Ayat Berapa Sungguh Rumah Pertama Yang Kami Bangunkan Untuk Manusia

Ayat Berapa Sungguh Rumah Pertama Yang Kami Bangunkan Untuk Manusia

  Boks Temuan

Yakobus 1:1–v:twenty

Konteks

Salam

1:1
Salam dari Yakobus,
a

hamba Allah
b

dan Tuhan Yesus Kristus, kepada kedua belas suku
c

di perantauan.
d


e

Iman dan hikmat

1:2
Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan
1
,
f

i:3
sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu
g

itu menghasilkan ketekunan.
h

1:4
Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang,
i

supaya kamu menjadi sempurna
2

dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.
1:five
Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat
iii
, hendaklah ia memintakannya kepada Allah,
j

–yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit–,maka hal itu akan diberikan kepadanya.
g

1:6
Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang,
l

sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin.
one:7
Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan.
1:eight
Sebab orang yang mendua hati
m

tidak akan tenang
n

dalam hidupnya.

Keadaan rendah dan keadaan kaya

1:9
Baiklah saudara yang berada dalam keadaan yang rendah bermegah karena kedudukannya yang tinggi,
o

1:10
dan orang kaya karena kedudukannya yang rendah sebab ia akan lenyap seperti bunga
p

rumput.
i:11
Karena matahari terbit dengan panasnya
q

yang terik dan melayukan
r

rumput itu, sehingga gugurlah bunganya dan hilanglah
southward

semaraknya. Demikian jugalah halnya dengan orang kaya; di tengah-tengah segala usahanya ia akan lenyap.

Pengujian dan pencobaan

1:12
Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan,
t

sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan
u

yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.
five

1:13
Apabila seorang dicobai
v
, janganlah ia berkata: “Pencobaan ini datang dari Allah!” Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun.
1:14
Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri
6
,
w

karena ia diseret dan dipikat olehnya.
ane:15
Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa;
x

dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.
y

1:16
Saudara-saudara
z

yang kukasihi, janganlah sesat!
a

1:17
Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas,
b

diturunkan dari Bapa segala terang;
c

pada-Nya tidak ada perubahan
d

atau bayangan karena pertukaran.
one:xviii
Atas kehendak-Nya sendiri Ia telah menjadikan kita
due east

oleh firman kebenaran,
f

supaya kita pada tingkat yang tertentu menjadi anak sulung
g

di antara semua ciptaan-Nya.

Pendengar atau pelaku firman

one:19
Hai saudara-saudara
h

yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata,
i

dan juga lambat untuk marah;
1:20
sebab amarah
j

manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah.
ane:21
Sebab itu buanglah
thou

segala sesuatu yang kotor
vii

dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu
8
,
fifty

yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.
ane:22
Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman
chiliad

dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.
ane:23
Sebab jika seorang hanya mendengar firman saja dan tidak melakukannya, ia adalah seumpama seorang yang sedang mengamat-amati mukanya yang sebenarnya di depan cermin.
one:24
Baru saja ia memandang dirinya, ia sudah pergi atau ia segera lupa bagaimana rupanya.
1:25
Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan
9


n

orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya.
o

1:26
Jikalau ada seorang menganggap dirinya beribadah, tetapi tidak mengekang lidahnya,
p

ia menipu dirinya sendiri, maka sia-sialah ibadahnya.
1:27
Ibadah yang murni dan yang tak bercacat
x

di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi
q

yatim piatu dan janda-janda
r

dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia.
s

Jangan memandang muka

ii:ane
Saudara-saudaraku, sebagai orang yang beriman kepada Yesus Kristus, Tuhan kita yang mulia,
t

janganlah iman itu kamu amalkan dengan memandang muka
11
.
u

two:two
Sebab, jika ada seorang masuk ke dalam kumpulanmu dengan memakai cincin emas dan pakaian indah dan datang juga seorang miskin ke situ dengan memakai pakaian buruk,
2:3
dan kamu menghormati orang yang berpakaian indah itu dan berkata kepadanya: “Silakan tuan duduk di tempat yang baik ini!”, sedang kepada orang yang miskin itu kamu berkata: “Berdirilah di sana!” atau: “Duduklah di lantai ini dekat tumpuan kakiku!”,
ii:four
bukankah kamu telah membuat pembedaan di dalam hatimu dan bertindak sebagai hakim
v

dengan pikiran yang jahat?
2:5
Dengarkanlah, hai saudara-saudara
w

yang kukasihi! Bukankah Allah memilih orang-orang yang dianggap miskin
12

oleh dunia ini
x

untuk menjadi kaya dalam iman
y

dan menjadi ahli waris Kerajaan
z

yang telah dijanjikan-Nya kepada barangsiapa yang mengasihi Dia?
a

ii:6
Tetapi kamu telah menghinakan orang-orang miskin.
b

Bukankah justru orang-orang kaya yang menindas kamu dan yang menyeret kamu ke pengadilan?
c

two:7
Bukankah mereka yang menghujat Nama yang mulia, yang oleh-Nya kamu menjadi milik Allah?
2:viii
Akan tetapi, jikalau kamu menjalankan hukum utama yang tertulis dalam Kitab Suci: “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri
d
“, kamu berbuat baik.
2:ix
Tetapi, jikalau kamu memandang muka,
due east

kamu berbuat dosa, dan oleh hukum itu menjadi nyata, bahwa kamu melakukan pelanggaran.
f

2:ten
Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan
g

satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya.
h

2:11
Sebab Ia yang mengatakan: “Jangan berzinah
i
“, Ia mengatakan juga: “Jangan membunuh
j
“. Jadi jika kamu tidak berzinah tetapi membunuh, maka kamu menjadi pelanggar hukum juga.
2:12
Berkatalah dan berlakulah
xiii

seperti orang-orang yang akan dihakimi
g

oleh hukum yang memerdekakan
fifty

orang.
2:13
Sebab penghakiman yang tak berbelas kasihan akan berlaku atas orang yang tidak berbelas kasihan.
k

Tetapi belas kasihan akan menang atas penghakiman.

Iman tanpa perbuatan pada hakekatnya adalah mati

2:14
Apakah gunanya, saudara-saudaraku, jika seorang mengatakan, bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan
14
?
n

Dapatkah iman itu menyelamatkan dia?
2:15
Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan
o

sehari-hari,
2:16
dan seorang dari antara kamu berkata: “Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!”, tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu?
p

2:17
Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati
15
.
q

2:xviii
Tetapi mungkin ada orang berkata: “Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan”, aku akan menjawab dia: “Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan,
r

dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku
s

dari perbuatan-perbuatanku.
t

2:xix
Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah
u

saja? Itu baik! Tetapi setan-setanpun juga percaya akan hal itu
v

dan mereka gemetar.
ii:20
Hai manusia yang bebal, maukah engkau mengakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong?
w

2:21
Bukankah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya
xvi
, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah?
ten

2:22
Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama
y

dengan perbuatan-perbuatan
17

dan oleh perbuatan-perbuatan
z

itu iman menjadi sempurna.
2:23
Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: “Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.
a
” Karena itu Abraham disebut: “Sahabat
b

