan scratch. Maupun bisa lagi menunggangisprite di luarscratch. Membeda-bedakan menu “upload sprite from file”
5. Stage/ Background
Backdrop yakni bagan permukaan belakang padasheet.backdrop
bisa di ganti di fragmen “Stage” nan terwalak sebelah kanan berpokok kancah
sprite.
sreg menu “new backdrop” kalian bisa memperbedakanbackdropyang sudah di sediakanscratch,yakni di“cull backdrop from library”, atau boleh juga mengidaspropertiesnan suka-suka di luarscratch. pilih “upload backdrop from file”.
Phase boleh di isi blok blok perintah, kecualiblock motion.
Drag & Runtuh
Pasca- kalian mengenal Scratch Development Environs, waktu ini saatnya kalian memprogram!
gimana caranya? kita hanya terbiasa drag dan driblet blok blok kode tersebut. doang yang teristiadat di tulis adalah sangkut-paut blok tersebut harus sesuai dengan logika yang ter-puja.
berikut yakni konseptual sederhana. Kartun bola yang bergerak dan berpantul-pantul secara terus menerus.
Script sreg rancangan di atas di gunakan di dalam sprite bola bola keranjang.
- momen duaja plonco di click (when green flag clicked)
- gerakkan bola basketnya 10 langkah (move10 steps)
- takdirnya menyentuh comberan, pantulkan bola tersebut. (if on border, bounce)
- Jalankan blok blok kode di privat forever secerara terus menerus(forever)
kalau dijalankan maka akan tertentang seperti berikut ini.
Saatnya Mengepas !
note : takdirnya kepingin sparing lebih intens, bisa cek link berikut ya : klik di sini
Source: https://farhanalfaizi.com/mengenal-tampilan-dan-maslahat-kepentingan-bagian-di-dalam-scratch/
Bagian Jendela Untuk Mengatur Warna Background Adalah
Source: https://asriportal.com/bagian-jendela-untuk-mengatur-warna-backdrop-adalah/