Aturan Bangun Rumah 40 60

Aturan Bangun Rumah 40 60

Salah satu tipe rumah yang cukup luas dipasarkan di perumahan adalah tipe xl. Tipe ini adalah tipe yang cukup sering dipasarkan di banyak jenis perumahan. Sasaran pasarnya pun biasanya adalah orang kelas menengah. Lalu apa arti dari tipe rumah forty?

Tipe rumah 40 adalah rumah dengan luas bangunanya 40 meter persegi. Lingkup yang dihitung adalah seluruh bangunan rumah kecuali teras depan belakang, dan carport. Tipe rumah 40 baisanya memiliki 2 kamar, dengan lebar iii meter, dan memiliki i kamar mandi. Biasanya rumah tipe forty ini memiliki lebar depan half dozen-8 meter.

Kelebihan dari tipe ini adalah anda memiliki ruang yang cukup luas terutama pada bagian tengah yaitu pada Ruang Tamu dan Ruang Keluarga. Ukuran untuk kedua ruang itu bisa dilebihkan yang ukuran minimalnya three×3 meter, bisa di besarkan menjadi ukuran 3×4 meter atau iv×4 meter.

Untuk memahami informasi lebih jelas, dibawah ini adalah salah satu conoth rumah tipe 40

contoh denah rumah tipe 40 dengan lebar 8 meter\

Cara menghitung rumah tipe 40

Cara menghitung luas bangunan adalah dengan menghitung setiap sudut dari bangunan tersebut mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, Kamar, dapur, dan wc. Bagian yang tidak dihitung adalah teras (baik depan atau berlakang) dan carport.

Untuk memperjelas cara menghitung rumah terutama tipe 40, anda dapat melihatnya pada gambar dibawah ini


Seperti contoh diatas, hasil dari pehitungan adalah rumah ini memiliki luas bangunan forty meter persegi.


Apa arti dari 40/72, 40/80, 40/90, dan lain sebagainya

Jika rumaht tupe forty diartikan sebagai luas bangunanya jika ditotal adalah 40 meter persegi (tidak termasuk teras dan carport), maka “/72” adalah keterangan luas tanahnya., yaitu 72 meter persegi.

pada contoh gambar denah diatas, rumah tersebut berdiri diatas tanah yang panjang ke belakang nya viii meter dan lebarnya 9 mter. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rumah tersebut berdiri ditas tanah (9 x eight = 72) … 72 meter persegi.

Mengikuti dari rumus tersebut, artinya ketika ada tipe rumah:
40/eighty: Yaitu rumah tipe 40 meter persegi diatas tanah 80 meter persegi
40/90: Yaitu rumah tipe 40 meter persegi diatas tanah 90 meter persegi.
.. dan luas-luas berikutnya.

Read:  Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Membangun Sel Surya Di Rumah

Berapa lebar rumah tipe 40?

Lebar rumah tipe twoscore bisa bermacam-macam, tapi biasanya ukuran yang paling serig di pasaran adalah lebar 6 meter. Berikutnya ada juga opsi dengan lebar seven meter dan 8 meter. Untuk lebar lebih daripada lebar tersebut biasanya hanya didapatkan di tanah lokasi Hook (ujung).


Perbedaan rumah tipe 40 dengan rumah tipe 36

Untuk persamaan dari kedua rumah ini, yaitu sama-sma memiliki 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi dengan ukuran yang biasanya sama. Ukuran kamar dari kedua rumah ini adalah iii meter x 3 meter.

Sedangkan perbedaan dari kedua tipe rumah ini cenderung akan terlihat pada bagian ruang tamu atau dapur. Kelebihan laus yang dimiliki rumah tipe forty dibandingkan dengan rumah tipe 36 adalah 4 meter persegi. Perbedaan luas ini masuk dalam kategori perbedaan yang cukup tanggung sehingga tidak bisa menjadi satu ruang sendiri.

Pada aplikasinya seringkali perbedaan luas tipe 40 dibadnignkan dengan tipe 36 terlihat pada bagian ruang tengah atau dapur yang akan terasa sedikit lebih luas.

Untuk persamaan dari kedua rumah ini, yaitu sama-sma memiliki ii kamar tidur dan 1 kamar mandi dengan ukuran yang biasanya sama. Ukuran kamar dari kedua rumah ini adalah three meter x 3 meter.

Sedangkan perbedaan dari kedua tipe rumah ini cenderung akan terlihat pada bagian ruang tamu atau dapur. Kelebihan laus yang dimiliki rumah tipe forty dibandingkan dengan rumah tipe 36 adalah four meter persegi. Perbedaan luas ini masuk dalam kategori perbedaan yang cukup tanggung sehingga tidak bisa menjadi satu ruang sendiri.

Pada aplikasinya seringkali perbedaan luas tipe twoscore dibadnignkan dengan tipe 36 terlihat pada bagian ruang tengah atau dapur yang akan terasa sedikit lebih luas.

Perbedaan rumah tipe twoscore dengan rumah tipe 45

Pada rumah tipe 45 biarpun perbedaan antara rumah tipe 40 dan 45 hanyalah luas five meter persegi, tapi jika kita melihat langsung di lapangan perbedaanya akan tersa sekali. Karena dengan luas bangunan 45 meter persegi anda memiliki dua pulihan yaitu untuk membangun modul atau ruangan baru seperti kamar atau semakin meluaskan pada bagian ruang tengah keluarga dan bagian dapur. Tidak jarang pada rumah tipe 45 kita bisa menemukan rumah tersbut memiliki ruang tamu+ruang keluarga, dapur, serta ditambah ruang makan dengan meja makan yang nyaman.