Allah.”
ii:24
Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya
18

dan bukan hanya karena iman.
2:25
Dan bukankah demikian juga Rahab, pelacur itu, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia menyembunyikan orang-orang yang disuruh itu di dalam rumahnya, lalu menolong mereka lolos melalui jalan
c

yang lain?
2:26
Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.
d

Dosa karena lidah

iii:1
Saudara-saudaraku, janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru
19
;
east

sebab kita tahu, bahwa sebagai guru kita akan dihakimi
f

menurut ukuran yang lebih berat.
chiliad

3:ii
Sebab kita semua bersalah
h

dalam banyak hal; barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya,
i

ia adalah orang sempurna,
j

yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.
k

three:3
Kita mengenakan kekang pada mulut kuda, sehingga ia menuruti kehendak kita, dengan jalan demikian kita dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.
fifty

3:4
Dan lihat saja kapal-kapal, walaupun amat besar dan digerakkan oleh angin keras, namun dapat dikendalikan oleh kemudi yang amat kecil menurut kehendak jurumudi.
three:5
Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan
m

perkara-perkara yang besar. Lihatlah, betapapun kecilnya api, ia dapat membakar hutan yang besar.
three:six
Lidahpun adalah api
20
;
north

ia merupakan suatu dunia kejahatan dan mengambil tempat di antara anggota-anggota tubuh kita sebagai sesuatu yang dapat menodai seluruh tubuh
o

dan menyalakan roda kehidupan kita, sedang ia sendiri dinyalakan oleh api neraka.
p

3:vii
Semua jenis binatang liar, burung-burung, serta binatang-binatang menjalar dan binatang-binatang laut dapat dijinakkan dan telah dijinakkan oleh sifat manusia,
3:8
tetapi tidak seorangpun yang berkuasa menjinakkan lidah; ia adalah sesuatu yang buas, yang tak terkuasai, dan penuh racun
q

yang mematikan.
3:9
Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa
r

Allah,
3:10
dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini, saudara-saudaraku, tidak boleh demikian terjadi.
three:11
Adakah sumber memancarkan air tawar dan air pahit dari mata air yang sama?
3:12
Saudara-saudaraku, adakah pohon ara dapat menghasilkan buah zaitun dan adakah pokok anggur dapat menghasilkan buah ara?
s

Demikian juga mata air asin tidak dapat mengeluarkan air tawar.

Hikmat yang dari atas

three:13
Siapakah di antara kamu yang bijak dan berbudi? Baiklah ia dengan cara hidup yang baik menyatakan
t

perbuatannya
u

oleh hikmat yang lahir dari kelemahlembutan.
iii:14
Jika kamu menaruh perasaan iri hati dan kamu mementingkan diri sendiri
21
,
v

janganlah kamu memegahkan diri dan janganlah berdusta melawan kebenaran!
west

3:15
Itu bukanlah hikmat yang datang dari atas,
x

tetapi dari dunia, dari nafsu manusia, dari setan-setan.
y

3:16
Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri
z

di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat.
3:17
Tetapi hikmat yang dari atas
a

adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai,
b

peramah, penurut, penuh belas kasihan
c

dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik.
d

iii:18
Dan buah yang terdiri dari kebenaran
east

ditaburkan dalam damai untuk mereka yang mengadakan damai.
f

Hawa nafsu dan persahabatan dengan dunia

4:1
Dari manakah datangnya sengketa dan pertengkaran
thousand

di antara kamu
22
? Bukankah datangnya dari hawa nafsumu yang saling berjuang
h

di dalam tubuhmu?
4:2
Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh
23
;
i

kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa.
4:3
Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima
24


j

apa-apa, karena kamu salah berdoa,
k

sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.
four:4
Hai kamu, orang-orang yang tidak setia!
fifty

Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia
m

adalah permusuhan dengan Allah
25
?
n

Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.
o

4:5
Janganlah kamu menyangka, bahwa Kitab Suci tanpa alasan berkata: “Roh yang ditempatkan Allah di dalam diri kita,
p

diingini-Nya dengan cemburu
26
!”
iv:6
Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: “Allah menentang orang yang congkak
27
, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.
q

4:seven
Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis,
r

maka ia akan lari dari padamu!
4:8
Mendekatlah kepada Allah
28
, dan Ia akan mendekat kepadamu.
s

Tahirkanlah tanganmu,
t

hai kamu orang-orang berdosa! dan sucikanlah hatimu,
u

hai kamu yang mendua hati!
5

4:9
Sadarilah kemalanganmu, berdukacita dan merataplah; hendaklah tertawamu kamu ganti dengan ratap dan sukacitamu dengan dukacita.
w

4:10
Rendahkanlah dirimu di hadapan Tuhan, dan Ia akan meninggikan kamu.
x

Read:  Tts Bangunan Kevil Sprti Rumah Fisawah

Jangan memfitnah orang

four:eleven
Saudara-saudaraku, janganlah kamu saling memfitnah
29
!
y

Barangsiapa memfitnah saudaranya atau menghakiminya,
z

ia mencela hukum
a

dan menghakiminya; dan jika engkau menghakimi hukum, maka engkau bukanlah penurut hukum,
b

tetapi hakimnya.
4:12
Hanya ada satu Pembuat hukum dan Hakim,
c

yaitu Dia yang berkuasa menyelamatkan dan membinasakan.
d

Tetapi siapakah engkau, sehingga engkau mau menghakimi sesamamu manusia?
e

Jangan melupakan Tuhan dalam perencanaan

four:13
Jadi sekarang,
f

hai kamu yang berkata: “Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung
g
“,
four:14
sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap.
h

iv:15
Sebenarnya kamu harus berkata: “Jika Tuhan menghendakinya
30
,
i

kami akan hidup dan berbuat ini dan itu.”
4:16
Tetapi sekarang kamu memegahkan diri
31

dalam congkakmu, dan semua kemegahan yang demikian adalah salah.
j

4:17
Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.
k

Peringatan kepada orang kaya

v:1
Jadi sekarang
l

hai kamu orang-orang kaya,
thousand

menangislah dan merataplah
32


n

atas sengsara yang akan menimpa kamu!
5:2
Kekayaanmu sudah busuk, dan pakaianmu
o

telah dimakan ngengat!
5:3
Emas dan perakmu sudah berkarat, dan karatnya akan menjadi kesaksian terhadap kamu dan akan memakan dagingmu seperti api. Kamu telah mengumpulkan harta pada hari-hari
p

yang sedang berakhir.
v:4
Sesungguhnya telah terdengar teriakan besar, karena upah yang kamu tahan dari buruh
q

yang telah menuai hasil ladangmu, dan telah sampai ke telinga Tuhan semesta alam
r

keluhan
s

mereka yang menyabit panenmu.
5:5
Dalam kemewahan kamu telah hidup dan berfoya-foya di bumi, kamu telah memuaskan hatimu
t

sama seperti pada hari penyembelihan.
u

5:half-dozen
Kamu telah menghukum, bahkan membunuh
v

orang
westward

yang benar dan ia tidak dapat melawan kamu.

Bersabar dalam penderitaan

5:seven
Karena itu, saudara-saudara, bersabarlah sampai kepada kedatangan
10

Tuhan
33
! Sesungguhnya petani menantikan hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar
y

sampai telah turun hujan musim gugur dan hujan musim semi.
z

5:8
Kamu juga harus bersabar dan harus meneguhkan hatimu, karena kedatangan
a

Tuhan sudah dekat!
b

five:9
Saudara-saudara,
c

janganlah kamu bersungut-sungut dan saling mempersalahkan, supaya kamu jangan dihukum. Sesungguhnya Hakim
d

telah berdiri di ambang pintu
34
.
due east

5:10
Saudara-saudara, turutilah teladan penderitaan dan kesabaran para nabi
f

yang telah berbicara demi nama Tuhan.
5:11
Sesungguhnya kami menyebut mereka berbahagia,
thousand

yaitu mereka yang telah bertekun; kamu telah mendengar tentang ketekunan
h

Ayub
35

dan kamu telah tahu apa yang pada akhirnya disediakan
i

Tuhan baginya, karena Tuhan maha penyayang dan penuh belas kasihan.
j

Mengenai sumpah, dan doa untuk orang sakit

v:12
Tetapi yang terutama, saudara-saudara, janganlah kamu bersumpah demi sorga maupun demi bumi atau demi sesuatu yang lain. Jika ya, hendaklah kamu katakan ya, jika tidak hendaklah kamu katakan tidak, supaya kamu jangan kena hukuman.
k

5:13
Kalau ada seorang di antara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa!
l

Kalau ada seorang yang bergembira
36

baiklah ia menyanyi!
m

5:14
Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua
n

jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak
o

dalam nama Tuhan.
5:15
Dan doa yang lahir dari iman
p

akan menyelamatkan orang sakit
37

itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa
38
, maka dosanya itu akan diampuni.
5:16
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu
q

dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh
39
.
r

Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya
40
.
southward

5:17
Elia adalah manusia biasa sama seperti kita,
t

dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujanpun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan.
u

5:18
Lalu ia berdoa pula dan langit menurunkan hujan
41

dan bumipun mengeluarkan buahnya.
five

5:nineteen
Saudara-saudaraku, jika ada di antara kamu yang menyimpang
42

dari kebenaran
w

dan ada seorang yang membuat dia berbalik,
x

v:20
ketahuilah, bahwa barangsiapa membuat orang berdosa berbalik dari jalannya yang sesat, ia akan menyelamatkan
y

jiwa orang itu dari maut dan menutupi banyak dosa.
z

[1:two]one
Full Life
: BERBAGAI-BAGAI PENCOBAAN.

Nas : Yak 1:ii

Kata “pencobaan” (Yun. _peirasmos_) menunjuk kepada penganiayaan dan kesulitan yang datang dari dunia atau Iblis.

  1. one) Orang percaya harus menghadapi semuanya ini dengan sukacita (bd. Mat v:eleven-12; Rom 5:iii; 1Pet 1:half dozen) karena pengujian akan mengembangkan iman yang tabah, tabiat yang mantap dan pengharapan yang dewasa (bd. Rom v:3-5). Iman kita hanya dapat mencapai kedewasaan penuh apabila diperhadapkan dengan kesulitan dan tantangan (ayat Yak 1:3).
  2. 2) Yakobus menyebutkan aneka pencobaan ini “ujian terhadap imanmu”. Pencobaan kadang-kadang menimpa kehidupan orang percaya supaya Allah dapat menguji kesungguhan iman mereka. Alkitab tidak pernah mengajarkan bahwa kesulitan di dalam hidup ini selalu menandakan bahwa Allah tidak senang dengan kita. Kesulitan tersebut dapat menjadi tanda bahwa Allah mengakui komitmen kita kepada Dia (bd. pasal Ayub 1:one-two:xiii).

[i:iv]ii
Total Life
: SUPAYA KAMU MENJADI SEMPURNA

Nas : Yak 1:four

(versi Inggris NIV — “supaya kamu menjadi matang”). Matang (Yun. _teleios_) mencerminkan pengertian alkitabiah tentang kedewasaan, yang didefinisikan sebagai hubungan yang benar dengan Allah yang berbuahkan usaha yang sungguh-sungguh untuk mengasihi Dia dengan sepenuh hati dalam pengabdian yang sepenuhnya, ketaatan, dan kemurnian (Ul half dozen:5; eighteen:13; Mat 22:37;

lihat cat. –> 1Tes 2:x;

[atau ref. 1Tes ii:10]

lihat art. PENGUDUSAN).

[1:5]3
Total Life
: APABILA DI ANTARA KAMU ADA YANG KEKURANGAN HIKMAT.

Nas : Yak 1:5

Hikmat artinya kemampuan rohani untuk melihat dan menilai kehidupan dan kelakuan dari sudut pandangan Allah (Ams one:2). Hal ini meliputi pengadaan pilihan yang tepat serta melakukan hal-hal yang benar menurut kehendak Allah yang dinyatakan dalam Firman-Nya dan pimpinan Roh (Rom viii:iv-17). Kita dapat menerima hikmat ini dengan menghampiri Allah dan memohonnya dengan iman (ayat Yak 1:6-8; Ams two:6; 1Kor 1:30).

[i:9]4
Total Life
: SAUDARA YANG BERADA DALAM KEADAAN YANG RENDAH … DAN ORANG KAYA.

Nas : Yak 1:ix-10

Lihat art. KEKAYAAN DAN KEMISKINAN.

[1:thirteen]five
Total Life
: DICOBAI.

Nas : Yak 1:thirteen

Tidak ada seorang pun yang berbuat dosa dapat mengabaikan kesalahannya dengan menimpakannya kepada Allah. Allah mungkin menguji kita supaya menguatkan iman kita, tetapi tidak pernah untuk menuntun kita ke dalam dosa. Tabiat Allah menunjukkan bahwa Dia tidak dapat menjadi sumber pencobaan untuk berbuat dosa

(lihat fine art. SIFAT-SIFAT KHAS ALLAH).

[1:fourteen]6
Full Life
: DICOBAI OLEH KEINGINANNYA SENDIRI

Nas : Yak 1:fourteen

(versi Inggris NIV — “Dicobai oleh keinginan jahatnya sendiri”). Pencobaan pada hakikatnya bersumber pada keinginan atau kecenderungan di dalam hati kita sendiri (bd. Mat 15:xix). Apabila keinginan jahat ini tidak dilawan dan disingkirkan oleh Roh Kudus, maka itu menuntun kepada dosa dan kemudian kepada kematian rohani (ayat Yak one:15; Rom 6:23; Rom 7:5,ten,thirteen).

[ane:21]7
Full Life
: BUANGLAH SEGALA SESUATU YANG KOTOR.

Nas : Yak one:21

Firman Allah, baik yang dikhotbahkan maupun yang tertulis, tidak dapat menguasai seorang dengan efektif kalau orang itu belum terpisah dari kekotoran dan kejahatan moral.