Read:  Contoh Rab Bangunan Rumah Tipe 36

Rumah tipe twoscore nyaman digunakan Berapa anggota Keluarga?

Seperti di jelaskan sebelumnnya rumah tipe twoscore tidak jauh berbeda dengan rumah tipe 36, yaitu hanya bisa memiliki 2 kamar, 1 kamar mandi, dan memiliki ruang tengah yang agak luas. Sehingga rumah tipe 40 sebenarnya nyaman digunakan oleh four orang diantaranya kedua pasangan dengan dua anak yang tidur dalam satu kamar seluas 3×3 meter. Pada luas ini sudah cukup untuk meletakkan dua meja belajar untuk masing-masing anak.

Apakah Rumah Tipe 40 Bisa dibuat menjadi iii kamar?

Sayangnya tidak bisa. karena ukuran yang dibutuhkan untuk satu kamar adalah 3×iii meter atau 9 meter persegi. Sedangkan pada rumah tipe 40 hanya memiliki kelebihan luas sebesar 4 meter persegi. Ukuran ini tentunya tidak cukup untuk satu ruang yang nyaman.

5 pertimbangan dalam memilih rumah Tipe 40 terbaik

1. Pastikan memiliki lebar minimal 6 meter. Lebar seven meter tentunya lebih baik

Lebar rumah tipe 40 kebanyakan adalah berkisar half-dozen-7 meter. Sangat jarang sekali dan bahkan tidak saya rekomendasikan ketika ada rumah tipe xl namun lebar nya hanya 5 meter atau 5,5 meter.

Alasanya adalah karena pada rumah tipe 36 saja rumah yang hanya memiliki lebar 5 meter sudah terasa cukup sempit, lalu bagaimana sempitnya rumah tipe 40 yanng hanya memiliki lebar 5 meter.

2. Cek luas tanah. Semakin luas tentunya semakin baik

Rata-rata rumah tiep 40 yang di pasarkan oleh perumahan memiliki luas tanah antara 72 meter persegi atau 80 meter persegi. Pada daerah-daerah dengan luas tanah yang masih luas programmer bahkan bisa memberikan tanah hingga 100 meter persegi.

Ada baiknya kita mendapatkan rumah tipe 72 yang luas tanahnya tidak dibawah dari luas minimal rata-rata yaitu 72 meter persegi karena kita memerlukan taman bagian depan dan belakang. Namun jika anda beruntung mendapatkan tanah yang lebih luas tentu itu akan menjadi kelebihan dari rumah yang anda miliki.

Read:  Pemeliharaan Dan Perawatan Bangunan Rumah Makan

Memiliki luas tanah yang lebih akan memberikan benefit kepada pemilik rumah yaitu adalah anda sendiri, berupa luas pada garasi rumah dan taman bagian belakag rumah.

3. Cek Luas Garasi dan sesuaikan dengan mobil yang anda rencanakan

Ukuran garasi depan untuk mobil kecil biasanya memiliki kebutuhan panjang four meter dan lebar minimal 2 meter. Pada ukuran tersebut mobil-mobil yang bisa anda parikirkan di rumah anda seperti mobil ayla, Ignis, dan Honda Jazz.

Sedangkan jika rencana anda adalah untuk memiliki mobil cuikup besar seperti Avanza, Xenia dan Ertiga. Maka kebutuhan Garasi depan minimal rumah ada adalah panjang 4,5 meter dengan lebar 2,5 meter.

Kebanyakan programmer cukup memperhatikan masalah lebar Garasi namun tidak memperhatikan panjang yang dubutuhkan dari mobil anda.

Untuk info lebih lengkap tentang mobil yang cocok untuk rumah dengan garasi kecil, anda bisa cek link bawah ini.

Mobil Terbaik Untuk Rumah dengan Garasi kecil

4. Cek kebutuhan Luas halaman belakang

Halaman belakang memiliki tingkat kepentingan yang cukup tinggi karena akan difungsikan sebagai tempat berisitirahat keluarga, bermain, dan salah satunya difungsikan sebagai tempat meletakkan jemuran.

Akhir-akhir ini kebutuhan akan halaman belakang semakin menginkat. Karena belajar dari masa pandemi sehingga banyak keluarga yang merasa tempat berkumpulnya keluarga harus lah di dalam rumah dengan area yang cukup besar dan tidak terlihat oleh tetangga-tetangga.

Tidak ada ukuran pasti yang dibutuhkan pada halanan belakang rumah. Namun lagi-lagi kembali kepada kebutuhan anda dan keluarga tentang seberapa butuhnya memiliki halaman belakang yang laus. Setelah itu barulah anda merasa lebih mengerti alasan kenapa perlu memiliki tanah belakang yang lebih luas walau dengan harga yang lebih mahal.

five. Cek ketinggian rumah

Ketinggian rumah biasanya akan sangat berpengaruh pada kenyamanan dan kesejukan suatu ruangan. Sirkulasi udara panas dan dingin akan semakin baik manakala rumah didesain cukup tinggi atau memiliki bukaan pada bagian atas rumah seperti ventilais yang banyak.

Aturan Bangun Rumah 40 60

Source: https://www.griyahasan.com/arti-rumah-tipe-40-dan-variasinya-40-72-40-80-dll/

You May Also Like