  1. 1) Allah memerintahkan orang percaya untuk mengesampingkan semua kekotoran berdosa yang meresapi suatu masyarakat yang rusak sambil berusaha mempengaruhi mereka dan keluarganya. Kotoran ini menajiskan jiwa dan merusak kehidupan mereka (bd. Ef 4:22,25,31; Kol 3:8; 1Pet 2:ane).
  2. ii) Alkitab memberitahukan kita apa yang tidak layak bagi umat Allah yang kudus. Oleh karena itu, jangan kita terlibat dalam bentuk percabulan dan kecemaran apa pun juga (Ef v:iii-4). Kita harus menyadari bahwa mengizinkan jenis kekotoran moral apa pun ke dalam kehidupan atau rumah-tangga kita, termasuk bahasa yang tidak senonoh atau kecabulan melalui video atau televisi, mendukakan Roh Kudus dan melanggar standar Allah yang kudus bagi umat-Nya. Firman Allah memperingatkan kita, “Janganlah kamu disesatkan orang dengan kata-kata yang hampa, karena hal-hal yang demikian mendatangkan murka Allah … Sebab itu janganlah kamu berkawan dengan mereka” (Ef 5:6-vii).
  3. 3) Sebagai orang percaya, kita harus bersungguh-sungguh dalam kebenaran dan kekudusan. Rumah kita hendaknya dibersihkan dari kecemaran dan dipenuhi dengan Firman Allah dan kekudusan Kristus (bd. Mat 12:43-45;

    lihat art. PENGUDUSAN).

[1:21]eight
Full Life
: FIRMAN YANG TERTANAM DI DALAM HATIMU.

Nas : Yak 1:21

Orang Kristen mengawali kehidupan baru mereka dengan dilahirkan kembali “oleh firman kebenaran” (ayat Yak 1:18;

lihat art. PEMBAHARUAN).

Hidup baru di dalam Kristus menuntut bahwa kita membuang semua kotoran moral yang melukai hati Roh Kudus (lih. catatan sebelumnya) dan bahwa kita bertekun dalam menerima Firman Allah di dalam hati kita. Istilah “tertanam” (Yun. _emphutos_) menyatakan bahwa Firman itu harus menjadi bagian dari tabiat kita. Firman yang tertanam membawa kita kepada keselamatan yang terakhir (bd. Mat 13:three-23; Rom ane:16; 1Kor xv:ii; Ef 1:13;

lihat true cat. –> Yoh 6:54).

[atau ref. Yoh 6:54]

[1:25]9
Full Life
: HUKUM YANG MEMERDEKAKAN.

Nas : Yak 1:25

Hukum ini (bd. Yak two:12) adalah kehendak Allah yang sudah dihayati hati kita oleh bantuan Roh Kudus yang mendiami kita (bd. Yeh 11:19-xx). Melalui iman kepada Kristus kita tidak hanya menerima kemurahan dan pengampunan (Yak 2:12-13), tetapi juga kuasa dan kebebasan untuk menaati hukum Allah (Rom 3:31;

lihat cat. –> Rom eight:4).

[atau ref. Rom 8:4]

Inilah yang disebut “hukum yang memerdekakan” karena orang percaya ingin menaati kehendak Allah: “Aku hendak hidup dalam kelegaan (versi Inggris NIV — “kebebasan”), sebab aku mencari titah-titah-Mu” (Mazm 119:45). Kebebasan ini jangan sekali-kali dianggap sebagai kebebasan untuk melanggar perintah Kristus, tetapi sebagai kebebasan dan kuasa untuk menaati perintah itu.

[one:27]10
Full Life
: IBADAH YANG MURNI DAN YANG TAK BERCACAT.

Nas : Yak one:27

Yakobus memberikan dua prinsip yang mendefinisikan isi dari kekristenan yang sejati.

  1. i) Kasih yang sungguh-sungguh terhadap mereka yang memerlukan pertolongan. Di zaman PB, anak-anak yatim dan janda-janda hampir tidak ada peluang untuk mencari nafkah; mereka sering kali tidak memiliki pelindung atau penolong. Orang percaya diharapkan untuk menunjukkan kepedulian dan kasih yang ditunjukkan Allah terhadap orang yang yatim dan janda (lih. Ul 10:xviii; Mazm 146:9; Mat 6:32;

    lihat cat. –> Ul 24:17;

    lihat cat. –> Ul 68:vi).

    [atau ref. Ul 24:17; 68:6]

    Dewasa ini di antara saudara seiman kita ada yang membutuhkan kasih yang memperhatikan. Kita harus berusaha untuk mengurangi kesedihan mereka dan dengan demikian menunjukkan kepada mereka bahwa Allah juga memperhatikan mereka

    (lihat cat. –> Luk 7:13;

    [atau ref. Luk 7:xiii]

    bd. Gal vi:10;

    lihat art. PEMELIHARAAN ORANG MISKIN DAN MELARAT).

  2. ii) Memelihara kekudusan kita di hadapan Allah. Yakobus mengatakan bahwa kasih terhadap sesama harus disertai oleh kasih terhadap Allah yang terungkap dalam pemisahan dari cara dunia yang penuh dosa. Kasih terhadap sesama harus disertai oleh kekudusan di hadapan Allah jikalau tidak demikian itu bukan kasih Kristen.

[2:1]11
Full Life
: MEMANDANG MUKA.

Nas : Yak 2:1

Memandang muka berarti memberikan perhatian khusus terhadap orang tertentu karena kekayaan, busana atau kedudukan mereka. Melakukan hal ini salah karena beberapa alasan.

  1. 1) Hal ini tidak menyenangkan Allah yang tidak pernah memandang penampilan lahiriah tetapi hati orang (1Sam 16:7).
  2. two) Sikap semacam ini tidak didorong oleh kasih yang murni untuk semua orang (ayat Yak two:8). Mengagumi kedudukan sosial adalah dosa terhadap hukum kasih.
  3. three) Sikap ini menjadikan kita “hakim dengan pikiran yang jahat” (ayat Yak 2:4); daripada menghormati “Tuhan kita yang mulia” dan menerima orang berdasarkan iman mereka kepada Kristus, kita dengan tidak adil menunjukkan sikap memihak orang kaya atau orang berkedudukan dengan motivasi yang jahat untuk memperoleh keuntungan.

[2:5]12
Full Life
: BUKANKAH ALLAH MEMILIH ORANG-ORANG YANG DIANGGAP MISKIN.

Nas : Yak 2:five

Orang miskin adalah istimewa dan berharga bagi Allah (bd. Yes 61:ane; Luk four:18; 6:20; 7:22). Sering kali justru mereka yang miskin di dunia inilah yang paling kaya di dalam iman dan karunia-karunia rohani dan yang, dalam kebutuhannya, berseru dengan lebih sungguh-sungguh kepada Allah dengan kerinduan yang sangat akan kehadiran, kemurahan, dan pertolongan-Nya (Luk half-dozen:20-21). Mereka yang tertindas secara ekonomi di dunia ini belajar bahwa mereka tidak dapat mempercayai harta kekayaan materiel. Oleh karena itu, mereka lebih siap menanggapi undangan Yesus untuk “datang kepada-Ku kamu yang letih lesu dan berbeban berat” (Mat 11:28;

lihat art. KEKAYAAN DAN KEMISKINAN).

[2:12]xiii
Full Life
: BERKATALAH DAN BERLAKULAH.

Nas : Yak 2:12

Kita harus berbicara dan bertindak dari sudut pandangan orang yang akan dihakimi oleh Allah dan “hukum yang memerdekakan”, yaitu hukum dan kasih Allah yang dicurahkan ke dalam hati kita oleh Roh Allah. Allah akan menghukum semua orang yang pilih kasih karena sikap itu melanggar hukum kasih

(lihat cat. –> Yak 2:1;

[atau ref. Yak 2:1]

lihat art. PENGADILAN ORANG PERCAYA).

[ii:14]14
Total Life
: MEMPUNYAI IMAN, PADAHAL IA TIDAK MEMPUNYAI PERBUATAN.

Nas : Yak two:xiv

Ayat Yak two:14-26 membahas persoalan anggota gereja yang mengaku memiliki iman yang menyelamatkan kepada Tuhan Yesus Kristus, namun pada saat yang bersamaan tidak pernah menunjukkan bukti pengabdian yang sungguh-sungguh kepada Dia dan Sabda-Nya.

  1. 1) Iman yang menyelamatkan senantiasa merupakan iman hidup yang tidak berhenti dengan sekadar mengaku Kristus sebagai Juruselamat, tetapi juga mendorong ketaatan kepada Dia sebagai Tuhan. Demikianlah, ketaatan adalah aspek yang penting dari iman. Hanya mereka yang taat dapat percaya dan hanya mereka yang percaya dapat taat

    (lihat true cat. –> Yak 2:24;

    lihat cat. –> Rom one:v

    [atau ref. Yak 2:24; Rom 1:five]

    mengenai “ketaatan yang disebabkan oleh iman”;

    lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).

  2. two) Perhatikan bahwa tidak ada pertentangan di antara Paulus dengan Yakobus mengenai persoalan iman yang menyelamatkan. Biasanya Paulus menekankan iman sebagai sarana untuk seorang menerima Kristus sebagai Juruselamat (Rom 3:22). Yakobus memperhatikan kenyataan bahwa iman yang sejati harus aktif dan tekun sehingga membentuk keberadaan kita.

[two:17]15
Total Life
: JIKA IMAN ITU TIDAK DISERTAI PERBUATAN … PADA HAKEKATNYA ADALAH MATI.

Nas : Yak 2:17

Teks :

  1. 1) Iman sejati yang menyelamatkan begitu penting sehingga mau tidak mau harus menyatakan diri di dalam tindakan saleh dan pengabdian kepada Yesus Kristus. Perbuatan tanpa iman adalah perbuatan yang mati. Iman tanpa perbuatan adalah iman yang mati. Iman yang sejati selalu menyatakan dirinya dalam ketaatan kepada Allah dan perbuatan belas kasihan terhadap mereka yang membutuhkannya

    (lihat cat. –> Yak two:22;

    lihat true cat. –> Rom ane:5;

    [atau ref. Yak 2:22; Rom 1:five]

    lihat art. PEMELIHARAAN ORANG MISKIN DAN MELARAT;

    dan

    lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).

  2. 2) Yakobus mengarahkan ajaran ini kepada mereka di dalam gereja yang mengaku beriman kepada Kristus dan pendamaian oleh darah-Nya, sambil percaya bahwa pengakuan itu saja sudah cukup untuk keselamatan. Mereka berkeyakinan bahwa hubungan pribadi dalam ketaatan dengan Kristus sebagai Tuhan tidak penting. Yakobus mengatakan bahwa iman semacam itu mati dan tidak menghasilkan keselamatan atau sesuatu yang baik (ayat Yak ii:14-xvi,twenty-24). Satu-satunya jenis iman yang menyelamatkan ialah “iman yang bekerja oleh kasih” (Gal 5:half dozen).
  3. 3) Pada pihak lain, jangan beranggapan bahwa kita memelihara iman yang hidup hanya dengan usaha kita sendiri. Kasih karunia Allah, Roh Kudus yang mendiami kita dan syafaat Kristus

    (lihat cat. –> Ibr vii:25)

    [atau ref. Ibr seven:25]

    bekerja di dalam kehidupan kita untuk memungkinkan kita menanggapi Allah “yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman” (Rom 1:17). Jikalau kita berhenti menanggapi kasih karunia Allah dan pimpinan Roh, maka iman kita akan mati.

[ii:21]16
Total Life
: DIBENARKAN KARENA PERBUATAN-PERBUATANNYA.

Nas : Yak two:21

Kebenaran Abraham tidak bersumber dari “melakukan hukum Taurat” (Rom 3:28), tetapi oleh iman dan perbuatan yang bekerja sama di dalam kasih. Kesediaannya untuk mengorbankan Ishak merupakan ungkapan iman dan komitmennya kepada Allah

(lihat cat. –> Kej 15:half dozen;

lihat cat. –> Kej 22:1).

[atau ref. Kej 15:6; 22:1]

Yakobus memakai contoh Abraham untuk menghancurkan kepercayaan bahwa iman dapat berada tanpa komitmen dan kasih kepada Allah. Rasul Paulus memakai contoh iman Abraham untuk membinasakan pandangan bahwa keselamatan berdasarkan jasa perbuatan seseorang dan bukan kasih karunia Allah (Rom 4:three; Gal 3:six).

[2:22]17
Full Life
: IMAN BEKERJASAMA DENGAN PERBUATAN-PERBUATAN.

Nas : Yak 2:22

Yakobus tidak mengatakan bahwa yang menyelamatkan kita adalah iman dan perbuatan. Anggapan ini memisahkan iman dari perbuatan. Sebaliknya, Yakobus berjuang untuk iman yang bekerja. Demikian, iman dan perbuatan tidak pernah dapat dipisahkan; perbuatan dengan sendirinya mengalir dari iman

(lihat cat. –> Gal five:6).

[atau ref. Gal 5:6]

[2:24]18
Full Life
: DIBENARKAN KARENA PERBUATAN-PERBUATANNYA.

Nas : Yak two:24

Kata Yunani _ergon_ yang diterjemahkan “perbuatan-perbuatannya” dipakai oleh Yakobus dengan arti yang berbeda daripada yang dipergunakan Paulus dalam Ef two:nine yang diterjemahkan di situ sebagai “pekerjaanmu”.

  1. 1) Bagi Yakobus, “perbuatan-perbuatannya” menunjuk kepada kewajiban terhadap Allah dan sesama manusia yang diperintahkan dalam Alkitab dan yang bersumber dari iman yang sungguh-sungguh, hati yang murni, kasih karunia Allah, dan keinginan untuk menyenangkan Kristus.
  2. 2) Bagi Paulus, “pekerjaan” menunjuk kepada keinginan untuk memperoleh perkenan dan keselamatan melalui usaha menaati hukum Taurat dengan kekuatan sendiri dan bukan melalui pertobatan dan iman kepada Kristus.
  3. 3) Perhatikan bahwa baik Paulus maupun Yakobus dengan tegas menyatakan bahwa iman yang menyelamatkan dengan sendirinya akan menghasilkan perbuatan-perbuatan kasih (Yak 1:27; 2:8; Gal 5:6; 1Kor 13:1-xiii; bd. Yoh 14:15).

[three:1]xix
Full Life
: GURU.

Nas : Yak 3:1

Yang termasuk di sini adalah gembala, pemimpin gereja, misionaris, pengkhotbah atau siapa saja yang memberikan pengarahan kepada jemaat. Seorang guru harus mengerti bahwa tidak ada orang yang mempunyai tanggung jawab lebih besar daripada mereka yang mengajarkan Firman Allah. Di dalam penghakiman yang akan datang, para guru Kristen akan dihakimi dengan lebih ketat daripada orang percaya yang lain.

[iii:6]twenty
Full Life
: LIDAH PUN ADALAH API.

Nas : Yak 3:half-dozen

Yakobus menekankan kecenderungan kita untuk berdosa dalam pembicaraan. Dosa-dosa tersebut termasuk kata-kata yang keras dan tidak ramah, berdusta, pernyataan berlebih-lebihan, ajaran palsu, fitnah, bergunjing, membual, dll. Orang percaya yang dewasa menguasai lidahnya melalui bimbingan Roh Kudus, “menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus” (2Kor 10:5). Karena kecenderungan untuk berdosa dengan lidah, Yakobus menasihati setiap orang agar “cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah” (Yak 1:19).

[iii:fourteen]21
Full Life
: MEMENTINGKAN DIRI SENDIRI.

Nas : Yak iii:14

“Mementingkan diri sendiri” adalah sifat buruk yang mendorong kita untuk memajukan kepentingan diri kita sendiri. Mementingkan diri sendiri dalam gereja itu

  1. (1) “dari dunia”, yaitu mencemarkan yang kudus dan yang dari Roh;
  2. (2) “dari nafsu manusia”, yaitu tanpa Roh Kudus; dan
  3. (iii) “dari setan-setan”, yaitu dibangkitkan oleh setan-setan

    (lihat true cat. –> 1Tim 4:1).

    [atau ref. 1Tim 4:1]

[four:1]22
Full Life
: DARI MANAKAH DATANGNYA SENGKETA DAN PERTENGKARAN DI ANTARA KAMU?

Nas : Yak iv:1

Sumber utama dari sengketa dan pertengkaran di dalam gereja berpusat pada keinginan untuk dihormati, diakui, memperoleh kuasa, kesenangan, uang, dan keunggulan. Pemuasan keinginan yang mementingkan diri menjadi lebih penting daripada kebenaran dan kehendak Allah (bd. Mr 4:19; Luk 8:fourteen; Gal 5:xvi-xx). Apabila hal ini terjadi, muncullah pertikaian yang saling mementingkan diri di dalam persekutuan. Mereka yang bertanggung jawab atas terjadinya hal-hal ini menunjukkan bahwa mereka tanpa Roh dan di luar kerajaan Allah (Gal v:19-21; Yud 1:16-nineteen).

[4:2]23
Full Life
: KAMU MEMBUNUH.

Nas : Yak 4:2

Frasa ini dapat dipakai secara kiasan dalam arti kebencian (bd. Mat 5:21-22).

[4:three]24
Total Life
: BERDOA JUGA, TETAPI KAMU TIDAK MENERIMA.

Nas : Yak four:iii

Allah menolak untuk menjawab doa mereka yang ambisius untuk dirinya sendiri, mencintai kesenangan, dan menginginkan kehormatan, kuasa atau kekayaan

(lihat true cat. –> Yak iv:1).

[atau ref. Yak iv:one]

Kita semua harus memperhatikan, karena Allah tidak akan mendengarkan doa kita kalau hati kita penuh dengan keinginan yang mementingkan diri

(lihat art. BERDOA DENGAN EFEKTIF).

Alkitab memberi tahu kita bahwa Allah hanya mendengarkan doa orang yang benar (Mazm 34:xiv-xvi; 66:18-nineteen), mereka yang berseru kepada-Nya dalam kesetiaan (Mazm 145:eighteen), mereka yang sungguh-sungguh bertobat dan rendah hati (Luk 18:14), dan mereka yang meminta sesuai dengan kehendak-Nya (1Yoh 5:14).

[4:4]25
Full Life
: PERSAHABATAN DENGAN DUNIA ADALAH PERMUSUHAN DENGAN ALLAH!

Nas : Yak 4:iv

“Persahabatan dengan dunia” merupakan perzinaan rohani, yaitu ketidaksetiaan kepada Allah dan janji komitmen kita kepada-Nya (1Yoh 2:15-17; bd. Yes 54:5; Yer 3:20). Hal ini meliputi merangkul dosa, nilai-nilai, dan kesenangan jahat dari dunia ini

(lihat art. HUBUNGAN ORANG KRISTEN DENGAN DUNIA).

Allah tidak akan menerima persahabatan seperti itu (Mat 6:24) karena Dia adalah Allah yang cemburu (Kel 20:5; Ul 5:9).

Salah satu contoh persahabatan seperti itu adalah ikut serta dalam kumpulan yang ada unsur sihirnya yang menuntut sumpah agama yang tidak alkitabiah dan merupakan pasangan dengan orang tidak percaya. Keduanya dilarang oleh Firman Allah (Mat 5:33-37; 2Kor 6:14). Orang percaya tidak mungkin menjadi anggota dari kelompok-kelompok seperti itu tanpa mengurangi tuntutan doktrin Kristen (2Pet 3:16), standar saleh, pemisahan dari dunia (2Kor 6:17-18) dan kesetiaan kepada Kristus (Mat six:24).

[iv:5]26
Full Life
: ROH … DIINGINI-NYA DENGAN CEMBURU.

Nas : Yak 4:5

Susunan kalimat ini di dalam naskah asli berbahasa Yunani tidak jelas. Mungkin berarti bahwa roh manusia dengan sendirinya membenci Allah dan sesama manusia dan mendambakan kesenangan berdosa dunia ini (ayat Yak four:4). Namun, hal ini dapat diubah oleh kasih karunia Allah yang mendatangi semua orang yang dengan rendah hati menerima keselamatan dalam Kristus (ayat Yak iv:6).

[four:6]27
Full Life
: ALLAH MENENTANG ORANG YANG CONGKAK.

Nas : Yak four:half-dozen

Patut ditanam dalam hati dan pikiran kita betapa bencinya Allah terhadap kesombongan. Kesombongan menyebabkan Allah berpaling dari doa kita serta menahan kehadiran dan kasih karunia-Nya. Meninggikan diri di dalam pikiran kita sendiri atau mencari kehormatan dan penghargaan dari orang lain untuk memuaskan kesombongan kita berarti menutup pintu terhadap pertolongan Allah. Tetapi bagi mereka yang dengan rendah hati menyerah kepada-Nya dan menghampiri-Nya, Allah memberikan kasih karunia, kemurahan, dan pertolongan-Nya di dalam setiap situasi kehidupan (Ibr 4:16; 7:25;

lihat cat. –> Fili ii:iii).

[atau ref. Fili 2:three]

[4:8]28
Full Life
: MENDEKATLAH KEPADA ALLAH.

Nas : Yak iv:8

Allah berjanji untuk mendekati semua orang yang berbalik dari dosa, menguduskan hati, dan berseru kepada-Nya dalam pertobatan yang sungguh. Mendekatnya Allah akan mendatangkan kehadiran, kasih karunia, berkat, dan kasih-Nya.

[4:11]29
Full Life
: JANGANLAH KAMU SALING MEMFITNAH.

Nas : Yak 4:xi

Dengan tidak mempelajari semua fakta mengenai situasi tertentu, dengan tidak berbicara kepada seseorang yang tertuduh tentang persoalan tertentu dan dengan memfitnahnya, kita mengesampingkan hukum kasih Allah.

[4:15]30
Full Life
: JIKA TUHAN MENGHENDAKINYA.

Nas : Yak 4:15

Ketika membuat rencana dan tujuan untuk masa depan, orang percaya harus selalu mempertimbangkan Allah dan kehendak-Nya. Kita jangan bertindak seperti orang kaya yang bodoh itu (Luk 12:16-21); sebaliknya kita harus mengakui bahwa kebahagiaan yang sejati dan kehidupan yang bermanfaat sepenuhnya tergantung kepada Allah. Prinsip hidup yang harus kita anut ialah, “Jika Tuhan menghendakinya”. Apabila kita sungguh-sungguh berdoa, “Kehendak-Mu jadilah” (Mat 26:42), maka kita mempunyai kepastian bahwa hidup kita saat ini dan kelak ada di bawah perlindungan Allah, Bapa sorgawi kita (bd. Kis 18:21; 1Kor 4:xix; 16:vii; Ibr six:iii;

lihat art. KEHENDAK ALLAH).

[iv:16]31
Full Life
: MEMEGAHKAN DIRI.

Nas : Yak 4:16

Mereka yang menentukan tujuan hidup dan berhasil mencapainya, mempunyai kecenderungan untuk bermegah. Memegahkan diri didasarkan pada anggapan salah bahwa apa saja yang kita capai, itu adalah usaha kita sendiri, bukan dengan pertolongan Allah dan orang lain. PB mendorong kita untuk bermegah di dalam kelemahan kita dan ketergantungan kita kepada Allah (2Kor 11:30; 12:5,9).

[five:one]32
Full Life
: HAI KAMU ORANG-ORANG KAYA, MENANGISLAH DAN MERATAPLAH.

Nas : Yak five:1

Alkitab tidak mengajarkan bahwa semua orang kaya adalah orang berdosa. Namun, apa yang digambarkan Yakobus merupakan ciri dari banyak orang yang kaya (ayat Yak 5:1-6; ii:i-3). Perkecualiannya adalah orang kaya yang tidak dikuasai oleh kekayaan mereka dan menggunakannya untuk perluasan Injil dan menolong orang yang memerlukan bantuan

(lihat art. KEKAYAAN DAN KEMISKINAN).

[5:7]33
Full Life
: BERSABARLAH SAMPAI KEPADA KEDATANGAN TUHAN.

Nas : Yak 5:seven

Yakobus berbicara tentang kedatangan Kristus seperti sudah dekat (ayat Yak 5:8). Kristus akan datang sebagai hakim untuk menghukum yang jahat dan memberi pahala kepada yang benar dan membebaskan mereka dari penderitaan (ayat Yak five:nine). Kesabaran adalah sifat menanggung ketidakadilan, penderitaan, kesulitan, dan penganiayaan, sambil menyerahkan hidup kita kepada Allah dalam kepercayaan bahwa Dia akan membereskan segala sesuatu pada saat kedatangan-Nya (Ul 32:35; Rom 12:12; Ibr 10:30; Ibr 12:1-2;

lihat cat. –> Ayub two:three;

lihat cat. –> Mazm 73:17).

[atau ref. Ayub 2:3; Mazm 73:17]

[5:nine]34
Total Life
: BERDIRI DI AMBANG PINTU.

Nas : Yak v:9

Motivasi untuk bersabar dan bertekun dalam iman adalah kedatangan Tuhan yang sudah dekat (ayat Yak 5:8). Dia “berdiri di ambang pintu”. Pintu itu mungkin baru terbuka pada esok hari, lusa, minggu depan atau tahun depan, tetapi dapat saja terbuka setiap saat.

[v:11]35
Total Life
: KETEKUNAN AYUB.

Nas : Yak 5:11

Kata “ketekunan” (Yun. _hupomone_) menunjuk kepada ketabahan dalam situasi pencobaan apa pun yang kita hadapi tanpa kehilangan kepercayaan kepada Allah. Ketekunan ini lahir dari iman yang berkemenangan hingga akhir di tengah-tengah penderitaan (Ayub 13:15). Hasil dari tindakan-tindakan Allah terhadap Ayub menyatakan bahwa di dalam segala kesulitan Ayub, Allah sangat memperhatikannya dan dengan penuh kemurahan menyokong dia. Yakobus ingin kita tahu bahwa Allah memperhatikan seluruh umat-Nya dan bahwa di dalam penderitaan mereka Ia akan memelihara mereka dengan kasih dan kemurahan

(lihat true cat. –> Ayub 6:iv;

lihat cat. –> Ayub 42:10).

[atau ref. Ayub vi:4; 42:ten]

[v:13]36
Full Life
: KALAU ADA SEORANG DI ANTARA KAMU YANG MENDERITA … YANG BERGEMBIRA.

Nas : Yak 5:13

Pada saat saudara mengalami kesulitan, kemiskinan atau kesusahan, Alkitab mengajak saudara untuk mencari kekuatan dari Allah melalui doa. Dekatilah pengantaramu, Yesus Kristus. Dia akan mewakili saudara di hadapan Allah, memohon syafaat bagimu (Ibr 7:25), dan memberikan kemurahan dan kasih karunia untuk menolong pada saat-saat yang perlu (Ibr 4:xvi). Terimalah Firman Allah dengan sungguh-sungguh, “Serahkan segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu” (1Pet 5:7). Jikalau kita berbahagia di dalam Tuhan, kita harus menyanyikan kidung pujian yang indah kepada-Nya (bd. Mazm 33:2-3; 81:2-iii; 92:2-4; 98:4-6; Mazm 144:ix; 149:1-v; 150:1-6).

[5:xv]37
Full Life
: DOA YANG LAHIR DARI IMAN AKAN MENYELAMATKAN ORANG SAKIT

Nas : Yak 5:fifteen

(versi Inggris NIV — “menyembuhkan”). Yakobus berbicara tentang penyakit jasmaniah. Kita boleh menangani penyakit dengan minta doa dari para penatua atau pemimpin gereja.

  1. i) Tugas para gembala dan pemimpin gereja ialah mendoakan orang sakit dan mengoles mereka dengan minyak. Perhatikan bahwa tanggung jawab para penatua ialah memanjatkan doa iman. Itu bukan tanggung jawab orang sakit. PB menempatkan beban utama untuk memperoleh kesembuhan pada gereja dan pemimpinnya.
  2. 2) Minyak rupanya melambangkan kuasa Roh Kudus yang menyembuhkan; minyak itu dipakai untuk membantu iman (bd. Mr 6:13).
  3. 3) Yakobus menekankan bahwa yang terpenting adalah doa. Doa yang efektif harus dipanjatkan dalam iman jikalau orang sakit akan disembuhkan. Tuhan akan memberikan iman sesuai dengan kehendak-Nya

    (lihat cat. –> Mat 17:20;

    [atau ref. Mat 17:20]

    lihat art. PENYEMBUHAN ILAHI).

  4. 4) Mungkin orang tidak selalu disembuhkan; sekalipun demikian, gereja harus terus-menerus mencari kuasa penyembuhan kerajaan Allah dalam belas kasihan terhadap orang sakit dan demi kemuliaan Kristus

    (lihat art. PENYEMBUHAN ILAHI).

[5:15]38
Total Life
: JIKA IA TELAH BERBUAT DOSA.

Nas : Yak v:15

Yakobus menyadari bahwa penyakit mungkin disebabkan oleh karena dosa (ayat Yak 5:xvi). Oleh karena itu, apabila terjadi penyakit, orang itu harus memeriksa dirinya di hadapan Tuhan dalam doa untuk mengetahui apakah penyakitnya itu disebabkan oleh dosa pribadi. Kata “jika” menjelaskan bahwa penyakit tidak selalu disebabkan oleh dosa pribadi

(lihat art. PENYEMBUHAN ILAHI).

[five:16]39
Total Life
: MENGAKU DOSA … SALING MENDOAKAN … SEMBUH.

Nas : Yak 5:sixteen

Ayat ini memberikan suatu alasan yang penting mengapa kesembuhan sering kali tidak ada dalam masyarakat Kristen. Dosa harus diakui kepada orang lain dan doa yang sungguh-sungguh bagi satu sama lain harus dipanjatkan kepada Allah. Dosa dalam gereja menghalangi doa orang percaya serta merintangi kuasa penyembuhan Allah dinyatakan dalam jemaat.

[five:16]xl
Full Life
: DOA ORANG YANG BENAR … SANGAT BESAR KUASANYA.

Nas : Yak 5:sixteen

Doa orang benar

  1. (ane) mendekatkan mereka kepada Allah (Ibr 7:25);
  2. (ii) membuka jalan bagi kehidupan penuh dengan Roh (Luk eleven:thirteen; Kis 1:fourteen);
  3. (3) mendatangkan kuasa untuk melayani (Kis 1:viii; 4:31,33) dan pengabdian Kristen (Ef one:xix);
  4. (four) membangun secara rohani (Yud 1:20);
  5. (five) memberikan wawasan mengenai pemeliharaan Kristus (Ef 1:16-19);
  6. (6) menolong mereka mengalahkan Iblis (Dan 10:12-13; Ef half dozen:12-13,xviii);
  7. (seven) menjelaskan kehendak Allah bagi mereka (Mazm 32:6-eight; Ams 3:5-6; Mr 1:35-39);
  8. (8) memungkinkan mereka menerima karunia-karunia rohani (1Kor 14:1);
  9. (ix) menuntun mereka kepada persekutuan dengan Allah (Mat 6:9; Yoh 7:37; 14:16);
  10. (10) membawa kasih karunia, kemurahan, dan sejahtera (Fili iv:vi-7; Ibr 4:16);
  11. (eleven) membawa yang terhilang kepada Kristus (ayat Yak 5:xx);
  12. (12) memberikan hikmat, penyataan, dan pengenalan akan Kristus (Ef 1:sixteen-17);
  13. (13) membawa kesembuhan (ayat Yak v:15);
  14. (fourteen) meloloskan mereka dari kesukaran (Mazm 34:5-8; Fili 1:19);
  15. (15) memuliakan Allah dengan pujian dan pengucapan syukur (Mazm 100:4);
  16. (16) menjadikan kehadiran Kristus nyata bagi mereka (bd. Wahy 3:20);
  17. (17) memastikan mereka akan keselamatan akhir dan syafaat Kristus bagi mereka (Ibr 7:25;

    lihat fine art. BERDOA DENGAN EFEKTIF).

[5:18]41
Full Life
: IA BERDOA PULA DAN LANGIT MENURUNKAN HUJAN.

Nas : Yak 5:18

Elia adalah seorang yang beriman bahwa doa yang dipanjatkannya kepada Allah akan banyak hasilnya, bahkan hingga Allah turun tangan di dalam alam. Dia percaya bahwa doa orang yang benar memang mengubah keadaan (ayat Yak five:xiii-16; Mazm 34:7; Yes 38:one-five; Mat 17:21; 26:41,53; Mr 11:24; 2Tes 3:1;

lihat cat. –> 1Raj 17:22;

lihat true cat. –> 1Raj 18:42).

[atau ref. 1Raj 17:22; 18:42]

  1. 1) Kita harus berhati-hati supaya tidak menerima ajaran yang meruntuhkan iman kita akan kuasa doa yang mendatangkan campur tangan Allah dalam hidup kita. Salah satu ajaran adalah konsep “nasib”, yaitu anggapan kafir bahwa segala sesuatu yang kita buat dan segala sesuatu yang terjadi telah ditetapkan sebelumnya, jauh sebelum peristiwa itu terjadi. Percaya kepada nasib adalah bertentangan dengan Alkitab dan menyebabkan seorang percaya bahwa baik dan buruk telah ditetapkan secara mutlak dan tidak dapat diubah, dan tidak ada sesuatu yang diubah oleh doa sungguh yang beriman.
  2. 2) Alkitab mengajarkan bahwa Allah menangani anak-anak-Nya, bukan dengan menggunakan determinisme mutlak, tetapi oleh pemeliharaan ilahi Dia berinteraksi dengan dan menanggapi doa orang yang benar. Doa dan iman kita kepada Allah memang menyebabkan terjadinya banyak hal baik yang tidak akan terjadi tanpa doa (Kel 32:9-14).

[v:19]42
Total Life
: JIKA ADA DI ANTARA KAMU YANG MENYIMPANG.

Nas : Yak 5:19-xx

Orang percaya harus melakukan segala sesuatu yang mungkin untuk membalikkan mereka yang menyimpang dari kebenaran (mis. Gal 4:nineteen; six:i; 2Tim 2:eighteen,25-26; Yud 1:22-23). Keselamatan seorang saudara yang mulai mundur seharusnya selalu menjadi prioritas masyarakat Kristen. Jikalau orang murtad kembali kepada Kristus, maka orang yang membawanya akan menyelamatkan orang berdosa itu “dari maut”, yaitu kematian rohani dan pemisahan abadi dari Allah (bd. Rom half dozen:23; Gal 6:viii; Wahy 20:14).

Ayat Berapa Sungguh Rumah Pertama Yang Kami Bangunkan Untuk Manusia

Source: https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yak%201–5&tab=text

Check Also

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal

Xls Rab Bangunan Rumah Tinggal Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Tahun 2020 File Sofcopy Dalam …